USER MANUAL

02 April 2004

TOYOTA

Engine

Halaman 1 | 2 | 3 | 4 | 5

Exhaust Valves Adalah valve yang mengeluarkan gas sisa pembakaran dari cylinder.

Intake Valves

Timing Belt

Belt ini menselaraskan putaran Adalah valve yang membuka Camshaft yang membuka dan menutup valve sebagai respon dari sebagai pintu masuk campuran bahan bakar (udara pergerakan Crankshaft. dan bensin) ke dalam cylinder. Cam Shaft Piston Digerakkan oleh timing belt, Bergerak turun naik di cylinder yang membuka dan menutup sebagai akibat dari penerimaan intakes dan exhaust valves. tekanan yang terbentuk oleh ledakan campuran bahan bakar. Oil Pan Tempat untuk oli mesin yang terletak di bawah mesin.

Cylinder Head Permukaan yang sedikit cekung yang membentuk pembakaran. Crank Shaft Berfungsi merubah gerakan turun naik dari piston menjadi gerak putar melalui connecting rods. [ Back to Table of Content ]

139470728.doc

1

Injector Ini berfungsi secara elektrik.USER MANUAL 02 April 2004 TOYOTA Engine Halaman 1 | 2 | 3 | 4 | 5 Valve Valve digunakan untuk mengontrol pemasukan dari campuran bahan bakar sebelum pembakaran. Ini memasukkan bahan bakar dalam bentuk berkabut dengan udara ke dalam Intake Manifold. [ Back to Table of Content ] Plug/Busi Busi berfungsi untuk menghasilkan pengapian. Glow Plug Ini adalah mekanisme yang digunakan untuk memanaskan kompresi udara di ruang pembakaran saat starter.doc 2 . Combustion Chamber Ini adalah ruang dimana injection nozzle secara langsung menyemprotkan bahan bakar. Swirl Chamber Bahan bakar yang masuk secara cepat terurai oleh putaran udara yang kuat sehingga menimbulkan pengapian singkat. 139470728.

doc 3 . Klasifikasi SAE Apakah itu oli dengan multi-grade Oil dengan kelas tertentu hanya berguna dalam perbedaan suhu yang terbatas. Oil filter akan memisahkan kotoran yang tidak diinginkan ini dari oli. SAE (Society of Automotive Engineers): mengklasifikasikan oli berdasarkan kekentalan. Ini menarik oli yang berada di Oil switch ini akan mengaktifkan Pump dan memompa oli tersebut ke lampu peringatan. seluruh bagian mesin.USER MANUAL 02 April 2004 TOYOTA Engine Halaman 1 | 2 | 3 | 4 | 5 Oil Pressure Switch Oil Pump Relief Valve Ketika oil pump yang mengakibatkan tekanan yang berlebihan. Oil Filter Oli mesin secara bertahap akan terkontaminasi dengan kotoran besi dan lainnya. valve ini membebaskan tekanan. Oli dengan multi-grade dapat digunakan untuk seluruh suhu. Oil Strainer Ini adalah saringan oli yang terpasang di saluran masuk oli untuk memisahkan partikel yang besar dari oli. Catatan : Ganti oli sesuai dengan jadwal perawatan Jika tekanan oli tidak cukup ketika mesin dinyalakan. Klasifikasi dari Oli Mesin Klasifikasi API API (American Petroleum Institue): mengklasifikasikan oli berdasarkan kualitas. yang menentukan temperatur dimana oli dapat digunakan. [ Back to Table of Content ] 139470728. Kualitas disusun berdasarkan alphabet.

doc 4 . </< P> Mengapa perlu mengganti LLC ? Sifat anti dari Long Life Coolant menurun karena adanya udara dan panas mesin. Cooling Fan Ini mempercepat aliran udara yang melalui radiator dan mengurangi efek dari radiasi panas.USER MANUAL 02 April 2004 TOYOTA Engine Halaman 1 | 2 | 3 | 4 | 5 Thermostat Alat ini mengatur suhu dari Engine Coolant. [ Back to Table of Content ] 139470728. sehingga kemampuan menjaga radiator dari karat menjadi menurun. atau coolant yang tidak terpakai dan mengirimkan ke radiator. Water Pump Water Pump membuat coolant bersirkulasi Reservoir Tank disediakan untuk melalui saluran sirkulasi menyimpan kelebihan coolant dari coolant. Reservoir Tank Radiator Radiator menggunakan aliran udara yang dihasilkan dari gerakan maju kendaraan untuk mengurangi suhu dari coolant yang bersirkulasi melalui mesin.

suhu. [ Back to Table of Content ] 139470728.doc 5 . juga bunyi gas sebelum dikeluarkan ke udara terbuka.USER MANUAL 02 April 2004 TOYOTA Engine Halaman 1 | 2 | 3 | 4 | 5 Air Cleaner Muffler Part ini memisahkan debu dan sampah dari udara yang besirkulasi dengan memasang elemen di saluran Muffler mengurangi tekanan. dan masuk udara ke mesin.

ini adalah mekanisme penghubung yang meneruskan daya dari transmisi ke differential . digunakan oleh kendaraaan penggerak roda depan. Differential Differential mempunyai 3 fungsi: [ Merubah arah dari daya penggerak. Jadi kendaraan ini memiliki mesin di depan dan digerakan oleh roda belakang FF adalah kependekan dari Front engine 139470728. Transaxle Transaxle adalah transmisi dan differential yang menjadi satu.doc 6 . Mengurangi daya dari propeller shaft. dan diteruskan ke pemutar roda.USER MANUAL TOYOTA 02 April 2004 Drive Train Halaman 1 | 2 | 3 Clutch Clutch berfungsi meneruskan dan melepaskan daya dari mesin selama jalan atau berhenti ketika gear berpindah. Transmission Ini meneruskan dan merubah kecepatan dan daya dari mesin yang diakibatkan oleh gigi kecepatan yang dipilih. Membedakan putaran untuk roda ketika membelok] Propeller Shaft Untuk kendaraan penggerak roda belakang (mesin di depan). Drive Shaft Drive shaft meneruskan daya yang telah dibagi ke setiap setiap roda oleh differential. Perbedaan antara FF dan FR Kendaraan FR Kendaraan FF FR adalah kependekan dari Front engine (mesin depan) dan Rear drive (penggerak roda belakang).

oleh karena itu ini membuat crankshaft berputar lebih stabil dan mesin berputar lebih lembut.USER MANUAL TOYOTA [ Back to Table of Content ] 02 April 2004 Drive Train Halaman 1 | 2 | 3 Synchromesh Mechanism Mekanisme ini menyelaraskan kecepatan putar dari gigi kecepatan ketika gigi ini dirubah. Gigi ini digunakan pada digunakan untuk mulai bergerak dan saat kecepatan tinggi. 139470728. Clutch Disk Ini meneruskan daya dari mesin ke transmisi. pada kecepatan normal. Input Shaft Input shaft meneruskan daya dari mesin ke transmisi melalui Clutch (kopling) Clutch Cover Pegas yang menempel di clutch cover menekan piringan clutch ke flywheel untuk meneruskan daya dari mesin ke transmisi. Gigi-gigi ini digunakan berakselerasi.doc 7 . Fly Wheel Fly wheel digunakan untuk menambah kestabilan putar disebabkan oleh beratnya. Gigi 1 & Gigi 2 Gigi 3 & Gigi 4 Gigi 5 Ini adalah gigi-gigi yang memiliki torsi tinggi.

[ Back to Table of Content ] 139470728.USER MANUAL TOYOTA [ Back to Table of Content ] 02 April 2004 Drive Train Halaman 1 | 2 | 3 Torque Converter Di ruang dalam Automatic Transaxle dipenuhi oleh oli (oli transmisi otomatis) dan torsi dari mesin diteruskan atau dikuatkan oleh aliran oli. Membedakan putaran untuk roda ketika membelok]. Planetary Gear Perubahan gigi terjadi karena kombinasi dari gigi penggerak.doc 8 . Mengurangi daya dari propeller shaft. Differential Differential mempunyai 3 fungsi: [ Merubah arah dari daya penggerak. gigi yang digerakkan dan gigi pengunci.

USER MANUAL TOYOTA 03 April 2004 Brake System Brake Booster Mekanisme ini menambah tekanan dengan besar ke brake master cylinder sebagai respon dari tekanan pedal rem yang dilakukan pengemudi. putaran dari rotor dan roda tinggi sesuai dengan berhenti segera. Brake Drum Brake drum merupakan bagian berbentuk cylinder dimana gesekan terjadi ketika tekanan terjadi dari bagian dalam brake shoe Rotor adalah bagian yang berputar bersama roda. Ketika pedal rem Ini adalah bahan gesek ditekan. permukaan luar dari brake shoe. 139470728.doc 9 . Brake Shoe Lining Brake Pads Brake Pads merupakan bahan gesek tinggi ditekan ke piringan rotor. Rotor Master Cylinder Ini adalah mekanisme yang merubah tekanan dari pedal rem menjadi tekanan hidrolik.

doc 10 . Piston Rod Oil Oli menstabilkan akibat samping Bahan yang digunakan memiliki kekuatan yang cukup untuk dari gerakan piston rod. 139470728. dan untuk menyediakan kestabilan (membal) dari pegas. mendukung berat kendaraan dan meminimumkan berbagai macam gaya kejut ketika mengemudi. mengemudi.USER MANUAL TOYOTA 03 April 2004 Suspension : Shock Absorbers Fungsi Suspension Fungsi Shock Absorber Shock absorbers bekerja untuk meredam gerakan naik-turun Suspensi punya dua fungsi : untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

doc 11 . Kenapa ban harus dirotasi Tekanan yang terjadi pada ban depan dan belakang adalah lain. -. Kemampuan meneruskan panas radiasi gesekan. Kemudahan mengemudi dan kestabilan. part time 4WD (tidak termasuk kendaraan box) 139470728. full time 4WD (kendaraan box) setiap 5. Kemudahan mengontrol dan daya angkut. -. FWD.USER MANUAL TOYOTA 03 April 2004 Tire Faktor dipengaruhi oleh penggunaan ban -. RWD.000 km. -. tergantung dari beban dan kondisi jalan. Jadwal untuk melakukan rotasi ban -. Kemampuan ketika hujan. -.

doc 12 . Steering Gear Box Putaran yang ditimbulkan oleh kemudi dirubah menjadi gerakan ke samping kiri dan kanan oleh steering gear box.USER MANUAL TOYOTA 03 April 2004 Steering Power Steering Pump dan Reservoir Tekanan hidrolik ditimbulkan oleh vane pump. 139470728.

139470728.doc 13 .USER MANUAL TOYOTA 03 April 2004 Electrical Distributor Distributor menyalurkan tegangan tinggi ke busi pada waktu yang tepat. listrik ketika mesin berhenti. Starter Alternator Alternator mengisi battery ketika mesin dinyalakan. Battery Battery bisa diisi kembali dan Starter adalah penggerak yang merupakan sumber dari tenaga menyalakan mesin. Spark Plug Spark plug menyalakan campuran udarabahan bakar di dalam Cylinder menggunakan tegangan tinggi yang disalurkan oleh distributor.

jika tekanan pendingin terlalu tinggi atau udara dari kipas. Receiver Pendingin yang dicairkan di condenser kemudian tersimpan di tempat ini untuk di salurkan ke evaporator. Pressure Switch Panas dari cairan pendingin yang dipanaskan Untuk menjaga kegagalan dari sistem pendingin oleh mesin digunakan untuk memanaskan udara. 139470728. dan thermistor. Heater Unit Evaporator Pendingin yang telah melewati expansion valve akan diubah menjadi gas di evaporator. maka Magnet Clutch akan tidak difungsikan oleh swith ini Compressor Mesin digerakan oleh Crankcase melalui Pulley dan belt.USER MANUAL TOYOTA 03 April 2004 Air Conditioning System Expansion Valve Cairan pendingin yang dikirim dari reservoir disemprotkan ke evaporator dengan valve ini.doc 14 . Ini menekan pendingin. terlalu rendah. sehingga pendingin berada dalam kondisi tekanan tinggi. dimana larutan ini akan didinginkan dan dicairkan. Udara yang melalui evaporator didinginkan dan ditiup keluar sebagai udara dingin. expansion valve penumpang. Alat ini meniup udara ke dalam ruang Colling unit termasuk evaporator. Condenser Fan Kipas ini mendinginkan Condenser. Condenser Pendingin yang bersuhu tinggi dan bertekanan tinggi yang berasal dari compressor akan mengalir melalui condenser. Cooling Unit Blower Unit Blower ini termasuk blower motor dan kipas.

mengurangi gaya tekanan angin sehingga laju kendaraan dapat meningkat. sehingga daya benturan diserap dan melindungi kabin dari bahaya yang lebih fatal. Crumple zone: area mengerut. sehingga anak-anak aman di dalam kabin selama berkendara Clearance monitor lamp: lampu di ujung fender kanan dan kiri mobil Crown yang berfungsi memandu jarak ke depan waktu parkir di malam hari. mobil tetap terkendali dengan baik. baik ada beban maupun tidak. Deceleration Sensing Proportioning Valve (DSPV) : alat bantu pengereman roda belakang (pada Dyna Rino 4 ban). dalam cuaca buruk sekalipun Antilock Brake System (ABS) : sistem pengereman yang dibantu komputer. Collapsible steering column: bagian poros kemudi yang dibuat khusus agar saat terjadi benturan keras (menabrak). 139470728.USER MANUAL TOYOTA GLOSSARY Aerodinamis: desain bodi yang dibuat berbentuk melengkung atau membulat dengan angka drag coefficient kecil. poros kemudi memendek dan menyerap guncangan sehingga mengurangi tekanan terhadap pengemudi. Dengan DSPV pengaturan pengereman ke roda belakang disesuaikan. karena `moncong` Crown yang panjang. meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar. Anti kabut (defoger) kaca belakang: lapisan berbentuk garis-garis pada kaca belakang yang akan menghilangkan embun pada kaca sehingga pandangan ke belakang lebih jelas. Coil spring: pegas suspensi yang berbentuk spiral. suatu area di bagian depan dan belakang kendaraan yang akan mengerut bila terjadi benturan dari arah depan atau belakang. mempunyai elastisitas yang lembut sehingga banyak digunakan pada suspensi sedan. Crash Impact Absorbing Structure (CIAS) body : suatu rancangan struktur bodi yang dibuat agar bagian-bagian depan dan belakang justru mudah rusak untuk menyerap benturan dengan tujuan mengamankan kabin atau ruang penumpang. memungkinkan pengemudi untuk mengendarai kendaraan tanpa menekan pedal gas secara terus menerus. menambah stabilitas pada kecepatan tinggi. hasil pengereman tetap lurus terkendali. Cruise Control System (CCS): Sistem yang secara otomatis mengatur kecepatan kendaraan.doc 15 . serta membantu fungsi seatbelt mengurangi akibat fatal tabrakan. serta mengurangi kebisingan Airbag SRS: kantung udara pada bagian tengah roda kemudi yang akan mengembang bila terjadi tabrakan keras. agar saat pengemudi mengerem dalam keadaan panik dan mendadak. sehingga pengereman terkendali dengan baik sekalipun ban belakang hanya satu/single (4 ban). Child protector: Tombol pengunci pintu yang memungkinkan pintu belakang tidak bisa dibuka dari dalam oleh anak-anak. bahkan apabila permukaan jalan kondisinya tidak sama (basah atau kering). terpompa sangat cepat seperti balon dan berfungsi mencegah benturan kepala pada kaca depan dan mengurangi kerasnya benturan dada pada kemudi.

serta hemat bahan bakar. bahan bakar (solar) disemprotkan ke dalam saluran masuk (intake manifold). menambah daya cengkeram roda belakang dan mengurangi terangkatnya ujung belakang kendaraan pada kecepatan tinggi. serpihannya tidak menyebar sehingga jangkauan pandangan tetap dapat dipertahankan. ground clearance. High mount stop lamp: lampu stop ekstra yang terletak di dalam kaca belakang untuk meningkatkan keamanan. yaitu : overall length. terpompa sangat cepat seperti balon dan berfungsi mencegah benturan kepala pada kaca depan dan mengurangi kerasnya benturan dada pada kemudi. yaitu selain di depan juga terdapat di kaca belakang. 139470728. Katup bahan bakar: bagian dari mesin yang berperan membuka dan menutup selama mesin bekerja untuk melayani kebutuhan bahan bakar yang diperlukan. Dual airbag: kantung udara pada bagian tengah roda kemudi dan dasbor sebelah kiri. Double Overhead Camshaft (DOHC): mesin twin-cam dengan empat katup sehingga menghasilkan tenaga besar dan responsif saat diakselerasi.USER MANUAL TOYOTA Dimensi Kendaraan: Untuk menggambarkan dimensi sebuah kendaraan. memberikan kesejukan yang lebih merata dan menyeluruh. membuat pandangan ke belakang lebih jelas. berfungsi untuk memotong angin secara vertikal di bagian ujung. Pada saat hancur. Ground Clearance: Jarak pijak kendaraan. yang akan mengembang bila terjadi tabrakan keras. Ducktail: bentuk bodi belakang yang menonjol seperti ekor itik. sedang pada siang hari kaca menyesuaikan pula tingkat keterangannya. dalam cuaca buruk sekalipun Injection(Indirect Injection): terdapat pada Kijang & Land Cruiser. ditunjukkan dengan beberapa parameter. Direct Injection: terdapat pada Dyna Rino. tread dan wheelbase. sehingga lebih aman berkendara. dan daya guna yang meningkat. Biasa digunakan pada kaca depan dan tidak mudah ditembus bahkan jika terdapat retakan yang diakibatkan oleh benda-benda seperti kerikil yang terlempar dari roda kendaraan lain. diukur dari titik paling rendah kendaraan ke permukaan tanah dalam kondisi kendaraan berpenumpang. overall width. pada malam hari mampu meredam sinar lampu mobil lain yang terlalu menyilaukan. terdapat di bagian depan (pada dasbor) dan di bagian tengah kabin. karena saat mengerem akan mudah terlihat dari belakang oleh kendaraan lain. Double wiper: penghapus kaca ganda. konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. overall height. terutama diperlukan pada waktu hujan. sehingga Anda aman kapanpun berkendara.doc 16 . Dual AC: AC ganda. Laminated Windshield Glass: kaca laminasi yang dibuat dengan menekan dua lembar kaca secara bersamaan dengan suatu lapisan transparan di tengah-tengahnya. sehingga dengan EFI menghasilkan emisi gas buang (exhaust emission) yang lebih bersih. Kaca spion dalam anti silau: kaca spion di bagian dalam yang cerminnya dirancang anti silau. bahan bakar (Solar) disemprotkan langsung ke dalam mesin. Kunci otomatis: pintu Crown akan mengunci secara otomatis bila kecepatan kendaraan di atas 20 km/jam. Jumlah bahan bakar dikontrol lebih akurat dengan komputer yang mensuplai bahan bakar ke mesin melalui injektor. serta membantu fungsi seatbelt mengurangi akibat fatal tabrakan. Electronic Fuel Injection (EFI): sistem pengiriman bahan bakar yang menggantikan karburator. Karburator: tempat/alat untuk proses karburasi/pencampuran udara dan bensin dengan rasio tertentu sesuai kondisi kerja mesin.

hanya dengan satu sentuhan ringan. 139470728. Rem gas buang (exhaust brake): rem yang berfungsi sebagai tambahan rem utama. sehingga daya tahan lebih lama.doc 17 . melindungi Anda pada saat terjadi tabrakan.USER MANUAL TOYOTA Lampu halogen: lampu yang menggunakan gas halogen yang ditutup dalam sebuah bola lampu agar ketahanan filament-nya bertambah terhadap suhu tinggi dan menghasilkan sinar putih yang sangat terang atau daya pencahayaan yang kuat. Untuk kendaraan penumpang diukur dari ujung bumper depan ke ujung bumper belakang. Power door-lock: sistem mengunci dan membuka pintu yang dapat dikendalikan dari tempat pengemudi. terdapat di depan. pasir. sehingga putaran mesin mendapat perlawanan. Diukur dari titik paling depan ke titik paling belakang. meningkatkan kenyamanan terutama saat parkir. sehingga mempunyai karakter kuat. meningkatkan keamanan Anda berkendara. diikuti suara gemuruh mesin. Lampu kabut depan: lampu berkekuatan besar dengan sinar berwarna kuning/putih yang mampu menembus kabut. bekerja memanfaatkan tekanan gas buang yang akan keluar melalui knalpot. mempunyai elastisitas lebih kaku dibandingkan dengan coil spring. sehingga Anda aman berkendara dalam cuaca apapun. merupakan alat keamanan mutlak untuk setiap pengendara. dan pada saat bersamaan kecepatan kendaraan berangsur-angsur berkurang. Power steering: sistem kemudi yang ringan. Pegas daun: pegas yang berbentuk lembaran-lembaran baja. sehingga visibilitas di malam hari lebih baik. memiliki ELR (Emergency Locking Retraction) yang berfungsi untuk mengunci sabuk pada saat mobil secara mendadak mengurangi kecepatannya. Overall Width: lebar keseluruhan kendaraan adalah lebar kendaraan itu sendiri [tidak termasuk kaca spion] Overhead Valve (OHV): mekanisme katup pada mesin yang pertama kali diperkenalkan dengan teknologi sederhana namun kuat dan mudah perawatannya. ada sebuah katup dalam pipa knalpot yang menutup dengan tiba-tiba. dan sering dipakai pada kendaraan komersial kecil maupun besar. sehingga mengurangi resiko penyok pada pintu Mud guard (penahan lumpur): pelindung bodi pada spatbor depan dan belakang untuk menahan percikan lumpur. Pada saat rem gas buang ini bekerja. Power window: sistem yang dirancang agar Anda dapat menaikturunkan kaca jendela hanya dengan satu sentuhan ringan. Lapisan anti karat: 87 % panel bodi dilapis anti karat. memudahkan penglihatan saat melewati jalan berkabut. atau batu kecil yang terlempar dari roda-roda. Seatbelt: tali pengikat badan ke tempat duduk. Load Sensing Proportional Valve: alat pengatur pengereman pengereman terkendali dengan baik sesuai beban yang ada roda belakang agar Moulding: suatu lapisan segaris yang memberikan perlindungan terhadap benturan terutama pada pintu saat parkir di tempat yang sempit. Multi reflektor: Bagian dalam dari lampu depan Corolla baru yang merefleksikan cahaya dengan arah yang diatur sedemikian rupa sehingga sinar lebih terfokus dan merata pada bidang yang harus disinari Overall Length: Panjang sebuah kendaraan.

Toyota Vehicle Security System (TVSS) : alarm yang memberikan perlindungan pada Toyota Anda dan rasa aman bagi Anda saat meninggalkan kendaraan. Tilt steering: sistem roda kemudi yang dapat dinaikturunkan dalam tujuh posisi sehingga dapat mengemudi dengan nyaman sesuai posisi Anda. dan fungsi kontrol lainnya. Suspensi Macpherson strut: suspensi independent yang hanya menggunakan satu lengan ayun dan ditopang oleh sebuah batang lurus (strut). Suspensi ini banyak dipakai untuk kendaraan komersial. Karakter suspensi ini nyaman dan stabil. Roda kanan dan kiri dihubungkan secara langsung oleh batang besin yang kokoh. Tipe ini mempunyai karakter kuat dan nyaman. Suspensi independent: sistem suspensi yang memungkinkan gerakan ayunan roda kanan dan kiri tidak saling mempengaruhi (masing-masing bergerak bebas sesuai kondisi permukaan jalan yang dilalui) sehingga terasa lebih nyaman. berfungsi menopang beban berat. biasa dipakai pada suspensi depan (Kijang). Suspensi rigid axle: bagian suspensi yang berbentuk poros yang sangat kuat. Toyota Computer Control System (TCCS): pusat pengendali semua sistem komputer yang digunakan pada kendaraan Toyota seperti EFI (sistem penginjeksian bahan bakar). 139470728. Spoiler belakang: suatu tambahan di atas bagasi belakang kendaraan untuk memberi kestabilan dan menambah daya cengkeram roda belakang pada kecepatan tinggi. membuat tenaga pengereman meningkat dua kali lipat.USER MANUAL TOYOTA Side-door impact beam: baja pelindung yang kokoh pada setiap pintu untuk mencegah akibat benturan dari samping. Dengan demikian tenaga mesin meningkat pula secara drastis. misalnya Crown. Suspensi double wishbone: suspensi independen yang komponen utamanya memakai lengan ayun atas dan bawah.doc 18 . ESA (sistem kontol pengapian). Transponder Chip: chip yang diterapkan pada kunci khusus mobil Toyota sehingga mobil Toyota tersebut hanya dapat dinyalakan oleh kunci asli saja Tread: jarak antara titik tengah dari roda kanan dan roda kiri. Torsion bar spring: pegas batang torsi yang kerjanya mengayun dengan arah puntiran. Vacuum booster ganda ini cocok dipakai pada mesin bertenaga besar dan bodi kendaraan besar pula. dengan demikian gerakan-gerakannya akan saling mempengaruhi. ISC (sistem kontrol putaran idle mesin). transmisi otomatis. Suspensi non-independent: sistem suspensi yang dibuat dengan mengutamakan kekuatan. ABS. Dengan jumlah komponen yang lebih sedikit dari OHV mesin menjadi lebih responsif dan tidak berisik. Turbo charger: mekanisme tambahan pada mesin yang berperan memompakan udara ke dalam mesin sehingga volume udara meningkat sampai 200 %. dan banyak dipakai pada kendaraan truk Tandem booster: vacuum booster yang memiliki diafragma ganda. Biasanya akan terdapat sedikit perbedaan antara pengukuran dari roda depan dengan pengukuran roda belakang. Single Overhead Camshaft (SOHC) : mekanisme katup dengan teknologi setingkat lebih maju dari OHV. berbentuk sebatang besi yang panjang.

truk power gate lifter. Vacuum booster: alat bantu pada sistem rem yang bekerja dengan bantuan kevakuman pada mesin. tenaga yang dikeluarkan oleh pengemudi menjadi ringan. truk box. Variasi box belakang: Dyna dapat diberi tambahan box belakang yang bervariasi sesuai kebutuhan dan sesuai daya angkutnya. antara lain menjadi minibus. Disamping itu. truk tangki.doc 19 . berperan membantu memberikan tekanan kepada minyak rem ke semua roda-roda sehingga meningkatkan tenaga pengereman. truk sampah.USER MANUAL TOYOTA Tutup mesin praktis: tutup mesin Dyna yang dirancang sedemikian rupa di bawah tempat duduk penumpang sehingga mudah perawatannya dan praktis. truk tangki tinja. truk bak besi. truk bak kayu. dll. truk mixer. Wheelbase: jarak antara titik tengah roda depan dan roda belakang 139470728.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful