KISI – KISI dan SOAL UTS PKN Kelas X

STANDAR KOMPETEN SI
4. Menganalisis Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi

KOMPETENSI DASAR
4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi

INDIKAOR

BENTUK SOAL PG ESSAY

NO. SOAL

URAIAN

• Mendeskripsikan pengertian dasar negara • Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara • Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi • Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

1 s.d. 5 1 s.d 2

Terlampir

4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara

• Menguraikan unsur sebuah konstitusi • Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu • Menganalisis substansi konstitusi Indonesia

PG ESSAY

6 s.d. 10 3

Terlampir

4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

• Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 • Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945

PG ESSAY

11 s.d. 15 4

Terlampir

• Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara • Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia • Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan. • Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

PG ESSAY

16 s.d. 20 5

Terlampir

Konstitusi yang hanya dapat dirubah jika dengan menggunakan proses khusus adalah konstitusi yang bersifat …(10) a. peraturan perundang-undangan d. sosial budaya. constion d. permanen b. pandangan hidup dan kepribadian bangsa 3. adapt istiadat dan kebiasaan masyarakat c. umum c. Istilah konstitusi dalam bahasa inggris adalah …(no 3) a. constium c. flekksibel e. constituin e.(n0 2) a. politik. sikap dan perilaku anggota masyarakat b. pertahanan dan keamanan merupakan pengertian …(no 1) 2. couscecoen . rigid d. ekonomi. tertulis 4. Dasar untuk mengatur kehidupan penyelenggaraan ketatanegaraan suatu Negara dalam berbagai bidang kehidupan yang meliputi ideologi.1. Perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara dalam kehidupan kenegaraan nampak dalam .. system sosial yang berbeda e. constitution b.

konstitusi dalam arti tertentu 7. Penentuan fungsi administratif dan yudikatif c. konstitusi dalam arti umum e. UUD c. Jaminan-jaminan konstitusi 8. ditetapkannya sistem multi partai d. Yang bukan merupakan materi atau muatan konstitusi menurut Hans Kelsen adalah …(6) a. cara melakukan perubahan konstitusi b. jaminan dan perlindungan hak asasi manusia 9. kedudukan dan wewenang lembaga Negara e. konstitusi dalam arti luas c. Peristiwa ketatanegaraan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia setelah proklamasi yang dilakukan PPKI adalah…(16) a. Konstitusi dalam pengertian sempit adalah …(no 4) a. Pembukaan b. konstitusi dalam arti menengah d. Keseluruhan dari ketentuan – ketentuan dasar atau hukum dasar baik tertulis maupun tidak tertulis merupakan pengertian dari …(no 5) a. tujuan/Cita-cita Negara c. Konvensi/Kebiasaan e. dibentuknya KNIP pengganti MPR b. disahkannya UUD Sementara 10. Peraturan perundan-undangan lainnya 6. UU organic d. dasar filsafat suatu Negara e. Pasal 28 A-J UUD 1945 hakikatnya merupakan penjabaran dari Pancasila sila …(8) . ditetapkannya Pancasila dan UUD 1945 c.5. konstitusi dalam arti sempit b. dibentuknya kabinet yang pertama e. Perlindungan hak-hak d. Pada bagian awal suatu konstitusi biasanya berisi tentang…(7) a. Pancasila b. identitas Negara d.

35 d. Pertama b. tinggi 12. Pasal berapa yang mengatur tentang perubahan Undang-Undang Dasar . Keempat .. c. kuat b. 27 b. Ketiga d. Pertama kedua ketiga keempat kelima 11. Pembukaan UUD 1945 b.(9) a. Aturan Peralihan d. mengikat d. 28 c. b. Batang tubuh UUD 1945 c. Dalam melakukan perubahan atau amandemen terhadap UUD 1945 terdapat kesepakatan yang mendasar yaitu tidak melakukan perubahan terhadap (12) a.a. karena konstitusi berkedudukan sebagai hukum yang paling…(11) a. Penjelasan UUD 1945 e. 36 e. e. Makna dari penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan sesuai dengan makna alinea …(14) a. mendasar e. Kedua c. 37 Semua peraturan perundang-undangan dalam suatu negara harus tidak bertentangan dengan konstitusi.. d. Pasal yang mengattur lembaga tinggi Negara 13. lengkap c.

individualis c. Melalui pemungutan suara oleh rakyat yang memiliki hak suara c. 27 Desember 1949 s. batang tubuh dan pasal-pasal c. 17 Agustus 1950 s.d. boleh merubah naslkah asli untuk penyempurnaannya 17. Perubahan dilakukan oleh badan legislatif b. 21 Mei 1989 16.d.e. Perubahan UUD baru dapat terjadi jika mayoritas negara-negara bagian menyetujuinya e. Pembukaan.d.d. 5 Juli 1959 s. Penjelasan dan aturan peralihan e. 5 Juli 1959 b. Kelima 14. Pembukaan. 17 Agustus 1950 c. UUD Sementara 1950 pernah berlaku di Indonesia pada tanggal …(17) a. batang tubuh dan penjelasan b. ingin menguasai . konsumtif b. 11 Maret 1966 e. Di tengah proses pembahasan perubahan UUD 1945 terdapat kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan dengan cara referendum yaitu … (19) a. materialis d. Harus diadakan oleh suatu badan yang khusus bertugas mengubah Undang-Undang Dasar d. 18 Agustus 1945 s. Penjelasan umum dan penjelasan pasal dmi pasal 15. Pasal-pasal dan penjelasan d.d. 27 Desember 1949 d. UUD 1945 merupakan satu kesatuan naskah yang terdiri atas …(15) a. Sebagai warga Negara dalam hidup berbangsa dan bernegara sudah selayaknya memiliki sikap mengembangkan pola hidup …(20) a. 5 Juli 1959 s.

4. 3. Jelaskan Pengertian konstitusi secara luas! Sebutkan 3 fungsi dari konstitusi ! Sebutkan konstitusi tertulis yang ada di Indonesia ! Apa makna yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 alinea pertama Sebutkan 3 sikap positif terhadap konstiusi Negara ! .e. taat pada aturan yang berlaku SOAL ESSAY B. 5. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar ! 1. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful