Penyuluhan kesehatan DEMAM BERDARAH (DHF) Di ruang anak salak I OLEH KELOMPOK 3

PROGRAM PROFESI NERS S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA Bekerjasama dengan RS. Dr. M. SOEWANDHIE

..Apa ya demam berdarah itu.???? Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue sejenis virus yang tergolong arbovirus dan masuk ke dalam tubuh penderita melalui gigitan nyamuk Aedes Aegpty (betina)..

??? Demam berdarah adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegpty atau Aedes Albopictus yang betina.. .Apa ya penyebabnya..

kulit yang teraba dingin dan lembab terutama pada ujung hidung.apa saja TANDA & GEJALA NYA. pendarahan gusi. nadi lemah. Perdarahan. penderita gelisah. cepat disertai tekanan darah menurun. muntah darah dan berak darah. mimisan. bintik-bintik merah.??? Gejala dari Demam berdarah adalah adalah : Panas naik turun selama 2-7 hari.. jari dan kaki. Disertai .

sirop.5 l/24 jam) dapat berupa : susu. Minum banyak (2-2. cairan 1250 cc/ 24 jam sesuai tanggal yang telah diberikan BB BB BB Kontrol . cairan 1050 cc/ 24 jam : > 20 kg keb. teh manis. makan lunak (TKTP). cairan 1000 cc / 24 jam : 11-20 kg keb. : 0-10 kg keb. pemberian cairan merupakan hal yang paling penting bagi penderita DHF.Bagaimana Perawatan Pasien Demam Berdarah dirumah sakit Tirah Diet baring atau istirahat baring.

Bagaimana Cara Penularan Demam Berdarah.???? Gigitan nyamuk aedes aegepty dan albopictus Virus berkembang dalam tubuh nyamuk Kurang 1 minggu virus berada di kelenjar liur nyamuk dan siap untuk ditularkan Dalam waktu kurang dari 1 minggu orang itu dapat terkena demam berdarah ...

.

Buanglah Air Dari Pot Ke Tempat Yang Tidak Bisa Di Jangkau Nyamuk : Membuang air yang menggenang bisa menghindarkan nyamuk bertelur .PERIKSA RUMAH ANDA DARI PERTUMBUHAN NYAMUK DEMAM BERDARAH PERIKSALAH SETIAP HARI : Gantilah Air Dalam Pot Bunga Setiap Hari : Penggantian air dalam pot bisa menghilangkan telor nyamuk penyebab demam berdarah.

JIKA TIDAK DIGUNAKAN : Buanglah air yang dapat diserap oleh tanah atau tutuplah tempat air dengan rapat agar nyamuk tidak bisa masuk. Jika Anda Bepergian Atau Liburan Lama Tutuplah WC dan bak mandi dalam kamar mandi agar tidak dijadikan sarang bertelur bagi nyamuk .

Mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air untuk dijadikan sarang bertelur dan berkembang biak bagi nyamuk demam berdarah BULAN : SETIAP Periksalah selah-selah genteng rumah karena biasanya terdapat genangan air disebabkan sumbatan kotoran SETIAP MINNGU : Potonglah rumput dan buang lah air jika ada yang menggenang di taman rumah .

A S G A N R I U G UP. N E M NUT R U E B M GU N E M .M 3 T .

.

.Terima Kasih Kamsia Jazakumullah Arigato Gozaimazu Thank's a lot Matur nuwon Matur Sakalangkong Semoga Bermanfaat... ..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful