BAB I PENDAHULUAN A.

LATAR BELAKANG Usia dini merupakan masa emas perkembangan, pada masa itu terjadi lonjakan luar biasa pada perkembangan anak yang tidak terjadi pada periode berikutnya. Untuk melejitkan potensi perkembangan tersebut, setiap anak membutuhkan asupan gizi seimbang, perlindungan kesehatan, asuhan penuh kasih sayang dan rangsangan pendidikan yang sesuai dengan tahap perkembangan dan kemampuan masingmasing anak. Pemberian rangsangan pendidikan dapat dilakukan sejak lahir, bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Rangsangan pendidikan ini hendaknya dilakukan secara bertahap, berulang, konsisten, dan tuntas, sehingga memiliki daya ubah ( manfaat) bagi anak. Setelah mengikuti Diklat Dasar Berjenjang ini, saya ditugaskan melaksanakan tugas mandiri di PAUD KARANGSETRA 3 yang di dirikan sejak tahun 2007. Meskipun tempatnya di bawah kaki gunung yang berada di tempat yang strategis tapi selalu semangat untuk mengajar dan banyak mencari ilmu dengan mengikuti kursus paud, seminar paud, pelatihan-pelatihan paud, masuk kuliah meskipun baru semester 4 untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan anak usia dini di kampung saya. Diklat Dasar Berjenjang ini menurut saya supaya membuat tugas mandiri ini. Akhirnya saya menyusun tugas mandiri sebagai Tindak Lanjut Diklat Dasar yang dilaksanakan di PAUD KARANGSETRA 3. B. TUJUAN Diklat Dasar Berjenjang ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan, memantapkan sikap dan meningkatkan keterampilan pendidik anak usia dini untuk membawa kemajuan mencapai keberhasilan. Memberikan contoh dan arahan kepada orang tua dan keluarga tentang cara pemberian rangsangan pendidikan kepada anak untuk dilanjutkan di rumah.

1

dan sebagai gambaran pelaksanaan tugas mandiri yang sudah dilaksanakan di PAUD KARANGSETRA 3. k. b. C. l. h. Dapat menjalin silaturahmi dengan pendidik yang dari daerah lain. Dapat meningkatkan kemampuan pendidik dalam mengelola kegiatan bermain dan belajar. e. Dapat mengimplementasikan etika dan karakter pendidik PAUD. j. Memantapkan pendidikan PAUD dalam mengajar anak didiknya sesuai yang dihrapkan dan sesuai dengan indikator perkembangan anak. c. m. Dapat melengkapi administrasi misalnya dengan adanya satuan kegiatan tahunan dan jaringan tema. Guru dapat memahami dan mempraktekan pembuatan RKH. agar mampu memberikan palayanan tumbuh kembang anak usia dini secara optimal. Meningkatkan keterampilan pendidik PAUD dalam menggelar sentra. Meningkatkan kualitas dan kompetensi pendidik PAUD dalam memahami karakteristik anak berkebutuhan khusus. f.Melalui Diklat Dasar Berjenjang ini juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan PAUD. Dapat berintropeksi diri dalam bertingkah laku sebagai pendidik dan juga dalam peran sebagai Ibu di keluarga. Dapat memahami kesehatan dan ciri anak usia dini. g. dan juga dapat mempraktekan materi-materi yang sudah disampaikan di Diklat Dasar di lembaga paud kami. Menambah pengetahuan dan wawasan pendidik PAUD. MANFAAT Diklat Dasar Berjenjang ini banyak sekali manfaatnya diantaranya : a. Dapat memberikan contoh dan arahan kepada orang tua dalam memberikan rangsangan pendidikan yang lebih menyenangkan. d. i. Dapat menjadikan pendidik yang lebih kreatif. 2 .

B.HT.03. TEMPAT Tampat pelaksanaan tugas mandiri dilaksanakan di PAUD KARANGSETRA 3 Jln. PAUD KARANGSETRA 3 berdiri pada Tanggal 14 Juli 2008 dengan No Izin Operasionalnya 421. WAKTU Kegiatan pelaksanaan tugas mandiri dilaksanakan setelah Diklat Dasar selama 25 hari dari tanggal 5 .29 Maret 2013. Kabupaten Karawang dengan pengelolanya Susilatu Najmiah. Menteng 1 RT 03/05.9/580/PNFI. Desa Wargasetra Kecamatan Tegalwaru.012005 tanggal 19-12-2005 dengan profil lembagnya sebagai berikut : Pengelola Susilatul Najmiah Bendahara Juju Sobariah Sekretaris Eka Kartika Susilatul Najmiah Guru Juju Sobariah Eka Kartika 3 .BAB II WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN A. dan No Akte Notarisnya c-566.

7 Maret 2013 4 Jum’at. 5 Maret 2013 Kegiatan Melakukan Observasi dan mengidentifikasi pembelajaran tugas mendiri Mengobservasi dan mengidentifikasi lingkungan belajar Mengobesrvasi dan mengidentifikasi administrasi pembelajaran Mengobservasi dan mengidentifikasi penyelenggaraan dan pengelolaan Observasi penyusunan RKH 2 Rabu. 14 Maret 2013 4 . 10 Maret 2013 Menyusun RKM manggu pertama 7 Senin. 13 Maret 2013 10 Kamis. 12 Maret 2013 Mengevaluasi Melakukan kegiatan pembelajaran dengan tema dunia tanaman sub tema aneka sayuran bermain sentra Imtaq Melakukan kegiatan pembelajaran dengan tema dunia tanaman sub tema aneka sayuran dengan bermain sentra Seni 9 Rabu.BAB III KEGIATAN-KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN SETIAP HARI A. JADWAL KEGIATAN No 1 Hari/Tanggal Selasa. 11 Maret 2013 Menyusun RKM ketiga dan keempat 8 Selasa. 8 Maret 2013 5 Sabtu. 6 Maret 2013 3 Kamis. 9 Maret 2013 6 Minggu.

24 Maret 2013 5 . 15 Maret 2013 12 Sabtu. 16 Maret 2013 Melakukan kegiatan pembelajaran dengan tema dunia tanaman sub tema tanaman hias dengan sentra Persiapan Melakukan kegiatan pembelajaran dengan tema dunia tanaman sub tema tanaman hias dengan bermain sentra Bahan Alam 13 Minggu. 18 Maret 2013 15 Selasa. 17 Maret 2013 Melakuakn Evaluasi Melakukan kegiatan pembelajaran dengan tema dunia tanaman sub tema tanaman hias dengan bermain sentra Bahan Alam Melakukan kegiatan pembelajaran dengan tema dunia tanaman sub tema yuuk menanam dengan bermain sentra Persiapan Membuat sampul laporan dengan rapi dan jelas 14 Senin.11 Jum’at. 21 Maret 2013 Membuat kata pengantar Membuat pendahuluan dari latar belakang. tujuan dan manfaat Diklat Dasar Membuat laporan waktu dan tempat pelaksanaan Membuat laporan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan setiap hari 18 Jum’at. 20 Maret 2013 17 Kamis. 23 Maret 2013 20 Minggu. 22 Maret 2013 19 Sabtu. 19 Maret 2013 16 Rabu.

2. Penataan Tempat Main Guru bertanggung jawab mengatur tempat main untuk anak. 27 Maret 2013 24 Kamis. 25 Maret 2013 Membuat laporan permasalahan dan pemecahannya Membuat kesimpulan dari awal tentang kegiatan Diklat Dasar sampai tugas mandiri Membuat daftar isi sesuai halaman laporan Menyusun lampiran RKH. Menyusun rencana pembelajaran. Identifikasi / Obsrvasi Kegiatan Identifikasi kebutuhan pembelajaran tugas mandiri dalam sarana dan prasarana. foto kegiatan dan Instrumen evaluasi Melengkapi laporan tugas mendiri untuk diserahkan kepada PPTK PAUDNI 22 Selasa. 26 Maret 2013 23 Rabu. evaluasi dan perbaikan tugas mandiri Hari 25 Penyerahan laporan tugas mandiri Pelaksanaan tugas mendiri dilaksanakan di PAUD KARANGSETRA 3 yang mengacu kepada metode BCCT dengan empat pijakan. administrasi pembelajaran dan penyelenggaraan. URAIAN KEGIATAN 1. 28 Maret 2013 25 Jum’at. Jadwal kegiatan.21 Senin. Hari 1-5 Peserta Diklat Dasar melakukan Obsrvasi Hari 6-9 Menyusun rencana pembelajaran Hari 10-15 Melakukan kegiatan pembelajaran di lembaga tempat melaksanakan tugas mandiri Hari 16-24 Diskusi umum. 29 Maret 2013 B. melakukan kegiatan pembelajaran di lembaga setempat melaksanakan tugas mandiri. lingkungan belajar. hal yang perlu dilakukan antara lain : 6 .

Penyambutan Kedatangan Anak Saat anak datang. Transisi Menuju Kelompok Setelah selesai main pembukaan. guru menawarkan kepada anak yang bersedia memimpin pembacaan ikrar. sebaiknya permainannya berganti-ganti. Main Pembukaan dan Ikrar Bersama Guru mengajak seluruh anak untuk membentuk lingkaran besar dengan bergandengan tangan. pembacaan ikrar dipimpin oleh guru. Agar anak tidak bosan. 3. sambil menyiapkan tempat dan alat main. cuci kaki dan buang air kecil). bersama guru anak-anak diajak antri untuk bersih-bersih diri ( cuci tangan. senam dan sebagainya. lalu menyebutkan kegiatan pembuka yang akan dilakukan. gerak dan musik. 4. Pijakan Sebelum Main . cuci muka.a. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam posisi baris atau posisi melingkar. mengenalkan do’a masuk kamar kecil dan do’a keluar kamar kecil dan minum secara teratur. b. Anak-anak langsung diarahkan untuk bermain bebas dulu dengan teman-teman lainnya sambil menunggu kegiatan dimulai. Kegiatan pembuka bisa berupa permainan. Kegiatan pembukaan memerlukan waktu sekitar 20 menit. dilanjutkan dengan pembacaan ikrar syahadat. Menyiapkan dan menata bahan dan alat main sesuai dengan rencana dan jadwal kegiatan hari itu. 5. Selesai main gerakan kasar. tradisional. Penataan alat main harus pembelajaran yang sudah dibuat. agar guru menyambut kedatangan anak. Jika anak belum siap. mencerminkan rencana 7 6. Jenis permainan juga dapat dikaltikan dengan tema dan rencana kegiatan hari itu. Permainan gerakan kasar dapat dijadikan sarana untuk mendukung perkembangan motorik kasar anak.

mananyakan kabar anak-anak. 7.  Berdo’a bersama mintalah anak secara bergiliran siapa yang akan memimpin do’a hari ini. memilih teman main.60 menit.  Guru harus mengaitkan kemampuan apa yang diharapkan muncul pada anak. Waktu yang diperlukan anak untuk menyelesaikan gagasannya sekitar 40. guru menanyakan kembali isi cerita. . serta merapikan kembali alat yang sudah dimainkan. Guru duduk bersama anak dalam posisi melingkar. cara menggunakan alat main. Setelah membaca selesai.  Setelah anak siap untuk main. memilih mainan.  Guru mengenalkan semua alat main yang sudah disiapkan.  Guru membacakan buku yang terkait dengan tema. guru berkeliling untuk memantau kegiatan anak. sesuai dengan rencana belajar yang sudah disusun.  Guru menyampaikan bagaimana aturan main. guru mempersilahkan anak untuk mulai bermain dengan cara menggilir kesempatan berdasarkan usia anak. kapan memulai dan mengakhiri main.  Guru menyampaikan tema hari ini dan dikaitkan dengan kehidupan anak. Pijakan Saat Main  Beri anak waktu yang cukup untuk main agar gagasan main tuntas dilakukan. 8 pada anak  Saat anak asyik bermain.  Beri contoh cara main pada anak yang belum bisa menggunakan bahan /alat.  Guru meminta anak-anak untuk memperhatikan siapa saja yang tidak hadir hari ini. Guru memberi salam pada anak-anak.  Guru mengaitkan isi cerita dengan kegiatan main yang akan dilakukan anak.

9. 8.  Anak-anak boleh membawa makanan ringan dari rumah. Pijakan Setelah Main dan . ganti pakaian bila basah/kotor dan minum dengan antri.  Libatkan anak untuk membereskan bekas makanan membuang bungkus ke tempat sampah. sehingga anak dapat mengelompokan alat main sesuai dengan tempatnya. 10. Jika ada.  Bila anak belum terbiasa untuk membereskan. 9  Beritahukan jenis makanan yang sehat dan tidak. Beri bantuan pada anak yang mambutuhkan.  Biasakan tata cara makan yang baik (adab makan). guru bisa membuat permainan yang menarik agar anak ikut membereskan. beri tahu anak-anak untuk bersiap-siap menyudahi kegiatan mainnya.  Kumpulkan hasil kerja anak dengan mencatat nama dan tanggalnya dilembar kerja anak.  Bila waktu tinggal 5 menit. persilahkan anak untuk mambersihkan diri. Waktu Beres-beres  Ajak anak membereskan mainan dengan menempatkan alat main pada tempatnya. dan tahapan perkembangan yang dicapai). Makan Bekal Bersama  Makan bekal bersama merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. tanyakan siapa yang mau memberi makanan/shadaqoh pada temannya (mengenalkan konsep berbagi).  Guru menyiapkan tempat untuk setiap jenis alat. Pancing gagasan anak dengan pertanyaan.  Sebelum makan bersama.    Berikan pujian pada pekerjaan yang dilakukan anak. Catat kegiatan yang dilakukan anak (jenis main.  Setelah selesai beres-beres. guru mengecek apakah ada anak yang tidak membawa makanan.  Saat beres-beres dapat dilakukan sambil bernyanyi lagu beresberes atau lagu lainnya.

mereka diminta duduk melingkar bersama guru. tapi setelah mengikuti Diklat Dasar itu. Kegiatan Penutup  Guru dapat mengajak anak menyanyi. jadi ada pembenahan yang lebih baik dalam pembelajaran. Bila anak sudah rapi. digunakan urutan tinggi badan untuk keluar dan bersalaman lebih dahulu.  Guru meminta anak secara bergilir saat pulang. 10 . 11. C.  Guru bertanya kepada setiap anak secara bergiliran tentang kegiatan main yang tadi dilakukan kegiatan menanyakan kembali melatih daya ingat anak.  Dulu sebelum mendapatkan ilmu tentang pelajaran yang sesuai untuk PAUD hanya menggunakan/mengandalkan pensil dan buku untuk pembelajaran. HASIL YANG DIPEROLEH Pemberian materi Diklat Dasar membuahkan hasil yang diperoleh antara lain :  Dapat menata dan mengatur tempat main untuk anak. menambah kosa kata dan berbicara secara runtut sesuai pengalaman mainnya.  Jika ada anak yang pendiam atau mangalami hambatan bicara agar banyak diberi kesempatan untuk berbicara dan bertanya.  Guru menyampaikan rencana kegiatan besok dan menganjurkan anak untuk melanjutkan bermain yang sama di rumah.

11 . dangan adanya Diklat Dasar Berjenjang ini saya jadi lebih kreatif. Tapi setelah mengikuti Diklat Dasar saya jadi tahu format pembuatan rencana kegiatan Mingguan dan rencana kegiatan Tahunan.  Lebih berdisiplin dalam waktu kedatangan guru sebelum anak-anak datang.  Tiap hari saya selalu buat RKH di PAUD tanpa mengacu ke SKM.  APE yang dimiliki oleh PAUD KARANGSETRA 3 sangat terbatas. Dapat menilai anak sesuai dengan tahap perkembangannya.  Dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan.

tanpa Ibunya anak itu selalu nangis. membuat bentuk angka yang besar lalu dilaminating. 12 . Dalam satu ruangan. Pemecahan dari masalah di atas adalah kami sebagai guru harus kreatif menciptakan APE tambahan untuk anak kami. karena alat permainan terbatas menjadikan anak selalu berebut. Masalah ke-2 : Dalam pelaksanaan pembelajaran di PAUD KARANGSETRA 3 masih banyak kekurangan APE.BAB IV PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN Masalah Pertama: Dalam pelaksanaan pembelajaran di PAUD KARANGSETRA 3 masih kekurangan tempat / lapangan untuk menggelar sentra yang memuaskan dalam menata tempat main itu sangat terbatas. meskipun satu ruangan tapi dapat menggelar cukup banyak permainan. tutup botol dengan berbagai warna. Masalah ke-3 : Pendirian PAUD sudah 6 Tahun berjalan baru tahun sekarang ada satu anak yang susah pisah sama Ibunya. Seperti mengecat batu. karena bangunannya masih numpang di bangunan Rumah pribadi milik warga Pemecahan dari masalah di atas adalah kami sebagai guru harus pintar-pintar menyulap tempat yang strategis menjadi tempat main yang menyenangkan. kalau masuk kelas selalu ingin bersama Ibunya.

Pemecahan dari masalah di atas adalah kami selalu berusaha untuk dekat dengan anak itu mencari tahu kepada orang tuanya tentang dirinya. Awalnya coba ditinggal Ibunya duduk dekat pintu terus ditunggu di luar. Tapi memeriksa gigi masih belum terlaksana sampai sekarang. Selanjutnya diperbanyak kesabaran untuk menenangkan pikiran saya dan menanamkan rasa ikhlas dalam diri saya dalam memperjuangkan anak usia dini supaya tidak ketinggalan dan memperoleh banyak kemajuan. Akhirnya mau ditinggal sendiri. Alhamdulillah untuk timbangan anak. mungkin karena terlalu jauh dan jeleknya jalan. Apalagi kalau ada rapat di kecamatan atau ada kegiatan di kabupaten. lalu saya terus coba terus membujuknya supaya mau ditinggal Ibunya saat pembelajaran. Pemecahan masalah di atas adalah disetiap ada acara atau ada penyuluhan atau kepada para aparat supaya jalan diperbaiki menjadi lebih baik. Pokoknya belum ada keterlibatan pihak kesehatan datang ke PAUD saya. untuk kelancaran perjalanan dan untuk informasi saya selalu banyak tanya dan selalu menjanjikan kalau ada kegiatan tolong dikasih tahu lewat sms. PAUD saya punya. tentang kemauannya. Misalnya pemeriksaan gigi anak atau tabel ukuran kesesuaian antara berat badan. 13 . Masalah ke-5 : Kurangnya sarana dari pihak kesehatan untuk anak didik di sekolah. tinggi badan dan usia anak. Pemecahan masalah di atas adalah saya dan pengelola mengajukan atau menceritakan ingin dikunjungi pihak kesehatan pada bidan desa untuk memeriksa gigi anak-anak atau pemberian vitamin A dangan mengunjungi POSYANDU dengan anak-anak beramai-ramai. Masakah ke-4 : Terlalu jauhnya lokasi PAUD dan tempat tinggal saya dari lingkungan Himpaudi dangan jalan yang sangat terjal karena kampung saya ada di bawah kaki gunung sehingga kekurangan informasi dan susah untuk datangnya undangan kalau ada kegiatan karena ketakutan akan jauhnya dan jeleknya jalan yang banyak tanjakan dan turunan.

dapat mengimplementasikan etika dan karakter pendidik paud. Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada Humpaudi yang telah membimbing saya dalam pembuatan tugas mandiri ini sehingga dapat tersusun dan saya akui akan kekurangannya. SARAN Akhir kata dari susunan tugas mandiri ini ada saran saya diantaranya :  Adanya pembinaan lebih lanjut peserta diklat dasar pada lembaga yang bersangkutan atau monitoring pada administrasi PAUD. berdisiplin waktu.BAB V PENUTUP A. dapat memahami pembuatan RKH. dapat meningkatkan kualitas pendidik paud. KESIMPULAN Diklat Berjenjang Tingkat Dasar ini memperdalam pengetahuan. menjadikan guru menjadi lebih kreatif. dapat mengevaluasi anak sesuai aspek perkembangannya. Mudah-mudahan dapat dimengerti dan dipahami akan isi tugas mandiri ini. dapat meningkatkan kemampuan pendidik dalam mengelola kegiatan bermain dan belajar.  Adanya pelatihan Diklat lanjutan secara gratis. B.  Adanya pengakuan terhadap sertifikat sebagai dasar untuk mendapatkan kompetensi. memantapkan sikap dan meningkatkan keterampilan peserta Diklat sesuai ruang lingkup penugasannya. Pelaksanaan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang akhirnya ditugaskan untuk membuat tugas mandiri ini dapat disimpulkan dengan berbagai macam hasil yang diperoeh diantaranya dapat menata dan mengatur tempat main untuk anak. 14 . mengetahui pembelajaran yang menyenangkan.

Karawang . Tegalwaru Kab. Wargasetra Kec. Menteng 1 Rt.TUGAS MANDIRI DIKLAT DASAR BERJENJANG PTK PAUD TINGKAT DASAR KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2013 Disusun oleh : Nama : Susilatul Najmiah Tugas Mandiri Dilaksanakan Di : PAUD KARANG SETRA 3 Alamat : Kp. 03/05 Desa.

memantapkan sikap dan meningkatkan keterampilan pendidik anak usia dini. Selanjutnya saya sampaikan laporan tugas mandiri yang berlangsung selama 25 hari kerja di PAUD KARANGSETRA 3. Hormat Saya Susilatul Najmiah ii .Direktur PPTK PAUDNI Melalui Kasubdit PTK PAUD di Jakarta Assalamu’alaikum Wr. Saya ucapkan terima kasih atas kebijakan Direkturat PPTK PAUDN yang telah memberikan materi sekaligus semangat bagi kami sebagai pendidik PAUD. Diklat Berjenjang Tingkat Dasar ini sangat memperdalam pengetahuan.Wb Alhamdulillah penyelenggaraan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar ini banyak sekali manfaat bagi pendidikan PAUD dari berbagai pelosok dan dapat bejalar dengan lancar serta membuahkan hasil dengan membuat tugas mandiri.

KATA PENGANTAR Puja dan puji syukur Kita panjatkan kehadirat Allah SWT. tidak cukup hasil dari kencleng harian anak. lebih berkembang untuk membawa hasil yang lebih memuaskan. Karena kalau APE untuk anak harus beli.. Diklat Dasar Berjenjang ini membukakan pintu ilmu bagi saya sebagai guru PAUD untuk mendidik anak-anak di rumah maupun di sekolah. Penyusun Susilatul Najmiah iii .... wawasan dan menjadikan saya ingin lebih maju. kreatif dan berakhlak mulia... Karena dunia anak-anak identik dengan aktifitas bermain. Dengan adanya Diklat Dasar Berjenjang ini sangat menambah pengetahuan. cerdas... Dengan niat yang ikhlas. yang tidak merampas dunia anak-anak. Untuk menciptakan suasana bermain sambil belajar yang menyenangkan diperlukan adanya suatu kegiatan menarik seperti yang telah di ajarkan atau di latih di Diklat Dasar Berjenjang ini. ....... insya Allah semuanya akan tercapai kalau Allah menghendakinya itu akan terjadi kita harus yakin berdo’a dan berikhtiar untuk membawa kemajuan pendidikan anak usia dini menjadi lebih baik.. karna atas rahmat dan karunianya saya dapat menjalankan tugas mandiri di kelas dasar berjenjang di PAUD KARANGSETRA 3 dengan lancar dan lebih berkompeten.. dan dapat melaksanakan tugas mandiri dengan lancar.lebih semangat mengajar PAUD dengan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Tegalwaru.. Akhir kata semoga laporan tugas mandiri ini dapat dimengerti dan hasilnya memuaskan..... supaya menjadi anak-anak yang sehat. Mudah-mudahan dengan adanya Diklat Dasar Berjenjang ini dari semua materi yang di berikan dapat di serap dan di pergunakan oleh saya dalam mendidik anak-anak di sekolah. menjadikan saya lebih kreatif dalam membuat APE untuk anak... Dengan demikian....

..... iv BAB I PENDAHULUAN A.................................................................................... 3 B........................ 1 B...................................................................................................................... iii Daftar Isi....... TEMPAT........................ JADWAL KEGIATAN...................................... 6 C............................................................................................................................................. LATAR BELAKANG... 12 Masalah Ke-3...................................................................... KESIMPULAN.................................... 10 BAB IV PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN Masalah Pertama.....................................................................................................................................................................................................................................14 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 Rancangan Kegiatan Pembelajaran (RKH) Lampiran 2 Jadwal Kegiatan Lampiran 3 Foto Kegiatan Lampiran 4 Instrumen Evaluasi iv ............................ 13 BAB V PENUTUP A............... 12 Masalah Ke-4......................................................................................... 12 Masalah Ke-2..........................................................2 BAB II WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN A............................................... HASIL YANG DIPEROLEH. 4 B................... TUJUAN................................. 3 BAB III KEGIATAN-KAGIATAN YANG DILAKSANAKAN SETIAP HARI A................. 1 C....DAFTAR ISI Surat Kepada Direktur PPTK PAUDNI. MANFAAT.. 13 Masalah Ke-5................................. ii Kata Pengantar...................................................................................... SARAN................................................................ 14 B................................ URAIAN KEGIATAN................... WAKTU......................................

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful