KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pembuatan makalah tentang “Sistem Proteksi” ini dapat dibuat sesuai yang kami harapkan. Makalah “Sistem Proteksi” ini kami susun untuk para pembaca khususnya para Mahasiswa yang belajar di bidang komputer agar memberikan kemudahan dalam belajar dan memahami materi yang diberikan. Adapun keberhasilan dalam pelaksanaan pembuatan makalah serta penyusunan laporan ini tidak lepas dari bimbingan, pengarahan dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karenanya perkenankanlah kami mengucapkan terima kasih kepada : 1. Bapak Suparyanto S.Kom , selaku pembimbing yang telah memberikan saran-saran dan pengarahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. 2. Orang tua kami yang selalu mendoakan kami serta memberikan bantuan kepada kami. 3. Teman-teman yang selalu memberikan dorongan dan semangat kepada kami.

Kami ucapkan banyak terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesikan pembuatan makalah “Sistem Proteksi” ini. Kritik dan saran yang mendukung sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini.

Tim Penyusun:

2

4. Aspek kebutuhan Keamanan Sistem computer d. 3. Keamanan Sistem a. Macam-macam Keamanan Sistem b. Cara Mudah Proteksi komputer anda dari virus 2 . Petunjuk prinsip-prinsip pengamanan Sistem e.DAFTAR ISI 1. Proteksi 0 1 2 3 3 6 6 6 7 7 9 10 5. Masalah Penting Keamanan c. Cover Kata Pengantar Daftar Isi Proteksi a. Cara Otentifikasi f. 2.

Secara sederhana. Masing-masing pasangan domain berisi sebuah objek dan beberapa akses operasi (seperti read. Setiap kali ada pengaksesan sumber daya PC yang diproteksi. melainkan juga berkaitan dengan hal : 2 . yaitu : fasilitas komputer harus diletakkan pada tempat yang dapat dikontrol. sistem pertama kali akan menanyakan reference monitor tentang keabsahan akses tersebut. disk. Proses juga bisa berpindah dari domain ke domain lain dalam eksekusi. memori. dan operasi-operasi apa yang boleh dilakukan oleh proses terhadap objek tersebut. dll) atau perangkat lunak (seperti program. proteksi dilakukan oleh sebuah program yang bernama reference monitor. setiap proses berjalan dalam beberapa domain proteksi. Objek-objek tersebut bisa berupa perangkat keras (seperti CPU. Pada era komputer saat ini. berkas.Proteksi Proteksi adalah mekanisme sistem operasi untuk mengontrol akses terhadap beberapa objek yang diproteksi dalam sistem operasi. Dalam setiap waktu. Di beberapa sistem. karena kemungkinan penyalahgunaan dapat terjadi (user yang tidak disiplin meninggalkan komputer dalam keadaan hidup. mekanisme proteksi dapat digambarkan dengan konsep domain. basis data. Hal itu berarti terdapat beberapa objek yang dapat diakses oleh proses tersebut. proses. printer. sehingga apabila ada suatu permasalahan dapat diketahui penyebabnya dan mencari solusi pemecahannya. dll). sehingga orang yang tidak berhak dapat menggunakan fasilitas komputer tersebut). execute) yang dapat dilakukan terhadap objek tersebut. dan Sekuriti akses. yaitu : seluruh akses terhadap sistem komputer secara administrasi harus terkontrol dan terdokumentasi. write. Reference monitor kemudian akan menentukan keputusan apakah akses tersebut diperbolehkan atau ditolak. lingkup sekuriti dari suatu sistem komputer (lihat gambar I) mencakup hal-hal yang tidak saja berkaitan dengan : Sekuriti fisik. Domain adalah himpunan yang berisi pasangan objek dan hak akses.

Sekuriti file/data. beberapa aspek yang perlu diketahui adalah aspek yang berhubungan dengan persyaratan sekuriti dan aspek yang berhubungan dengan ancaman terhadap sekuriti. 2 . Lingkup Sekuriti dalam Sistem Komputer Computer System Sekuriti File/Data Computer System Sekuriti File/Data Sekuriti Akses Sekuriti Jaringan Sekuriti Akses Sekuriti Fisik Sekuriti Fisik User User Didalam mempelajari permasalahan sekuriti. dan Sekuriti jaringan. yaitu yang berhubungan dengan akses merubah data dan informasi. data yang ditransmisikan dalam jaringan harus aman dari kemungkinan dapat diketahui isi informasinya.data dan informasi. Aspek yang berhubungan dengan persyaratan sekuriti adalah : Secrecy. Data dan informasi didalam suatu sistem komputer hanya dapat diakses dan dibaca oleh orang yang berhak. sehingga untuk informasi yang sensitif harus dibuatkan kode sandi tertentu untuk pengamanannya pada saat transmisi. sehingga apabila file/data tersebut dicuri. yaitu: dengan pemanfaatan jaringan "public". diperlukan tingkatan akses dan bahkan dapat dibuatkan suatu kode sandi tertentu. Gambar I. Integrity. isi informasinya tidak dengan mudah didapatkan. yaitu yang berhubungan dengan akses membaca. yaitu : untuk file/data yang sensitif dan bersifat rahasia.

melainkan juga dapat melakukan perubahan terhadap informasi. contohnya dengan menyadap data yang melalui jaringan public (wiretapping) atau mengkopi secara tidak sah file atau program.Data dan informasi yang berada didalam suatu sistem komputer hanya dapat dirubah oleh orang yang berhak. Sedangkan yang berhubungan dengan aspek ancaman terhadap sekuriti (lihat gambar II) adalah : Interruption. yaitu : orang yang tidak berhak meniru atau memalsukan suatu obyek kedalam sistem. yang merupakan ancaman terhadap secrecy. Interception. Secara garis besar ancaman terhadap sekuriti suatu sistem komputer dapat dilihat pada tabel I berikut : Sistem Komputer Hardware Software Data Line Komunikasi Availability Peralatan dicuri/dirusak Program dibuang/dihapus File dibuang/dihapus Kabel diputus/dirusak Secrecy Integrity Software dikopi Program dirubah Analisa data untuk File dirubah atau file keperluan ilegal baru disisipkan Informasi disadap Informasi dirubah 2 . contohnya adalah dengan menambahkan suatu record kedalam file. memotong line komunikasi dll. sehingga menjadi tidak ada dan tidak berguna. yaitu yang berhubungan dengan ketersediaan data dan informasi. yang merupakan ancaman terhadap integrity. Fabrication. contohnya adalah merubah program dll. yaitu : orang yang tidak berhak tidak hanya berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komputer. yang merupakan ancaman terhadap integrity. yaitu : data dan informasi yang berada dalam sistem komputer dirusak atau dibuang. yaitu : orang yang tidak berhak berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komputer. Modification. Data dan informasi yang berada dalam suatu sistem komputer tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh orang yang berhak. yang merupakan ancaman terhadap availability. contohnya harddisk yang dirusak. Availability.

Keamanan interface pemakai / user interface security Berkaitan dengan indentifikasi pemakai sebelum pemakai diijinkan mengakses program dan data yang disimpan 3. yaitu : 1. Keamanan eksternal / external security Berkaitan dengan pengamanan fasilitas komputer dari penyusup dan bencana seperti kebakaran / kebanjiran.Keamanan Sistem Keamanan sistem komputer adalah untuk menjamin sumber daya sistem tidak digunakan / dimodifikasi. Kehilangan data / data loss Yang disebabkan karena : 2 . 2. 2. Masalah penting keamanan. diinterupsi dan diganggu oleh orang yang tidak diotorisasi. legalitas dan politis. yaitu : 1. Macam-Macam keamanan sistem. manajerial. 1. Keamanan internal / internal security Berkaitan dengan pengamanan beragam kendali yang dibangun pada perangkat keras dan sistem operasi yang menjamin operasi yang handal dan tak terkorupsi untuk menjaga integritas program dan data. Pengamanan termasuk masalah teknis.

ancaman terhadap sistem komputeer dikategorikan menjadi 4 ancaman. Ketersediaan / availability Keterjaminan bahwa sumber daya sistem komputer tersedia bagi pihak-pihak yang diotorisasi saat diperlukan Sumber Sumber informas informas ii ii Tujuan Tujuan informas informas i i Aliran normal Tipe ancaman terhadap keamanan sistem komputer dapat dimodelkan dengan memandang fungsi sistem komputeer sebagai penyedia informasi. Aspek kebutuhan keamanan sistem komputer. contohnya ketidak berfungsinya pemroses. yaitu : 2 . tikus. perang. yaitu : 1. lirikan pada saat pengetikan password. Kesalahan perangkat keras dan perangkat lunak. kerusuhan. Sasaran keamanan adalah menghindari. Contohnya penyadapan oleh orang dalam. Berdasarkan fungsi ini. diantaranya privasi Keterjaminan bahwa informasi di sistem komputer hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang terotorisasi dan modifikasi tetap menjaga konsistensi dan keutuhan data di system 2. spionase militer / bisnis. Penyusup / intruder • Penyusup pasif. dll. disk / tape yang tidak terbaca. banjir. • Kesalahan / kelalaian manusia. 2. contohnya kesalahan pemasukkan data. contohnya kebakaran. kehilangan disk / tape. usaha hacker dalam mencari uang.Bencana. mencegah dan mengatasi ancaman terhadap sistem. Kerahasiaan / secrecy. • • 3. Integritas / integrity Keterjaminan bahwa sumber daya sistem komputer hanya dapat dimodifikasi oleh pihakpihak yang terotorisasi 3. yaitu mengubah data yang tidak terotorisasi. memasang tape / disk yang salah. kesalahan komunikasi. yaitu yang membaca data yang tidak terotorisasi • Penyusup aktif. gempa bumi. kesalahan program / bugs.

memodifikasi pesan Sumber Sumber informas informas i i Tujuan Tujuan informas informas i i Modifikasi 4. Interupsi / interuption Sumber daya sistem komputer dihancurkan / menjadi tak tersedia / tak berguna. Contohnya penghancuran harddisk.1. Merupakan ancaman terhadap integritas. Merupakan ancaman terhadap ketersediaan. mengcopy file tanpa diotorisasi. Intersepsi / interception Pihak tak diotorisasi dapat mengakses sumber daya. Contohnya mengubah nilai file. menambah record file. Sumber Sumber informas informas i i Tujuan Tujuan informas informas i i Intersepsi 3. mengubah program. Fabrikasi / fabrication Pihak tak diotorisasi menyisipkan / memasukkan objek-objek palsu ke sistem. Contohnya penyadapan. Merupakan ancaman terhadap kerahasiaan. Contohnya memasukkan pesan palsu ke jaringan. Merupakan ancaman terhadap integritas. Pihak tak diotorissasi dapat berupa orang / program komputeer. 2 . pemotongan kabel komunikasi. Sumber Sumber informas informas i i Tujuan Tujuan informas informas i i Interupsi 2. Modifikasi / modification Pihak tak diotorisasi tidak hanya mengakses tapi juga merusak sumber daya.

Tetapi banyak kelemahan dan mudah ditembus karena pemakai cenderung memilih password yang mudah diingat. menanyakan ke pemakai dan memeriksa jawaban yang diberikan. 2 . 5. Petunjuk prinsip-prinsip pengamanan sistem komputer. dll. Otentifikasi pemakai / user authentification adalah identifikasi pemakai ketika login. Pemeriksaan otoritas saat itu Banyak sisten memeriksa ijin ketika file dibuka dan setelah itu (opersi lainnya) tidak diperiksa. menambahkan string pendek ke string password yang diberikan pemakai sehingga mencapai panjang password tertentu b. kombinasi kunci. sehingga dapat digunakan secara benar dan mekanisme proteksi tidak mengganggu kerja pemakai dan pemenuhan kebutuhan otorisasi pengaksesan. c. Dapat diterima Mekanisme harus mudah diterima. mengingatnya dan menggetikkannya saat akan mengakses sistem komputer. Membuat proteksi yang bagus dengan mengasumsikan penyusup mengetahui cara kerja sistem pengamanan. yaitu : 1. 5 . dll Untuk password. misalnya password. 3.Sumber Sumber informas informas i i Tujuan Tujuan informas informas i i Fabrikasi 4. Setiap kali login pemakai menggunakan password berikutnya yang terdapat pada daftar password. pemakai memilih suatu kata kode. Rancangan sistem seharusnya publik Tidak tergantung pada kerahasiaan rancangan mekanisme pengamanan. Upaya pengamanan proteksi password : a. misalnya pemakai mendapat 1 buku daftar password. nama kecil ibu mertua. Kewenangan serendah mungkin Program / pemakai sistem harusnya beroperasi dengan kumpulan wewenang serendah mungkin yang diperlukan untuk menyelesaikan tugasnya. one time password. Mekanisme yang ekonomis Mekanisme proteksi seharusnya sekecil dan sesederhana mungkin dan seragam sehingga mudah untuk verifikasi. tanggal lahir. Sesuatu yang diketahui pemakai. Cara otentifikasi : 1. 4. pemakai harus mengganti password secara teratur. 2. komputer memilih salah satu dari pertanyaan secara acak. misalnya nama kecil. satu daftar panjang pertanyan dan jawaban. nama panggilan. Salting. sehingga pada saat login. saat diketikkan tidak akan terlihat dilaya kecuali misalnya tanda *.

Cara penyimpanan informasi anggota domain beerupa satu matrik besar.d.. misalnya dibatasi sampai 3 kali. yaitu login dapat dilakukan oleh siapapun. Kartu ini disisipkan de suatu perangkat pembaca kartu magnetik jika akan mengakses komputer. pemakai diberikan kebebasan memilih suatu algoritma misalnya x3. printer. diskdrive. Tiap pasangan menspesifikasikan objek dan suatu subset operasi yang dapat dilakukan terhadapnya. misalnya pada terminal tertentu. Pembatasan jumlah usaha login. Pembatasan login. misalnya bagde. ketika login komputer menuliskan di layar angka 3. bukan membandingkan bentuk tanda tangannya (karena mudah ditiru) tapi gerakan / arah dan tekanan pena saat menulis (sulit ditiru). file. Objek perangkat keras. belum tentu berguna. bila telah sukses. Domain adalah himpunan pasangan (objek. 2. misalnya : 1. Sesuatu mengenai / merupakan ciri pemakai yang di sebut biometrik. 3. trojan. tapi hanya pada saluran tetepon tertentu. foto. sistem memutuskan koneksi dan memanggil nomor telepon yang disepakati. sidik suara. selalu akan muncul pertanyaan apakah program ini boleh 2 . misalnya pemroses. karena program tersebut residen di memory dan memakan system resource lagi pula setiap anda membuka program baru. biasanya dikombinasikan dengan password. bisa juga. Sehingga dikembangkan konsep domain. maka pemakai harus mengetik angka 27. barcode KTM.. Karena virus selalu lebih baru dari antivirus. dimana : • baris menunjukkan domain • kolom menunjukkan objek 6. dan segera dikunci dan diberitahukan ke administrator. semaphore. tantangan tanggapan / chalenge respone. dll Masalah proteksi adalah mengenai cara mencegah proses mengakses objek yang tidak diotorisasi. terminal. kunci. Hak dalam konteks ini berarti ijin melakukan suatu operasi. worm dan sejenisnya dengan memakai antivirus?. Objek yang perlu diproteksi : 1. Objek perangkat lunak. kartu identitas. Untuk memperkecil peluang penembusan keamanan sistem komputer harus diberikan pembatasan. tanda tangan. basis data. Sesuatu yang dimiliki pemakai. 3. misalnya sidik jari. Pembatasan dengan call back. dll Pada tanda tangan. pada waktu dan hari tertentu 2. kalau proteksi dengan program firewall & Antivirus RTS? (Real Time System).hak). Kartu pengenal dengan selarik pita magnetik. Cara Mudah Proteksi komputer anda dari virus tanpa program Antivirus & Firewall Untuk mencegah virus. dll 2. segment memori. cumannya komputer anda akan berjalan lebih lambat. misalnya proses. Penyusup tidak dapat menghibungu lewat sembarang saluran telepon. ATM.

2 . antara lain dengan iming-iming gambar porno. matikan program java & java script. trojan.dijalankan. file dan data anda tanpa perlu campur tangan antivirus dan firewall alias MANUAL. karena kalau pengguna membukanya akan meng-infeksi file-file lainnya. worm dan sejenisnya bisa masuk ke dalam sistem komputer anda. Nah kalau virus itu residen di memori dan dia akan merubah file yang biasanya ber-ekstension EXE atau COM dan kadang-kadang file tersebut menjadi rusak. cara dapat uang. Penyebaran virus dulunya hanya bisa melalui media luar seperti disktet. download dr situs (terutama situs porno) atau bahkan memanfaatkan kelemahan dari sistem browser kita. Cara masuknya bisa melalui E-mail (attachment). tapi di jaman ini virus pada umumnya memanfaatkan teknologi internet untuk menyebar luas. Artikel ini sengaja ditulis bagi anda yang ingin mencegah kerusakan system. Banyak cara pembuat virus untuk menjebak orang supaya tertarik untuk men-download dan membuka file yang ber-virus. antara lain: 1. otomatis akan menjadi file trojan/worm juga. hingga yang baru-baru ada pesan dr FBI/CIA untuk anda. games bagus. 2. cepat dan praktis bagaimana? Nah baca lebih lanjut artikel ini. gambar lucu. 1. Kalau anda browser ke situs yang tidak anda kenal. Intinya virus bisa berupa atau berfungsi seperti trojan/worm dan sebaliknya juga. 2. Sebenarnya cara mengatasi virus itu cukup mudah. tapi pada prakteknya penyebarannya virus banyak di maanfaatkan oleh program worm dan trojan. Trojan adalah sebuah program yang dapat dijalankan (biasanya ber-ekstension EXE) oleh pengguna komputer dan ketika program tersebut dijalankan. mirc dan messenger kalau anda belum kenal dengan pengirimnya dan belum yakin file itu berisi virus. mirc. messenger (kirim/download file). bahkan bisa nempel di html file (file website). Jangan membuka atau menerima file yang di dapat dr email. Jadi solusi yang aman. Pertama-tama akan kami jelaskan definisi dan bagaimana virus. apalagi kalau file tersebut telah ter-infeksi. Program antivirus pada umumnya menggabungkan semua worm dan trojan dalam kategori VIRUS. Virus sebenarnya lain dengan trojan atau worm. cuma mungkin dikasih kode virusnya contoh yang worm di kasih kode W depannya baru nama worm tersebut (contoh: w32/sober) dan kita juga akan menggangapnya sama karena semua itu merusak sistem file komputer. tools yang berguna buat anda. dia akan merubah sesuatu dari sistem komputer kita (pada umumnya registri windows yang diubah). Kalau worm (cacing) merupakan program kecil yang berupa script yang bisa nempel di mana aja.

scan dahulu dengan program antivirus untuk memastikan itu benar-benar aman. winxp dan winme sudah otomatis melakukannya setiap anda mematikan komputer anda. ketika komputer lagi idle. Anda akan bingung dan kesulitan untuk memahaminya. Untuk itulah backup system & data sangat diperlukan. karena system restore tidak 100% mengembalikan data anda. tapi untuk pastinya. 2. 3. CD. anda harus punya cadangan penyimpanan data atau file system. kalau tidak. apalagi kita tidak akan mengetahui virus di masa yang akan datang akan secanggih apa dan efek kerusakan yang ditimbulkan sejauh apa. bisa saja anda kecolongan. tapi tidak akan 100% pasti komputer anda tidak terkena virus. DVD. Kalau anda males melakukannya secara manual. Anda juga harus mempunyai dasar Windows untuk melakukan ini. berikut ini adalah caranya: 1. Untuk menghindari kerusakan yang ditimbulkan virus. Winxp dan winme juga harus menggunakan Microsoft Backup. Bila komputer anda hari ini terkena virus. Cara ini adalah untuk mencegah virus merusak file system kita yang biasanya berakhiran EXE. Khusus untuk data. karena penulis takut anda melakukan kesalahan yang dapat berakibat fatal terhadap system anda. USB drive dan media luar apapun bentuknya. 2 . anda tinggal restore system sebelumnya atau yang kemarin. Untuk win98 satu-satunya cara hanya memakai program system schedule windows atau program lainnya yang berfungsi sebagai otomatis backup. Tips di atas mungkin akan mencegah masuknya virus ke komputer anda. dan Sebelum anda melakukan hal ini. anda tinggal me-restore kembali. Kalau membuka disket.Matikan juga fitur install auto atau install on demand supaya program yang berisi virus tidak akan masuk secara otomatis ke komputer anda. Virus pada umumnya akan merusak dan memperlambat proses kerja komputer. Lebih dari 90% komputer yang terkoneksi di Internet pernah terkena virus. walaupun virus tersebut sempat masuk ke komputer anda. winxp dan winme juga harus memakai program tersebut supaya bila terjadi apa-apa. anda harus terlebih dahulu membackup system windows anda (baca keterangan no 1 di atas). cara backup pada winXp dan winme dengan create restore point dahulu di program> accesories> system tools> system restore. Nah untuk mengatasi supaya anda aman dari virus. win98 bisa pakai Microsoft Backup dengan membackup folder windows semuanya.