Mata Pelajaran Muatan Lokal Kecil Menanam Dewasa Memanen untuk SDN Kedungdowo Kec. Ploso Jombang A.

Latar Belakang. Muatan pendidikan Kecil Menenam Dewasa Memanen merupakan gerakan moral~nasional, berawal dari peraturan Menteri Kehutanan No. P 41/menhut-II/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan KMDM, sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki kerusakan hutan dan lingkungan di Indonesia yang semakin memprihatinkan. ( dasar pijakan ) Generasi muda, khususnya anak usia sekolah memiliki peran yang strategis dan potensial dalam upaya pelestarian lingkungan ditempat tinggal, tempat bermain, tempat belajar, dan lokasi kegiatan mereka lainnya. Kepedulian akan lingkungan hidup dapat ditumbuhkan melalui pembelajaran sejak tingkat TK/RA sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah yang diawali dengan pengenalan pohon dan manfaat hutan, sehingga perlu diajarkan keterampilan tanam menanam meliputi cara-cara membuat bibit, menanam, merawat atau memelihara sampai dengan memanen. Melalui kegiatan tanam menanam ini diharapkan akan mulai tumbuh perasaan cinta pohon dan lingkungan pada anak-anak sekolah. (sasaran dan lingkup pembelajaran) Melalui program pendidikan muatan lokal KMDM diharapkan sejak dini anak-anak warga Kabupaten Jombang dapat memahami akan pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lingkungan dengan diajarkan keterampilan tanam menanam. Setelah dewasa, diharapkan mereka akan menjadi generasi muda yang tetap cinta terhadap pohon, hutan dan lingkungan serta mendapatkan manfaat ekonomi dari hasil keterampilan menggali potensi lingkungannya melalui tanam-menanam mereka. (harapan/cita-cita akhir) Mulok KMDM disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada ilmu pengetahuan pelestarian pohon,hutan,dan lingkungan melalui keterampilan tanam-menanam. ( bagaimana sajian kurikulum KMDM) B. Tujuan Mata pelajaran mulok KMDM bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. 1. Memahami konsep dan pentingnya pelestarian pohon, hutan dan lingkungan 2. Memiliki keterampilan tanam menanam sebagai akses pelestarian potensi lingkungan dan akses peningkatan kesejahteraan hidup. 3. Menampilkan peran serta dalam pelestarian hutan dan lingkungan dalam tingkat lokal, regional, maupun global. C. Ruang Lingkup Mata pelajaran mulok KMDM meliputi aspek-aspek sebagai berikut. 1. Bina Cinta Hutan dan Lingkungan mencakup kemampuan pemahaman tentang pohon, hutan, dan lingkungan. 2. Keterampilan Tanam Menanam, mencakup segala aspek kecakapan yang meliputi keterampilan teknik persemaian, penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan.

Kelas VI : Mencintai lingkungan sebagai bagian dari keindahan alam.Sasaran Kompetensi pembelajaran untuk setiap tingkatan kelas sebagai berikut : 1. 2. mengenal tumbuhan sebagai bagian penting bagi kehidupan manusia Semester 2 Standar Kompetensi Memiliki sikap mencintai lingkungan. Kelas II 3. strategi pemasaran untuk meningkatkan : Mengidentifikasi keuntungan dan kerugian memiliki sumberdaya alam D. mengenal cirri-ciri pepohonan yang bermanfaat0dan tak bermanfaat bagi manusia. Semester 1 Standar Kompetensi Memahami arti penting tumbuhan bagi manusia Kompetensi Dasar 1. mengidentifikasi pepohonan yang bermanfaat dan tak bermanfaat bagi manusia. Kelas IV 5. Kelas V 6. : Mengoptimalkan penghasilan. 2. menghargai lingkungan sebagai tempat tinggal manusia. Semester 1 Standar Kompetensi Memahami pepohonan yang memiliki manfaat langsung dan tak langsung bagi manusia Kompetensi Dasar 1. 2. Kompetensi Dasar 1. Kelas III 4. . Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas I. mengenal tumbuhan sebagai bagian dari lingkungan. menunjukkan sikap peduli menjaga kelestarian lingkungan. : Memahami akan pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lingkungan : Memahami hubungan sumberdaya alam dengan peningkatan kesejahteraan : Membudidayakan tanaman untuk meningkatkan produktivitas lahan. Kelas II. Kelas I 2.

mengenal macam-macam pepohonan berdasarkan struktur tumbuhan. Memahami cara pemilihan bibit dan melaksnakannya dalam kehidupan sehari-hari . menjelaskan cara pemillihan bibit tanaman. mengenal berbagai macam hutan berdasarkan kejadian dan jenis pepohanan 2. 2. 2. mengenal beberapa manfaat sumber daya alam berupa tumbuhan dan hutan. Semester 1 Standar Kompetensi Mengenal hutan dan pepohonan Kompetensi Dasar 1. Kelas III. menafsirkan beberapa manfaat tumbuhan dan hutan untuk peningkatan kesejahteraan. Kelas IV. menunjukkan beberapa langkah penanaman tumbuhan. 1. menentukan bebrapa langkah menjaga kelestarian hutan dan lingkungan. Semester 1 Standar Kompetensi Memahami manfaat sumber daya alam berupa tumbuhan dan hutan bagi peningkatan kesejahteraan Kompetensi Dasar 1. 2. memahami fakta –fakta kerusakan lingkungan dan penyebabnya.Semester 2 Standar Kompetensi Memahami cara menjaga kelestarian hutan dan lingkungan Kompetensi Dasar 1. 2. melakukan cara pemilihan bibit tanaman dalam kehidupa seharihari. Semester 2 Standar Kompetensi Melaksanakan praktik penanaman sesuai prosedur Kompetensi Dasar 1. mempraktekkan penanaman tumbuhan sesuai prosedur tanammenanam.

menerapkan cara pemeliharaan tanaman dalam kehidupan seharihari. mengenal berbagai cara mengolah hasil tanam menanam. 2. 1. 3. 2. menerapkan cara mengolah dan memasarkan hasil tanam-menanam dalam kehidupan sehari-hari. menjelaskan cara pembuatan persemaian. Kompetensi Dasar 1. 1. menjelaskan cara-cara penanaman tanaman. menjelaskan konsep–konsep cara pemeliharaan tanaman. Kelas VI.Semester 2 Standar Kompetensi Memahami cara pembuatan persemaian dan melaksanakannya dalam kegiatan sehari-hari Kompetensi Dasar 1. Semester 1 Standar Kompetensi Memahami kemungkinan pemasaranan produk Semester 2 Standar Kompetensi Memahami cara mengolah dan pemasaran produk serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari Kompetensi Dasar 1. Semester 1 Standar Kompetensi Memahami cara pemanenan tanaman dan menerapkannya dalam kehdupan sehari-hari Kompetensi Dasar 1. mengidentifikasi berbagai produk tanaman yang berpeluang dalam pemasaran. mengenal berbagai produk hasil tanam menanam 2. menerapkan cara pemanenan dalam kehiduapan sehari-hari. 2. Memahami cara pemeliharaan tanaman dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari Semester 2 . 2. menjelaskan berbagai cara pemanenan sesuai jenis tanamannya. melaksanakan pembuatan persemaian dalam kegiatan seharihari. Memahami cara cara penanaman tanaman dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari Kelas V. 2. mengidentifikasi cara pemasaran hasil pengolaha tanaman. menerapkan cara-cara penanaman dalam kehidupan zaherí-hari.

mengenal berbagai dampak kerusakan hutan terhadap kehidupan manusia. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian. Arah Pengembangan Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok. menggeneralisasikan cara melestarikan hutan untuk munisa dalam kepentingan lokal dan global. 2. Kompetensi Dasar 1. E. . kegiatan pembelajaran.Standar Kompetensi Memahami akibat kerusakkan hutan dan cara melestarikannya. dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Jenis-jenis pohon C. Kerusakan hutan dan lingkungan 2. Upaya pelestarian Hutan dan lingkungan Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Memahami karakteristik hutan Mendiskripsikan manfaat hutan Mendiskripsikan fungsi hutan Menjelaskan Proses Pembentukan hutan Memahami karakteristik pohon Mengenal berbagai jenis pohon.Pemetaan Materi dan Kompetensi Materi Sub materi A. Pengertian Hutan 2. Pengertian Pohon 2. Mengenal benih dan bibit 1. Penanganan Benih D. Mengenal Hutan 1. Fungsi Hutan 4. Memahami benih dan bibit Mengenal jenis-jenis bibit Menerapkan penanganan benih Mendiskripsikan kerusakan hutan dan lingkungan Menjelaskan Upaya pelestarian hutan dan lingkungan 1 V V V V 2 Disajikan di kelas 3 4 V V V V V V V V V V V 5 6 . Pengertian benih dan Bibit 2. Proses Pembentukan Hutan B. Melestarikan Lingkungan 1. Manfaat Hutan 3. Jenis-jenis Bibit 3. Mengenal Jenis-jenis Pohon 1.