SAP ( Satuan Acara Pembelajaran

)

Topik Subtopik Sasaran Tempat Waktu Hari Tujuan Umum

: : : : : : :

Otak Senam Otak Orang dewasa dan Remaja Balai desa Pukul 08.00 wib – 09.00 wib Minggu, 12 Februari 2012 Agar orang dewasa dan remaja mengenal dan memahami tentang senam otak

Tujuan Khusus

:

1. Orang dewasa dan remaja dapat menjelaskan pengertian senam otak 2. Orang dewasa dan remaja dapat menyebutkan beberapa macam gerakan senam otak 3. Orang dewasa dan remaja dapat memperagakan gerakan senam otak dengan benar 4. Orang dewasa dan remaja dapat menyebutkan manfaat senam otak 5. Orang dewasa dan remaja dapat melaksanakan senam otak secara mandiri

Materi Metode : : Terlampir Ceramah dan Tanya jawab Peragaan senam Otak Media : LCD Lefleat Flipchart Kegiatan : No 1 Waktu 5 menit Kegiatan Pembukaan : a) Perkenalan b) Menjelaskan tujuan kegiatan Audience Media Mendengarkan Mendengarkan 2 15 menit Isi kegiatan : a) menjelaskan pengertian senam otak b) menjelaskan manfaat senam otak Mendengarkan c) menjelaskan macam gerakan senam otak Mendengarkan Mendengarkan LCD atau Flipchart .

otak/ http://www.d) mengajarkan dan atau mendemonstrasikan gerakan senam otak Mendengarkan Memperagakan gerakan 3 5 menit Penutup a) kesimpulan b) Tanya jawab Mendengarkan Bertanya dan menjawab pertanyaan Evaluasi Referensi : Evaluasi kognitif.com/diakses pada 2011/12/04 Lampiran .afektif dan psikomotorik terlampir :http//atikofianti.anneahira.blogspot.html http://anakcerdas12.com/2011/12/04/health-braingym-senam.com/2011/12/04/gerakan-senamotak.wordpress.

Senam otak dikatakan sebagai aktifitas yang sederhana. serta meningkatkan prestasi c Meningkatkan daya ingat d Meningkatkan kemampuan berbahasa e f Meningkatkan keperercayaan diri Untuk wanita hamil dapat menyiapkan otot-otot berelaksasi pada persalinan Macam Gerakan Brain Games . Otak kanan biasanya berisi hal-hal yang bersifat emosional. mampu memaksimalkan fungsi otak. yaitu gerakan tubuh yang dirangkai dan dipadukan. oleh karena itu senam otak banyak direkomendasikan para ahli untuk dilakukan oleh masyarakat. karena dapat dilakukan dalam waktu singkat dan menunjukkan hasil dengan segera. Senam otak merupakan gerakan-gerakan yang dilakukan untuk merangsang otak. Manfaat dari senam otak atau brain gym sangat banyak. Manfaat dari senam otak antara lain: a Melepaskan ketegangan. menurunkan stress emosional dan menjernihkan pikiran b Memudahkan belajar dan bekerja. Senam otak yang terkait dengan ilmu gerak tubuh. Aktifitas ini dapat berguna untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri manusia. kapanpun dan dimanapun. Sedangkan otak kiri lebih bersifat rasional dan abstrak.Senam otak adalah serangkaian latihan gerakan tubuh sederhana yang bermanfaat. seni dan berperasaan. Senam otak dapat dilakukan oleh siapapun.

. Disamping itu juga berfungsi mengoptimalkan keterampilan motorik halus sehingga meningkatkan membaca. Gerakan ini berfungsi untuk mengoptimalkan pengiriman pesan dari otak kiri ke kanan atau sebaliknya. menulis dan berbicara. dan menstimulasi aliran darah agar lebih lancar mengalir ke otak. seperti saat membaca kolom dalam tabel). c.a. Gerakan ini dilakukan dengan menyentuh tangan kanan ke lutut kiri dan tangan kiri ke lutut kanan. sambil melirik mata ke kanan dan ke kiri. Gerakan Sakelar Otak: gerakan dengan meletakkan satu tangan di atas pusar. Getakan dapat dilakukan selama 4 – 8 kali pernapasan dengan pelan dan relaks. memperbaiki sikap tubuh. Berfungsi mengaktifkan gerakan mata dari kiri ke kanan. Tombol Bumi Ujung salah satu tangan menyentuh bawah bibir. mendengar. Lakukan gerakan dengan jalan di tempat. meningkatkan harmonisasi penglihatan (binokular). pendengaran dan penglihatan. meningkatkan penerimaan oksigen. Meningkatkan koordinasi dan konsentrasi (melihat secara vertikal dan horizontal sekaligus tanpa keliru. mengoptimalkan pekerjaan menulis. membaca dan memahami. Kemudian ulang gerakan dengan menggunakan tangan yang berbeda. ujung jari lainnya di pinggir atas tulang kemaluan (15 cm di bawah pusar). b. meningkatkan stamina. kemudian tangan yang lain memijit lekukan rusuk dada. Gerakan ini dilakukan selama 30 – 60 detik. mengurangi stres visual dan relaksasi tengkuk serta bahu. memperbaiki pernapasan. Di sentuh selama 30 detik atau 4-6 kali tarikan napas penuh. Gerakan Silang Gerakan ini mengaktifkan hubungan kedua sisi otak dan merupakan gerakan pemanasan untuk semua keterampilan yang memerlukan penyeberangan garis tengah bagian lateral tubuh. meningkatkan energi.

d. memakai telepon atau komputer. menghadapi tes dan bekerja dengan papan ketik. Disamping itu. Gerakan 8 Tidur . kepekaan indrawi untuk keseimbangan. kemudian tarik tangan ke arah pusar dan terus ke depan dada. Kemudian ulangi dengan menggunakan tangan yang lain. Kait Relaks Tumpangkan kaki kiri di atas kaki kanan.Guna: mengurangi kelelahan mental (stres). Tombol Imbang Gerakan ini akan mengembalikan tiga dimensi keseimbangan tubuh (kirikanan. Pejamkan mata dan saat menarik napas. Tahan selama 30 – 60 detik sambil bernapas secara dalam. depan-belakang). menjernihkan pikiran dan menjaga badan tetap relaks. Jemari kedua tangan saling menggenggam. mengurangi mabuk perjalanan dan tekanan di kuping karena perubahan ketingian.meningkatkan vitalitas dan meningkatkan kemampuan mengenal batas serta membatasi diri. dan ujung-ujung jari tangan saling bersentuhan secara halus di dada atau di pangkuan. gerakan ini dapat meningkatkan peningkatan konsep yang tersirat (saat membaca). berbicara lugas. Gerakan ini dapat Meningkatkan konsentrasi. buka silangan kaki. mengkritisi. dan satu tangan d atas pusar. dan pemusatan emosional. dan tangan kiri di atas tangan kanan dengan posisi jempol ke bawah. mengoptimalkan jenis pekerjaan seperti organisasi. e. perancangan seni. f. pengambilan keputusan. sambil mengambil napas dalam 1 menit lagi Meningkatkan koordinasi motorik halus dan pemikiran logis. Letakkan satu tangan di belakang telinga. pemikiran asosiatif. Berikutnya. Guna: mendengar aktif. mengoptimalkan pekerjaan menulis laporan. pembukuan. lidah ditempelkan ke langit-langit mulut dan lepaskan saat mengembuskan napas. atas-bawah. pengendalian diri dan keseimbangan.

Gerakan ini berfungsi untuk melepaskan ketegangan leher pada saat bebrbicara dan berpikir. memadukan bidang visual kiri dan kanan. Gerakan ini dilakukan dengan meraba lembut titik tersebut sambil memejamkan mata.Gerakan ini dilakukan dengan merentangkan tangan kanan ke depan. Mata memandang lurus ke depan (memandang ujung jari). Gerakan ini dapat memindahkan reaksi stress dari sistem limbik ke bagian otak depan (frontal lobe). di pertengahan antara batas rambut dan alis (benjolan kecil). Dengan mengambil napas dalam – dalam. dan meningkatkan kemampuan membaca. Dengan perlahan. Fokuskan mata pada jari dan jaga leher tetap relaks. sehingga reaksi yang dihasilkan akan lebih rasional ataupun logis. Evaluasi Kognitif . Gerakan ini dapat dilakukan 3 kali atau lebih. memperbaiki pernapasan. g. Dilakukan selama 6 – 8 kali pernapasan. serta menyeimbangkan koordinasi dan keseimbangan. gerakkan tangan kanan mengikuti bentuk 8 rebah atau tidur. h. meningkatkan integrasi kedua otak. Gerakan Titik positif Titik positif terletak di atas alis. Pejamkan kedua mata dan putar kepala dari satu sisi ke sisi lainnya. dan menundukkan kepala hingga bersentuhan dengan dada. Fungsi gerakan ini antara lain. Gerakan putaran Leher Gerakan ini sangat mudah diakukan. Gerakan ini dapat dilakukan sebanyak 3 kali dan ulangi dengan menggunakan tangan kiri. meningkatkan kemampuan mental tanpa stress. Kemudian ulangi sekali lagi dengan menggunakan kedua tangan secara bersamaan membentuk angka 8.

serta meningkatkan prestasi Meningkatkan daya ingat 3. gerakan silang. titik positif. gerakan tombol bumi. gerakan kait relaks dan putaran leher. 4. sebutkan tiga macam gerakan senam otak jawab: gerakan sakelar otak. menjernihkan pikiran menurunkan stress emosional dan Memudahkan belajar dan bekerja.1. sebutkan tiga manfaat dari senam otak jawab: a b c Melepaskan ketegangan. jelaskan pengertian senam otak jawab: Senam otak adalah serangkaian latihan gerakan tubuh sederhana yang bermanfaat 2. gerakan 8 tidur.gerakan tombol imbang. peragakan gerakan senam otak jawab: warga dapat memperagakan senam otak dengan cukup baik Evaluasi Afektif .

Petunjuk Pengisian : Isilah kuesioner berikut dengan seksama dan tepat ( berikan pendapat Ibu ) tentang sikap Ibu hamil dalam pendidikan kesehatan ibu hamil melalui senam untuk ibu hamil ini. dengan menggunakan skala STS = Sangat Tidak Setuju No 1 Pernyataan Saya akan rutin melaksanakan senam otak agar prestasi belajar meningkat Saya malas melakukan senam otak karena gerakannya sulit dihafalkan Saya akan makan dan minum air putih sebelum melakukan senam otak Saya akan melakukan senam otak agar daya konsentrasi saya meningkat Saya tidak dapat melakukan senam otak secara rutin karena SS S E TS STS 2 3 4 5 . Berilah tanda ( V ) disamping tiap pernyataan pada kolom yang sesuai berikut : SS S E TS = Sangat Setuju = Setuju = Tidak dapat menentukan pendapat ( ragu-ragu ) = Tidak Setuju dengan pendapat Ibu.

Tenaga kesehatan sangat diperlukan untuk membantu meningkatkan kesehatan saya terutama dalam masalah kesehatan anak dan lansia serta kecerdasan anak 7 8 9 10 Evaluasi Psikomotorik .tidak ada waktu 6 Saya perlu menambah pengetahuan tentang manfaat senam otak bagi kecerdasan anak Pendidikan kesehatan tentang senam otak bermanfaat bagi kcerdasan anak dan kesehatan lansia Saya sulit dalam mengatur waktu luang untuk melakukan senam otak Materi dan fasilitas merupakan kunci dari keberhasilan dari senam hamil.

Tidak 5.Belum paham 6. Tidak .Setujukah anda melakukan senam otak tiap pagi hari? a.Setujukah Anda makan dan minum air putih sebelum melakukan senam otak? a.Tidak 2.Tidak 3. Jawaban tanda silang dapat lebih dari satu 1.Sebagian c.Mampu b.Ya b.Apakah anda tau apa itu senam otak? a.Ya b.Sudah b.Pertanyaan dibawah ini merupakan pertanyaan tentang hal-hal yang dilakukan Ibu untuk menjawab pertanyaan.Belum paham 4. Ya b. Kadang-kadang c.Sebagian c. dapat memberikan tanda silang ( X ) pada jawaban yang sesuai menurut Ibu. Apakah orang dewasa dan Remaja sudah paham akan manfaat senam otak? a. Ya b.Sudah pahamkah anda mengenai gerakan-gerakan senam otak? a.Sudah b. Kadang-kadang c. Apakah orang dewasa dan remaja mampu mendemonstrasikan kembali gerakan senam otak? a. Ya b.belum mampu 7. Apakah orang dewasa dan remaja akan melakukan senam otak secara mandiri dirumah ? a. Apakah orang dewasa dan remaja mengikuti gerakan-gerakan senam otak yang diajarkan oleh petugas dengan baik ? a.sebagian c. Tidak 8.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful