BAB III ANALISA MASALAH

3.1.

Sekilas Tentang SMK PUSPITA BANGSA Pemahaman terhadap cakupan wilayah layanan SMK. Letak SMK

PUSPITA BANGSA berada di kecamatan Ciputat yang merupakan daerah perbatasan dengan Jakarta wilayah Selatan, yang wilayah-wilayahnya tersebut terdapat 50 SLTP baik negeri maupun swasta. Untuk itu kami berkesimpulan bahwa keberadaan SMK PUSPITA BANGSA sangat strategis untuk menampung lulusan-lulusan SLTP di wilayah-wilayah tersebut. Adapun daya tampung SMK PUSPITA BANGSA sampai dengan tahun pelajaran 2005/2006 hanya 15 kelas dengan ratio 40 siswa perkelas(lantai1 : 5 kelas, lantai 2 : 8 kelas, lantai 3 : 6 kelas) sedangkan animo lulusan SLTP yang ingin masuk berkisar antara 150 sampai 200 pertahun, sehingga terasa layanan SMK PUSPITA BANGSA kepada lulusan masih sangat kurang. Oleh karena itu mulai tahun pelajaran 2005/2006 SMK PUSPITA BANGSA merencanakan penambahan daya tampung 1 kelas : 40 orang siswa sebagai wujud kepedulian warga SMK PUSPITA BANGSA kepada masyarakat sekitar. Mulai tahun pelajaran 2003/2004 dan seterusnya daya tampung menjadi 15 kelas pertahun. Dengan komposisi Pariwisata : 6 kelas, Akuntansi : 2 kelas, Sekretaris : 3 kelas, Penjualan : 4 kelas.

15

. dan motivator kegiatan sekolah.3. adminitrator. Tugas dan Fungsi Organisasi Adapun tugas dan fungsi organisasi SMK PUSPITA BANGSA berdasarkan strukturnya adalah sebagai berikut : A. Fungsi Kepala Sekolah : Kepala Sekolah sebagai fasilitator. supervisor.Ilmiah Bina PMR Kebersihan Unit Produksi Dewan Guru Perpustakaan Pramubakti Guru Produktif Guru Adaptif Guru Normatif Gambar 3.2.16 3. Struktur Organisasi Adapun struktur organisasi pada SMK PUSPITA BANGSA adalah sebagai berikut : -Dinas Pend&Kebud -Depnaker Kepala Sekolah Pengurus YPB Majelis Sekolah Komite Sekolah PKS Kurikulum TU Keuangan Tata usaha PKS Kesiswaan Guru Piket Wali Kelas Ketua Program Pembina Osis Bina Rohis Pembina Seni KO Mading Bina Kar. KEPALA SEKOLAH Fungsi dan tugas Kepala Sekolah : 1.1 Struktur Organisasi SMK PUSPITA BANGSA 3.

. Pembuatan jadwal kegiatan sekolah. b. Menjadi anggota rapat pleno yayasan. b. d. Mengatur proses pembelajaran yang meliputi : Membuat jadwal kegiatan sekolah. Mewakili sekolah baik kedalam maupun keluar dalam bidang kependidikan sekolah yang dipimpinnya. B. Sebagai pejabat eksekutif tertinggi dan sebagai pengawas utama bagi dewan guru. sekolah kepada yayasan melalui Kabag. Mengatur pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa. c. Mengatur penyusunan administrasi pembelajaran. Tugas Kepala Sekolah : a. 2. Mengkoordinasikan kegiatan guru piket harian. Membantu penyusunan program kerja sekolah. staf dan karyawan sekolah. d. e.17 2. Selaku pimpinan dalam melaksanakan tugas sekolah. Membantu penyusunan program kerja sekolah. f. c. e. Tugas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum : a. WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KURIKULUM 1. Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian guru dan karyawan Pendidikan. semester berdasarkan kalender pendidikan. Mengatur dan memantau proses pembelajaran. Fungsi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum : Sebagai pelaksana harian dalam menangani kegiatan sekolah yang mencakup dalam penanganan kurikulum pendidikan yang berpedoman pada peraturan yang berlaku dalam membantu penanganan kegiatan perangkat kerja pembantu Kepala Sekolah. Menyusun program kerja tahunan.

Tugas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan : a. Membuat laporan kemajuan hasil belajar siswa. Menyusun pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan yang meliputi : waktu kegiatan. e. Memberikan saran dan pembinaan bagi siswa yang perlu mendapatkan layanan khusus serta menelusuri bakat dan karier siswa. Menyusun program kegiatan teori dan praktek berdasarkan pada kurikulum. d. Mengadakan evaluasi pelaksanaan BP. peralatan yang diperlukan. 2. Fungsi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan : Sebagai pelaksana yang memberikan pelayann. metode bimbingan dan penyuluhan. h. Fungsi Pembina Osis : Sebagai pelaksana yang membantu dalam pengembangan kreatifitas siswa.18 g. C. kualitas serta mempunyai pandangan yang lebih luas dalam mempersiapkan masa depan siswa yang bersangkutan. bimbingan dan penyuluhan kepada siswa. guna meningkatkan prestasi. Membuat laporan rutin dan laporan absensi dan kasus yang terjadi. 2. . Bertanggung jawab dan membuat laporan atas tugas yang dilaksanakannya. teknis pengelolaan data hasil bimbingan dan penyuluhan. Menyusun program pembinaan kesiswaan. Mengadakan koordinasi dengan wali kelas. WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN 1. Tugas Pembina Osis : a. c. PEMBINA OSIS 1. D. b. i.

b. F. Melaksanakan pembinaan terhadap siswa berbakat. . Melaksanakan berorganisasi. d. pembinaan pengurus osis dalam e. Bidang Keahlian atau dalam hal ini Program Keahlian dipimpin oleh ketua program(Kapog) yang bertanggung jawab kepada kepala sekolah. Fungsi Pembina Karir : Sebagai pelaksana kegiatan keterampilan siswa dalam mempersiapkan peserta untuk mengikuti lomba keterampilan siswa(LKS). dan pengendalian kegiatan siswa dalam rangka menciptakan disiplin dan tata tertib sekolah. pengarahan.19 b. Membuat laporan tentang hasil pembinaan karir siswa. Tugas Pembina Karir : a. f. KETUA PROGRAM 1. Memberikan rekomendasi kepada ketua program tentang siswa yang layak untuk diikut sertakan dalam lomba keterampilan siswa. E. Membuat rencana kegiatan pembinaan. 2. PEMBINA KARIR SISWA 1. e. d. Memberikan pengarahan dalam pemilihan pengurus osis. Mengadakan konsolidasi dengan ketua program dalam pembinaan karir siswa. Membuat laporan kegiatan secara berkala. c. Mengamati dan menseleksi siswa berprestasi dan berbakat serta terampil dalam melaksanakan tugas. c. Memberikan bimbingan.

Menyusun program penilaian bagi siswa dan mengawasi pelaksanaannya. g. f. Menyusun program hubungan kerja sama dan instansi atau institusi pasangan. SPP SPP(Sumbangan Pembangungan Pendidikan) atau disebut juga dengan dewan sekolah terdiri dari ketua. Membantu wakil kepala sekolah bidang kurikulum dalam penyusunan jadwal pekerjaan. Menyusun kalender akademis SMK PUSPITA BANGSA. H. GURU BP(Bimbingan dan Penyuluhan) Bertugas dalam menangani kasus siswa yang mempunyai masalahmasalah didalam maupun diluar sekolah. Membantu pimpinan sekolah dalam penyusunan program pembinaan dan pengembangan guru termasuk implementasinya. G. b. Bendahara dan para stafstafnya yang bertugas mengurus tentang SPP serta mengawasi dan mengurusi keuangan sekolah.20 2. . TATA USAHA Bertugas dan bertanggung jawab memperlancar kegiatan sekolah dalam bidang administrasi guru. Tugas pokok ketua program adalah membantu pimpinan sekolah dalam hal : a. h. I. Bersama dengan dewan guru maupun diskripsi program diklat. Menyusun daftar program diklat dan distribusinya. termasuk implementasinya. Mengatur pelaksanaan termasuk pengaturan guru. serta membantu dalam pengembangan siswa. c. d. e. karyawan dan siswa.

K. WALI KELAS Bertugas dan bertanggung jawab memecahkan masalah para siswa yang bermasalah pada proses nilai dalam pelajaran. karena dikelola secara manual dengan menggunakan beberapa buku besar. karena data siswa tidak disusun secara urut sesuai dengan nomor induk siswa dan berdasarkan urutan atau tingkatan tiap kelas sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam pencarian data. DEWAN GURU Bertugas untuk membuat rencana pengajaran. Pembayaran uang SPP melakukan proses perhitungan pembayaran berulang serta sistem yang digunakan terhadap pendataan pembayaran uang SPP kurang efisien karena masih dilakukan secra manual. SISWA Bertugas untuk belajar dengan sungguh-sungguh. maka penulis mencoba membantu mengatasi masalah yang dialami oleh sekolah selama ini dengan merancang suatu data sehingga laporan dapat diselesaikan secara cepat dan tepat. mentaati peraturan sekolah dan menghormati guru.4. L. mempersiapkan bahan pengajaran. serta memberikan tugas dan bimbingan kepada siswa sesuai dengan bidangnya masing-masing. 2. .21 J. materi pelajaran. 3. Kendala Yang Dihadapi Bahwa pengolahan pembayaran uang SPP(Sumbangan Pembangunan Pendidikan) membutuhkan waktu yang relatif lama. Pelayanan yang kurang cepat. Proses pembayaran uang SPP yang dilakukan secara manual sehingga menimbulkan permasalahan antara lain : 1.

Prosedur pada sistem pembayaran uang SPP dapat menyerahkan kartu pembayaran uang SPP kepada bagian loket pembayaran. Bagian TU akan memberikan laporan yang akan diserahkan pada kepala sekolah. Sistem Yang Diusulkan Setelah melihat sistem yang sedang berjalan dan telah dilakukan penganalisaan. tetapi guna membatasi masalah yang ada maka dilakukan design sistem yang baru dengan menggunakan komputerisasi. 3. . Prosedur laporan. yaitu : 1. Prosedur pembayaran uang SPP. 2. Prosedur Pembayaran Uang SPP Prosedur pada sistem pembayaran uang SPP pada SMK PUSPITA BANGSA. juga untuk mempercepat pemrosesan pembayaran. setelah itu diserahkan kembali kepada siswa berserta kartu pembayaran uang SPP.5. dari laporan tersebut dapat diketahui siswa yang telah membayar uang SPP. sistem yang ada pada SMK PUSPITA BANGSA sudah cukup baik. kemudian kartu akan distempel dan diparaf.6. Tujuannya adalah selain untuk mengatasi masalah yang ada.22 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful