Antropologi Kesehatan mengkaji masalah-masalah kesehatan dan penyakit dari dua kutub yang berbeda yaitu kutub biologi dan kutub sosial budaya. . Antropologi kesehatan adalah studi tentang pengaruh unsur-unsur budaya terhadap penghayatan masyarakat tentang penyakit dan kesehatan (Solita Sarwono. 1993)  Menurut Foster/Anderson.

Kutub Biologi Kutub Sosial-Budaya   Pertumbuhan dan perkembangan manusia  Peranan penyakit dalam evolusi manusia  Paleopatologi (studi mengenai penyakitpenyakit purba)     Sistem medis tradisional (etnomedisin) Masalah petugas-petugas kesehatan dan persiapan profesional mereka Tingkah laku sakit Hubungan antara dokter pasien Dinamika dari usaha memperkenalkan pelayanan kesehatan barat kepada masyarakat tradisional. .

 Sistem . Sistem medis adalah Pola-pola dari pranata pranata sosial dan tradisi” budaya yang menyangkut perilaku yang sengaja untuk meningkatkan kesehatan meskipun hasil dari tingkah laku khusus tersebut belum tentu kesehatan yang baik Medis adalah semua kepercayaan tentang usaha meningkatkan kesehatan dan tindakan serta pengetahuan ilmiah maupun ketrampilan anggota-anggota kelompok yang mendukung sistem tersebut.

yaitu: Sistem teori penyakit Sistem perawatan kesehatan .Sistem medis dapat dipecah menjadi dua kategori besar.

sebab sebab sakit serta pengobatan dan teknik teknik penyembuhan lain yang digunakan oleh para dokter. Suatu sistem teori penyakit meliputi kepercayaan kepercayaan mengenai ciri sehat. .

 Sebaliknya suatu sistem perawatan kesehatan memperhatikan cara” yang dilakukan oleh berbagai masyarakat untuk merawat orang sakit dan untuk memanfaatkan pengetahuan tentang penyakit untuk menolong pasien. .

 Suatu pranata sosial yang melibatkan interaksi antara sejumlah orang . sedikitnya pasien dan penyembuh. Fungsi yang terwujudkan dari suatu sitem perawatan kesehatan adalah untuk untuk memobilisasi sumberr sumber daya si pasien yakni keluarganya dan mansyarakatnya untuk menyertakan mereka dalam mengatasi masalah tersebut. .

3. Sistem medis adalah bagian integral dari kebudayaan-kebudayaan Penyakit ditentukan oleh kebudayaan Semua sistem-sistem medis memiliki segisegi pencegahan dan pengobatan Sistem medis memiliki sejumlah fungsi . 2.1. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful