Soal Pilihan Ganda (MATERI LUMUT

)
Pilih salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e! 1.Tumbuhan lumut disebut sebagai peralihan 2= buah dari tumbuhan berthallus ke tumbuhan 3= tangkai berkormus karena . . . . 4= gametofit a. mengalami pergiliran keturunan c. 1= kapsul b. bereproduksi dengan spora 2=rizhoid c. tidak berkambium 3= gametofi d. memiliki akar, batang dan daun belum 4= sporofit sejati d. 1= kapsul e. termasuk tumbuhan tingkat rendah 2= tangkai 2. Tumbuhan lumut dapat dianggap sebagai 3=sporofit tumbuhan kosmopolit, sebab… 4=gametofit a. hidup dengan cara menguraikan sampah e. 1= kapsul b. bersifat merugikan organisme lain 2= tangkai c. hidupnya nempel 3= sporofit d. hidupnya dapat di mana saja 4=gametofit e. hidupnya di air saja 3.Berikut ini yang bukan ciri tumbuhan 6.Daur hidup tumbuhan lumut diawali dari lumut adalah... spora yang jatuh ditempat yang lembap akan a. dinding sel tersususun atas selulosa tumbuh menjadi . . . . b. mengandung kloroplas a. protalium c. akar, batang dan daun sudah memiliki b. protonema floem dan xilem c. sporofit d. daun hanya 1 lapis d. sporogonium e. tumbuh pada tempat lembab e. tumbuhan lumut 4. Untuk mengangkut sari-sari makanan 7.Salah satu kelas tumbuhan lumut yang pada tumbuhan lumut menggunakan bereproduksi secara seksual dengan ………… peleburan gamet jantan dan betina,secara a. pembuluh angkut fasikuler aseksual dengan pembentukan gemmae b. pembuluh angkut intrafasikuler adalah………….. c. pembuluh angkut kolateral a. Musci d. pembuluh angkut konsentris b. Hepaticae e. selapis sel yang bersekat-sekat c. Anthocerotaceae 5. Bagian tumbuhan lumut berikut ini adalah d. Polytrichum juniperinum e. Marchantia polymorpha 1 8. Sporofit pada Anthocerotaceae adalah…………….. 3 a. sporogonium b.protonema 2 c. kapsul spora d. anteridium e. arkegonium 9.Tumbuhan lumut yang berfungsi sebagai obat sakit hepatitis adalah . . . . 4 a. Anthoceros leavis b. Pogonatum cirhatum c. Marchantia polymorpha d. Polytricum commune e. Sphagnum squarossum a. 1= tangkai 10.Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut ini. 2= bunga (1) dinding sel tersususun atas selulosa 3= sporofit (2)sudah memiliki jaringan pengangkut 4= gametofit (3) mengandung kloroplas b. 1= rizhoid (4) akar berupa rizoid

dan 3 c... 2 dan 4 B A C B .. 1. 2... dan 4 b... dan 4 d. 1 dan 2 Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda D D C A E B e.Dari ciri-ciri di atas yang merupakan ciri-ciri tumbuhan lumut adalah. 1..3. a.. 1.. 2..

Generasi Sporofit berupa bentukan seperti batang dan pada ujung atas berbentuk tanduk contoh Anthoceros. pipih dan terbagi atas daerah dorsal dan dan ventral 2. Daur Hidup Tumbuhan Lumut Spora (n) Protonema (n kromosom) Tumbuhan Lumut (n) (gametofit) Arkegonium Anteridium Rubrik Jawaban Penilaian Kognitif Skor 10 2. 3. Tumbuhan lumut terdiri dari sel-sel yang memiliki kloroplas. 2. 4. disertai contoh! Buatlah daur hidup dari tumbuhan lumut disertai jumlah kromosom dari tiap pergiliran ! Sebutkan peranan lumut dalam kehidupan! Minimal 3 Jawaban 1. Tubuhnya berupa talus berwarna hijau gelap atau hijau kekuningan. Generasi Gametofit terletak di talus membentuk anteredium dan arkegonium. 10 3. No. Lumut tanduk (Anthocerotopsida) 1. Tumbuhan lumut mengalami pergiliran generasi/ keturunan (metagenesis) yaitu generasi gametofit yang haploid (n) dan generasi sporofit yang diploid (2n) 4. batang. 5. Habitat tumbuhan lumut adalah tempat lembab dan teduh 2. merupakan bentukan seperti piring dengan lapisan sel yang tebal 3. dan daun sejati. 1. Lumut tidak memiliki sistem pembuluh khusus untuk mengangkut air dan mineral organik. Lumut tidak memiliki akar.Soal Uraian 1. 3. jadi pengangkutan air dan mineral melalui difusi. 20 Ovum Sperma Zigot (2n kromosom) Sporogonium (2n) (Sporofit) Sporangium (2n) Spora (n) . Kloroplas mengandung pigmen klorofil untuk fotosintesis. sebutkan minimal 3ciri umum tumbuhan lumut ! Jelaskan ciri-ciri dari tumbuhan lumut tanduk.

bahan pembalut. Marcanthia polymorpha dapat digunakan sebagai obat hepatitis 10 . Tumbuhan Lumut sebagai vegetasi perintis. Di hutan lumut dapat berperan dalam menyerap dan menahan air hujan sehingga dapat menahan erosi pada lantai hutan. 2. mengurangi bahaya banjir dan mampu menyediakan air pada musim kemarau. Lumut dapat hidup di batu atau karang. Manfaat tumbuhan lumut: 1.4. Sphagnum dapat diolah menjadi bahan pengganti kapas. dan sumber bahan bakar 4. 3. tumbuhan lumut dapat merubah struktur batu atau karang menjadi lapisan tanah sehingga dapat digunakan tumbuhan lain untuh tempat tumbuh.

Sphenophyta 5. a. c. Marsilea crenata dan Adiantum sp. Ciri tumbuhan paku peralihan adalah . Psilophytinae b. Didalam makroprotalium tumbuhan paku heterospor terdapat ………………. Platycerium bifurcatum termasuk jenis paku pada divisi………………. talus 7. strobilus d. spora yang dihasilkan kelaminnya berbeda. Asplenium sp. Terdapat tumbuhan dengan cirri-ciri yaitu bersifat epifit.. 2. 2 dan 3 9.. 2. dan daun sejati) 2. Dibawah ini adalah ciri-ciri tumbuhan paku. b. sel telur e. Lycopodiinae d. Adiantum sp. Marsilea crenata dan Selaginella 3.Soal Pilihan Ganda (MATERI PAKU) 1. Marsilea crenata b. Lycophyta c. e. Pteropsida 4. Sebagai bahan obat-obatan Data diatas yang benar adalah…………. masa hidup sporofit lebih dominan b. anteridium c. Asplenium nidus dan Adiantum cuneatum b. Platycerium bifurcatum dan Asplenium nidus 8. a. . Adiantum d. a. . sorus b. Adiantum sp. Berdasarkan cirri tersebut termasuk tumbuhan …………. Selaginella dan Psilotum d. Marsilea crenata dan Equisetum debilee. Pterophyta e. adanya mikrospora dan makrospora b. a. Lycopodium clavatum Sebagai bahan obat-obatan 2. Lycopsida b. dan 5 c. perakaran rizoma e. Adiantum cuneatum dan Marsilea crenata e. a. a. Filicenae e.. c. Platycerium bifurcatum d. Berikut ini manfaat dari tumbuhan paku No Tumbuhan Manfaat 1. a. arkegonium b. 3 dan 5 e. Adiantum sp. Equisetum debile dan Adiantum sp. menghasilkan dua spora yang memiliki jenis sama d. mengalami metagenesis d. Marsilea crenata Sebagai sayuran 4. Hydropteridales c. Platycerium bifurcatum dan Marsilea crenata c. konus e. a. merupakan tumbuhan kormus (memiliki akar. Selaginella sp. Sebagai bahan bangunan 3. spermatozoid d. spora jantan lebih kecil daripada spora betina . namun memiliki bentuk dan ukuran yang sama c. Dibawah ini yang termasuk tumbuhan mikrofil adalah a. Equisetinae 10. 1. indusium c. e. batang. letak spora di ujung bagian bawah daun. 1 dan 2 d. kecuali a. Selaput yang berfungsi untuk melindungi kumpulan spora disebut………. Azolla pinnata Sebagai bahan pupuk hijau 5. 1.dan Anthoceros natans d. sporangium 6. 3 dan 4 b. Tumbuhan dibawah ini yang termasuk contoh paku heterospora adalah …. Tumbuhan paku yang paling rendah tingkatannya disebut dengan . memiliki berkas pengangkut yaitu xylem dan floem c.

e. C 6. A 5. D 9. B . C 10. C 3. B 4. E 2. D 8. spora jantan lebih besar daripada spora betina Kunci Jawaban 1. E 7.

Pada umumnya tumbuhan paku merupakan tumbuhan darat (Equisetum) dan 6 ada yang tumbuh epifit seperti Platycerium. System perakaran pada tumbuhan paku. . 8. Untuk dimakan sebagai sayuran (semanggi). 6. Tipe daun pada tumbuhan paku ada dua macam yaitu a) sporofil atau daun yang 6 berfungsi untuk menghasilkan alat perkembangbiakan atau spora. Jawaban Skor 1. 5. termasuk system perakaran……………. Asplenium. 1. Sebagai pupuk hijau (Azolla pinnata). 3. 7. Pada Drymoglossum.B. Manfaat tumbuhan paku: 5 5. walaupun tumbuhan ini dapat ditemukan di daerah yang lebih luas. misalnya di lingkungan air tawar seperti Marsilea. 2. adakah percabangan batangnya? Bagaimana tipe percabangan batangnya? 5. Penghasil bahan obat-obatan. Sebagai tanaman hias. Sebutkan 3 habitat tumbuhan paku! 2. Berdasarkan fungsinya. Salvinia. Umumnya tumbuhan paku mudah ditemukan di tempat-tempat lembab. Sebutkan 5 peranan tumbuhan paku dalam kehidupan! Rubrik Jawaban Penilaian Kognitif No. System perakarannya berupa akar serabut 3 3. ada berapa macam tipe daun yang dimiliki oleh tumbuhan lumut? Sebutkan! 4. Pada Drymoglossum atau paku picis/koin setan. 2) tropofil yaitu daun yang berfungsi untuk fotosintesis. 4. Drymoglossum. Soal Uraian 1. terdapat tipe percabangan yang disebut percabangan dikotom 5 yaitu pecabanagn yang dibentuk oleh meristem ujung yang membelah menggarpu (batang pokok tidak nampak jelas).