P. 1
Modul 2Lambang Unsur

Modul 2Lambang Unsur

|Views: 117|Likes:
Published by Arini Sucia
unsur kimia
unsur kimia

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Arini Sucia on Apr 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2013

pdf

text

original

Modul 2

Lambang Unsur, Rumus Kimia, dan Persamaan Reaksi

Materi Pembelajaran

A.

Lambang Unsur

Lambang unsure yang digunakan sampai sekarang diciptakan oleh seorang ahli kimia berkebangsaan Swedia bernama Jons Jakob Berzelius (1779 – 1848). Penulisan lambing unsure ini diambilkan dari huruf depan nama ilmiah unsure dalam bahasa latin, ditulis dengan huruf capital. Contoh oksigen (O), hidrogen (H), karbon (C). Apabila suatu unsure dilambangkan lebih dari satu huruf, maka penulisan huruf pertamanya ditulis dengan huruf capital diikuti dengan huruf kecil dari salah satu huruf nama unsure tersebut. Contoh : seng (Zn), emau atau Aurum (Au), dan tembaga atau Cuprum (Cu). Nama dan lambing unsure yang ada di alam disajikan dalam table (terlampir). Selain unsure-unsur yang terdapat di atas, IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry) menetapkan lambing unsure dengan akhiran”ium” untuk unsure-unsur yang baru ditemukan berdasarkan nomor atom unsure yang lebih dari 100 dengan ketentuan: nomor atom 0 = nil, 1 = un, 2 = bi, 3 = tri, 4 = quad, 5 = pent, 6 = hex, 7 = sept, 8 = oct, 9 = enn. Contohnya sebagai berikut. 1. Unsure dengan nomor atom 104 → 1 = un, 0 = nil, dan 4 = quad. Sehingga nama unsure itu unnilquadium, disingkat UNQ. 2. Unsure dengan nomor atom 119 → 1 = un dan 9 = enn. Sehingga nama unsure itu ununennium, disingkat UUE. Berdasarkan ketentuan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut. 1. Nama unsure harus singkat dan berhubungan dengan nomor atom unsurnya. 2. Nama unsure terdiri dari 3 huruf. 3. Lambang unsure diturunkan langsung dari nomor atom dan jelas hubungannya dengan nama unsure tersebut. Selain itu, pemberian nama unsure juga dapat dilakukan berdasarkan hal-hal berikut. 1. Warna unsure, misalnya klorin (chloros = hijau). 2. Sifat unsure, misalnnya fosfor (phosphorus = bercahaya). 3. Penemu unsure, misalnya rutherfordium (Rf) nomor atom 104 ditemukan oleh Rutherford. Pemberian nama unsure juga tergantung pada penemunya, sedangkan unsure dengan nomor ataom 104 mempunyai 2 nama, yaitu rutherfordium dengan lambing Rf, nama ini diberikan oleh suatu tim dari Universitas California (Berkeley), Amareka Serikat, sedangkan nama yang diberikan oleh suatu tim dari Uni Soviet (Rusia) adalah Kurchatoviam. Kedua belah pihak yakin sebagai penemu unsure nomor 104 tersebut. Pemberian nama unsure baru berdasarkan ketentuan dari IUPAC yaitu dengan memberikan akhiran –ium pada rangkaian kata yang menyatakan nomor atomnya, misalnya 0 = nil, 1 = un, 2 = bi, 3 = tri, 4 = quad, 5 = pent, 6 = hex, 7 = sept, 8 = oct, 9 = enn. Lambang unsurnya terdiri atas tiga huruf. Contohnya unsure dengan nomor atom 105 namanya unnilpentium (un = 1, nil = 0, pent = 5) dan lambangnya Unp.

1

B.

Atom, Molekul, dan Ion 1. Atom Gagasan tentang atom pertama kali dikemukakan oleh Leucippus dan Demokritus, disusul oleh Aristoteles. Konsep-konsep yang mereka kemukakan hanya berdasarkan spekulasi dan bukan didasarkan pada hasil eksperimen hingga akhirnya Dalton berhasil menyajikan teori atom pada tahun 1803. Teori atom Dalton memadukan gagasan-gagasan tentang atom yang diambil dari teori partikel cahaya dari Newton, konsep unsure dari Boyle, hokum Kekekalan Massa dari lavoiser, dan hokum Perbandingan Tetap dari Proust. Pokok-pokok teori Dalton antara lain. a. Materi merupakan bagian terkecil yang masih mempunyai sifat materi dan tidak dapat dibagi-bagi yang disebut atom. b. Atom dari unsure yang sama mempunyai sifat yang sama dan atom unsure yang berbeda mempunyai sifat yang berbeda pula. c. Aton tidak dapat diciptakan dn dan tidak dapat dimusnahkan. d. Atom-atom dapat saling bergabung membentuk molekul dan dapat diuraikan lagi menjadi atom penyusunnya. 2. Molekul Molekul adalah gabungan dua atau lebih atom unsure yang sejenis ataupun berlainan. Berdasarkan jenis atom-atom penyusunnya, molekul dibedakan atas molekul unsure dan molekul senyawa. a. Molekul Unsur Molekul unsure adalah gabungan dua atau lebih atom unsure yang sejenis. Lambing molekul unsure ditulis dari lambing unsure dilengkapi dengan indeks. Contohnya antara lain. 1) Molekul gas nitrogen, ditulis . 2) Molekul gas hidrogen, ditulis . 3) Molekul uap belerang, ditulis . Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa unsure-unsur yang terdapat di alam bebas tidak berdiri sendiri, melainkan bergabung membentuk suatu molekul, terutama unsure berwujud gas, seperti berikut. 1) Unsure-unsur hidrogen, oksigen, nitrogen, flourin, klorin, bromine, dan iodine selalu berbentuk molekul diatomic, lambangnya ditulis dengan indeks 2, yaitu: , , , , , , dan . 2) Unsure fosfor, arsen, dan antimony dalam keadaan uapnya berbentuk molekul tetraatomik, lambangnya ditulis dengan indeks 4, yaitu: , , dan . 3) Unsure belerang dalam wujud uapnya berbentuk molekul oktaatomik, dilambangkan dengan indeks 8, yaitu . Perkecualian 1) Unsure-unsur golongan VIIIA atau gas mulia tidak saling berikatan, membentuk molekul monoatomik. Contoh: He, Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn. 2) Unsure-unsur berwujud padat yang jumlah atom dalam molekul belum diketahui dianggap berdiri sendiri tanpa indeks. Contoh: Fe, Zn, Pt, Sn, Ni, C, dan Au.

2

Contoh: a. Reaksinya Al → +3eIon negative. b. misalnya (ion karbonat) dan (ion nitrat). Molekul Senyawa Molekul senyawa adalah gabungan dua atau lebih atom unsure yang berbeda. Reaksinya O + 2e → c. Lambangnya ditulis tanpa indeks. Ar. dan molekul oktaatomik (missal ). misalnya B. Ne. molekul tetraatomik (missal . molekul unsure dibedakan atas molekul diatomic (misal . disebut molekul monoatomik. Kr. Ion terbentuk apanila pada reaksi kimia suatu atom unsure menangkap atau melepaskan electron. Ion Ion adalah atom atau gabungan atom-atom yang bermuatan listrik. terdiri atas atom-atom yang sejenis. ditulis Perbedaan antara molekul unsure dengan molekul senyawa. Unsure logam/padat.b. Atom oksigen (O) menangkap 2 elektron menjadi . Sn. terjadi bial suatu atom menangkap electron yang dilepaskan atom lain. Materi-materi di alam yang terbentuk dari gabungan antara unsure logam dengan unsure non logam umumnya tersusun atas ion-ion. Sedangkan molekul senyawa. dan Rn. . . Ion positif disebut juga kation. Ion monoatomik adalah ion yang berasal dari satu jenis unsure. Molekul raksa. missal Fe. Atom flourin (F) menagkap 1 elektron menjadi ion . terdiri atas atomatom unsure yang berbeda. 1) Molekul air. Ni. Atom hidrogen melepaskan 1 elektronnya menjadi ion . Atom kalsium (Ca) melepaskan 2 elektronnya menjadi . jumlah atom dalam molekulnya belum diketahui sehingga dianggap dapat berdiri sendiri. Reaksinya F + e. Lambing unsure ditulis tanpa indeks. Berdasarkan jumlah atom pembentuknya. Xe. dan ). Zn. Berdasarkan muatan listriknya. 3. c. jumlah atom dalam satu molekul tidak terbatas dan disebut molekul monoatomik. Contohnya antara lain. .→ b. kemudian terjadi tarik-menarik antara ion-ion yang berbeda muatannya. Reaksinya Ca → + 2ec. sangat rendah sehingga tidak mempunyai kemampuan untuk berikatan dengan unsure lain. Reaksinya H → + b. . dan Pt. Contoh: a. terjadi bila suatu atom melepaskan elektronnya. dan ). Lambangnya ditulis tanpa indeks. disebut molekul monoatomik. C. dan Si. Atom nitrogen (N) menangkap 3 elektron menjadi . ion dibedakan atas ion monoatomik dan poliatomik. ditulis 2) Molekul glukosa. Perkecualian pada beberapa unsure kimia yang membentuk molekul sebagai berikut. Reaksinya N + 3e → Berdasarkan jumlah unsure yang membentuk senyawanya. pada molekul unsure. Proses penggabungan ini diawali dengan pembentukan ion-ionnya. 3 . a. misalnya He. misalnya (ioni natrium). Ion poliatomik adalah ion yang berasal dari dua jenis atom atau lebih. Au. yaitu ion positif dan ion negative. ion dibedakan menjadi dua. . disebut juga dengan anion. Atom aluminium (Al) melepaskan 3 elektronnya menjadi . Kereaktifan unsure-unsur gas mulia.

4 .UJI KOMPETENSI 1. Terusi (tembaga (a) sulfat) c. tentukan atom-atom penyusun garam dapur dan menentukan kation serta anionnya! Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________ Massa Atom Relatif dan Massa Molekul Relatif Massa atom relative dan massa molekul relative digunakan dalam perhitungan-perhitungan kimia. Batu gibbs (kalsium sulfat) b. 4. Apa perbedaan atom. C. molekul. Pupuk ZA (ammonium sulfat) Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Apa yang membedakan antara: a. Molekul monoatomik dan molekul poliatomik Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Larutan garam dapur (NaCl) dapat menghantarkan arus listrik karena mengandung ion-ion. 3. dan ion? Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Tentukan jumlah atom unsure yang terdapat dalam molekul senyawa-senyawa berikut! a. 5. dan b. Massa Atom Relatif 2. c. Molekul unsure dan molekul senyawa. Ba b. Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Tentukan ion-ion penyusun dari senyawa-senyawa berikut! a. Ditinjau dari partikel dasar materi. 1.

satu satuan massa atom (1 SMA) = x 1. O = 16. merupakan perbandingan massa 1 atom unsure dengan 1/12 massa 1 atom C-12. Dengan demikian. dan Na = 23! a. Air ( Pemecahan : a. Tentukan harga Mr tiap-tiap senyawa di bawah ini. Cl = 35. Natrium Klorida (NaCl) b.92384 x gram = 1. Contoh.5. Atom merupakan bagian terkecil dari unsure materi yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan massa biasa. ditetapkan x massa 1 atom karbon (isotop karbon 12). apabila diketahui Ar: H = 1. Jelaskan arti dari ArNa = 23 Pemecahan : Artinya = = 23 massa 1 atom C Sehingga massa 1 atom Na = 23 x 2. Sebagai standar satuan massa atom. Demikian kecilnya ukuran suatu atom.66 x gram = 3. digunakan satuan lain dalam skala yang lebih besar tanpa mengubah arti yang sesungguhya.00 x gram. Mr = (2 x 1) + (1 x 16) = 18 2. Mr NaCl = (1 x 23) + (1 x 35.Massa atom relative atau biasa disingkat dengan Ar. Oleh karena itu digunakan standar yang dinamakan standar satuan massa atom. Apabila diketahui massa satu atom C-12 = 2.48 x 10 = 65 3.5) = 58. tentukan massa atom relative dari seng! Pemecahan : Ar (Zn) = = = 6. Massa Molekul Relatif (Mr) Massa molekul relative (Mr) merupakan perbandingan massa 1 molekul unsure atau molekul senyawa dengan Mr senyawa A = x massa 1 atom C-12.818 x gram Diketahui massa satu atom seng = 1.08 x gram.66 x gram = 1 Avogram. massa 1 atom karbon diukur dengan spektograf massa diperoleh 1. 5 .92384 x gram. Ar X = CONTOH SOAL DAN PEMECAHAN 1. = 23 Avogram = 23 x 1. sehingga massa atom juga sangat kecil. Agar perhitunganperhitungan kimia menjadi mudah.5 b. Sehingga massa relative (Ar) suatu unsure X dirumuskan sebagai berikut.

Ar O + x ( 2 .CONTOH SOAL DAN PEMECAHAN 1.x = 2 . Ar H + Ar O) 268 = ( 2 x 13) + 12 + (3 x 16) + x (2 x 1) + 16 268 = 106 + 18x X = 10 Massa molekul relative dari senyawa M = 107. Ar Na + Ar C + 3 . UJI KOMPETENSI Tentukan Mr! 1. ArNa + Ar C + 3 . C = 12.x mempunyai Mr = 286. Jika diketahui Ar O = 16 dan H = 1. Ar O + x (Mr 268 = 2 . ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ = ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ = ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ 6 . Tentukan massa molekul relative (Mr) dari Pemecahan : Mr = = 2. Ar O + 3 . = 2. Jika diketahui Ar : Na = 23. = (2 x ArH) + (1 x ArO) = (2 x 1) + (1 x 16) = 18 Suatu senyawa dengan rumus kimia . + = ! 3. 3. Tentukan harga x! Pemecahan : Mr . O = 16. tentukna massa atom relative M! Pemecahan : Mr M = Ar . dan H = 1. M + 3 . Ar H 107 = Ar M + (3 x 16) + (3 x 1) Ar M = 56 Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa massa molekul relative senyawa adalah jumlah massa atom relative unsure-unsur pembentuk senyawa tersebut setelah masing-masing Ar unsure dikalikan dengan indeks-indeksnya.

Asam Sulfat 3. Rumus empiris adalah rumus paling sederhana yang menyatakan perbandingan mol unsureunsur penyusun dari suatu senyawa. artinya satu molekul nitrogen yang terdiri atas dua atom nitrogen. No. Molekul gas nitrogen terdiri atas 2 atom nitrogen. Koefisien ini menyatakan banyaknya atom unsure atau senyawa di belakangnya. Tentukan rumus empiris dan rumus molekul senyawa hidrokarbon tersebut ! Pemecahan : 7 . . Rumus Kimia Rumus kimia adalah lambing molekul unsure atau senyawa yang menyatakan jenis dan jumlahrelatif atom-atom yang terdapat dalam suatu zat. Nama Senyawa Rumus Molekul Rumus Empiris 1. . dibaca dua-N. Contohnya antara lain. dilambangkan dengan dan rumus kimianya . Lambing unsure yang berdiri sendiri tanpa indeks dibaca atom. artinya tiga molekul nitrogen yang terdiri atas dua atom nitrogen. Bilangan angka di depan lambing unsure atau rumus kimia dinamakan koefisien. 5. 2. sebagai berikut. 1. Gas Butana 5. 2. Rumus molekul adalah rumus yang menyatakan jumlah masing-masing unsure yang ada dalam suatu senyawa. 2. dibaca tiga-N-dua. Glukosa Penentuan Rumus Empiris dan Rumus Molekul Penentuan rumus empiris dan rumus molekul suatu senyawa dapat ditentukan apabila persentase massa masing-masing unsure dan massa molekul relative suatu senyawa diketahui. dibaca N-dua. Natrium Tiosulfat 4. artinya 2 atom nitrogen dimana setiap atomnya berdiri sendiri. NaCl = ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ = ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ D. Cara Membaca Rumus Kimia Contoh : 1. Asam Oksalat 6. CONTOH SOAL DAN PEMECAHAN Suatu senyawa hidrokarbon yang mempunyai massa atom relative 42 mempunyai komposisi atom C = 86% dan H = 14%. 3. lambangnya O. Perbedaan antara rumus molekul dengan rumus empiris dapat dilihat dalam table berikut. sedangkan unsure yang ditulis dengan indeks dan rumus kimia senyawa dibaca molekul. 2N. Asam Nitrat 2. Rumus kimia dapat dibedakan menjadi 2. Molekul air terdiri dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.4. Dan rumus kimianya O. 1.

Seng d. Aluminium e. Besi Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Tentukan arti dari : a. 24 atom belerang Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Tuliskan lambing atom besi. c. C. 16 atom natrium b. dan Na! 2. 3. Perak b. belerang. 3NaCl Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Tuliskan rumus kimia dari : a.Mol atom C = Mol atom H = =7 = 14 Perbandingan atom C : H = 7 : 14 = 1 : 2 Rumus empiris senyawa hidrokarbon = Rumus molekul senyawa : Mr senyawa = 42 Ar C = 12 dan Ar H = 1 Mr = Ar C + Ar H 42 = 12 n + 2 n 42 = 14 n N =3 Jadi rumus molekul senyawa = UJI KOMPETENSI 1. mangan. Tuliskan lambing unsure dari unsure-unsur berikut! a. V. Emas c. 8 . 48 atom oksigen c. dan magnesium! Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Tuliskan nama unsure dengan lambing Al. fosfor. 4Fe b. 5. 4.

6 (heksa). Mg = magnesium N = nitrogen. Contohnya sebagai berikut. digunakan suatu cara pemberian nama senyawa kimia yang berlaku secara internasional (IUPAC) sebagai berikut. 3. 2 (di). Contoh : a. 4 (tetra). Ion dan ion Muatan ion = +1. contoh : Natrium Sulfat ( ) disebut garam Glauber dan ditemukan oleh J. Zn = seng O = oksigen. Senyawa yang Tersusun Atas Dua Ion Senyawa yang tersusun atas ion-ion disebut senyawa ion. hingga jumlahnya nol. ZnO = seng oksida b. muatan ion = -1 Maka senyawanya adalah NaCl 9 . angka indeks perlu disebutkan dalam bahasa Yunani. = barium. 8 (okta). Ba = barium klorat Suatu senyawa ion terbentuk dari ion negative dan ion positif yang jumlah muatannya sama banyak. Apabila pasangan unsure yang bersenyawa membentuk lebih dari satu jenis senyawa. NaCl = natrium klorida c. Nama Senyawa Pada mulanya pemberian nama senyawa didasarkan pada beberapa hal berikut. 2. = magnesium. a. Nama. 5 (penta). contoh : Ammonium Klorida ( dinamakan garam salmiak. Glauber. muatan ion = -2 Maka senyawanya Jumlah muatan pada = +2-2 = 0 b.R. ilmuan penemu. 7 (penta). Oleh karena itu. = sianida Mg = magnesium sianida c. Na = natrium Cl = klorin.Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ E. 2. yaitu 1 (mono). Contoh : = belerang dioksida. contoh : Natrium karbonat ( ) dinamakan soda pembersih. = magnesium nitrida d. = fosfor triklorida. 3 (tri). dan 10 (deka). = natrium = sulfat = natrium sulfat b. Contoh : a. 1. Cara pemberian nama seperti contoh di atas sangat menyulitkan karena jumlah senyawa sangat banyak. Senyawa yang tersusun atas dua macam unsure diberi nama dengan menyebutkan nama unsure-unsur penyusun senyawa tersebut dan diakhiri dengan kata “ida”. Ion dan ion Muatan ion = +2. Pemberian nama pada senyawa ion cukup dengan menyebutkan nama ion positifnya (umumnya nama atom logam) dan ion negatifnya. dan = karbon dioksida. 9 (nona). 1. Tempat ditemukan. Sifat senyawa.

yaitu: a. (asam fosfat). Pemecahan : 1. 2) Senyawa basa: NaOH (natrium hidroksida). muatan ion = -3 . Serbuk besi direaksikan dengan larutan HCl menghasilkan 2. Contoh : 1) Senyawa asam: (asam nitrat).Jumlah muatan pada NaCl = +1-1 = 0 c. Larutan = aq (aquades) Contoh : + → + 4. disertai dengan koefisiennya dan dipisahkan dengan tanda panah. 2. Persamaan Reaksi Persamaan reaksi merupakan gambaran reaksi kimia yang terdiri atas pereaksi atau reaktan dan hasil reaksi atau produk. Muatan ≠ Ion harus berjumlah 3 dan ion harus berjumlah 2 agar muatan keduanya sama. Berarti 3 ion bergabung dengan 2 ion Senyawa yang terjadi adalah . Zat cair = l (liquid) c. Cl = 2. Ion dan ion Muatan ion . F. Zn (seng hidroksida). Zat gas = g (gas) d. Persamaan reaksi harus memenuhi hokum Kekekalan Massa dengan mengisi koefisien yang tepat. Pereaksi atau reaktan ditulis di sebelah kiri tanda panah sedangkan hasil reaksi atau produk ditulis di sebelah kanan tanda panah. cC + dD = produk. menghasilkan endapan 10 . 3. Cl = 2 Zn = 1 H = 2. Pada masing-masing zat dalam reaktan dan produk dilengkapi dengan indeks lambing kondisi zat tersebut. aA + bB = reaktan. Tanda panah tidak boleh diganti dengan tanda yang lain seperti sama dengan (=). untuk menyamakan jumlah unsure sejenis pada reaktan dan produk. Secara umum. Zn = 1 (sesuai hokum kekekalan massa) CONTOH SOAL DAN PEMECAHAN Tuliskan persamaan reaksi dari: 1. Gas karbon dioksida dialirkan kedalam larutan air kapur dan air. Zat padat = s (solid) b. Contoh : 2HCl + Zn → + Jumlah unsure ruas kiri = jumlah unsure ruas kanan H = 2. Jumlah muatan pada = (3 x (+2) + (2 x (-3)) = 0 d. Ca (kalsium hidroksida). 1. + → + dan gas hidrogen. Senyawa molekul (ion-ion poliatom) adalah senyawa yang dua atau lebih atomnya terlihat bersama-sama dalam satu ion. persamaan reaksi dituliskan: aA + bB → cC + dD Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan persamaan reaksi antara lain. (aam asetat). (asam sulfat).

5. 4. sedangkan di ruas kana nada 2 sehingga di beri angka 2 dan koefisien diberi angka 1. Unsur Fe di ruas kiri ada 1. 3. Jika hasil yang diperoleh berupa bilangan pecahan. Di depan unsure atau senyawa lain isikan koefisiennya dengan huruf. Buat persamaan aljabar dan jumlah unsure-unsur sejenis di ruas kiri dan kanan. Pada koefisien senyawa yang lain diisi dengan abjad sehingga persamaan reaksi sebagai berikut. Selesaikan persamaan-persamaan yang dapat dengan cara mensubtitusikan atau mengeliminasi. Langkah-langkah penyelesaiannya sebagai berikut. yaitu menggunakan variablevariabel sebagai koefisien reaksi. + → + Persamaan → ruas kiri = ruas kanan Fe → 2 = 2 S→4=b. sehingga persamaan reaksinya: 11 . CONTOH SOAL DAN PEMECAHAN 1. kalikan semua koefisien dengan penyebut pecahan yang diperoleh sehingga diperoleh bilangan bulat yang paling sederhana. Unsure yang disamakan dapat dipilih salah satu. missal a. dan d. Apabila gas dialirkan ke dalam larutan air kapur menghasilkan endapan dan air. Selanjutnya. sehingga jumlah unsure sejenis dari ruas kiri harus sama dengan unsure di ruas kanan tanda panah. yaitu Fe atau S. persamaan-persamaan diselesaikan dengan substitusi atau eliminasi.b=4 Persamaan O: 2a = 3 + 2b → substutusi b = 4 sehingga persamaannya: 2a = 3 + 2 .2. c. Cara yang digunakan untuk menyetarakan persamaan reaksi dilakukan dengan cara aljabar. + → + Penyetaraan Persamaan Reaksi Persamaan reaksi harus memenuhi hokum Kekekalan Massa. 1. Samakan jumlah salah satu unsure sejenis di ruas kanan tanda panah dengan mengisikan koefisien dari unsure yang dipilih. 6. Koefisien reaksi selesai apabila jumlah zat sejenis di ruas kiri sama dengan zat sejenis di ruas kanan dan merupakan perbandingan yang paling sederhana. Misalkan pada reaksi ini disamakan unsure Fe. b. 2. 4 2a = 11 A= Jadi persamaan diperoleh a = dan b = 4. tuliskan persamaan reaksinya! Pemecahan : + → + 2. Selesaikan persamaan reaksi berikut! + → + Pemecahan : Terlebih dahulu disamakan salah satu unsure sejenis di ruas kiri dan ruas kanan.

Berilah nama senyawa berikut! a. + → + b. Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Setarakan reaksi-reaksi berikut! a. sedangkan di ruas kana nada 2. Molibdenum f. yaitu Al atau S. tulislah Apabila ke dalam larutan asam sulfat dimasukkan logam aluminium reaksi dan terbentuklah larutan alumminium sulfat dan gas persamaan reaksinya dan selesaikanlah! Pemecahan : Persamaan reaksinya : + → + Penyelesaian persamaan reaksinya sebagai berikut. Indium b. b. FeO e. sehingga persamaan reaksinya : +3 → + UJI KOMPETENSI 1. Vanadium e. Kromium d. Misalkan pada reaksi ini disamakan unsure Al. Pada koefisien senyawa yang lain diisi dengan abjad sehingga persamaan reaksi sebagai berikut. +a → + Persamaan → ruas kiri = ruas kanan Al → 2 = 2 S=a=3 Persamaan H: 2a = 2b → substitusi a = 3 Jadi diperoleh a = 3 dan b = 3. Skandioum c. Unsure yang disamakan dapat dipilih salah satu. + → + Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Tuliskan lambing unsure dari nama-nama unsure di bawah ini! a. 3. c. d. Stronsium Sebutkan contoh dari molekul senyawa dan molekul unsure (minimal 3 buah) ! Jawab : 2. 12 . → + dan terjadi . unsure Al di ruas kiri ada 1. NaCl f. sehingga Al diberi angka 2 dan koefisien diberi angka 1. Terlebih dahulu disamakan salah satu unsure sejenis di ruas kiri dan si ruas kanan. 4.+ 3.

Tanah b. Homogeny dan tidak dapat diuraikan dengan reaksi kimia c. Rapuh c. 3. Molekul e. Di bawah ini adalah sifat-sifat unsure golongan nonlogam. Timbale c. Cu. dan Ag b. Co b. Udara c. Ne dan Pr e. C d. Isolator 9. Galium b. 4. Cr c. Alcohol Lambing unsure magnesium ditulis dengan… a. Lambing unsure kalsium adalah… a. Bersifat isolator d. Umumnya berwujud gas d. Campuran d. Tambaga b. tembaga berturut-turut adalah… a. Fransium e. Fe e.Cu d. Mengkilap Unsure yang merupakan unsure peralihan antara unsure logam dan unsure nonlogam disebut… a. Md b. Fe. Mn d. N dan Ag c. Mg e. seng. ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Apakah yang dimaksud dengan: a. Heterogen dan merupakan campuran dengan unsure lain 11. Tidak dapat ditarik c. Berwujud gas e. Raksa c. Cl Lambing unsure nitrogen dan perak adalah… a. Sesium c. Ni dan Pe d. Cu. Larutan e. Heterogen dan tidak dapat diuraikan dengan reaksi kimia e. Zn c.Zn. Cu b. Nt dan Pa Zat-zat berikut yang tergolong unsure yaitu… a. Zn. Suatu zat digolongkan unsure apabila zat tersebut… a. Fe. Rapuh b. Fe. Molekul senyawa UJI KOMPETENSI 1. Homogeny dan dapat diuraikan dengan reaksi kimia b. Molekul unsure f. 13 . Emas 8. Ion b. Ca e. kecuali… a. Cesium d. Elastic e. Zn 2. Fe. Berikut ini unsure logam yang berwujud cair. Cu. Senyawa c. Massa Atom Relatif c. Heterogen dan dapat diuraikan dengan reaksi kimia d. Air d. Mo Di antara sifat-sifat unsurberikut yang merupakan sifat golongan logam adalah… a.5. Lambing unsure besi. Zn. Metalloid b. Na c. Tembaga e. Timah d. 6. 5. Titanium 10. Gas 7. Tidak mengkilap b. Nama unsure satnnum (Sn) dalam nama Indonesia adalah unsure… a. kecuali… a.

Berzelius c. Kadar unsure S dalam senyawa ( adalah… a. (iii) dan (iv) 25. 15 atom H 15. belerang. b. 96% d. Dalam 15 molekul terdapat… a. Campuran b. Rumus molekul belerang adalah… a. Un heptium d. 6 atom C dan 6 atom N d. (i) dan (ii) d. Perbandingan massa unsure Fe dan Cl dalam senyawa adalah… a. Berdasarkan gambar pada soal nomor 24. e. 3. Garam c. (i) dan (iii) b. 3. 30 atom Ca d. Proust b. dan e. 1 atom Fe. unsure yang nomor atomnya 106 diberi nama… a. 2. 18 atom Fe. 1. Di antara materi-materi berikut. Rumus molekul gas klorin. 24% c. 3 atom K. Rumus kimia dari hidrogen peroksida adalah… a. Perhatikan gambar berikut! Dari gambar-gambar tersebut yang merupakan molekul senyawa adalah… a. 1 : 2 b. 6 atom K. Cl. dan b. 19. 32% b. 6 atom Fe. 6 atom C dan 6 atom N c. 2 b. Air b. Ozon e. 3 d. Gula d. S c. .5 c. d. 1 c. 1 atom Fe. 5 d. 3. molekul unsure ditunjukkan oleh nomor… a. 3 26. . . 2. 3 e. c. 2. Nil nil septium 13. d. dan c. . 3 atom Fe. . Unsure e. 3 21. 2. c. 1 atom K. Avogadro c. 4 e. dan 6 atom CN b. 2. Un nil unium b. Dalam setiap molekul terdapat… a. 3 atom K. P4 b. dan 27. 15 atom O e. Dalton d. dan fosfor berturut-turut dituliskan… a. 1 atom C. Senyawa yang berjumlah 3 molekul terdiri atas 3 atom kalsium. (ii) dan (v) e. 2 c. dan 4 atom oksigen adalah… a. 20. 14. 56 : 71 e. 18 atom K. Cl. 80% e. 56 : 35. Berdasarkan tata nama yang ditetapkan IUPAC. 1 atom fosfor. dan P d. Larutan 17. (ii) dan (iv) c. Demokritus b. Cl. Un nil hexium e. Koefisien dari reaksi + C → KCl + adalah… a. Senyawa d. 2. 3 b. 1. Dalton 22. b. . Pendapat bahwa materi bersifat diskontinu dikemukakan oleh… a.12. dan 6 atom N e. S. 18 atom unsur c. d. dan 1 atom CN 18. Perbandingan massa unsure dalam tiap senyawa selalu tetap. 2. e. Cuka 14 . Pendapat tersebut dikemukakan oleh… a. Boyle d. 2. 30 atom O b. Aristoteles e. Boyle 16. Zat tunggal c. Zat tunggal yang dengan cara kimia biasa masih bias diuraikan disbut… a. 3. 50% 24. e. Lavoiser e. 1 : 1 d. 28 : 71 23. yang bukan merupakan senyawa adalah… a. 1. Un nil pentium c.

. Senyawa b. . . . Molekul garam dapur terdiri atas 1 atom Na dan 1 atom Cl. Ion d. Molekul terdiri atas atom-atom b. Jika diketahui beberapa kation dan anion. 1. Ion e. b. dan d berturut-turut adalah… a. Sama dengan 0 d. Ion b. Barium sulfit d. Menurut aturan IUPAC. 4 d. 38. elektron b. . 8. Dari persamaan Al + → . d. . Fe Pernyataan berikut ini yang tidak benar adalah… a. d. Nilai a. 4. d. . Bila atom Na melepaskan 1 elektron maka akan menjadi… a. c. b. . d. e. e. Kelompok rumus molekul berikut merupakan rumus molekul senyawa. Ion Na Pada senyawa kimia. . 3 35. 30. c. 6 e. 8. Lebih dari 0 b. 29. 3. . c. . KCl. HBr. . dan b. gamping (CaO). 33. dan karat besi ( ) berturut-turut adalah… a. dan c. c. 6. . Negatif 1 31. dan d. jumlah koefisien-koefisien pada keadaan setimbang adalah… 36. Molekul monoatomik c. . Asam e. Senyawa e. 3. a. 40. Setiap materi tersusun atas molekulmolekul 15 . . 8 Berikut ini merupakan ion poliatomik. Molekul diatomic d. anion c. 6 e. maka sekelompok senyawa dari penggabungan kation dan anion tersebut adalah… a. Basa d. 37. . e. NaCl d. 3 b.28. CO. 8. 6 d. . 1. Jumlah total muatan ion-ion dalam suatu rumus kimia harus… a. yaitu: . 10 c. 4. 6. e. b. Lambing ‘s’ dalam persamaan kimia berarti… a. . 3. Lelehan c. 9 b. Boron sulfat 32. b. . kecuali… a. 3. . . Kurang dari 0 c. e. mempunyai nama… a. 39. Diketahui : a +b →c +d . Positif 1 e. . Boron sulfida c. c. Campuran Ion positif yang terkandung dalam garam dapur (NaCl). . 6 c. dan e. c. b. suatu atom dalam suatu unsure dapat menangkap atau melepas electron sehingga terbentuk… a. kecuali… a. 2. KCl. 41. Barium sulfida b. . Penulisan molekul unsure berikut yang tidak tepat adalah… a. b. . Barium sulfat e. Padat 34. Rumus kimia garam dapur adalah… a. 2. . . HCl.

Xe c. Nikel e. 4 e. I. I. dan V d. Ludwig Boltzman d. I. Jawablah dengan singkat dan tepat! 1. Nitrogen d. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh… a. Natrium c. molekul unsure ditunjukkan oleh gambar nomor… a. Bariumi g. III. alkohol b. Boron Dari gambar di atas. II. Bismut b. Atom b. Neon 16 . H b. Karbon f. Democritus Di antara gambar berikut yang menunjukkan molekul unsure adalah… Gabungan antara atom-atom yang tidak sejenis mengakibatkan terbentuknya… a. 2) dan 4) 48. II. 44. Ne e. Setiap molekul unsure tersusun dari 4 atom unsure d. Molekul berikut ini yang merupakan molekul tetraatomik adalah molekul… B. kecuali… a. IV. 1)dan 2) d. Kaca e. 47. kecuali… a. II. 3 c. 4) dan 5) c. Perhatikan gambar skematis beberapa partikel materi berikut! Diantara gambar-gambar skematis di atas. yang merupakan kelompok molekul unsure adalah… a. bensin c. dan IV c. Molekul senyawa e. c. c. Molekul senyawa tersusun dari atomatom yang berbeda e. Leucippus e. John Dalton c.42. 6 j. 8 b. dan V e. Kobalt i. e. Molekul unsure d. Ozon 49. Fe d. Atom-atom unsure bergabung membentuk molekul senyawa Molekul-molekul dalam gas bergerak dengan kecepatan yang berbeda. III. He d. Campuran Perhatikan gambar di bawah ini! a. Berikut ini adalah unsure-unsur gas mulia yang mempunyai kereaktifan sangat rendah sehingga dianggap dapat berdiri sendiri. Garam dapur d. II. 2 d. 2) dan 5) b. b. Ar 50. Ion c. dan III b. dan IV 46. 45. Bromin h. Oktaatomik ialah molekul yang tersusun dari… a. Berikut ini merupakan molekul senyawa. 43. 1) dan 3) e. Tuliskan lambing-lambang unsure berikut! a. Lavoiser b.

J Berzelius? Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Sebutkan tiga jenis unsure yang terdapat di alam lengkap dengan sifat dan contohnya! Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Tulislah lambing unsure dari unsure-unsur berikut ini! a. S h. Zn i. Kalsium Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ 17 . Jawab : ______________________________________________________________________________ _________________________________________________________________________ Tuliskan nama unsure-unsur yang mempunyai lambing berikut! a. Besi f. Antimony d. 3. 6. O f. Cr j.2. Belerang e. Ag b. 4. Cu Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Sebutkan dan jelaskan partikel-partikel penyusun materi! Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Bagaimana penulisan fase-fase dalam persamaan reaksi? Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Setarakan persamaan reaksi berikut! + → + + Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Bagaimanakah pemberian lambing unsure berdasarkan ketentuan J. Mg e. P g. Vanadium c. 8. Hidrogen h. Flourin g. Silikon b. 7. Pt c. 5. Mn d.

9. Ga d. Co Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ 10. Bi b. dan 125. V c. Sebutkan nama unsure dari lambing unsure berikut! a. 109. Ne f. bagaimana cara memberikan nama menurut ketentuan IUPAC? Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ 18 . Andaikan anda seorang ilmuan yang berhasil menemukan unsure baru dengan nomor atom 105. N e.

Modul 3 Stuktur Atom Materi Pembelajaran A. 2. Pada eksperimen tersebut. d. dan sejumlah kecil dipantulkan. sebagian kecil dibelokkan. seperti pada roti kismis. c. Berdasarkan eksperimen tersebut. a. 3. Teori Atom Dalton Teori atom Dalton berkembang berdasarkan hokum Kekekalan Massa dan Perbandingan Tetap. b. Perkembangan Teori Atom Perkembangan teori atom sudah berkembang sejak sebelum Masehi. Hans Geiger dan Ernes Marseden. Teori Atom Neils Bohr 19 . Teori Atom Rutherford Rutherford mengemukakan torinya setelah pada tahun 1909 melakukan eksperimen penghamburan sinar α bersama mahasiswanya. Materi terdiri atas bagian terkecil yang masih mempunyai sifat materi asalnya dan tidak dapat dibagi-bagi lagi yang disebut atom. Diameter inti cm dan diameter atom cm. d. model atom Rutherford. c. dimulai dari teori atom yang sederhana hingga teori-teori yang dikembangkan berdasarkan penemuan-penemuan secara eksperimen 1. a. Atom dapat saling bergabung membentuk gabungan atom yang disebut molekul senyawa melalui reaksi kimia dan dapat diuraikan kembali menjadi atom-atom penyusunnya. Pada tahun 1805 John Dalton mengemukakan teorinya tentang atom sebagai berikut. 4. Atom Thomson bersifat netral karena jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negative. Atom dari atom sama mempunyai sifat sama dan atom unsure yang berbeda mempunyai sifat berbeda pula. Model atom Thomson digambarkan sebagai suatu bola yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh electron-elekron bermuatan negative yang tersebar merata di dalam bola tersebut. Atom tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. b. Hasil dari eksperimen ini adalah hampir semua partikel α ditembus lempeng. Sebagian besar massa dan seluruh muatan positif yang terdapat dalam atom terpusat di wilayah yang sangat kecil disebut inti. Besarnya muatan positif antara atom satu dengan yang lain berbeda. Banyaknya electron di sekitar inti atom sama dengan banyaknya muatan positif pada inti atom. Kelemahan teori ini tidak dapat menjelaskan susunan atom secara tepat. Kelemahan dari teori atom Dalton adalah tidak dapat menjelaskan Hukum Gay Lussac.J Thomson Perkembangan teori atom Thomson dimulai sejak Thomson menemikan electron. Atom merupakan rongga hampa seperti tata surya. e. dan atom sendiri bersifat netral. Teori Atom J. ditembakkan sinar α pada lempeng logam yang sangat tipis.

Teori ini mulai menjelaskan tntang orbital. Artinya. energinya tetap dan tidak memancarkan energy apapun. sebaliknya saat electron kembali ke tingkat energy terendahnya. proton. Struktur Atom Partikel Penyusun Atom Berdasarkan kesepakatan para ahli sejak awal abad ke-20. Neils Bohr melakukan eksperimen dan pengamatan terhadap spectrum unsure untuk menyempurnakan teori atom Rutherford. 1. Model Atom Mekanika Gelombang Model atom mekanika gelombang muncul berdasarkan sifat mekanisme cahaya de Broglie dan prinsip ketentuan Heisenberg. Lempengan pertama dihubungkan dengan pusat positif (anoda) sedangkan lempengan lainnya dihubungkan ke pusat negative (katoda). Bohr membuat rumusan untuk menjembatani perbedaan pendapat yang muncul saat itu. Rumusan ini dikenal dengan rumusan Rutherford-Bohr.J Thomson tentang penggunaan tabung sinar katoda seperti yang digunakan Faraday. Model atom Schrodinger ini disebut model atom mekanika kuantum. Electron bergerak pada orbit melingkar mengelilingi inti dengan pergerakan mengikuti hokum fisika klasik. electron bermuatan negative. Tabung ini dibuat dari tabung gelas yang terdiri dari 2 lempengan logam. c. Kelemahan teori atom ini hanya dapat menjelaskan atom hidrogen dan atom yang mirip hidrogen dan atom yang mirip hidrogen yang terdiri dari satu electron. Selama electron mengalami proses transisi ini. mengenai susunan dan pergerakan electron di sekeliling inti. Neils Bohr pertama kali mengembangkan teori struktur atom dan menggambarkan tingkat energy electron dalam atom untuk menjelaskan spectra atom. yang berisi sebagai berikut. Electron memiliki satu set orbit tertentu yang dunamakan kondisi stationer. yaitu electron. sedangkan tingkat energinya mirip dengan model atom Bohr. dan neutron. Oleh karena itu Heisenberg dan Schrodinger mengemukakan teori atom berdasarkan mekanika gelombang (mekanika kuantum). telah ditentukan bahwa atom terdiri dari tiga macam partikel. yaitu kebolehjadian elektron ditemukan di daerah sekitar inti atom. Electron dapat berpindah dari orbit yang satu ke orbit lainnya. b.B. Proton bermuatan positif. Elekron Pengetahuan tentang electron diawali dari penemuan J. Sinar katoda merupakan sinar 20 . Sinar tersebut merupakan radiasi yang dipancarkan oleh terminal negative atau katoda melewati katoda tabung vakum menuju terminal positif atau anoda. dan neutron bermuatan netral. Persamaan gelombang untuk menggambarkan bentuk dan tingkat energy orbital berhasil dirumuskan oleh Erwin Schrodinger. Lintasan electron pada model atom mekanika kuantum berupa orbital. Selama electron berada pada orbitnya. electron dapat berpindah dari tingkat energy terendah ke tingkat energy yang lebih tinggi dengan cara menyerap energy tertentu. sejumlah paket energy tertentu (kuanta) akan dipancarkan atau diserap. 1926 seorang ahli fisika dari Austria. a. Sinar katoda bergerak secara garis lurus dan sifat-sifatnya tidak bergantung dari jenis materialnya. Sinar katoda dilewatkan listrik di dalam tabung gelas yang telah divakumkan. energy yang sama akan dipancarkan. 5.

Pada tahun 1897.tidak terlihat yang hanya dapat dideteksi dari cahaya yang dipancarkan oleh material yang dikenainya. Setiap muatan listrik yang lain merupakan kelipatan muatan elekton. Thomson berhasil menentukan perbandingan muatan dengan massa tertentu dari electron sebesar 1. 21 .6 x Coulomb.6 x Coulomb diperoleh massa electron sebesar: Karena 1 SMA = massa 1 atom hidrogen = 1. Proton ditemukan Rutherford ketika mempelajari penyebaran partikel α oleh atom-atom hidrogen di udara. Ternyata hasil e/m untuk sinar katoda (electron) adalah 1. Ternyata muatan electron merupakan muatan listrik yang paling kecil. Istilah electron ini pertama kali diusulkan oleh George Stoney pada tahun 1874.75881 x Coulomb/g dengan besarnya muatan electron sebanyak 1. Tabung ini dikenal dengan tabung Crooks. seorang ahli fisika dari Jerman. yaitu sebesar 1. Ia mengamati bahwa pada bagian kisi katoda akan memancarkan sinar yang bermuatan. Salah satu sifat yang menarik dari sinar katoda adalah dapat dibelokkan oleh suatu medan listrik atayu medan magnet sebagaimana sifat partikel-partikel bermuatan negative. Percobaan ini dilakukan dengan menyemprotkan tetes minyak ke dalam medan listrik melalui suatu celah. Goldstein menemukan proton melalui percobaan tentang muatan yang positif dalam atom dengan menggunakan tabung yang menyerupai tabung sinar katoda pada tahun 1886. Thomson menyimpulkan bahwa sinar katoda merupakan partikel dasar bermuatan negative penyusun atom. 2. Nama proton diberikan untuk sinar yang bermuatan positif ini oleh Rutherford setelah mengamati adanya muatan positif pada inti atom pada tahun 1919. Goldstein mengisi tabung Crooks dengan gas hidrogen bertekanan rendah. Milikan berhasil menentukan muatan sebuah electron. Misalnya dengan cara melapisi dinding tabung dengan ZnS yang disebut flouresens. Selanjutnya pada tahun 1909. Tetesan minyak yang bergerak dipancarkan sinar-X dan diamati gerakannya dengan teleskop yang dilengkapi dengan micrometer eyepiece.6603 x Maka massa 1 elektron = = 5.49 x Atau massa 1 elektron = SMA SMA = SMA g x massa 1 atom hidrogen. 3.6 x C. Selanjutnya muatan electron ditulis -1 atau -1. Dengan menganalisis data tetesan dapat dihitung besarnya muatan listrik yang diabsorpsi tetesan.76 x c/g. Sinar katoda ini dikenal sebagai electron. Neutron Pada tahun 1914 para ilmuan berhasil melakukan penyelidikan dan menunjukkan bahwa dalam inti atom unsure yang berbeda terdapat jumlah proton yang berbeda-beda pula. Penentuan massa electron dilakukan oleh Milikan dalam percobaannya yang dikenal dengan eksperimen tetesan minyak Milikan. Proton Proton ditemukan pertama kali oleh Eugene Goldstein. kemudian menghubungkan kedua elektrodanya dengan listrik bertekanan tinggi.

Sementara. Hal ini mendasari bahwa atom dapat diidentifikasi berdasarkan jumlah electron. dan neutron dalam jumlah yang berbeda-beda. yaitu sedangkan electron bermuatan -1 atau . maka gambar disamping ditampilkan contoh untuk atom helium. Peristiwa ini dinamakan isotop. pada inti atom hidrogen terdapat 1 proton. Dimana : X = lambing unsure. meskipun jumlah neutron berbeda tetapi jika jumlah protonnya sama. Z = nomor atom = jumlah proton = jumlah elektron X 22 . terdiri atas proton. kecuali hidrogen. Partikel ini ditemukan melalui percobaan Chadwick.673 x gram). Ini berarti bahwa dalam inti atom harus ada partikel α. Besarnya massa sebuah atom ditentukan oleh proton dan neutronnya. dengan menembak lapisan tipis Berilium dengan partikel α.675 x gram. neutron dalam inti suatu atom. dan neutron yang dimilikinya. Sebaliknya. Penulisan notasi nomor atom dan nomor massa dalam suatu atom dapat dinotasikan sebagai berikut. maka akan sama pula sifatnya. Jumlah neutron dalam inti tidak khas untuk setiap unsure. electron. jumlah total proton dalam neutron yang terdapat dalam inti atom dinamakan nomor massa. dan sebagainya. Partikel ini kemudian dinamai neutron. Partikel neutron tidak bermuatan dan massanya hampir sama dengan massa sebuah proton (massa neutron = 1. pada inti atom Litium mempunyai 3 buah proton. Proton bermuatan +1. Untuk atom yang netral. Sifat ketiga partikel dasar disajikan dalam table berikut. jumlah muatan positif (proton) sama dengan jumlah muatan negative (electron)nya. dalam atom unsure walaupun jumlah neutronnya sama. tetapi tidak mempunyai muatan. Pada tahun 1913 Thomson menemukan gejala-gejala yang terjadi pada atom-atom unsure sejenis. Ditemukannya isotop ini membuktikan bahwa massa suatu atom tidak sesuai dengan massa proton dalam inti. Pada tahun 1932. sedangkan massa proton = 1. tetapi tandanya berlawanan.Missal. 4. Nomor atom dan Nomor Massa Berdasarkan percobaan dapat diketahui bahwa setiap atom. Muatan proton ini sama dengan muatan sebuah electron. Pada inti helium terdapat 2 buah proton. dan electron yang berbeda disekitarnya. Hasilnya adalah pancaran radiasi energy yang sangat tinggi. A = nomor massa = jumlah proton + jumlah Neutron. tapi jika jumlah protonnya berbeda sifatnya akan berbeda. Jumlah proton yang terdapat dalam inti atom ditunnjukkan oleh nomor atom. Artinya. yaitu adanya atom-atom yang massanya berbeda. Untuk menunjukkan keberadaan proton. proton. James Chadwick menemukan partikel penyusun inti yang massanya sama dengan proton.

mempunyai jumlah proton sama dan jumlah elektronnya. Jumlah electron maksimum yang dapat menempati tiap kulit tidak sama. dan 20 neutron. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan konfigurasi electron sebagai berikut. Konfigurasi Elektron Atom terdiri dari inti atom yang dikelilingi sejumlah electron. 18 elektron. Nomor atom. C. Apabila suatu atom melepaskan electron. (n=1). Semakin jauh dari inti atom. Contoh : atom Ca nomor atom 20. dimana: n = 1 dinamakan kulit K n = 2 dinamakan kulit L n = 3 dinamakan kulit M. kulit ketiga kulit M. Dalam setiap atom terdiri dari berbagai macam kulit. Berarti. jumlah proton = 18. dan seterusnya. Contoh : natrium mempunyai 11 proton dalam intinya. Berarti atom Ca terdiri atas: 20 proton. Kulit kedua hanya boleh diisi maksimum 8 elektron d. (n=3). tingkat energy dari kulit akan semakin tinggi. Kulit K = 2 Kulit L = 8 Kulit M = 8 23 . electron sisanya ditulis di kulit ke-4. nomor atom natrium 11 . Peletakan electron dimulai dari kulit yang paling dekat dengan inti. jika sisa electron lebih dari 18 ditulis 18. jumlah electron = 18. jumlah proton dan jumlah electron mempunyai cirri khusus pada sebuah atom. mempunyai nomor atom = 18. Susunan electron dalam tiap kulitnya disebut konfigurasi electron. jumlah proton. jika sisa elektronnya lebih dari 8 ditulis 8. dan jumlah electron yang sama pula. Kulit ke-3 M. maka atom Ca berubah menjadi ion sehingga ion terdiri atas: 20 proton. Electron-lektron ini beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit atom. a. atom tersebut menjadi bermuatan positif atau disebut kation. kulit keempat N. kulit kedua kulit L. atom akan menjadi bermuatan negative. jumlah neutron sama dengan perbedaan massa atom dengan nomor atom N= A-Z. Artinya. Contoh : Atom kalsium mempunyai nomor atom 20 dan nomor massa 40 ( ). setiap atom suatu unsure yang sama selalu mempunyai nomor atom. dan seterusnya. karena jumlah proton lebih banyak daripada jumlah electron. Kulit pertama atau kulit yang paling dekat dengan inti dinamakan kulit K. jumlah electron yang mengelilingi inti = 11. jumlah electron maksimumnya 2 = 18 elektron c. dan disebut sebagai anion. 20 elektron. dan 20 neutron. inti atom natrium bermuatan +11. Bila atom Ca melepaskan 2 elektron. jika atom menangkap electron. Contoh . Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi 1. Menurut Wolfgang Pauli (1900-1958) jumlah maksimum electron yang dapat menempati tiaptiap kulit dirumuskan: Dimana ∑ pada suatu kulit ∑ N = nomor kulit Kulit K. Sebaliknya.Dengan demikianlah. Untuk atom netral. jumlah electron maksimumnya 2 = 2 elekrton Kulit L. dan seterusnya. (n=2). jumlah electron maksimumnya 2 = 8 elektron Kulit M. b.

Elektron Valensi Electron valensi menunjukkan jumlah electron pada kulit terluar suatu atom netral. Isobar Isobar adalah unsure-unsur yang mempunyai nomor atom berbeda. Electron valensi atom unsure sangat menentukan sifat dari unsure yang bersangkutan. Kulit N = 8 elektron. neutron yang terdapat dalam unsure dengan lambing: a. Isoton-isoton mempunyai sifat berbeda karena nomor atomnya berbeda. b. Berapakah jumlah proton. 18. 2. Pada umumnya sifat-sifat yang terdapat di atom merupakan campuran dari isotopisotopnya. 8 . Tentukan konfigurasi elektronnya. jumlah neutron = 23 – 11 = 12 24 . konfigurasi elektronnya : Kulit M = 18. tetapi nomor massa sama. dan jumlah lintasan kulitnnya! Pemecahan :    D. Isotop Isotop adalah unsure-unsur yang mempunyai nomor atom sama tetapi nomor massanya berbeda. Unsure yang mempunyai electron valensi sama. Konfigurasi electron = 2 . Elektron valensi juga dapat digunakan untuk menentukan letak golongan dan periode suatu unsure dalam system periodic unsure. 18 . dan Isoton 1. Contoh : dengan 3. Contoh : Kulit K = 2. Isoton Isoton adalah unsure-unsur yang mempunyai jumlah neutron sama. berarti natrium mempunyai nomor atom (Z) = 11 dan nomor massa (A) = 23. Isobar-isobar mempunyai sifat-sifat yang berbeda karena nomor atomnya berbeda. Jumlah electron pada kulit yang paling luar adalah electron valensinya. akan memiliki sifat kimia yang mirip. Untuk kulit ke-4 (N) jika sisa electron lrbih dari 8. electron valensinya. Contoh : dengan CONTOH SOAL DAN PEMECAHAN 1.Kulit N = 2 e. Isotop terjadi karena jumlah neutron dalam inti suatu atom berbeda. jumlah electron = 11. Cara menentukan electron valensi dapat dilakukan dengan menuliskan konfigurasi electron. CONTOH SOAL DAN PEMECAHAN Suatu unsure X mempunyai nomor atom 52. Isobar. Pemecahan : a. dan 32. 6 Electron valensi = 6 Jumlah lintasan kulit = 5 Isotop. Kulit L = 8. sehingga: jumlah proton = 11. maka ditulis sisa electron tersebut. 18 . . .Contohnya : dengan 2.

Konfigurasi electron b. sehingga jumlah proton = 17. susunannya 2 . 2. Antara atom A dan B merupakan isotop. jumlah electron = 17. Tulislah lambing atom unsure tersebut secara lengkap! Pemecahan : Jumlah proton = 30 → Z = 30 Jumlah neutron = 35 → A = 30 + 35 = 65 Jadi. electron. . = 2 . 8 .b. dan neutron yang terdapat dalam: a. 25 . ditulis 8 . susunannya 2 . Tentukan jumlah proton. atau isobar? 2. Pemecahan : a. Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Suatu atom dengan nomor massa 65. 8 Karena kulit ketiga berisi 10 elektron. 8 . isoton. Electron valensi c. 8 Karena kulit ketiga berisi 27. ditulis 8 . Jumlah lintasan kulit Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ Atom unsure A mempunyai 18 proton dan 20 neutron dalam intinya. lambing atom seng adalah 3. b. Tuliskan susunan electron dari unsure-unsur berikut! a. 18 . 2 = 2 . di dalam intinya terdapat 35 neutron . 1 UJI KOMPETENSI 1. b. b. berarti klorin mempunyai nomor atom (Z) = 17 dan nomor massa (A) = 35. 1 Jadi. ditulis 18 dan kulit keempat berisi 9 elektron. 8. Tentukan : a. 3. Atom unsure B mempunyai 17 proton dan 21 neutron dalam intinya. jumlah neutron = 35 – 17 = 18 2. Atom seng mempunyai jumlah proton 30 dan jumlah neutron 35 buah. Jadi. 8 .

Atom merupakan bola berongga Rutherford dengan mengadakan dengan inti bermuatan positif percobaan spectrum hidrogen adalah… dikelilingi electron bermuatan (-) a. neutron a. Thomson e. Rutherford a. Goldstein menemukan proton bola yang berbentuk bulat massif. Neutron d. Bohr 3. Proton. Thomson e. positron. proton. Heisenberg dasar atom adalah… c. Belum mengemukakan adanya hamburan sinar α dari uranium yang muatan dalam suatu atom disimpan dalam wadah timbale adalah… c. Belum menggambarkan letak dan e. Ilmuan yang mengadakan percobaan b. Partikel yang termasuk kelompok partikel b. electron. Atom sejenis mempunyai sifat yang b. Salah satu isi teori atom Dalton yang yang berbentuk bulat masif tidak sesuai lagi adalah 2. Atom adalah bagian terkecil suatu dan di permukaannya tersebar unsure yang tidak dapat dibagi electron yang bermuatan (-) 7. Nucleon. electron b. Benda tersusun atas partikel-partikel berbeda yang sangat kecil dan disebut atom c. J. Atomnya digambarkan sebagai bola 6. Dalton atom c. Semua materi tersusun atas partikeldibagi menjadi bagian yang lebih partikel kecil yang tidak dapat kecil lagi dimusnahkan atau diciptakan b. Tokoh-tokoh yang tidak sesuai dengan UJI KOMPETENSI perannya adalah… a. Model atom Dalton digambarkan sebagai b. Rutherford menemukan inti atom yang bermuatan positif 1. Hanya tepat untuk atom dengan d. Tidak mampu menerangkan a.Jawab ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ 4. Chadwick menemukan neutron Kelamahan model atom ini adalah… d. Atom suatu unsure tertentu adalah mempunyai sifat yang berbeda identik. yaitu mempunyai berat. Rutherford d. Proton 26 . Reaksi kimia terjadu karena ukuran. Teori atom Thomson menyatakan… a. c. positron. Atom adalah bagian yang dapat a. Nucleon. dan sifat yang sama penggabungan dan pemisahan atom d. d. electron. Avogrado mengapa electron tidak jauh ke inti b. Atom unsure yang tidak sejenis c. Nucleon. Electron e. neutron bermuatan positif adalah… c. neutron. Neils Bohr nomor atom rendah e. Ilmuan yang memperbaiki teori atom e. neutron c. Atom adalah bola bermuatan positif e. Dalton d. Neils Bohr menemukan jari-jari atom lintasan electron dalam suatu atom 5. Nucleon.J Thomson menemukan electron a. Partikel dasar penyusun inti atom yang b. positron 8.

c. Antara inti dan electron terdapat penghalang c. Jumlah electron maksimum yang terdapat pada kulit N adalah… a. Energy tolak-menolak partikel pasif dan partikel negative cukup besar e.J Thomson e. R dan Z 14. Electron bergerak menurut lintasannya yang tertentu dengan gerak tertentu pula dari inti b. 13 Diketahui isotop . 17. Rutherford d. 2 d. 17 e. unsure tersebut adalah… a. Gambar berikut ini menunjukkan perkembangan model atom. III Bilangan massa unsure Y adalah 27 dan mempunyai 12 elektron. 2 e. d. Chadwick c. 5 d. X dan Y b. 19 d. 18. 12. 10. Jumlah neutron unsure tersebut adalah… a. Dalton b. Jumlah electron pada kulit terluarnya adalah… a. J. 20. 18 15. Dalam isotop ini terdapat 33 buah neutron 27 . 18 Suatu atom mempunyai nomor massa 87 dan di dalam intinya terdapat 50 neutron. 8 e. e. 10 e. 8 b. dan 14 neutron. 16. Electron selalu dalam keadaan diam d. maka unsure tersebut mempunyai nomor atom… a. 7 c. 14 elektron. 4 b. Neutron dan electron e. Rutherford d. X dan Z c. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah… a. Aristoteles Bila unsure X mempunyai 14 proton. Milikan b. 22 c. R dan Y e. 19. 16 e. Electron terlalu jauh dari inti sehingga ada efek tarik-menarik Perhatikan table berikut! Unsur Proton Neutron R 18 21 X 19 20 Y 20 20 Z 19 21 Yang merupakan isotop adalah… a. 12 b. 11. Goldstein e. IV b. 64 c. 14 d. Thomson c. 13. 3 Unsure yang electron valensinya paling besar adalah unsure dengan nomor atom… a. Neutron dan proton Penemu partikel dasar atom yang tidak bermuatan positif adalah… a.9. 32 b. d. Suatu atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dengan electronelektron yang mengelilinginya. 5 c. Goldstein Orang pertama yang dengan tegas bahwa atom memiliki inti adalah… a. 20 b. 17 c. I d. R dan X d. Elektron tidak akan jatuh ke inti karena… a. V c. 1 d. II e. Gambar yang menyatakan model atom Rutherford adalah… a. b. 15 Suatu unsure mempunyai jumlah kulit 3 dan electron valensi 6.

dengan 23. C dan E 25. . 5 . 6 d. 24 elektron e. berarti dalam inti atom terdapat… a. 5. . dan . dengan e. 4 . Jumlah electron maksimum yang terdapat dalam kulit L adalah… a. Pada ion . 8 e. 21 elektron d. 2 . 1 22. . 8 . Bilangan massa isotop ini adalah 108 atom isotop ini adalah 75 (33 + 75) c. 8 . 8 . pasangan yang memiliki electron valensi sama adalah… a. 28 . . 4 c. 9 b. . Konfigurasi electron dalam atom d. 8 . 2 . 2 . 10%. Jawablah dengan singkat dan tepat! 1. berikan pasangan unsure yang bervalensi sama! Jawab: ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________ Atom c mempunyai 3 macam isotop: . 12 . dengan b. . 18 24. 12 . 2 d. 6 . 25 proton b. Jumlah neutron dalam inti lebih 21. 8 . . C dan B b. 64 c. E dan B c. A dan C d. 32 b. Suatu unsure mempunyai nomor atom banyak 9 dari protonnya 29. A dan D e. Ada 33 buah proton dalam atom unsure tersebut adalah… isotop ini yang mengelilingi intinya a. 2 . 28 neutron B. 2 . Jumlah proton dan electron dalam e. 2 . 6 .b. dan . Diantara unsure-unsur tersebut. Di antara unsure-unsur: . Diketahui unsure-unsur: . dengan d. dengan c. 2 . 6 . 2 . 52 elektron c. 10%. .7 e. Jumlah masing-masing isotop di alam adalah 80%. Tentukan Ar C! Jawab : 2. Pasangan yang merupakan isotop dari suatu unsure adalah… a.

5.98% isotop . Bila mempunyai 2 isotop. 4.3. tentukan nomor massa isotop yang lain (Ar Cl = 36. ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________ Di alam terdapat 59.2)! Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________ Sebutkan isi teori atom Dalton! Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________ Sebutkan teori atom yang dikemukakan Neils Bohr! Jawab : ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________ 29 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->