P. 1
Belajar Efektif

Belajar Efektif

|Views: 17|Likes:
Published by Fitri Nurinayati
Belajar Efektif
Belajar Efektif

More info:

Published by: Fitri Nurinayati on Apr 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/29/2013

pdf

text

original

sistem belajar "MURDER

"
Ada salah satu tip dalam mengembangkan sistem belajar yang efektif dan efisien. Sistem belajar ini dikenal dengan "M.U.R.D.E.R." (English), yang terdiri dari Mood

- Understand - Recall - Digest - Expand - Review

1. Mood - Suasana Hati: Ciptakan selalu mood yang positif untuk belajar. Ini bisa dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar atau cara belajar yang sesuai dengan pribadimu.
• • •

waktu: Pilihlah waktu yang tepat untuk belajar anda, yang kira2 anda lebih bisa fokus kepada belajar anda. Entah itu dipagi hari, siang hari, atau malam hari. Lingkungan : Lingkungan atau tempat belajar, ini tidak kalah pentingnya karena lingkungan yang bisa membuat mood anda nyaman atau tidak. Sikap belajar: Sikap belajar atau cara belajar yang seperti apa yang bisa membuat anda memudahkan dalam proses belajar anda, entah itu dengan menggunakan refrensi, atau membuat catatan ringkas, dll.

Ketiga cara yang diatas, sangat saling mempengaruhi satu dengan yang lain tidak dapat dipisahkan. Ketika anda telah menemukan performa waktu belajar anda namun lingkungan dan cara belajar kurang begitu mendukung, maka proses belajar anda kurang begitu menghasilkan, begitu juga sebaliknya. Maka diri andalah yang dapat mengetahui kepribadian anda dan bukan orang lain. 2. Understand - Pemahaman: Tandai informasi bahan pelajaran yang TIDAK anda mengerti dalam satu unit. Fokuskan pada unit tersebut atau melakukan beberapa kelompok latihan untuk unit itu. 3. Recall - Ulang: Setelah belajar satu unit, berhentilah dan ulang bahan dari unit tersebut dengan kata-kata yang anda buat SENDIRI. 4. Digest - Telaah: Kembalilah pada unit yang tidak anda mengerti dan PELAJARI KEMBALI keterangan yang ada. Lihatlah informasi yang terkait pada artikel, buku teks atau sumber lainnya, atau diskusikan dengan teman atau guru/dosen. 5. Expand - Kembangkan:

. Jadi.Pada langkah ini..Pelajari Kembali: Pelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari. Ingat. pertanyaan atau kritik apa yang hendak saya ajukan? Bagaimana saya bisa mengaplikasikan materi tersebut ke dalam hal yang saya sukai? Bagaimana saya bisa membuat informasi ini menjadi menarik dan mudah dipahami oleh siswa/mahasiswa lainnya? 6. . Ingatlah strategi yang telah membantu anad mengerti dan/atau mengingat informasi. Kesuksesan ada ditangan KAMU. tanyakan tiga persoalan berikut terhadap materi yang telah anda pelajari: • • • Andaikan saya bertemu dengan penulis materi tersebut. Review .. kamu yang mengerti dirimu. terapkan strategi tersebut untuk cara belajarmu berikutnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->