Anak Sekolah Usia Dini

Nama : Galuh Chinranaya Vicky Wardhana Viencent Fernandez

berarti mereka sudah siap masuk SD. • Contoh. • Ita mencontohkan.Latar Belakang • Usia 7 tahun bukan lagi menjadi patokan seorang anak masuk SD. Utami Munandar. . guru besar psikologi anak Universitas Indonesia.C . S. anak umur 4 tahun tapi umur mentalnya 6 tahun. anak usia 5 tahun 11 bulan atau paling kecil 5 tahun 8 bulan boleh diterima tapi harus ada surat pernyataan dari psikolog atau konselor yang menyatakan anak itu sudah siap mengikuti pendidikan di SD.” papar Prof Dr.

Batas bawah dari ZPD adalah tingkat keahlian yang dimiliki anak yang bekerja secara mandiri. Konsep Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Zona Perkembangan Proksimal adalah istilah Vygotsky untuk rangkaian tugas yang terlalu sulit dikuasai anak seorang diri tetapi dapat diipelajari dengan bantuan dan bimbingan orang dewasa atau anak-anak yang terlatih. Menurut teori Vygotsky.Vygotsky 1. Zona Perkembangan Proksimal merupakan celah antara actual development dan potensial development. dimana antara apakah seorang anak dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang dewasa dan apakah seorang anak dapat melakukan sesuatu dengan arahan orang dewasa atau kerjasama dengan teman sebaya. . Batas atas adalah tingkat tanggung jawab tambahan yang dapat diterima oleh anak dengan bantuan seorang instruktur.

.

dan spontan. acak. Konsep Scaffolding Scaffolding ialah perubahan tingkat dukungan. Dalam dialog. konsep-konsep tersebut dapat dipertemukan dengan bimbingan yang sistematis. . Vygotsky memandang anakanak kaya konsep tetapi tidak sistematis.2. dimana orang yang lebih terampil mengubah bimbingan sesuai tingkat kemampuan anak. logis dan rasional. Scaffolding adalah istilah terkait perkembangan kognitif yang digunakan Vygotsky untuk mendeskripsikan perubahan dukungan selama sesi pembelajaran.

dan memonitor perilaku mereka. . Anak harus menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain sebelum mereka dapat memfokuskan ke dalam pikiran-pikiran mereka sendiri. membimbing.3. Vygotsky mengatakan bahwa bahasa dan pikiran pada awalnya berkembang terpisah dan kemudian menyatu. Anak juga harus berkomunikasi secara eksternal dan menggunakan bahasa untuk jangka waktu yang lama sebelum mereka membuat transisi dari kemampuan bicara ekternal menjadi internal. Lebih jauh Vygotsky yakin bahwa anak pada usia dini menggunakan bahasa unuk merencanakan. anak menggunakan pembicaraan bukan saja untuk komunikasi sosial. tetapi juga untuk membantu mereka menyelesaikan tugas. Bahasa dan Pemikiran Menurut Vygotsky.

Piaget .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.