KELOMPOK 3

.

Pengetahuan yang diperolehnya tersebut merupakan pengalaman dan kemampuannya mengamati alam sekitarnya. Zaman purba sampai dengan Babilonia pengetahuan yang dipunyainya masih berupa mitos. Manusia pada zaman ini telah mengetahui cara bercocok tanam dan beternak meskipun masih secara berpindah-pindah.Ditandai dengan ditemukannya alat-alat yang terbuat dari batu dan tulang. .

maka mitos dengan berbagai legendannya mulai ditinggalkan. logika atau rasional. pengalaman dan akal sehat. Pola pikir lebih maju dari mitos adalah penggabungan antara pengamatan. .Kemampuan berfikir manusia lebih maju. disertai penemuan alat bantu yang lebih baik serta mulai menggunakan akal sehat.

ANAXIMENES HERAKLEITOS PYTAGORAS SOCRATES ARISTOTELES HIPOCRATES .

. Zaman ini juga banyak dikembangkan metode Eksperimentasi yang memungkinkan perluasan bidang kedokteran. astronomi.Pada zaman keemasan Islam pengaruh bangsa Arab sangat menonjol. farmasi. Banyak peninggalan pengetahuan Yunani diterjemahkan serta penemuan tentang kedokteran yang ditulis dalam bentuk buku dan dipakai sebagai acuan dalam dunia pendidikan islam dan Eropa. kimia dan biologi.

. Pada zaman ini juga menganut metode induksi yang merupakan dasar dari perkembangan metode ilmiah sekarang yang intinya adalah bahwa pengambilan kesimpulan dilakukan berdasarkan data pengamatan atau eksperimentasi yang diperoleh. banyak penemuannya yang mengubah pola pikir sebelumnya . terutama dengan penemuan empiris yang didukung oleh alat bantu yang lebih baik.Zaman ini dimulai pada abad 15.

.

Penemuan baru dan penciptaan karya terjadi silih berganti. informasi ilmiah diproduksi dengan cepat. bahkan 2 kali lipat setiap tahunnya bahkan dalam disiplin ilmu tertentu .Dalam abad 20 terakhir ini pengembangan ilmu pengetahuan mencatat loncatan-loncatan penting dan kemajuan yang sangat pesat.