P. 1
Meringkas Secara Efektif

Meringkas Secara Efektif

|Views: 2,627|Likes:
Published by indiebrainer

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: indiebrainer on Mar 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2015

pdf

text

original

Kursus Online: Strategi dan Teknik Pendampingan Berbasis Sekolah

Meringkas Secara Efektif

Sebagai bagian dari kursus, anda dan rekan tim anda diharapkan untuk meringkas salah satu sesi kursus. Hal ini termasuk satu ringkasan dari poin-poin utama baik dari bacaan maupun diskusi. Anda akan lakukan hal tersebut dengan menggunakan sebuah alat suara (voice tool) online, yaitu Pronto. Ibu Bodro akan memberikan ringkasan pertama dan anda akan menggunakannya sebagai contoh. Namun demikian, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tip bagi anda untuk mengembangkan ringkasan yang efektif: Mengapa meringkas? Sebuah ringkasan adalah informasi yang padat atau ide penting dari sebuah naskah sumber (misalnya sebuah bacaan atau diskusi). Hal seperti itu membantu pembaca untuk fokus pada poin-poin utama bacaan/diskusi serta menyingkirkan konsepkonsep yang kurang penting. Bagi pembaca, ringkasan berguna karena mambantu pembaca untuk menghemat waktu ringkasan. Dan juga berguna bagi yang meringkas karena proses sintesa informasi adalah suatu kecakapan berpikir tingkat tinggi yang berharga. Panjangnya ringkasan bisa antara beberapa kalimat dan beberapa alinea, tergantung dari panjangnya naskah sumber dan tingkat kedetilan yang ingin anda masukan dalam ringkasan. Apa ciri-ciri ringkasan yang baik? Sebuah ringkasan yang baik itu… • Singkat: Sebuah ringkasan seharusnya merupakan reformulasi informasi yang paling penting dengan menggunakan kata-kata anda sendiri. Ia harus jauh lebih singkat dari pada naskah asli dan harus tidak ada kutipan dari naskah sumber. Kalaupun ada, sedikit saja. Apabila anda meringkas secara lisan, panjang ringkasan itu harus TIDAK LEBIH dari tiga menit. Setelah 3 menit, pendengar sudah tidak lagi memperhatikan dengan baik. Menyebutkan kembali (restate) ide utama naskah: Sebuah ringkasan memberikan sebuah gambaran singkat dari ide-ide sentral yang terungkap dalam naskah original. Mempunyai sebuah tujuan yang terfokus: Apabila anda mempunyai suatu tujuan khusus mengenai ringkasan itu, ia membantu anda memilih informasi penting saja dan tetap singkat.

DBE 2: Teaching & Learning

1

Kursus Online: Strategi dan Teknik Pendampingan Berbasis Sekolah

Bagaimana saya menulis atau menyusun sebuah ringkasan yang baik? Strategi-strategi untuk menuliskan ringkasan yang efektif: • • • Baca dan baca lagi secara seksama naskah yang dipilih: Pastikan anda mengerti karya itu dan maksud penulis. Ingatlah kata-kata tanya yang utama: Siapa, Apa, Kapan, Di mana, Mengapa dan Bagaimana. Reformulasikan poin-poin utama penulis dalam kata-kata anda sendiri: Hal ini membuat anda terbebas dari penjiplakan pikiran dan perkataan orang lain. Strategi ini juga memastikan agar anda tahu apa yang menjadi ide utama. Buatlah draft ringkasan. Buatlah draft kasar (yang bisa saja lebih panjang dari yang dibutuhkan) sehingga anda dapat langsung bekerja dengan memakai katakata anda sendiri. Revisi draft: Hapus apa saja yang merupakan informasi tambahan—hal-hal yang tidak langsung berkaitan dengan ide utama naskah. Sebuah pertanyaan yang baik untuk hal ini adalah: Bagamana kaitanya hal ini dengan pesan utama? Review ringkasan: Baca kembali apa yang telah anda tulis, atau minta seseorang membacakannya bagi anda. Dapatkah seseorang yang belum pernah membaca naskah itu memahami apa yang terjadi? Apakah ide utamanya telah ditonjolkan? Kalau ada yang membacakan pekerjaan anda bagi anda, satu cara yang baik untuk menguji efektivitas ringkasan tersebut adalah apabila orang tersebut dapat menceritakan ide sentral dari naskah tersebut tanpa membacanya kembali.

DBE 2: Teaching & Learning

2

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->