P. 1
Akuntansi Keuangan Menengah BAB 1

Akuntansi Keuangan Menengah BAB 1

|Views: 25|Likes:
Published by MUHAIMIN MZ

More info:

Published by: MUHAIMIN MZ on Apr 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/18/2014

pdf

text

original

KONSEP DASAR AKUNTANSI

Oleh: MUHAIMIN

Konsep Dasar
Menurut American Institute Of Certified Public Accountants (AICPA) Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa. fungsinya adalah menyediakan data kuantitatif terutam yang mempunyai sifat keuangan, dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusankeputusan ekonomi dalam memilih alternatif dari suatu keadaan.

Tujuan Laporan Keuangan
Didalam Statement Of Financial Accounting (SFAC) nomer 1 dinyatakan bahwa pelaporan keuangan harus menyajikan informasi yang:
 Beguna bagi onvestor dan kreditur yang ada dan yang potensial dan pemakai lain-lainnya dalam membuat keputusan untuk investasi, pemberian kredit dan keputusan lainnya.  Dapat membantu investor da kreditur yang ada dan potensial dan pemakai lainnya untuk menaksir jumlah, waktu, dan ketidakpastian dari penerimaan uang dimasa yang akan datang yang berasal dari deviden atau bunga dan dari penerimaan uang yang berasal dari penjualan, pelunasan, atau jatuh temponya surat-surat berharga atau pinjaman-pinjaman.

 Menunjukkan sumber-sumber ekonomi dari suatu perusahaan, klaim atas sumber-sumber tersebut ( kewajiban perushaan untuk mentransfer sumber-sumber keperusahaan lain dan ke pemilik perusahaan)

Tujuan laporan keuangan menurut kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan (IAI,1994)adalah:tujuan laporan ke uangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan,kinerja,serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

PELAPORAN KEUANGAN DAN LAPORAN KEUANGAN
Pelaporan keuangan meliputi laporan keuangan dan cara2 lain untuk melaporkan informasi. Laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.

KUALITAS INFORMASI
Agar dapat berguna inormasi itu harus mempunyai sifat utama yaitu relevan dan dapat dipercaya (reliability). Agar suatu informasi relevan ada tiga sivat yg harus dpenuhi yaitu mempunyai nilai prediksi mempunyai nilai umpan balik(feedback value) dan tepat waktu. Informasi yang dapat dipercaya mempunyai tiga sifat yaitu dapat dperiksa (veriviability), netral dan menyajikan seharusnya.

Disamping dua sifat utama, relevan dan dapat dipercaya, informasi akuntansi juga memapunyai dua sifat sekunder dan interaktif yaitu dapat dibandingkan dan konsisten. Keseluruhan sifat ini disajikan dalam bentuk informasi yang dapat dipahami, karena walaupun seluruh sifat-sifat di atas dapat terpenuhi, namun tidak bisa dipahami, maka tidak akan mencapai sasaran yang diharapkan

KARAKTERISTIK KUALITATIF LAPORAN KEUANGAN MENURUT IAI
Terdapat empat karakteristik kualitatif pokok yaitu:  Dapat dipahami  Relevan  Keandalan Keandalan juga jg dpengaruhi oleh:

1 Penyajian jujur 2 Substansi mengungguli bentuk 3 Netralitas 4 pertimbangan sehat 5 kelengkapan  Dapat dibandingkan

ASUMSI DAN KONSEP DASAR
Asumsi - asumsi tersebut adalah kesatuan usaha kusus (separate entity/ economic enity), komunitas usahaha,penggunaan unit muniter dalam pencatatan(monetry unit/unit ofmeasure), dan tepat waktu (timeperiod periodicity.

KONSEP DASAR
Konsep (prinsip) dasar yang mendasari penyusunan standart akuntansi adalah prisip biaya historis(historical cost principle), prinsip mempertemukan(matching principle), prinsip konsistensi (consistensi principles) dan prinsip lengkap(full disclosure).

KETERBATASAN LAPORAN KEUANGAN
Laporan keuangan yang dhasilkan mempunyai beberapa keterbatasan seperti cukup berarti (materiality), konservatif,dan sifat-sifat khusus dari suatu industri.

TERIMA KASIH
SEMANGAT........ YAKUSA (YAKIN USAHA SAMPAI)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->