Hereditas dan Lingkungan

Oleh: Feralia Eka Putri

 Guru dalam menjalankan perannya sebagai pendidik bagi para peserta didiknya. Seberapa jauh perkembangan individu terjadi dan bagaimana kualitas perkembangannya. dituntut memahami tentang berbagai aspek perilaku dirinya maupun perilaku orang-orang yang terkait dengan tugasnya. terutama perilaku peserta didik dengan segala aspeknya. bergantung pada kualitas hereditas dan lingkungannya.Pendahuluan Hereditas merupakan aspek individu yang bersifat bawaan dan memiliki potensi untuk berkembang.  .

 Hereditas itu akan membentuk perkembangan dengan memberikan/menyediakan potensipotensi dan kemungkinan-kemungkinannya yang akan diwujudkan melalui proses belajar dengan ditunjang oleh faktor-faktor lingkungan. .Hereditas  Hereditas adalah pewarisan sifat-sifat fisik dan psikologi serta pola-pola pertumbuhan lainnya yang secara biologis diwarisi oleh setiap anak dari orang tuanya melalui genetis.

Variasi 4.Hereditas  Adapun yang diturunkan oleh orang tua kepada anaknya adalah sifat strukturalnya bukan tingkah laku yang diperoleh sebagai hasil belajar atau pengalaman. Regresi filial . Penurunan sifat-sifat ini mengikuti prinsip-prinsip berikut: 1. Reproduksi 2. Konformitas (keseragaman) 3.

meliputi kondisi organ dan material dalam diri seseorang 2. lingkungan eksternal.  Lingkungan terbagi menjadi dua: lingkungan internal. ialah lingkungan alam (natural environment) dan lingkungan sosial (social environment) 1. .Lingkungan  Sartain seorang ahli psikolog di Amerika mengatakan bahwa apa yang dimaksud dengan lingkungan (environment) ialah meliputi semua kondisi-kondisi dalam dunia ini yang dalam cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku.

Lingkungan  Pengertian lingkungan menurut psikologi ialah segala sesuatu yang ada di dalam atau di luar individu yang bersifat mempengaruhi sikap. secara psikologis 3. secara fisiologis 2.  Lingkungan dapat diartikan: 1. tingkah laku atau perkembangannya. secara sosio-kultural .

warisan (turunan atau pembawaan) tersebut antara lain: 1. Penyakit  Unsur-unsur hereditas yang berupa potensi-potensi fisik dan mental psikologi itu dalam proses perkembangan akan berfungsi sebagai faktor dasar atau faktor bahan yang akan mempengaruhi proses perkembangan . Bakat 5. Bentuk tubuh dan warna kulit 2. Sifat-sifat 3. Intelegensi 4.Pengaruh Hereditas Terhadap Individu  Hereditas memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pengaruh Lingkungan Terhadap Individu  Lingkungan sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. sekolah tempat mendidik. flora dan faunanya.  lingkungan dapat diartikan sebagai: keluarga yang mengasuh dan membesarkan anak. masyarakat tempat anak bergaul juga bermain sehari-hari dan keadaan sekitar dengan iklimnya.  Besar kecilnya pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan individu bergantung pada keadaan lingkungan anak itu sendiri serta jasmani dan rohaninya. .

Bagaimanapun juga besarnya dampak stimulus lingkungan yang diterima oleh organisme namun perkembangan organisme yang bersangkutan tidak dapat melampaui batas yang telah ditetapkan oleh faktor keturunan.Pengaruh Hereditas dan Lingkungan  Hereditas menetapkan batas perkembangan yang dapat dilakukan oleh lingkungan.  Lingkungan dapat memodifikasi efek hereditas. . Suatu lingkungan yang buruk dapat saja mengubah warisan sifat seseorang yang baik semata-mata karena ia berada dalam asuhan lingkungan tersebut.

hereditas menentukan apa yang dapat dilakukan oleh individu sedangkan lingkungan menentukan apa yang akan dilakukan oleh individu. Dengan kata lain. .Pengaruh Hereditas dan Lingkungan  Tidak ada satupun karakteristik atau perilaku yang tidak ditentukan bersama oleh faktor lingkungan dan faktor keturunan. Lingkungan dan keturunan berinteraksi dalam mempengaruhi perilaku. Tapi cenderung lebih berperan dalam membentuk karakteristik dan kepribadian.  Faktor lingkungan tampak kurang berperan dalam membentuk karakteristik fisik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful