Mata Pelajaran : Matematika Kelas :VI Penulis: Ahmad Teguh P.,S.Pd.

PECAHAN DESIMAL
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

Kompetensi Dasar 5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal Indikator 1. Mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal atau sebaliknya 2. Mengubah pecahan biasa ke bentuk persen atau sebaliknya, dan

3. Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma.

Pengantar Materi Pecahan Desimal
"Apa kabar... pecinta Matematika?" Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal ini merupakan materi pengulangan, karena materi ini sudah kalian pelajari sebelumnya. Untuk dapat/terampil mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal, kalian harus memahami tentang bagaimana mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan desimal. Namun sebelumnya mari kita ingat kembali materi yang sebelumnya. Untuk membantu mengingat coba perhatikan... apa yang terbayang dipikiranmu jika melihat gambar dibawah ini?

1

Pengertian pecahan biasa. jadi =1 2 . Bagaimana cara mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk pecahan campuran? Coba perhatikan contoh berikut : Ubahlah Jawab: Pada pecahan pembilangnya 5 dan penyebutnya 3. pecahan biasa dan pecahan desimal. . desimal dan persen Seperti yang kalian pelajari pada kelas sebelumnya bahwa ada beberapa bentuk pecahan antara lain: adalah pecahan murni adalah pecahan campuran. 3 5 : 3 = 1 sisa 2. gambar diatas adalah gambar beberapa bentuk pecahan yaitu. lakukan operasi pembagian dengan sisa.Benar sekali. Untuk mengubah menjadi pecahan campuran. . adalah beberapa contoh pecahan yang dapat diubah ke dalam bentuk pecahan campuran. yang keduanya termasuk pecahan biasa. campuran. 5 > 3 sehingga pecahan menjadi pecahan campuran! tersebut dapat diubah kedalam bentuk pecahan campuran. Pecahan biasa dapat diubah ke dalam bentuk pecahan campuran dengan syarat pembilangnya lebih besar daripada penyebut.

bilangan pecahan biasa..25. Pecahan desimal menyatakan nilai tempat per puluhan . bilangan pecahan dan pecahan desimal pada garis bilangan.Sebaliknya jika ingin merubah pecahan campuran ke pecahan biasa maka dapat dilakukan dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebut kemudian dijumlahkan dengan pembilang pada pecahan.. Perhatikan uraian berikut. 3 . dan seterusnya..... terlihat keterkaitan antara bilangan cacah. Gambar garis bilangan Jika diperhatikan ketiga garis bilangan di atas.... per-ribuan . yaitu: = → ditulis dalam desimal 0.. 1 = = Bentuk lain dari pecahan adalah pecahan desimal. per-ratusan Untuk lebih jelasnya pahami dahulu konsep pecahan decimal dengan memperhatikan keterkaitan antara bilangan cacah. . 1 = = Jadi. dan bilangan pecahan desimal.

25. menyatakan persen. menyatakan pecahannya. pada pembelajaran bab ini kita akan belajar lebih dalam dari beberapa bentukbentuk pecahan tersebut. Jadi 25 persen berarti 25 per seratus. atau 0. yaitu: 1. Bilangan di sebelah kanan koma. Simbol % digunakan untuk .25) Bentuk pecahan yang terakhir yang telah dipelajari di kelas sebelumnya adalah Persen. 2. Tanda koma. Persen merupakan bentuk pecahan yang sesuai asal katanya yang berarti perseratus. Contoh: 1.75. sebagai pembatas. 3. 2.48 dibaca ”empat puluh delapan per-seratus”. 75 per-seratus. 2. Nah.05 dibaca ”dua lima per-seratus atau 2 4 . Bilangan di sebelah kiri tanda koma menyatakan bilangan bulatnya.25 (cara menulis lain dari adalah 0. = 0. Membaca bilangan dalam pecahan desimal Gambar pecahan desimal Pecahan desimal mempunyai tiga bagian dalam cara penulisannya.Jadi. 0. Jadi 75% menyatakan atau 0.

3. Contoh : 1. Gambar tempat desimal Banyak angka di belakang koma pada pecahan desimal menunjukkan tempat desimal.25 dibaca “empat ratus tiga puluh satu dua puluh lima per-seratus”.103 pecahan dalam tiga angka di belakang koma. 0.5 = = = = 12 0. 32. 2. 4.123 dibaca “tiga belas seratus dua puluh tiga per-seribu”. 0. 13. Contoh:    1.24 = 12.24 pecahan dalam dua angka di belakang koma.25 = 12 5 . 431. Mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa dan sebaliknya Mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa. mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa dapat mudah dilakukan karena angka di belakang koma menunjukkan banyaknya angka nol pada penyebut pecahan biasa.0001 pecahan dalam empat angka dibelakang koma. 3.

400 atau 0.Gambar perubahan pecahan kebentuk desimal Pecahan Desimal Senama Dua buah pecahan desimal dikatakan senama apabila kedua pecahan tersebut akan menghasilkan nilai yang sama jika pecahan tersebut diubah menjadi pecahan biasa.375 Dari ketiga bilangan.16 0. 6 .400 Fungsi pecahan desimal senama adakah untuk membandingkan pecahan dan untuk melakukan operasi penjumlahan atau pengurangan pada pecahan desimal.4 0. Contoh: 1. banyaknya angka di belakang koma yang terbanyak adalah tiga.4 = 0.4 = 0.4 senama dengan 0. Contoh: 0. Urutkan bilangan desimal berikut dari yang terkecil sampai yang terbesar: 0.400 = Maka 0.

160 (konsep pecahan senama) = 0..375 = 0. siap? Lanjutkan.160 0.16 0. 0.400 atau 0....400 (konsep pecahan senama) = 0..4 0.375 Setelah disamakan banyaknya angka di belakang koma maka dapat dengan mudah ketiga bilangan tersebut diurutkan .. ubahlah semuanya sampai menjadi tiga angka dibelakang koma.375 0.Maka. Mengubah pecahan biasa ke bentuk persen atau sebaliknya Gambar persen (%) 7 ...375 0. mudah bukan? Selanjutnya kita akan belajar tentang bagaimana cara merubah pecahan dalam bentuk persen atau sebaliknya. yaitu: 0...16 0.4 .

 Mengubah persen menjadi pecahan Untuk mengubah persen menjadi pecahan digunakan pengertian persen yaitu perseratus. 33 % = = =  Mengubah pecahan menjadi persen Untuk mengubah pecahan menjadi persen. Jadi. ubahlah penyebut pecahan tersebut menjadi 100 dan selanjutnya gunakan pengertian persen. Contoh: 1. Sederhanakan pecahan tersebut. Langkah-langkah mengubah bentuk persen ke pecahan caranya sebagai berikut. %  Mengubah persen menjadi desimal 8 . % = = % 3.   Ubahlah bentuk persen ke pecahan berpenyebut 100. Contoh : a). b). 63% artinya 63 per seratus. 63% = 2.

b).24 = 65:100 = 0. Contoh : a).65 Mengubah Desimal menjadi Persen Untuk mengubah desimal menjadi persen. c).1 = 4. 0.5 = 9 .83 = 5. b). Contoh: a). selanjutnya ubahlah pecahan yang diperoleh menjadi desimal. Pecahan ini diubah ke bentuk desimal.  24% = 65% = =24:100 = 0. Secara singkat langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:   Ubahlah persen ke bentuk pecahan berpenyebut 100.Gambar perubahan bentuk persen menjadi decimal Untuk mengubah persen menjadi desimal digunakan cara yaitu mengubah persen menjadi pecahan terlebih dahulu seperti langkah di atas. pertama-tama ubahlah desimal tersebut menjadi pecahan. Selanjutnya gunakan langkah mengubah pecahan menjadi persen.

2 = 10 . perhatikan contoh dibawah ini. Contoh : a). 0. d). 250% = 32% = c).Untuk memantapkan cara mengubah persen menjadi pecahan maupun desimal dan sebaliknya. b).

Yogyakarta: PPPG Matematika 2. Sukayati. Tim tentor Ahli. Modul Bermutu Sekolah Dasar “Pecahan”. Departemen Pendidikan Nasional 3. Jakarta: Pusat Perbukuan. 2003. 2009. Gemar Matematika 6: untuk Kelas VI SD dan MI. Supardjo. Buku Sakti Materi + Rumus lengkap SD. Yogyakarta: Kendi Mas Media 11 .DAFTAR PUSTAKA 1. 2009.