Bagaimana teknik presentasi yang baik dan benar sehingga efektif?

Banyak cara, namun di bawah ini ringkasan semua teknik presentasi yang dianggap paling efektif. 1. Use visual aids. Gunakan Alat Bantu Visual. Menggunakan gambar, bukan kata-kata, dapat melipatgandakan kemungkinan pencapaian tujuan presentasi. Satu gambar bernilai 1.000 kata, bukan? A picture is worth a thousand words! 2. Keep it short and sweet! Ringkas dan “manis”. Pepatah lama mengatakan, “No one ever complained of a presentation being too short”. Tidak ada yang pernah mengeluhkan presentasi yang terlalu pendek. Tidak ada yang lebih “membunuh” sebuah presentasi selain terlalu lama. Usahakan presentasi Anda di bawah 22 menit! 3. Use the rule of three Gunakan aturan tentang tiga hal. Sebuah teknik sederhana adalah bahwa orang cenderung hanya mengingat tiga poin. Maka, gunakan maksimum tiga poin pada slide! 4. Rehearse Berlatih. Practice makes for perfect performance. Latihan menjadikan penampian sempurna. Banyak ahli mengatakan, latihan adalah hal terbesar yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penampilan Anda. Lakukan presentasi Anda dengan keras setidaknya empat kali. Salah satunya harus di depan audiens yang benar-benar “menakutkan” Anda (a real scary audience) –keluarga, teman, atau kolega. Even the dog is better than nothing. Bahkan, di depan anjing pun ok. Iu lebih baik daripada tidak. 5. Tell stories Sampaikan cerita. Semua presentasi adalah jenis teater. Ceritakan kisah dan anekdot untuk membantu mengilustrasikan poin. Ini akan menjadikan presentasi Anda lebih efektif dan mengesankan. 6. Lose the bullet points – don’t put your speaker notes up on the screen Kehilangan pointer. Jangan menaruh catatan pembicaraan di layar. Tampilkan di layar hanya poin-poin, bukan “naskah pidato” Anda. Untuk membuat presentasi Anda lebih efektif menempatkan catatan pembicara dalam catatan Anda dan tidak muncul di layar. 7. Video yourself Video Anda sendiri. Atur kamera video dan video presentasi Anda sendiri. Setting sendiri alat presentasi Anda –senyaman mungkin. 8 . Know what slide is coming next Ketahui slide berikutnya. Anda harus selalu tahu kapan presentasi slide yang muncul berikutnya. Terdengar “powerful” ketika Anda mengatakan “pada slide berikutnya kita akan lihat….”. Di sinilah kian terasa pentingnya persiapan dan latihan! 9. Have a back-up plan Miliki rencana cadangan. Siapkan “materi cadangan” kalau-kalau slide tidak muncul, listrik mati, tidak ada pengeras suara, “presentasi menampilkan hal aneh pada laptop”, dan sebagainya. Miliki “hard copy”, materi tercetak. Biasanya, jika Anda siapkan “backup plan”, Anda jarang harus menggunakannnya! 10. Check out the presentation room Periksa ruang presentasi. Datanglah lebih awal dan periksa ruang presentasi. Pastikan slide Anda dimuat di PC dan muncul di layar.

romeltea. Saya tidak akan mengulas bagian tentang venture capital-nya. seorang dosen mempresentasikan materi kuliah di depan mahasiswanya. Berbeda dengan ngobrol biasa. dalam presentasi salah satu ruh utamanya adalah integritas dan passion. dan jika calon presiden tidak bisa mempresentasikan visi misinya maka dia tidak akan di pilih. salah satu tantangan yang kemungkinan besar akan dihadapi adalah bagaimana caranya agar aplikasi buatan kita dapat dipresentasikan dengan bagus ke misal calon investor. seorang sales mempresentasikan produk yang ia jual. seorang calon presiden mempresentasikan visi misi yang ingin ia bawa. Jika sang murid tidak bisa mempresentasikan karyanya dengan baik nilainya akan buruk.com). Komunikasi itu adalah bagian penting dari kehidupan. ide. jika sang dosen tidak bisa mempresentasikan materi kuliahnya dengan baik mahasiswanya tidak akan ada yang mengerti. Salah satu bentuk komunikasi adalah presentasi. Oleh karena itu. Dengan ritual saya menonton video TED minimal sehari sekali. tapi saya akan mengangkat teknik presentasi yang ia sampaikan. presentasi ini biasanya lebih satu arah. saya menemukan sebuah video menarik tentang tips presentasi dari David S. Dua hal ini merupakan kunci utama agar presentasi kita bisa mempengaruhi dan menginspirasi pendengar kita. gagasan yang buruk bisa menjadi bagus jika disampaikan dengan amat sangat baik. client. hingga pengguna calon aplikasi tersebut Produk. Komunikasi adalah media atau jembatan antara gagasan yang ada di otak kita dengan persepsi otak orang lain. tidak ada yang akan menerimanya. . Rose yang membahas tentang pitching kepada venture capital.Apakah Anda setuju dengan teknik-teknik presentasi efektif di atas? Apakah Anda memiliki pengalaman seperti itu? (www. Lalu sebaliknya. atau gagasan yang baik jika tidak disampaikan dengan baik.com. Setelah aplikasi yang dibuat sudah jadi. Contoh presentasi misalkan seorang murid mempresentasikan karya ilmiahnya di depan kelas.* Tips – Tips Dalam Membuat Presentasi yang Baik Posted by TeknoJurnal on February 19. dan masih banyak contoh lainnya. 2013 * Catatan editor: presentasi adalah salah satu ilmu yang menurut saya wajib untuk dipahami bagi para pengembang aplikasi terutama bagi mereka yang sedang mengembang produk aplikasi sendiri. jika seorangsales tidak bisa mempresentasikan produknya maka tidak ada yang ingin membeli produknya. Sebelum masuk ke tips presentasinya. presentasi merupakan teknik yang sangat penting untuk kita pelajari dan kita latih. Sumber: presentationmagazine.

Dia memberikan contoh bagaimana Bill Gates membuat slide presentasinya dan bagaimana Steve Jobs membuat slidepresentasinya. Oleh karena itu. ketika kita tidak memiliki dua hal itu. Rose memberikan tips bagaimana baiknya menuliskan materi kita di dalam layar presentasi kita. Lalu tips berikutnya adalah dari sisi teknik alat penyampaiannya. Apa rahasia slide Steve Jobs? Coba perhatikan gambar di bawah ini: Contoh 1 . Biasanya kalau presentasi. kita menggunakan alat bantu seperti infocus. Bisa kita lihat betapa fenomenalnya setiap presentasi keynote dari Steve Jobs (apalagi ketika launching iPhone 1) yang langsung membuat produk itu laku besar-besaran di pasar.Contoh integritas dan passion misalkan kita undang pembicara hebat sekelas Mario Teguh. rasanya sulit untuk bisa mempresentasikan materi kita ke orang lain. Bahkan ketika tidak ada inovasi yang tinggi. David S. tentu dia tidak akan bisa membawakannya sebaik jika dia membawakan tema tentang bisnis. yang dari teknik presentasi sudah sangat hebat sekali tapi dia diminta untuk mempresentasikan teori aerodinamika pada sayap pesawat yang menggunakan rumus-rumus fisika. Steve Jobs masih mampu membawakan keynote dengan sangat baik lagi. dan menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Power Point atau Keynote. laptop. Berbeda jika yang menyampaikannya adalah pak Habibie yang secara integritas memang terbukti hebat di bidang itu dan secara passion memiliki kecintaan tentang dunia engineering.

bukan malah membaca butiran-butiran slide yang ada di panggung. 5. haruslah sesederhana dan seminim mungkin informasi yang ada di sana. pandanglah pendengar kita. Setelah itu. Kita bisa leluasa melakukan gerak-gerik tubuh jika menggunakan clicker. Just the headline = BETTER. Mengapa dia melakukan ini? Steve Jobs ingin penonton fokus kepada dirinya. Ketika presentasi. Always use a clicker. 4. Di Power Point atau Keynote. bukan sibuk mencatat paragraf yang ada di panggung. 3. Short… short bullet points = GOOD. Slide pada presentasi bisa membantu kita mengambil informasi terkait apa yang ingin kita sampaikan. Materi yang ada di slidepresentasi berbeda dengan materi yang dibagikan ke pendengar (handout). fokus kepada apa yang ia katakan. Yang ada hanya gambar atau grafik atau kalimat atau video atau demo. . Kalau dari saya sendiri. buatlah orang fokus pada kita. dia tidak memasukan kalimat panjang. Clicker adalah alat yang membantu kita memindahkan slide ke slide berikutnya tanpa harus berada dekat dengan komputer atau mengucapkan “next” kepada operator. Ketika presentasi. tapi sibuk mendengarkan kalimatnya. Always use presenter mode. catatan-catatan terkaitslide tersebut. Berikut adalah beberapa tipsnya: 1. David memberikan tips-tips terkait teknik dan detail ketika kita ingin membawakan presentasi. ever look at screen. Latihlah materi presentasi kita berulang-ulang sehingga kita tidak perlu menghafal. apalagi paragraf di dalam slidenya. Never. Dont read your speech. dan waktu kita sudah berapa lama. Only image = BEST. Jangan sibuk melihat layar apalagi cuma membaca apa yang ada di layar. Yak berikut tadi adalah tips-tips dari David. S Rose yang saya dapat di video TED. saya akan coba menambahkan beberapa tips berdasarkan pengalaman saya yang penting juga untuk melakukan presentasi. Seperti yang tadi di bahas. slide presentasi bukanlah handout. Hands out are not your presentation.Contoh 2 Steve Jobs tidak menggunakan poin-poin di dalam slidenya. Jangan membaca. fokus kepada kalimatkalimat mutakhir yang ingin dia keluarkan. Di sana kita bisa melihat slide berikutnya apa. terdapat mode presenter yang memberikan kita tampilan yang berbeda dengan di layar. 2.

Jadilah diri kita apa adanya dan gak usah ikut-ikut gaya orang lain. Saya selalu meminta term of reference di mana saya bisa memastikan ada berapa orang yang datang. Bikin berbagai versi dan siapkan flashdisk. Selamat terbang :) . 5. ada yang serius. Semakin banyak jam terbang kita. maka cara kita membawakan presentasi akan semakin baik. Yang terakhir. slide saya bisa di atas 40 slide dengan banyak poinpoint. terutama mengenai ketersediaan Internet atau kabel audio. Saya selalu bertanya apa saja yang disiapkan oleh panitia. siapa pembicara sebelum dan sesudah saya. ada yang lucu. ketahui pendengar kita siapa. ini slide presentasi saya di tahun 2011 dan ini slide presentasi saya di tahun 2013. diberi waktu satu jam. Saat ini saya bisa presentasi 1 jam hanya dengan 10 slide saja (itupun udah termasuk judul. Ini penting ketika saya ada slide untuk demo yang menggunakan Internet atau video. Sebelum membuat slide. Jika terdapat masalah pada laptop saya. dan lain sebagainya. Saya ingat dulu ketika saya presentasi. dan sebagainya. dan kata terima kasih). sudah ada banyak kendala teknis seperti file-nya tidak bisa dibaca. Kalau mau lihat dan membandingkan. Jadi memang semua itu butuh proses dan belajar. Gaya orang dalam mempresentasikan sesuatu berbeda-beda. Jadi diri sendiri. saya bisa segera ganti ke laptop lain yang ada. Ada yang berapi-api. pengenalan. Saya pernah beberapa kali melihat orang yang ketika baru mau mulai persentasi. 3. dan pdf) yang itu juga saya sudah kopi ke flashdisk. ada yang membawakannya berbiwaba. pptx. Berlatih ini penting sekali karena semakin sering kita tampil dan presentasi. banyak berlatih. Pastikan segala kebutuhan teknis.1. laptopnya tidak mau konek. siapa saja yang hadir. Saya selalu sediakan berbagai versi presentasi (ppt. dan lain-lain. presentasi kita pun akan semakin baik. 4. Ini memang butuh jam terbang dan tidak bisa instan. 2.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.