P. 1
NARASI

NARASI

|Views: 67|Likes:
Published by Mukhlis Arsitektur

More info:

Published by: Mukhlis Arsitektur on Apr 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2013

pdf

text

original

A.

NARASI Narasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam sebuah tulisan yang rangkaian peristiwa dari waktu ke waktu dijabarkan dengan urutan awal, tengah, dan akhir. 1. Contoh Paragraf Narasi Tepat ketika tanggal 10 Maret, sekolahku libur selama sembilan hari dan akan berakhir pada tanggal 18 Maret. Aku dan seluruh keluargaku tidak menyia-nyiakan waktu ini untuk mengadakan liburan keluarga. Ketika itu aku memilih berlibur ke Pantai Parangtritis. Pagi-pagi aku telah berbenah dan menyiapkan semua perbekalan yang nantinya diperlukan. Sepanjang perjalanan, aku iringi dengan nyanyian lagu riang. Betapa senangnya aku ketika sampai di pantai tersebut. Dengan hati suka ria, aku sambut Pantai Parangtritis dengan senyumku. Pantai Parangtritis, pantai nan elok yang menjadi favoritku. Tanpa menyia-nyiakan waktu, aku mengajak kakakku untuk bermain air. Kuambil air dan aku ayunkan ke mukanya. Dengan canda tawa, kami saling berbalasan. Puas rasanya, terasa hilang semua kepenatan karena kesibukan tiap harinya. Di sana, aku dan seluruh keluargaku saling berfoto-foto untuk mengabadikan momen yang indah ini. Tak terasa waktu berjam-jam telah kuhabiskan disana. Hari pun mulai sore menandakan perpisahan dan kembali pulang. Tak rela rasanya kebahagiaan ini akhirnya selesai. Dalam benakku, aku kan kembali esok. 2. Contoh Paragraf Narasi Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama adalah seorang nasionalis. Ia memimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno menghabiskan waktunya di penjara dan di tempat pengasingan karena keberaniannya menentang penjajah. Soekarno mengucapkan pidato tentang dasar-dasar Indonesia merdeka yang dinamakan Pancasila pada siding BPUPKI tanggal 1 Juni 1945. Soekarno bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Soekarno

1

Jiwa kepemimpinan dan perjuangannya tidak pernah pupus. 2 . Hampir seluruh perjalanan hidupnya dihabiskan untuk berbakti dan berjuang. namun kuusahakan untuk menepiskannya. Angin dingin yang membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. menerpa. Contoh Paragraf Narasi Aku tersenyum sambil mengayunkan langkah.00 aku terbangun. dia tengah menunggu kepulanganmu dengan segenap cintanya. akankah kurindui juga? Ada yang berdegup keras di dalam dada. dan ada juga petani yang sedang mencari rumput untuk makan binatang peliharaannya seperti kambing. jangan biarkan hatimu terbagi. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket. Aku berjalan ke halaman depan rumah tepat dihadapan ku ada sebuah jalan besar untuk berlalu lintas dari kejauhan tampak sawah-sawah milik petani yang ditanami padi masih berwarna hijau terlihat sangat sejuk. Jangan. Tapi wajah ayu di hadapanku. 4. Bowo. indah. Ingatlah Ratri. dan damai. Dari kejauhan pula terlihat seorang petani yang sedang membajak sawahnya yang belum ditanami tumbuhan. dan kerbau. Dari timur sang surya menyapaku dengan malu-malu untuk menampakkan cahayanya. mencoba memerangi rasa dingin yang terasa begitu menyiksa. 3. Soekarno bersama pemimpin-pemimpin negara lainnya menjadi juru bicara bagi negaranegara nonblok pada Konfrensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955. sergah hati kecilku. serta dapat ku lihat burung-burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.dikembalikan ke Yogya dan dipulihkan kedudukannya sebagai Presiden RI pada tahun 1949. sapi. Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku ketika Eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak akan kurindui ketika aku telah kembali ke tanah air. Contoh Paragraf Narasi Tepat pukul 06. diiringi dengan suara-suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang masih tidur.

Dihalaman rumah kakekku yang menghadap ketimur terdapat pohon-pohon yang rindang. Kanaya jadi jarang berdandan. disamping kiri potehon mangga dapat pula pohon jambu air yang belum berbuah karena belum musimnya. Pagi-pagi sekali dia berjalan menggiring bebeknya kerawah dekat sawah untuk mencari makan. Contoh Paragraf Narasi Liburan sekolah beberapa tahun yang lalu. Dan disebelah kanan rumah ada pohon rambutan yang buahnya sangat manis rasanya. saya dan ibu pergi ke Pontianak. Desa yang bernama NAMBAHDADI ini adalah tempat yang paling aku kunjungi saat liburan. entah mengapa beberapa hari ini dia mudah sekali tersinggung. Tetanggaku seorang peternak bebek yang juga tidak kalah sibuknya dengan orang". Perjalanan kurang lebih 2 jam dengan menggunakan pesawat. Rambut yang biasanya dikepang dua dengan diberi pita yang cantik. ramah. Waktu tempuh menuju Sintawang kurang lebih sembilan jam dari 3 . bebek yang pintar berbaris dengan rapi pengembalanya. Contoh Paragraf Narasi Kanaya adalah gadis yang menyenangkan. Namun. sungguh pemandangan yang sangat indah yang sangat asri dan damai ini adalah tempat tinggal kakek ku dan tempat kelahiran ku. banyak sekali keunikan dan tempat menarik yang merupakan ciri khas KOta Pontianak. Di Pontianak. di jalan" terlihat ibu-ibu yang sedang berjalan menuju pasar untuk berjualan sayur. Pagi ini terlihat sangat sibuk. beberapa hari ini hanya dibiarkan tergerai begitu saja.Didesaku rata-rata penduduknya sebagai petani. rendah hati. Dia pun tampak murung. Dia pun sangat disenangi teman-temannya juga guru-gurunya di sekolah. Bagaimana tidak? Dia adalah anak yang periang. 5. ada pohon mangga yang berbuah sangat lebat. Selain bisa bertemu kakek dan nenek aku juga bias melihat pemandangan yang indah nan damai. Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. selalu ingin menyendiri. Sungguh pemandangan yang sangat menarik dilihat ketika kita bangun tidur. 6. dan baik kepada semua orang. Tempat pertama yang saya kunjungi adalah Sintawang. murah senyum.

Contoh Paragraf Narasi Pernah suatu ketika aku bermimpi bertemu seorang kakek berjenggot panjang yang menyuruhku untuk pergi ke arah timur .Pontianak jika menggunakan mobil. Contoh Paragraf Narasi Hari-hariku sebagai pekerja perempuan di perusahaan industri makanan olahan sangat padat dan melelahkan. Kabupaten Banyumas.Tanpa pikir panjang aku langsung pergi .Setelah saya sampai di rumah say langsung pergi ke dapur dan mengambil sepiring nasi. 8. Motif tenun ikatnya sangat unik dan coraknya sangat khas Kalimantan Barat.Saya tidak berpikir untuk singgah ke tempat teman tidak seperti biasanya. Bayangkan pagi-pagi sekali aku harus bangun dan menyiapkan sarapan anak-anakku. Sebelumnya. aku tentu harus memandikan mereka karena anak-anakku masih kecil.Pukul 15.00 saya langsung pergi ke rumah. bahkan jutaan Rupiah. Aku tidak mengerti apa 4 . Kecamatan Sokaraja. 7. Tak ada korban meninggal dalam musibah tersebut. segera aku berlari untuk mengejar angkutan yang akan mengantarku ke jalan raya yang dilalui bus. 10. Sekitar 200 penduduk dari beberapa desa dibawa ke rumah sakit di puskesmas. daerah ini terkenal sebagai penghasil tenun ikat. Contoh Paragraf Narasi Pulang sekolah tepatnya pukul 14.Perutku sangat lapar. Musibah itu terjadi enam jam setelah mereka menikmati hidangan dalam hajatan sunatan di rumah Slamet Riyadi (38). tergantung motif dan bahannya. Contoh Paragraf Narasi Ratusan warga mengalami keracunan. Harganya bisa mencapai ratusan ribu. Setelah beres urusan rumah. aku sempatkan menyuapi anakku yang paling kecil. warga Desa Jompo Kulon. Harga tenun ikat ini tergolong mahal. 9.namun tak lupa pamitan sama orang tua. Jawa Tengah.00 aku ditelpon pacar untuk diajak jalan-jalan. Sambil aku ganti baju kerja.

Contoh Paragraf Deskripsi Pemandangan Pantai Parangtritis . Timur…timur mana ? Jakarta Timur? B. Aku harus pergi ke arah timur. Setelah ku 5 . Di pantai Parangtritis ini kita bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. mendengar. Apotik ini adalah impianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. 2. 1. Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yang berisi buku-buku tebal. atau merasakan hal tersebut. DESKRISI Paragraf Deskripsi : Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat. Apotik ini cukup luas. Disore hari. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. keinginan untuk memenuhi perintah si kakek itu seperti tidak terbendung. Contoh Paragraf Deskripsi Siang itu aq sdang duduk santai di sofa empuk di dalam apotik milikq Siang itu aku sedang duduk santai di sofa empuk di dalam apotik milikku yang baru saja dibuka. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah. Ku ambil satu buku yang disampulnya tertulis Informasi Spesialis Obat atau yang biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO. beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapi dengan kemasan-kemasan obat warnawarni yang dikelompokkan menurut farmakologinya dan disusun alfabetis.maksudnya. kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut. di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.Yogya sangat mempesona. Aku bisa mendirikan apotik di kota kelahiranku. Sesudah bangun . Sekarang aku memandang puas pada usahaku selama ini.

Pantai ini berjarak 70 km atau dua jam perjalanan dari pusat Kota Mojokerto. Aku memandang lagi secara keseluruhan apotik ini. rak buku berisi beberapa novel dan buku-buku ilmiah diletakkan mepet dengan dinding sebelah selatan bersanding dengan sebuah pot berisi pohon bonsai kecil yang seakan-akan menyatu dengan tembok yang dicat dengan warna merah muda. Suara gemericik air dari kolam menambah sejuknya suasana di ruang tamu milik Pak habib bull. Contoh Paragraf Deskripsi Pantai Mojopahit mungkin hanya salah satu diantara sekian banyak pantai yang masih belum terjamah di Kabupaten Gunung Pacet. 5. Di kanan kiri pantai dapat kita lihat bukut-bukit kapur hijau ditumbuhi lumut yang berdiri gagah menantang derasnya ombak pantai. Suasana pantai yang sepi juga menambah pesona pantai yang masih perawan ini. 3. Pantai dengan hamparan pasir putih mahaluas ini seolah menggoda kaki untuk untuk terus memijak dan berjalan-jalan diatasnya. Sebuah kursi bambu berwarna coklat dengan meja bambu berada di tengah ruangan.5m x 20m berisi beberapa ikan gurame yang berseliweran. sebuah televisi 14 inci dan sebuah computer di meja kasir.pandangi aku tersenyum dan mengembalikannya ke tempat semula. Namun 6 . 4. terdapat sebuah kolam kecil berukuran 20. kita dapat melihat gugusan bukit kapur yang berwarna hijau ditumbuhi lumut. Diluar ruangan. Hembusan angin dari AC cukup membuat udara terasa sejuk di bulan Mei yang panas ini. Di kanan kiri pantai landai yang berpasir putih ini. Contoh Paragraf Deskripsi Pantai Mojopahit terletak di Kecamatan Mojoagung. Contoh Paragraf Deskripsi Ruangan berukuran 90m x 80m ini sungguh sangat nyaman ditempati. Mojokerto. Kabupaten Mojokerto. Sementara itu. buku ini adalah buku pertama yang kubeli saat aku kuliah dulu.

Bagi penyelam. pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga wisatawan dilarang berenang di pantai ini karena sangat berbahaya. tak akan ada yang mengangkatnya. Contoh Paragraf Deskripsi Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam yang menarik.celana dideritanya. Bentangan lautnya luas. Air mukanya yang keruh. Ramai peperangan dirimba itu dan rupanya tak akan berhenti. 8. Pohon-pohonnya rindang. pernuh urat dan tidak tertutup baju kaosnya dapat terlihat betapa berat pekerjaan sehari-harinya. Pemda Bali harus menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan obyek wisata alternatif. Pertanda seorang raja rimba alah jatuh ketanah untuk selama-lamanya. tetapi dalam sekejap mata hilanglah cahaya yang berani menyeburkan dirinya ketengah peperengan itu. 6. seperti diserang api. Contoh Paragraf Deskripsi Disudut koyak.syahbudin. tenang.Pada dadanya yang bidang dan berisi.Tak ada kasihan mengasihi. khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman.Pakainya.pipinya yang kempis dan matanya yang cekung menyatakan bahwa jalan hidup yang telah ditempuhnya penuh dengan onak ranjau dan duri 7 .yang perlu diperhatikan. 7.melukiskan dekat kemiskinan puintu pendek dan duduk dan baju kemelaratan seorang kaos yang yang lakitelah sehari-hari laki. yang rebah tinggal rebah. jauh dari kebisingan kota. Contoh Paragraf Deskripsi Malam gelap gulita dihulu sungai ketahuan. Pantai Nusa Penida juga menawarkan keindahan ikan laut yang sedang berenang.dan lenganya yang kukuh. dimusnahkan oleh musuh lamanya”raja gulita”. Sesekali terang cuaca hutan belantara itu. Sebentar-sebentar hiruk pikuk yang tiada ketentuan itu menjadi satu dengan gegap gempita yang mendahsyatkan dan mengecilkan hati.

Walaupun demikian sungai ini tetap di manfaatkan oleh beberapa penduduk di sekitar sungai ini. Hidungnya mancung sekali mirip dengan para wanita palestina. 8 . Sungai ciliwung juga mengalir di bawah jembatan besar tempat menghubungkan beberapa daerah. Jilbab warna ungu yang menutupi kepalanya membuat kulit wajanya yang kuning nampak semakin cantik. Sungai ini terletak di Jakarta Selatan. C. Hal ini dimaksudkan untuk meyakinkan pembaca. Keadaan sungai ini sebenarnya sangat besar. bahkan air ini bila digunakan terus menerus juga dapat berakibat fatal bagi penggunanya. bau. mencuci dan lain-lain. dan airnya berwarna biru kehitaman. Itu semua pula yang menjadikan sungai ciliwung tidak sedap untuk di pandang mata. Contoh Paragraf Deskripsi Perempuan itu tinggi semampai. ARGUMENTASI Paragraf Argumentasi adalah sebuah paragraf yang menjelaskan pendapat dengan berbagai keterangan dan alasan. kotor. Tetapi keadaannya tidak di manfaatkan dengan baik. melainkan digunakan sebagai tempat pembuangan sampah dan limbah-limbah pabrik yang ada di sekitarnya sehingga sungai ini sangat kotor. dan dapat di jadikan sebagai pemandangan yang indah. dan tidak sedikit pula yang di bawah rumahnya tersangkut sampah-sampah plastik. Matanya bulat bersinar disertai bulu mata yang tebal.9. kumuh. Contoh Paragraf Deskripsi Sungai merupakan tempat bertemunya air dari parit. Bahkan keadaannya sangat reot. Di tepi-tepi sungai terdapat banyak rumah warga yang juga sangat memperihatinkan. 10. Contohnya untuk mencari barang-barang bekas bagi pemulung.parit kecil di sekitar daerah tersebut. Dalam penelitian sebenarnya keadaan air di sungai ini sudah tidak layak guna lagi.diantaranya adalah sungai Ciliwung yang merupakan tempat bertemunya beberapa sungai kecil di Jakarta. tempat mencari ikan.

3. kekeringan. serta berbagai macam bencana lain yang telah memakan banyak korban. lebih dari 1 juta siswa SD hingga SMA yang putus sekolah. tanah longsor. Contoh Paragraf Argumentasi Sebab Akibat Pendidikan adalah salah satu faktor penentu dalam maju mundurnya suatu bangsa. kemudian hasilnya diserahkan kepada orang tuanya untuk menopang kehidupan keluarga. Biaya pendidikan yang mahal diperkirakan menjadi sebab tingginya angka putus sekolah di tahun 2010 tersebut. 9 . Contoh Paragraf Argumentasi Sebagian anak Indonesia belum dapat menikmati kebahagiaan masa kecilnya. Bencana-bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini tidak lain dan tidak bukan adalah akibat dari pola hidup sebagian manusia modern yang tidak ramah dengan lingkungan. Pada tahun 2010 saja. Contoh Paragraf Argumentasi Sebab Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah paling besar yang dihadapi oleh umat manusia pada era modern ini. 2. bahwa pendidikan di Indonesia adalah pendidikan yang sangat mahal dan tidak terjangkau bagi masyarakat yang tidak mampu. ini Contoh Paragraf Argumentasi Sebagai orang awam. Lebih-lebih sejak negeri kita terjadi krisis moneter. Pernyataan demikian pernah dikemukakan oleh seorang pakar psikologi pendidikan Sukarton (1992) bahwa anakanak kecil di bawah umur 15 tahun sudah banyak yang dilibatkan untuk mencari nafkah oleh orang tuanya. Namun demikian fakta yang sudah tidak dapat terbantahkan lagi. Hampir setiap hari kita disuguhi dengan berbagai berita tentang berbagai macam bencana alam dan banjir. 4. baik harta maupun nyawa. kecenderungan orang tua mempekerjakan anak sebagai penopang ekonomi keluarga semakin terlihat di mana-mana.1. Hal ini dapat dilihat masih banyaknya anak kecil yang mengamen atau mengemis di perempatan jalan atau mengais kotak sampah di TPA. saya menganggap kenaikan BBM sangat meresahkan dan menyulitkan masyarakat.

Contoh Paragraf Argumentasi Akibat perkembangan perekonomian dan pertambahan jumlah penduduk. 5. Menurut Iskandar. tetapi memaksakan diri masuk SMA. apalagi setelah BBM naik.441 MMCFD. sebanyak 3. sudah saatnya masyarakat mengubah paradigma agar lulusan SMP tidak latah masuk SMA. Pada tahun 2010. Dia mengingatkan sejumlah risiko bagi lulusan SMP yang sembarangan melanjutkan sekolah.terutama masyarakat kecil. Kalau memang lebih berbakat pada jalur profesi sebaiknya memilih SMK. kebutuhan gas di pulau jawa diperkirakan 2. Tetapi tanpa lulus UAN mustahil bisa sampai perguruan tinggi. hal ini akan berakibat fatal. lulusan SMP yang tidak mempunyai potensi bakat-minat ke jalur akademik sampai perguruan tinggi. Tahun 2005. Bagi masyarakat yang mampu mungkin itu tidak akan menjadi masalah. Kebutuhan gas di pulau jawa pada tahun 2002 sebanyak 943 juta kaki kubik per hari (MMCFD). meningkat menjadi 1. Biaya hidup mereka akan lebih besar.252 MMCFD dan tahun 2015. dia tidak akan lulus UAN karena sulit mengikuti pelajaran di SMA. 6.136 MMCFD. komsumsi energi di dalam negeri juga meningkat. Contoh Paragraf Argumentasi Memilih SMA tanpa pertimbangan yang matang hanya akan menambah pengangguran karena pelajaran di SMA tidak memberi bekal bekerja. Bahkan. padahal kemampuan mereka sangat minim. Kondisi sebelum BBM naik saja sudah kembang kempis. mungkin mereka hanya bisa malan pagi. Misalnya. mungkin banyak yang kelaparan secara terselubung. tetapi bagi masyarakat kecil. 10 .

Anak-anak miskin di kota. uang gedung. Contoh Paragraf Argumentasi Pendidikan gratis hanya janji yang bergema luas saat kampanye dan pemilihan pimpinan daerah maupun pusat. Seperti sering terjadi. dalam hidup banyak kejadian yang tidak terduga. secara tidak langsung seseorang berusaha menata hidupnya. desa. tertimpa musibah. dan pedalaman. kegiatan menabung adalah tindakan yang menguntungkan. Dengan memiliki tabungan. Sebaliknya di pinggiran kota. mendaftar sekolah.7. Mereka akan lebih mudah menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Hal-hal tersebut tentu memerlukan biaya. Contoh Paragraf Argumentasi Kebiasaan menabung sejak dini memberi manfaat besar bagi orang yang melakukannya. dan sebagainya. 11 . Jadi. Saat pemilihan usai akan lain ceritanya. Di perkotaan sekolah berlomba-lomba meningkatkan sarana dan prasaran dengan jalan menaikkan pungutan lebih dengan memilih dalil sumbangan yang pendidikan. dan lain-lain karena biasanya masyarakat perkotaan sekolah mempunyai sarana pendidikan yang baik sehingga mereka tidak akan segan untuk membayar mahal demi memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka. 8. sekolah tidak bisa mengenakan pungutan kepada orang tua siswa karena tidak ada lagi yang bisa dipungut dari masyarakat. Dengan menabung. seperti sakit. seseorang tidak akan terlalu panik ketika berhadapan dengan kejadian yang tidak terduga itu. pedesaan. dan pedalaman tetap mengalami kesulitan untuk mengakses pendidikan yang layak. Para siswa harus puas dengan kondisi fasilitas pendidikan yang jauh dari kata layak.

Jadi. Kalau memang lebih berbakat pada jalur profesi sebaiknya memilih SMK. lulusan SMP yang tidak mempunyai potensi bakatminat ke jalur akademik sampai perguruan tinggi. 1. Misalnya. Dia mengingatkan sejumlah risiko bagi lulusan SMP yang sembarangan melanjutkan sekolah. 10.9. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan tingkat kerusakannya. Calon penerima bantuan matang akan menambah 12 . sudah saatnya masyarakat mengubah paradigma agar lulusan SMP tidak latah masuk SMA. Contoh Paragraf Argumentasi Menurut Iskandar. dia tidak akan lulus UAN karena sulit mengikuti pelajaran di SMA. D. Warga yang rumahnya rusak berat mendapatkan bantuan sekitar 30 juta rupiah. jangan ditambah lagi dengan kekerasan yang lain. kita patut bersyukur karena tampaknya kegiatan ospek di kampus-kampus sudah ada perubahan ke arah yang lebih bermakna positif. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta rupiah. tetapi memaksakan diri masuk SMA. Tanpa lulus UAN mustahil bisa sampai perguruan tinggi. Hidup ini sudah begitu keras untuk diperjuangkan. Contoh Paragraf Eksposisi Pemerintah akan memberikan bantuan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Pada akhirnya mereka akan menjadi pengangguran yang karena pelajaran hanya di SMA tidak memberi bekal untuk bekerja. Sudah saatnya kita meninggalkan perpeloncoan. Contoh Paragraf Argumentasi Sekali lagi. memilih SMA tanpa pertimbangan pengangguran. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapatkan bantuan sekitar 10 juta rupiah. EKSPOSISI Paragraf Eksposisi : Menjelaskan atau memaparkan tentang sesuatu dengan tujuan memberi informasi dan menambah wawasan.

bab. itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan dibalik reruntuhan bangunan. Bila pohon dapat diuraikan menjadi batang. Sampai saat ini. Jika ada warga yang makan nasi. dan paragraf sebanding dengan daun. Contoh Paragraf Eksposisi Sampai hari ke-8. sub – bab. Contoh Paragraf Eksposisi Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. dan paragraf. dan daun. Bila bayi dididik dengan baik seperti kertas yang terisi dengan hal-hal yang 13 . warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Bayi akan dibentuk pribadinya sesuai dengan didikan yang diterimanya seperti kertas dapat diisi dengan berbagai hal sesuai dengan keinginan pemiliknya. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. di Desa Piyungan. ranting. Contoh Paragraf Eksposisi Struktur suatu karangan atau buku pada hakikatnya mirip atau sama dengan suatu pohon. dahan. Misalnya. Contoh Paragraf Eksposisi Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci seperti kertas putih. 2. sub-bab sebanding dengan ranting. 4. bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. bab sebanding dengan dahan. baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit. Tubuh karangan sebanding dengan batang. 3. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata. 5.tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawalan dari pihak LSM.Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. maka karangan atau buku dapat diuraikan menjadi tubuh karangan. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis.

obat-obatan. 7. Mula-mula ejaan Van Ophuisen. Tenaga 14 . Contoh Paragraf Eksposisi Lagu-lagu tersebut kurang memperhatikan nilai yang ingin ditanamkan paa diri anak dan lebih memperhatikan kebutuhan pasar. Van Ophuisen atas perintah Pemerintah Hindia Belanda pada waktu itu. Ch. sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak.bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya. Ejaan itu dikenal dengan nama ejaan Suwandi karena yang menandatangani peresmian penggunaan ejaan itu seorang menteri bernama Mr. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Contoh Paragraf Eksposisi Pascagempa dengan kekuatan 5.9 skala richter. Bantuan berbentuk makanan. temanya bersifat temporer karena mengikuti perubahan selera pasar. Suwandi. Contoh Paragraf Eksposisi Ejaan bahasa Indonesia denagn huruf latin sudah beberapa kali mengalami perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan bahasa dan masyarakat pemakainya. Ejaan bahasa Indonesia yang berlaku sekarang adalah Ejaan yang Disempurnakan (EYD) yang berlaku sejak tahun 1972 8.Jadi. seperti dalam kehidupan anak-anak itu sendiri. membentuk kepribadian baik seorang anak ibarat menulisi kertas putih dengan hal-hal yang bermanfaat 6. Selanjutnya pada tahun 1947 berlaku ejaan baru utuk bahasa Indonesia . yaitu ejaan resmi untuk bahasa Melayu dengan huruf latin. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Unsur kesamaan yang masih ditemukan dalam kedua kelompok lagu ini ialah para pencipta lagu masih berusaha menciptakan irama yang gembira dan ritme yang sederhana. Jadi. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. yang disusun oleh Prof. dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat.

keberadaan tumbuhan ini sering disepelekan karena diangggap sebagai tumbuhan liar. PERSUASI Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi ajakan. Thailand. kencing manis. buahnya berbentuk bulat dan berwarna kuning.medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Setelah itu bilas dengan air hangat. Namun meskipun memiliki beberapa khasiat penting. dan Hongkong. 10. Conton Paragraf Persuasi Sistem pendidikan di Indonesia yang dikembangkan sekarang ini masih belum memenuhi harapan. Singapura. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah Philipina. sakit paru-paru. Selain mempunyai rasa yang manis. batangnya berwarna hijau kekuningan. Contoh Paragraf Eksposisi Lemon dan jeruk nipis ternyata bisa berkhasiat sebagai penghilang jerawat. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat. Paragraf persuasi bertujuan untuk membujuk pembaca agar mau melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh penulis. E. 9. Selain 15 . Tumbuhan ini biasanya mempunyai tinggi antara 30-50 Cm. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang luar biasa. Kedua buah ini mengandung citric acid yang sangat kaya dan sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit mati yang bisa menjadi penyebab jerawat. 1. ternyata buah ciplukan menyimpan beberapa khasiat penting untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti influenza. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. dan beberapa penyakit lain. Contoh Paragraf Eksposisi Ciplukan adalah tumbuhan semak yang biasa tumbuh di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek dan hanya bisa ditemukan saat musim penghujan.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem pendidikan nasional. Jenazah yang belum di aben biasanya akan dikubur terlebih dahulu hingga menunggu perlengkapan ngaben telah siap. Jika ingin melihat ritual yang sangat unik ini. tapi sematamata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis. semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang. maka tak semua orang telah meninggal bisa langsung di aben. Ngaben adalah ritual pembakaran mayat sebagai simbol penyucian roh orang yang sudah meninggal. Conton Paragraf Persuasi Masyarakat Hindu di Bali mempunyai upacara kematian yang sangat unik dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 2. Matematika. Ritual unik ini disebut dengan ngaben. Menurut data United Nation Development Programme (UNDP). Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan. Karena dalam pelaksanaannya membutuhkan berbagai perlengkapan dengan biaya yang cukup besar. Tingkat pendidikan seseorang akan berpengaruh bagi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang amat sangat penting di abad ke-21 ini.itu. Conton Paragraf Persuasi Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk menghasilkan penduduk yang berkualitas sebagai modal pembangunan. masih memiliki tingkat pendidikan yang bisa dibilang masih cukup rendah. berdasarkan penelitian. Oleh karena itu. dan keadaan yang sedang melanda bangsa. Oleh karena itu. 3. dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun. Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan. Tingginya angka putus sekolah karena ketidakadaan biaya mungkin menjadi sebab rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Indonesia ini. tidak ada salahnya anda berkunjung ke Provinsi Bali karena Upacara Ngaben dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat Hindu di Bali. Indonesia sebagai negara berkembang. sudah menjadi tanggungjawab 16 . tingkat pendidikan masyarakat Indonesia berada di peringkat 124 dari 187 negara yang disurvei. rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. pelaksana pendidikan.

marilah umat Islam menjadi suri teladan yang baik bagi umat agama yang lain. 5. mengembangkan sikap tenggang rasa dan nilai-nilai kemanusiaan. hidup ini menjadi bertambah indah. Conton Paragraf Persuasi Dalam diri setiap bangsa Indonesia harus tertanam nilai cinta terhadap sesama manusia sebagai cerminan rasa kemanusiaan dan keadilan. Sebelumnya.seluruh komponen bangsa untuk membantu mereka yang membutuhkan agar dapat melanjutkan pendidikannya. sekarang sudah Rp100 ribu dan mudah-mudahan tahun ini bisa dinaikkan lagi. hidup menjadi mudah. kehidupan bermasyarakat dipenuhi oleh suasana kemanusian dan saling mencintai.Quran. guru-guru TK sudah diberikan insentif. Dengan demikian. Conton Paragraf Persuasi Kita mewajibkan anak-anak muslim mengikut TK Al. Dalam konteks kita sebagai mayoritas. Di sana ada pemeluk Islam. dan lainnya kita bantu. Buddha. Akan tetapi. Sebagai sesama anggota masyarakat. Ini semua dimaksudkan supaya masyarakat lebih berkiprah dalam memajukan pembangunan. Begitu juga. 6. Dulu besarnya Rp25 ribu per orang. 4. Conton Paragraf Persuasi Kata orang bijak. kita harus mengembangkan sikap tolong-menolong dan saling mencintai. dengan seni. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. pemerintah harus mampu memberikan pelayanan dasar 17 . Nilai-nilai tersebut di antaranya adalah mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya. yang membuat kita terarah adalah agama. madrasah-madrasah tsanawiyah. dan Hindu. Katolik. Yayasan yang bersifat keagamaan marilah kita dukung. aliyah. Marilah kita berjalan bersama karena Islam mengajarkan pentingnya hablum minanas. Masyarakat Tarakan adalah masyarakat heterogen. Kristen. Agama adalah kata kunci dalam kehidupan. Intinya.

8. ingin melupakan persoalan. marilah pertemuan ini kita petik hikmahnya. negara. Oleh karena itu. Silaturahmi kali ini hendaknya jangan dipergunakan sebagai pelampiasan pelepas rindu semata-mata. kamu sebaiknya menyadari dan memiliki sikap peduli terhadap sampah. bangsa. Namun. 7. Bahkan. Sebagai siswa. Conton Paragraf Persuasi Rekan-rekan yang saya cintai. Walaupun tempat sampah banyak disesidakan. pelestarian lingkungan. disebut juga kecanduan. dan agama.kepada masyarakat. 9. hal tersebut dikarenakan berbagai alasan mulai dari keinginan untuk coba-coba. Conton Paragraf Persuasi Menurut pakar kesehatan. buanglah sampah pada tempat sampah. tetapi kepedualian seseorang terhadap sampah sangat kurang. Penggunaan terusmenerus dan berkelanjutan akan menyebabkan ketergantungan atau dependensi. narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obatobatan untuk penyakit tertentu. jadikan silaturahmi ini sebagai ajang persaudaraan untuk bersama-sama memikirkan. lebih dari itu. Mulai dari peningkatan mutu pendidikan. hingga sarana dan prasarana transportasi. ikutan trend/gaya. dan lain-lain maka narkoba disalahgunakan. pengelolaan air bersih. lambing status social. Namun kini pemanfaatannya disalahgunakan. bersenang-senang. Conton Paragraf Persuasi Banyak orang yang meremehkan sampah. kesejahteraan guru. tidak terpikirkan hal yang akan ditimbulkannya. 18 . sumbangan apa yang bisa kita berikan kepada masyarakat. diantaranya dengan pemakaian yang telah diluar batas dosis (over dosis).

kesadaran untuk menjaga lingkungan perlu ditanamkan secara kuat kepada masyarakat. Untuk itu. 19 . Conton Paragraf Persuasi Pencemaran Sungai Ciliwung sudah sangat parah dan dapat dikategorikan sebagai pencemaran tingkat berat. sejumlah daerah yang menggantungkan sumber air dari Sungai Ciliwung dikhawatirkan akan mengalami krisis. Jika kondisi ini terus berlanjut.10. Rumah tangga merupakan penyumbang terbesar sampah di Sungai Ciliwung. Jika lingkungan terjaga maka kita jugalah yang akan diuntungkan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->