Petunjuk Penggunaan Mesin Cuci

C1235A C1235AS C1035A C1035AS C835A C835AS
Tindakan pencegahan ...........................................................2 Pemasangan mesin cuci .......................................................3 Membuka pembungkus mesin cuci..........................................3 Sekilas mengenai mesin cuci...................................................3 Memilih tempat .........................................................................3 Mengatur tinggi-rendahnya kaki mesin cuci.............................3 Melepaskan baut pengaman....................................................4 Menghubungkan selang penyedia air .....................................4 Menempatkan selang pembuangan.........................................4 Sekilas mengenai panel pengatur ........................................5 Mencuci untuk pertama kali .....................................................5 Memasukan sabun deterjen ke dalam mesin cuci...................6 Mencuci secara manual ...........................................................7 Mengunakan delay start...........................................................7 Memilihan pilihan pencucian ....................................................7 Tips dan Trik pencucian ...........................................................8 Perawatan Mesin Cuci ...........................................................9 Memperbaiki mesin cuci yang membeku.................................9 Membersihkan bagian luar.......................................................9 Membersihkan filter endapan...................................................9 Membersihkan filter kasa selang air ........................................9 Mengatasi Gangguan ...........................................................10 Masalah dan solusinya...........................................................10 Memahami pesan kesalahan .................................................10 Tabel Program ......................................................................11 Appendiks .............................................................................12 Tabel perawatan kain.............................................................12 Peringatan yang berhubungan dengan listrik ........................12 Menjaga lingkungan ...............................................................12 Pernyataan kesesuaian..........................................................12 Spesifikasi ..............................................................................13 CODE NO : DC68-02021C

penggunaan. Jika steker atau kabel penyalur daya rusak. • • Petunjuk-petunjuk keselamatan • • Sebelum melakukan pembersihan atau pemeliharaan.dll) dari jangkauan anak-anak. lepaskan steker dari stop kontak atau tekan tombol (On/Off) untuk mematikan. Pastikan selalu melepas steke peralatan dan matikan saluran air setelah penggunaan. Pastikan bahwa saku dari semua pakaian yang dicuci kosong. Sebelum mencuci pakaian untuk pertama kali. Jangan mencoba untuk memperbaiki peralatan sendiri. periksa bahwa air dalam mesin cuci telah habis. Lihatlah “Melepaskan Pengiriman Palang/Baut” pada halaman 3. paku. Mesin cuci ini hanya boleh diperbaiki oleh suatu pusat Servis resmi yang ditunjuk dan hanya digantikan oleh onderdil yang orisinil. Sebelum membuka pintu. Periksalah peralatan sebelum digunakan. Buku ini adalah instruksi pemilik berisi informasi berharga atas cara instalasi. hanya boleh diganti oleh pabrik pembuat atau agen perbaikan yang ditunjuk atau hanya oleh orang yang mengetahui hal ini. Benda yang keras atau tajam. sekrup.Tindakan Pencegahan Selamat atas pembelian mesin cuci Samsung ini. kerusakan serius sangat mungkin terjadi jika baut belum dilepaskan. Sebelum menggunakan • • • Bahan pengemas dapat berbahaya terhadap anak-anak. dan perawatan mesin aplikasi. Pekerjaan perbaikan yang dilakukan oleh para orang tak berpengalaman dapat menyebabkan luka-luka dan/ atau menambah kerusakan yang lebih serius. Pastikan bahwa pemasangan air dan elektrik adalah dilakukan dengan oleh teknisi ahli dengan mengindahkan petunjuk-petunjuk pabrik pembuat. untuk menghindari suatu resiko. Lihatlah “Cucian untuk pertama kali” pada halaman 9. Binatang peliharan dan anak balita kemungkinan dapat memanjat ke dalam mesin cuci. (lihat “Pemasangan Mesin Cuci” pada halaman 3) dan peraturan-peraturan keselamtan setempat. Jauhkan anak-anak dari peralatan ketika digunakan. Luangkan waktu untuk menyimak petunjukpetunjuk yang ada sehingga Anda dapat memperoleh banyak manfaat dari mesin cuci ini untuk selamanya. peniti. harus dijalankan siklus tanpa pakaian. Pintu kaca bisa menjadi sangat panas sepanjang siklus. Jangan membuka pintu jika air masih terlihat. Semua pasak/baut yang digunakan untuk pengepakan dan pengiriman harus dilepaskan sebelum mesin cuci digunakan. Mesin cuci ini hanya dirancang untuk keperluan rumah tangga saja ( bukan untuk tujuan komersil). jauhkan bahan pengemas (plastik pembungkus. atau batu dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan. • • • • • • • ● Simpan instruksi ini 2 . seperti koin.

pilihlah tempat seperti berikut ini. lihat “Pengaturan tinggi-rendahnya kaki mesin cuci”. • Permukaannya keras dan rata (jika permukaannya tidak rata. (Yang dimungkinkan adalah 1°) 3 . Mengatur tinggi-rendahnya kaki mesin cuci Jika lantai tidak rata. Jika mesin cuci diletakkan pada permukaan yang tidak rata dan tidak kuat. kebisingan atau getaran akan terjadi. di bawah ini) • Jauhkan dari panas matahari langsung • Tersedia ventilasi yang cukup • Suhu ruangan yang tidak akan sampai di bawah 0°C • Jauh dari sumber-sumber panas seperti tungku api atau kompor Pastikan bahwa mesin cuci tidak menindih kabel dayanya sendiri. • Tempatkan mesin cuci pada permukaan yang rata dan kuat. Longgarkan baut kaki mesin cuci dengan pemutaran oleh tangan Anda sampai ketinggian atau jarak yang sesuai. Juga pastikan bahwa Anda telah menerima semua kelengkapan sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini. segera hubungi toko penyalur Samsung Anda.PEMASANGAN MESIN CUCI Membuka pembungkus mesin cuci Bukalah bungkus mesin cuci dan periksalah kalau-kalau ada kerusakan akibat cara pegiriman yang dilakukan. sesuaikan kaki mesin cuci (jangan mengganjalnya dengan potongan kayu atau bendabenda lain): 1. Sekilas Mengenai Mesin Cuci Penutup atas Panel Pengatur Laci Deterjen Pintu Pipa pembuangan Selang penyedia air dingin Filter Sisa Penutup Dasar Kaki yang dapat diatur Steker listrik Penutup lubang baut Memilih tempat Sebelum Anda memasang mesin cuci ini. Kencangkan mur pengunci dengan pemutaran. 2. Bukaan ventilasi tidak boleh terhalangi oleh pengkarpetan jika mesin cuci diletakkan pada lantai berkarpet. Apabila mesin cuci rusak karena cara pengiriman atau Anda tidak mendapati semua kelengkapan ini. menggunakan kunci skrup yang disediakan.

Kalau perlu. gunakan petunjuk pipa plastik pemasok. memutar selang. Ulangi untuk setiap baut. 2.PEMASANGAN MESIN CUCI Melepaskan baut-baut untuk pengiriman Sebelum memakai mesin cuci. Menempatkan selang pembuangan Ujung pipa pembuangan dapat diposisikan dengan tiga cara: Di tepi atas bak cuci Pipa pembuangan harus diletakan pada ketinggian antara 60 sampai 90 cm. 4. Hubungkan sambungan selang penyedia air dingin dengan lengan berbentuk “L” ke dalam tempat masuk penyedia air dingin pada bagian belakang mesin cuci dan dikencangkan. Pasang petunjuk pengamanan di dinding dengan sebuah cantelan atau keran diikat dengan sehelai tali untuk menjaga bergesernya pipa pembuangan. Di dalam pipa pembuangan Samsung merekomendasi Anda untuk menggunakan pipa vertikal yang tingginya 65cm. Longgarkan semua baut dengan kunci skrup yang disediakan sebelum melepaskan semuanya. ganti selang tersebut dengan selang yang lebih panjang dan bertekanan tinggi. Untuk menghubungkan selang penyedia air: 1. Ambil setiap kepala baut dan tariklah melalui bagian terlebar dari lubang. 3. Anda harus melepaskan kelima baut dari bagian belakang unit yang dipakai untuk tujuan pengiriman. Menghubungkan selang penyedia air Selang penyedia air harus dihubungkan dengan mesin cuci pada salah satu ujungnya dan dengan keran air pada ujung satunya lagi. Simpanlah baut-baut untuk tujuan pengiriman ini bagi keperluan lain di masa mendatang. Jaga pipa pembuangan dari semprotan. Di dalam cabang pipa pembuangan pada bak cuci piring Cabang pipa pembuangan harus di atas pipa pemindah air pada bak cuci piring sehingga ujung selang setidak-tidaknya 60cm di atas lantai. Hubungkan salah satu ujung selang penyedia air dingin dengan keran air dingin pada bak cuci Anda dan kencangkan dengan tangan. Jika selangnya terlalu pendek dan Anda tidak ingin memindahkan keran air. Anda dapat mengubah kembali posisi selang penyedia air pada bagian belakang mesin cuci dengan melonggarkan sambungan. Untuk melepaskan baut-baut itu: 1. 4 . tidak lebih pendek dari 60cm dan tidak lebih panjang dari 90cm. 2. Jangan meregangkan selang penyedia air. Tutuplah lubang-lubang tersebut dengan penutup plastik yang disediakan. dan mengencangkan kembali sambungan tersebut.

Tombol Delay Start Tekan tombol ini untuk siklus dengan pilihan-pilihan Delay Start yang ada (dari 1 jam hingga 19 jam dalam pertambahan setiap jamnya) 4. 600. Mohon perhatikan fungsi “Child Lock” ketika Anda tidak dapat menge-set tombol fungsi.MENCUCI PAKAIAN Sekilas mengenai panel pengatur 1. rh. tapi bila Anda ingin mengeluarkan cucian Anda pada saat listrik padam. Tombol Pilihan Tekan tombol ini secara berulang-ulang untuk memilih siklus pilihan program pencucian secara terpisah. 2. ● Ketika Listrik padam pada saat proses pencucian. Tombol Fungsi Tekan tombol untuk memilih salah satu dari 8 program pencucian yang tersedia. 1000. C1235AS/C1235A no.Tekan tombol “Child lock” (Spin+Option button) selama 2 detik untuk membatalkan fungsi ini. 2. rh. Quick. 600. 400. Jika mesin cuci dibiarkan menyala lebih dari 10 menit tanpa ada tombol yang ditekan dan tanpa program pencucian. memberikan efek sterilisasi pada proses pencucian dan memberikan lapisan anti-biotik. 7. 5 . synthetic atau bahan halus. pada panel penunjuk. 800. 600. Panel penunjuk Menunjukkan sisa waktu pencucian yang tersisa atau pesan-pesan kesalahan. Spin. sehingga. fungsi ini akan mengunci program-program yang lain sampai proses pencucian berakhir. . Synthetic. Ketika me-restart mesin cuci. maka kecepatan spinnya akan terlihat pada panel penunjuk. 800. Merendam ➔ Prewash ➔ membilas ➔ (Merendam+Membilas) ➔ (Membilas+Prewash) ➔ Pembatalan ✻ Catatan : Prewash hanya tersedia ketika mencuci bahan katun. dan 95°C). Tombol penyeleksi temperature Tekan tombol berulang-ulang untuk siklus dengan pilihan-pilihan temperatur air tercoba (air dingin. Anda dapat melihat adanya temperatur yang terpilih. ✻ Catatan : 1. Handwash. hal yang harus Anda lakukan adalah : 1. Cotton. Bukalah penutup dasar pada bagian bawah depan mesin cuci. 3.Jika fungsi ini sudah diaktifkan. Tombol Mulai/Jeda Tekan tombol ini untuk myela dan memulai program 9. 800 rpm Ketika Anda sedang menekan tombol spin. pintu mesin cuci akan terkunci sampai listrik kembali menyala. Colour. 1000 rpm C835AS/C835A no. Rinse+Spin 8. .. 5. Tombol (On/Off) Tekan sekali untuk menyalakan mesin cuci dan sekali lagi untuk mematikannya. rh:rinse hold C1035AS/C1035A no. Delicate. fungsi child lock akan diaktifkan. Buka pintu dan keluarkan cucian Anda. 30°. Fungsi “Child Lock” masih akan aktif. ● Apakah Fungsi Child lock ? . 1200 rpm no: no spin. Tombol Spin Tekan tombol untuk siklus dengan pilihan-pilihan kecepatan pemutaran yang ada. maka daya mesin cuci akan mati dengan sendirinya. Carilah lever/sangkutan dan tariklah ke bawah sampai terdengar bunyi “Click” 3.Jika Anda menekan tombol “Child lock” (Spin+option Button) lebih dari 2 detik. 40°. 400. Ketika menekan tombol ini selama masa pencucian. 400. Laci sabun deterjen 2. 6. Tombol Silver Nano Air yang berisikan Ag+ akan berbaur ketka sedang mencjci dan pembilasan yang terakhir kalinya. rh. 60°. 10.

Sistem Fuzzy Logic dapat mendeteksi beberapa penyimpangan dalam proses pencucian. Setelah menemukan beberapa penyimpangan. Mesin cuci akan secara otomatis mendeteksi berat cucian. (menjaga berlebihan sehingga dapat mengunci) 2. Perhatikan perlakuan atau pelembut dan kondisioner kain tebal harus dilarutkan dengan sedikit air sebelum dituangkan ke dalam dispenser. Memasukkan sabun deterjen ke dalam mesin cuci: 1. 2. 6 . Tekan tombol “Start/Hold”. Tariklah laci sabun deterjen. Untuk melakukan ini: 1. Sistem Fuzzy Logic melakukan 7 percobaan untuk menghilangkan penyimpangan-penyimpangan yang ada Jika Fuzzy logic system tidak berhasil menormalkan penyimpangan yang telah disebutkan diatas. Taburkan sedikit sabun deterjen ke dalam ruang laci sabun deterjen . Tekan tombol “Power”. 4. Anda akan melihat indikasi kesalahan pada panel LED. 3. Anda dapat mengatur program pencucian yang Anda pilih.MENCUCI PAKAIAN Langkah siklus WM berhenti atau tidak memproses pencucian langkah berikutnya ( menandakan bahwa sisa waktu pada panel LED dapat dinaikan). air yang tertinggal pada mesin cuci dari sisa pengecekan yang dilakukan oleh pabrik pembuat akan terbuang. Bukalah keran air dan masukkan air ke dalam mesin cuci. ✻ Pilihan Menggunakan Air Panas • Katup air panas beroperasi jika Anda memilih pilihan temperatur air di atas 60°C (60°C dan 95°C). 1. Masukkan pelembut ke dalam tempatnya (jika anda inginkan). Tekan tombol Temperatur berulang-ulang sampai angka penunjuk 40°C menyala. seperti : terlalu banyak deterjen pada akhir cucian. Tekan tombol (On/Off). Mesin cuci baru Anda yang baru dilengkapi dengan Sistem "Fuzzy Logic ". dll. 6. Seperti yang telah disebutkan di atas. Masukkan sabun deterjen ke dalam tempatnya . dan pelembut pada laci deterjen dan tutuplah. Untuk Pencucian Silver Nano Air yang mengandung ion Ag+ selama proses pencucian. dengan kata lain mengubah temperature dan kecepatan putaran. 3. yang tidak saja mengeset jumlah air yang diperlukan dan parameter lainnya. ✻ Catatan : 1. 5. 2. mesin cuci akan melanjutkan dengan pencucian normal untuk mendapatkan parameter yang normal dan melanjutkan cucian. 2. 3. Anda harus melakukan pemutaran yang lengkap tanpa cucian di dalamnya. Bukalah pintu dan taruhlah cucian lalu tutup pintunya. berisiknya getaran saat melakukan proses pemerasan. ✻ Silver Nano • Bila Anda menggunakan softener serat. efeknya mungkin akan berkurang. • Dengan cara ini. Masukkan sabun deterjen untuk pencucian-pendahuluan ke dalam tempatnya (jika Anda inginkan). Pilihlah pemilihan Fungsi dengan cara memutar tombol Fungsi Pilihan. Hal ini akan membuat lapisan anti-biotik silver yang berfungsi untuk melindungi pakaian dari perkembangbiakan bakteri. Taruhlah sejumlah deterjen pada laci deterjen dan isikan sejumlah pelembut pada kompartemen yang bergambar bunga di laci deterjen. Anda dilarang meletakan sabun ditergen pada kompartemen sebab sabun ditergen dapat menutup lubang kompartemen. Mencuci untuk pertama kali Sebelum mencuci pakaian untuk pertama kali. Tekan tombol Start. Tekan tombol “Silver Nano”. dan akan membentuk proses sanitasi pencucian selama pembilasan. Air yang mengandung ion Ag+ akan mengalir pada proses pembilasan terakhir. 4. Taruhlah sejumlah deterjen. 4. tetapi juga mengkontrol proses cuci sebaik mungkin dan juga melakukan beberapa perbaikan untuk menghasilkan hasil cucian yang lebih baik. (lihat bab “Mengatasi gangguan”) Proses pengoperasian mesin cuci berdasarkan skema di atas merupakan proses normal. 5.

1000.800. Synthetics. Delicates. 4. pilihan yang tersedia dari 1 sampai 19 jam (dengan kenaikan per satu jam). Tekan tombol pilihan putaran untuk memilih kecepatan C1235A/C1235A : No spin. Spin (400. No drain. Bukalah pintu. Tekan tombol delay start berulang kali sampai waktu yang diinginkan. Tekan tombol pilihan berulang kali sampai anda memilih siklus pencucian yang anda inginkan. Untuk menggunakan Prewash (Pencucian pendahuluan): 1. No drain. Bukalah pintu Catatan : pintu tidak akan terbuka sebelum 3 menit setelah mesin selesai mencuci atau daya mesin cuci dimatikan 2.MENCUCI PAKAIAN Mencuci pakaian secara manual Anda dapat mencuci secara manual tanpa menggunakan fitur fuzzy logic. Keluarkan cucian. 2. Untuk membatalkan Delay Start. 7.800. Untuk dapat melakukannya: 1. 30°C. 4. 3. (air dingin. Untuk melakukan ini: 1.600. Rh:no drain C1035AS/C1035A : No spin. Handwash.Tekan tombol Mulai/Jeda dan mesin akan memulai siklus pencucian. 5. Masukkan pakaian satu per satu ke drum pencucian dengan lepas tanpa terlalu penuh. lalu nyalakan mesin cuci kembali. Ketika pencucian selesai: 1. Spin (400.1200) No:no spin. Pilih “Cotton” dengan tombol pemilihan program 3. and Quick) 8. Pilihlah jenis cucian yang akan dilakukan secara manual atau otomatis. Taruhlah deterjen pada laci deterjen ambahkan sabun deterjen. Indikator Delay Start akan menyala. Tekan “Start/Pause” untuk memulai. Tekan tombol pengatur suhu untuk memilih suhu pencucian. Delicate”. pelembut dan sabun deterjen untuk Prewash/pencucian pendahuluan (jika diinginkan) ke laci yang tersedia . 40°C. Tutup pintu 6. Tekan tombol (On/Off) di mesin cuci 3.800) 10. Mesin cuci akan merendam selama 40 menit (tabung akan berputar secara acak). 95°C) 9.Synthetic. Isikan deterjen Prewash ke dalam kompartemen pada laci deterjen 2. Memilih Pilihan Prewash Prewash hanya terdapat untuk jenis program pencucian “Cotton. Spin (400.1000) C835AS/C835A : No spin. tekan tombol (On/Off). Tekan tombol Mulai/Jeda. Wakt pencucian akan bertambah sesuai dengan program yang ada Soak Wash Pilihlah pilihan ini untuk cucian yang sangat kotor. 2.600. Tekan tombol Option/Pilihan sampai indicator “Prewash” Menyala pada panel pengatur. 60°C. 7 .: (Cotton. 4. No drain. dan jam akan mulai menghitung sampai waktu yang anda tentukan.600. Nyalakan keran air. Rinse+ Mesin cuci anda akan melakukan tambahan siklus pencucian. Menggunakan Delay Start Anda dapat menyetel mesin cuci anda unuk memulai cucian secara otomatis setelah beberapa saat.

• Warna: Pisahkan cucian berwarna dari yang putih.MENCUCI PAKAIAN Tips dan Trik Pencucian Pisahkan cucian anda : Pisahkan cucian anda sesuai dengan karakteristik sebagai berikut: • Sesuai dengan symbol perawatan bahan cucian: kumpulkan cucian menurut bahannya katun. sintetik. dan barang-barang sejenis akan merusak bahan linen dan drum pencucian. dan “kekerasan” kadar air yang ada di area anda. Periksa label dari bahan yang dicuci atau lihat table pemeliharaan bahan di appendiks buku ini. horden. Menjaga kancing-kancing : Tutuplah resleting dan pasang kancing atau kaitan. ikat dan pita harus diikat. Cucilah pakaian berwarna yang baru dalam cucian yang berbeda.0kg 2. Jika anda tidak mengetahuinya. • Ukuran: Ukuran cucian yang berbeda dalam siklus yang sama akan membuat siklus pencucian lebih baik. dan rayon. sintetik. serat campuran.sangat kotor Sintetik Halus Wol Muatan Cucian 5. wol.5kg Tips deterjen : Jenis sabun deterjen yang anda gunakan harus sesuai dengan jenis bahan cucian (katun. derajat kekotoran. dan derajat dan tipe kotoran. Menentukan kapasitas cucian : Jangan memuat cucian terlalu banyak atau cucian anda tidak akan tercuci dengan baik. warna. 8 . peniti. Selalu gunakan sabun berbuih rendah. Kosongkan kantung : Koin. halus. tanyakan kepada pihak yang terkait.tidak terlalu kotor . suhu. yang didesain untuk mesin cuci otomatis Ikuti rekomendasi dari pabrik pembuat sabun deterjen berdasarkan berat dari cucian. • Sensitifitas: Cucilah bahan-bahan yang halus dalam siklus pencucian tersendiri. dan tangki air. Gunakan tabel dibawah ini untuk menentukan muatan cucian yang sesuai dengan jenis bahan yang dicuci Jenis Bahan Berwarna/Katun . Catatan : Simpan sabun deterjen dan benda-benda tambahan yang lain jauh dari jangakauan anak-anak.0kg 1.2kg 5.2kg 3. dan bahan-bahan sutera. wol). dengan memilih program pencucian berbahan halus untuk wol asli.

Dengan tang penjepit. Siramkan air hangat ke dalam drum mesin cuci dan biarkan di situ sekitar 10 menit. Jangan siramkan air pada mesin cuci. Membersihkan filter endapan Bersihkan filter endapan 2 atau 3 kali setahun 1.PERAWATAN MESIN CUCI Mengatasi pembekuan pada mesin cuci Jika temperatur turun sampai di bawah batas beku dan terjadi pembekuan pada mesin cuci Anda: 1. termasuk panel pengatur. Pasang kembali selang pada mesin cuci. Lepaskan selang penyedia air dan rendamlah dalam air hangat. 2. Cucilah semua kotoran atau sisa-sisa lainnya dari filter. Membersihkan bagian-luar 1. atau ketika anda menjumpai pesan kesalahan “E1” pada panel penunjuk. Juga. 9 . dengan kain yang lembut dan deterjen untuk perkakas rumah tangga yang tidak abrasif/mengikis. Pasang kembali selang penyedia air pada keran air dan periksalah kenormalan dari penyediaan air maupun pengoperasian dalam pembuangan air. 3. Kembalikan tutup filter pada tempatnya. 6. 5. Bukalah tutup filter dan keluarkan. Kembalikan filter pada tempatnya semula. Gunakan kain yang lembut untuk mengeringkan. Pasang kembali penutup dasar. Pastikan baling-baling pompa pembuangan di belakang filter tidak tertutup. Membersihkan filter kasa selang air Anda harus membersihkan filter kasa selang air sekali setahun. 2. 4. Bukalah keran dan pastikan bahwa sambungannya kedap air. Lepaskan saluran listrik mesin cuci. 2. 4. Siramkan air hangat pada keran utama untuk mencairkan selang penyedia air. 5. 3. Lepaskan penutup dasar dari bagian depan mesin cuci. Lepaskan selang dari bagian belakang mesin cuci. 3. 4. 2. Matikan sumber air ke dalam mesin cuci. 3. Bersihkan permukaan mesin cuci. tarik filter kasa dari ujung selang dengan hati-hati dan cucilah dengan air mengalir hingga bersih. bersihkan bagian dalam dan luar dari penghubung ulir. Untuk melakukan hal ini: 1.

Hanya jika satu baju mantel mandi atau jins perlu pencucian pada waktu yang bersamaan. panggil pelayanan purnajual dan sampaikan gangguan secara spesifik. Mulai kembali program untuk mengetahui apakah kesalahan terulang lagi. Periksa tekanan air. bahwa steker mesin cuci telah dihubungkan dengan sumber listrik. • Pastikan bahwa filter kasa selang pembuangan tidak tersumbat (lihat halaman 8). untuk menekan tombol Mulai/Jeda. Periksa apakah ujung dari pipa pembuangan terlalu rendah (pastikan pemegang pipa pembuangan dibelakang masih tersambung) Periksalah Ujung dari pipa pembuangan terendam air. Pastikan bahwa keran penyedia air telah dibuka. selang sumber air tidak membeku. Jika permukaan lantai tidak rata. Cobalah untuk mengatasi gangguan yang terjadi (Lihat. sesuaikan kaki-kaki mesin cuci pada keseimbangan ukurannya (lihat halaman 3). Tidak ada air persediaan atau air tidak mencukupi Deterjen tetap tertinggal dalam laci deterjen setelah program pencucian selesai • Pastikan bahwa mesin cuci dijalankan dengan tekanan air yang memadai. bahwa bahwa bahwa bahwa keran air sudah terbuka. Bersihkan filter endapan.MENGATASI GANGGUAN Masalah-masalah dan solusinya Mesin cuci tidak dapat dioperasikan • • • • • • • • Pastikan Pastikan Pastikan Pastikan Pastikan Pastikan Pastikan Pastikan bahwa pintu telah menutup dengan seksama. Muatan cucian tidak seimbang. Mesin cuci bergetar atau terlalu berisik • Pastikan bahwa mesin cuci ditempatkan pada lantai yang rata. Solusi • • Sebelum menghubungi pelayanan Purnajual: 1. hasil pemerasan terakhir mungin saja tidak bagus dan pesan kesalahan “E4” akan muncul pada panel penunjuk. longgarkan cucian yang kusut. • Pastikan bahwa baut-baut untuk pengiriman telah dilepaskan (lihat halaman 4). Pastikan bahwa selang pembuangan telah dipasang dengan benar. Mesin cuci tidak dapat menghilangkan airnya dan/atau berputar • Pastikan bahwa selang pembuangan tidak tergencet atau tertekuk. • Pastikan bahwa posisi cucian dalam tabung seimbang. 3. “Petunjuk mengatasi gangguan” pada halaman ini). 10 . 2. bahwa keran air sudah terbuka. Memahami pesan-pesan kesalahan Tampilan kesalahan Solusi • • • • • • • Tutuplah pintu. Jika fungsi tidak berjalan. • Pastikan bahwa mesin cuci tidak bersinggungan dengan benda lain. selang tempat masuk air tidak terlipat filter pada selang tempat masuk air tidak tersumbat. • Letakkan deterjen pada bagian dalam dari laci deterjen (jauh dari pinggirpinggir laci di luar).

82 Colour 5. jeans. Pakaian yang sedikit kotor. taplak meja.0 2.2 ✽ ✽ ✽ ✽ yes ✽ ✽ ✽ ✽ 95 1200 1000 800 ✽ ✽ ✽ ✽ ✽ ✽ ✽ ✽ 49 1. pakaian dalam. handuk. kaus. nylon) or campuran yang lain. dsb. 11 . 1. trevira). kaus. Penggunaan di rumah dapat berbeda dari angka-angka yang ada dalam table. Horden dan pakaian dengan bahan yang halus. Lamanya suatu program sudah diukur melalui kondisi yang ditentukan dalam Standard IEC456. 2. dsb.0 - yes ✽ 40 1000 1000 800 ✽ - 38 0.Tabel Program Deterjen dan tambahannya Pre wash Program Max load (kg) Suhu (MAX) Pelem ˚C wash but Kecepatan Putaran (MAX) rpm C1235A/ C1235AS C1035A/ C1035AS C835A/ C835AS Delay start Fungsi Pre wash Water (l) Listrik (kWh) Cotton 5. pakaian dalam. Katun yang sedikit kotor atau linen berupa pakaian.72 53 0.57 PROGRAM Katun Berwarna Sintentik Halus Handwash Cepat Jenis cucian Bahan katun yang sedikit kotor seperti seprai.49 Handwash 1. Bahan katun yang sedikit kotor seperti seprai. hal ini dikarenakan oleh tekanakan dan suhu dari sumber air. dsb. handuk.95 Synthetic Delicate 3. poliamide (perlon. Hanya wol dengan wol yang dapat dicuci dan berbahan dasar wol asli.2 yes 95 1200 1000 800 49 0.0 yes yes 60 40 800 600 800 600 800 600 50 0.52 Quick 3. yang terbuat dari polister (diolen. taplak meja. jumlah dan jenis cucian.5 - yes ✽ 40 400 400 400 ✽ - 59 0.

tanyakan kepada penyalur penjualan mesin cuci ini atau juga kepada perusahaan perlistrikan di tempat Anda. Jika Anda memutuskan untuk membuang mesin cuci ini. hubungi teknisi listrik atau gantilah stop kontak Anda. Beban yang terlalu banyak dapat menyebabkan api atau sengatan listrik. harap mengingat peringatan-peringatan ini: • Jalankan mesin cuci hanya dengan menggunakan sumber tenaga listrik sebagaimana dinyatakan dalam petunjuk pada mesin. Jangan memperbanyak jumlah deterjen yang melampaui rekomendasi pada petunjuk yang diberikan oleh pabrik pembuat deterjen. Gunakan bahan-bahan penghilang noda atau pemutih sebelum pemutaran pencucian hanya ketika sungguhsungguh diperlukan. tempat-tempat penyimpanan yang aman. alcohol atau R113 saja Dry clean dengan alcohol atau R113 saja Peringatan yang berhubungan dengan listrik Untuk mengurangi bahaya kebakaran. patokan EC 93/68 dan standar EN 60335. • Gunakan hanya stop kontak yang berhubungan dengan tanah atau yang mempunyai kutub. mesin cuci ini dilengkapi dengan steker saluran listrik berarus bolak-balik berkutub yang mempunyai satu pisau yang lebih lebar dari yang lain. kejutan listrik dan kecelakaan yang lain. Menjaga lingkungan • Mesin cuci ini dibuat dari bahan-bahan daur ulang. Steker ini akan cocok masuk ke dalam stop kontak yang hanya searah. Putuskan kabel dayanya sehingga mesin cuci ini tidak dapat dihubungkan dengan sumber listrik. Demi keselamatan Anda. • Jagalah kabel daya. 12 . silakan menyimak peraturan setempat dalam hal pembuangan sampah. cobalah untuk membalikkan posisi steker tersebut. dan pada titik tempat keluarnya unit. Jika Anda tidak dapat memasukkan steker secara penuh ke dalam stop kontak. Lepaskan pintunya sehingga binatang atau anakanak kecil tidak dapat terjebak di dalam mesin cuci ini. Kabel-kabel daya seharusnya digulung sehingga ia tidak terhambat atau dijepit dengan benda-benda yang ditempatinya atau yang berlawanan dengannya. • Jangan membebani stop kontak pada dinding terlalu banyak atau dengan kabel-kabel penyambung lainnya.Appendiks Tabel Perawatan Kain Bahan yang resistan Bahan halus Dapat dicuci pada suhu 95 °C Dapat dicuci pada suhu 60 °C Dapat dicuci pada suhu 40 °C Dapat dicuci pada suhu 30 °C Lebih baik dicuci dengan tangan Jangan di-dry clean Harus di-dry clean Dry flat Dapat di cuci dalam air dingin Dapat dikeringkan dengan digantung Do not bleach Dikeringkan dengan digantung Dapat disetrika dengan suhu maksimum 200 °C Biarkan kering Dapat disetrika dengan suhu maksimum 150 °C Jangan dibiarkan kering Dapat disetrika dengan suhu maksimum 100 °C Jangan disetrika Dapat dibersihkan dengan larutan apa saja Hanya dapat dicuci dengan klorida. • • • Pernyataan kesesuaian Mesin cuci ini sesuaian dengan standar keamanan Eropa. Jika Anda tidak yakin dengan jenis sumber listrik yang dialirkan ke tempat Anda. Harap lebih memperhatikan kabel pada steker. Hematlah terhadap pemakaian air dan listrik dengan cara mencuci dengan kapasitas penuh (jumlahnya tentu tergantung dari program yang dipilih). Jika steker tetap tidak dapat dimasukkan.

Appendiks Spesifikasi Produk TYPE DIMENSION WATER PRESSURE WEIGHT WASH and SPIN CAPACITY POWER CONSUMPTION WASHING AND HEATING SPIN MODEL 230V PUMPING WATER VOLUME SPIN REVOLUTION MODEL rpm C1235A/ C1235AS 1200 WASHING FRONT LOADING WASHER W598mm x D400mm x H844mm 50 kPa ~ 800 kPa 68 kg 5. alamat dan nomor telepon ketika terjadi sesuatu yang tidak benar pada produk anda. .2 kg (DRY LAUNDRY) 220V 240V 220V 240V C1235A/ C1235AS 550W 180W 180W 1900W 2100W C1035A/ C835A/ C1035AS C835AS 500W 430W 30W 49l (STANDARD COURSE) C1035A/ C1035AS 1000 C835A/ C835AS 800 DISAAT MEMERLUKAN BANTUAN .Jangan sungkan untuk memanggil pelayanan purna jual dengan menyubutkan lengkap nama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful