Bagian : Lembaga Penelitian PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN Tgl. Pembuatan: 13-14 Des. 2006 Tgl.

Revisi : -

Dibuat oleh M.Sc. Direvisi oleh

: Ir. Hotniar Siringoringo, :-

Disetujui oleh : Prof. Dr. Yuhara Sukra, M.Sc. Jumlah Halaman:

I.

TUJUAN Tujuan dari pembuatan sistem prosedur pengajuan proposal ini adalah untuk memberikan informasi lengkap bagi dosen di lingkungan Universitas Gunadarma tentang pengajuan proposal penelitian, baik yang didanai oleh pihak eksternal, maupun pendanaan internal.

II.

RUANG LINGKUP Sistem prosedur pengajuan proposal ini dibagi menjadi dua, yaitu proposal yang diajukan ke pihak luar (pendanaan eksternal) dan proposal yang diajukan ke Universitas Gunadarma (pendanaan internal)

III. IV.

ACUAN SARANA Internet

V. VI.

DEFINISI PROSEDUR A. Langkah-langkah pengajuan proposal penelitian untuk didanai pihak eksternal : 1. Peneliti membuat proposal, sesuai dengan petunjuk pembuatan proposal dari sponsor eksternal, yang dapat diunduh dari situs Lembaga Penelitian. 2. Proposal diajukan ke Lembaga Penelitian paling lambat satu (1) bulan sebelum tegngak waktu yagn ditentukan oleh sponsor eksternal. 3. Proposal selanjutnya akan direview oleh LP. 4. Proposal yang telah direview akan dikembalikan ke peneliti dengan kemungkinan hasil:

Penelitian - Pengajuan Proposal Penelitian

XII - 1

7. 3. Langkah-langkah pengajuan proposal penelitian untuk didanai Universitas Gunadarma : 1.Pengajuan Proposal Penelitian XII . Ganti topik penelitian 5. yang dapat diunduh dari situs Lembaga Penelitian. dan penyerahan laporan. B. selanjutnya diajukan ke Lembaga Penelitian. Penelitian . 2. . Proposal yang diterima harus segera diselesaikan penelitiannya dalam jangka waktu sesuai dengan yang diajukan dalam proposal. 8. Perbanyak sesuai dengan permintaan sponsor eksternal ditambah satu (1) eksemplar sebagai arsip di LP. 11. Pemantauan pelaksanaan penelitian dilakukan 8 bulan setelah persetujuan proposal dengan mempresentasikan hasil penelitian pada acara seminar yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian. pencairan dana penelitian. c. Pendanaan internal dimaksudkan sebagai kegiatan pembinaan penelitian yang mengarahkan dan membimbing calon peneliti untuk mendapatkan kemampuan dan kepekaan meneliti. dan diajukan ke fakultas untuk disetujui oleh dekan. 6. b. Peneliti membuat proposal. Hasil penelitian wajib dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional/internasional. Proposal yang telah disetujui diperbanyak sesuai dengan permintaan sponsor eksternal ditambah satu (1) eksemplar sebagai arsip di LP. sesuai dengan petunjuk pembuatan proposal.2 . Proposal akan dikirimkan oleh LP ke sponsor eksternal dilengkapi dengan surat pengantar. Proposal yang telah disetujui jurusan selanjutnya diajukan ke fakultas. monitoring dan evaluasi. baik dalam pemantauan hasil penilaian proposal. 4. selanjutnya diajukan ke Lembaga Penelitian sebanyak 3 eksemplar. Komunikasi dengan pihak eksternal akan dilakukan oleh LP. Lakukan revisi. atau prosiding nasional/internasional. Pemberitahuan pengumuman proposal yang didanai. 9. Proposal diajukan ke jurusan. Proposal yang telah disetujui oleh fakultas. Persetujuan ini ditandai dengan tanda tangan ketua jurusan dan dekan.a. 10.

6. Diterima dengan perbaikan c. Diterima tanpa perbaikan b. proposal akan direview oleh tiga (3) orang reviewer internal.3 . Hasil penelitian wajib dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional/internasional. atau prosiding nasional/internasional.5.Pengajuan Proposal Penelitian XII . Proposal hasil review bisa dalam bentuk: a. 8. Ditolak 7. Pemantauan pelaksanaan penelitian dilakukan 8 bulan setelah persetujuan proposal dengan mempresentasikan hasil penelitian pada acara seminar yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian. 9. Penelitian . Proposal yang diterima harus segera diselesaikan penelitiannya dalam jangka waktu sesuai dengan yang diajukan dalam proposal. Di Lembaga Penelitian.

4 . Standar prosedur pengajuan proposal penelitian dalam diagram alir dapat dilihat pada Gambar 1.Pengajuan Proposal Penelitian XII . Standar Prosedur pengajuan Proposal ke pendanaan eksternal Penelitian . DIAGRAM ALIR PROSEDUR A.VII. Mulai Umpan balik Pembuatan proposal Pengajuan proposal ke LP tidak proposal B Disetujui? ya ya Revisi? tidak Perbanyakan proposal Pengajuan proposal ke fakultas Penyerahan proposal ke LP Penyerahan laporan ke sponsor eksternal A Berakhir Gambar 1.

A Pengumuman Proposal yang Didanai B tidak Lulus seleksi ya Pelaksanaan penelitian Monev oleh LP Pemberitahuan Monev eksternal Penyerahan laporan kemajuan ke LP Penyerahan laporan akhir ke LP Penyerahan laporan ke sponsor eksternal Berakhir Gambar 1.Pengajuan Proposal Penelitian XII .5 . Standar Prosedur pengajuan Proposal ke pendanaan eksternal (Lanjutan) Penelitian .

Mulai Pembuatan proposal Pengajuan proposal ke jurusan proposal Disetujui? ya Pengajuan proposal ke fakultas Disetujui? ya ya Pengajuan proposal ke LP Revisi? tidak Pelaksanaan penelitian Monev oleh LP Pembuatan laporan kemajuan Pembuatan laporan akhir ya Disetujui? tidak Berakhir Gambar 2. Standar Prosedur pengajuan Proposal ke pendanaan internal Penelitian . Standar prosedur pengajuan proposal penelitian yang didanai internal dalam diagram alir dapat dilihat pada Gambar 2.Pengajuan Proposal Penelitian XII .6 .B.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.