P. 1
makalah POPULASI

makalah POPULASI

|Views: 1,035|Likes:

More info:

Published by: Suci Ummi Roziqotul Qudsiyah on Apr 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/24/2014

pdf

text

original

Amatullah Sholihah Ryan Prajonggo Ade Ayu G. Suci Ummi R.

Q Katrin Rawung

(16) (22) ( 11) (18) (26)

POPULASI
Karakteristik Populasi
1. Apa yang dimaksud dengan populasi? Populasi adalah kumpulan organisme yang berasal dari spesies yang sama dan hidup di wilayah geografis yang sama pada waktu tertentu. 2. Apa saja yang faktor-faktor yang mempengaruhi populasi?

a) b)

Density-dependent, tergantung kepada jumlah individu didalam populasi. Density-independent,tidak tergantung kepada jumlah individu didalam

populasi. Karena faktor: cuaca dan iklim (kekeringan, badai, banjir, angin, suhu dan lain-lain), kerusakan geologis (gempa, tsunami, letusan gunung berapi, dan lain-lan).

3. Apa saja yang termasuk dalam karakteristik populasi? 1) Kepadatan Kepadatan populasi ialah besarnya populasi dalam hubungannya dengan suatu unit atau satuan ruangan. Perlu diingat bahwa perhitungan jumlah terlalu mementingkan arti organisme kecil, sedangkan biomassa terlalu membesarkan arti organisme besar, sedangkan komponen arus energi memberikan indeks yang lebih baik untuk membandingkan populasi mana saja dalam ekosistem.

2)

Laju Perkembangan Populasi Laju perkembangan populasi ditandai dengan adanya perubahan jumlah populasi

disetiap waktu. Perubahan ini biasanya dipengaruhi oleh jumlah kelahiran, kematian dan migrasi. 3) Natalitas (Kelahiran)

Pertumbuhan Populasi 1. 4. mortalitas. 2. 4) Mortalitas (Kematian) Mortalitas adalah ukuran jumlah kematian (umumnya. imigrasi dan emigrasi ) berubah. Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan jumlah populasi? Perubahan jumlah populasi terjadi dalam jumlah individu.Natalitas merupakan kemampuan suatu populasi untuk menambah jumlah anggotanya secara inheren/besar. atau karena akibat yang spesifik) pada suatu populasi. antara lain : 1) Kematian Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk dan untuk menghitung besarnya Makalah Populasi [Ekologi Terestrial] 2 . 3. dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dan sebuah populasi yang menggunakan “per waktu unit” untuk pengukuran. Apa yang di maksud dengan pertumbuhan populasi? Pertumbuhan populasi adalah perubahan populasi sewaktu-waktu. kematian dan migrasi. skala besar suatu populasi. Kapan terjadinya perubahan jumlah populasi? Perubahan jumlah populasi itu dapat terjadi karena adanya jumlah kelahiran. per dikali satuan. Mengapa populasi meningkat atau menurun pada spesies tertentu? Karena salah satu dari parameter (natalitas. Laju natalitas adalah sama dengan laju kelahiran dalam terminology ilmu kependudukan (demography).

Potensi ekonomi 4. 6. Persediaan sumber daya alam 2. Mengapa perubahan jumlah populasi dapat terjadi? Faktor penyebab utama ini adalah adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama kemajuan di bidang kesehatan. Banyaknya kematian sangat dipengaruhi oleh faktor pendukung kematian (pro mortalitas) dan faktor penghambat kematian (anti mortalitas). caranya hampir sama dengan perhitungan angka kelahiran. Alat masa depan 4.yang terlibat dalam jumlah individu. 5. Ini semua mengakibatkan menurunnya angka kematian secara drastis atau mencolok. Siapa saja yang terlibat dalam pertumbuhan populasi? Organisme yang berada di suatu populasi. Dalam mobilitas penduduk terdapat migrasi internasional yang merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara ke negara lain dan juga migrasi internal yang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitar wilayah satu negara saja. Dimana pertumbuhan populasi dapat terjadi? Makalah Populasi [Ekologi Terestrial] 3 . Dengan kemajuan teknologi kesehatan kelahiran dapat diatur dan kematian dapat dicegah. 3) Migrasi Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat lain.angka kematian. Faktor-faktor terjadinya migrasi. yaitu : 1. 2) Kelahiran ( Natalitas ) Kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk. Lingkungan social budaya 3. Ada beberapa faktor yang menghambat kelahiran (anti natalitas) dan yang mendukung kelahiran (pro natalitas).

Bagaimana terjadinya pertumbuhan populasi eksponensial berdasarkan asumsi yang ada? Terjadi karena individu – individu didalam populasi seragam dengan laju yang tetap sepanjang waktu.Selain itu juga mempelajari tentang fluktuasi ukuran populasi hewan (serangga) dan tumbuhan. b) Pertumbuhan populasi logistik / sigmold. 4. 2. dikenal sebagai pertumbuhan geometrik atau pertumbuahan Malthus.produktif dan lewat produktif mata c) Populasi menurun / decline population Misalnya: porsi kelompok umur tua lebih besar 3. tidak ada persaingan diantara individu – individu didalam populasi dan selalu ada ruang dan pakan yang cukup. Bagaimanakah rumus populasi secara eksponensial yang dibuat oleh Malhus ? Nt = No ert atau dN = r N Dt No = Jumlah populasi awal. 5. Sebutkan 3 macam struktur umur suatu populasi dalam dinamika populasi ? a) Populasi cepat berkembang Misalnya: porsi kelompok muda besar b) Populasi stasioner Misalnya: Porsi penyebaran umur produktif. Apakah pengertian tentang Dinamika Populasi? Dinamika Populasi adalah naik turunnya jumlah serangga dalam suatu populasi. dianggap sebagai model prtumbuhan populasi yang lebih valid. Sebutkan bentuk pertumbuhan dinamika populasi ? a) Pertumbuhan populasi Eksponensial.Pertumbuhan populasi terjadi pada populasi itu sendiri Dinamika Populasi 1. pd waktu t = 0 Nt = Jumlah populasi pada waktu t Makalah Populasi [Ekologi Terestrial] 4 .

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perubahan jumlah individu dalam populasi. Bagaimana rumus pertumbuhan populasi logistik ? Nt = No er(K – N) t K N atau dN = r N (K – N) dt K = jumlah individu di dlm populasi (pd sembarang waktu/saat) No = populasi pada saat awal pengamatan. K = jmlah maksimum yg dapat dicapai oleh suatu populasi dgn kondisi-2 tertentu atau besarnya populasi pd harkat asimtotnya (taraf kejenuhan).  laju pertumbuhan ini menurun secara linier dan bernilai 0 saat N = K . Nt = populasi pada saat waktu t.e r = Dasar logaritma natural = Konstante / kecepatan instrinsik dN = Kecepatan berubah populasi / waktu pd saat tertentu. Tingkat penurunan. Sebutkan asumsi –asumsi dalam pertumbuhan populasi secara logistik ?  laju pertumbuhan populasi pada saat N=0 adalah a (dimana a konstan). peningkatan. 7. 9. e t r = dasar logaritma dasar. Mengapa pertumbuhan populasi logistik dianggap baik dibanding dengan eksponensial ? karena telah memberikan pengertian jumlah populasi maksimum atau minimum sebagai titik jenuh pertumbuhannya. Perubahan jumlah individu dalam populasi. = waktu = kecepatan intrinsik dari pertambahan secara wajar. penggantian individu dan proses yang menjaga kestabilan jumlah individu dalam populasi. 8. Sebutkan aspek-aspek yang dipelajari dalam dinamika populasi adalah:     Populasi sebagai komponen dari sistem lingkungan. dt = Interval waktu 6. Makalah Populasi [Ekologi Terestrial] 5 .

Apakah umur individu dalam populasi berpengaru terhadap pertumbuhan populasi? Ya. 5. sebagian besar individu muda. populasi menurun. b. umur individu berpengaruh terhadap pertumbuhan populasi 4. Siapa saja yang termasuk dalam struktur populasi? (Who) Yang termasuk dalam struktur populasi adalah laki-laki dan perempuan dengan tingkat umur yang berbeda 3. Bagaimana struktur populasi digambarkan? (How) Populasi digambarkan dengan piramida populasi 8. c. populasi yang berkembang dengan cepat. Berdasarkan kelompok umurnya. yaitu a. Apa yang dimaksud dengan struktur populasi? (What) Struktur populasi adalah komponen-komponen penyusun populasi 2. populasi stasioner memiliki pembagian kelas umur lebih merata. Dimana piramida populasi dapat digunakan? (Where) Makalah Populasi [Ekologi Terestrial] 6 . pertumbuhan populasi dibagi menjadi berapa? Menjadi 3.Struktur Populasi 1. sebagian besar individunya berusia tua 6. sehingga dapat diperkirakan keadaan populasi dimasa yang akan datang. Dimana struktur populasi terjadi? (Where) Struktur populasi terjadi pada populasi itu sendiri 7. Mengapa umur individu berpengaruh terhadap pertumbuhan populasi? Karena rasio dari kelompok-kelompok umur dalam populasi menentukan status reproduktif yang sedang berlagsung.

individu dalam hal kelangsungan hidupnya Makalah Populasi [Ekologi Terestrial] 7 . Kenapa terjadi interaksi intra populasi ? Terjadinya suatu interaksi intra populasi juga menjadi salah satu bentuk dari suatu proses pelestarian jenis 4. Apa yang di maksud dengan interaksi intra populasi ? Interaksi yang terjadi antar spesies sejenis dalam suatu populasi yang mendiami suatu wilayah tertentu. Dimana suatu interaksi intra populasi itu terjadi ? Terjadi di dalam suatu populasi Penggunaan Sumberdaya 1. Mengapa struktur populasi digambarkan dengan piramida populasi? (Why) Agar perkembangan statistik struktur populasi mudah dipantau Interaksi Intra Populasi 1.Piramida populasi dapat digunakan di berbagai daerah 9. 2. Siapa yang terlibat dalam interaksi intra populasi ? Semua individu yang menjadi komponen penyusun suatu populasi 5. 3. Kapan interaksi intra populasi terjadi ? Interaksi intra populasi terjadi ketika antar individu dalam suatu populasi membentuk suatu komunikasi dengan indivudu lain yang memungkinkan terjadinya suatu kelangsungan hidup. Apa yang di maksut sumberdaya dalam lingkup populasi ? Semua komponen baik komponen biotic dan abiotik yang berperan sebagai pemenuh kebutuhan hidup individu.

Apa saja yang termasuk dalam faktor pembatas? Ketersediaan bahan baku.2. Apa yang dimaksud dengan faktor pembatas? Faktor pembatas adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dalam populasi 4. penumpukan limbah. • Pemantapan dan Pembuatan Peraturan. ketersediaan energi. Mengapa strategies life history penting untuk diketahui? (Why) Karena strategies life history berguna untuk memahami bagaimana populasi tumbuh 3. Kelembagaan Pengelolaan Hutan Secara Berkelanjutan Berbasis Partisipasi dan Kearifan Masyarakat Lokal. Apa saja strategi reproduksi dalam pembagian spesies? K-strategi dan r-strategi 6. dan fecundity (kesuburan) 2. dan interaksi antar organisme 5. Apa saja yang diperhatikan dalam pola pertumbuhan dan reproduksi? (What) Yang diperhatikan dalam pertumbuhan dan reproduksi adalah maturity (kedewasaan). Bagaimana seharusnya memperlakukan sumberdaya dalam hal ini adalah hutan agar tetap bisa digunakan sebagai wadah komponen biotik ? • Evaluasi. Perencanaan dan Pengembangan Program Rehabilitasi dan Reboisasi serta Perlindungan Hutan Secara Berkelanjutan. Dimana strategies life history terjadi? Strategy life history terjadi dala populasi Makalah Populasi [Ekologi Terestrial] 8 . • Pengelolaan Hutan secara Berkelanjutan bersama masyarakat (Community forest management system) • Sistem Informasi dan Pendataan Pengelolaan Potensi Hutan Secara Berkelanjut Strategies Life History 1. parity (keseimbangan).

Population Change and Structure: Population Structure and Population Pyramids.shtml. Diakses 29 Maret 2013 Campbell. Ekologi Umum. Heddy. NA. Kapan strategy life history terjadi? Ketika faktor-faktor yang mempengaruhinya terpenuhi 8.bbc. Diunduh http://www.Jakarta:Rajawali. adalah populasi yang cenderung hidup pada kepadatan populasi yang mendekati sumberdayanya. disebut juga populasi kesetimbangan. Biologi jilid II. 2001. Makalah Populasi [Ekologi Terestrial] 9 .uk/schools/gcsebitesize/geography/population/population_change_str ucture_rev5.7. kemungkinan besar akan ditemukan dalam lingkungan yang bervariasi dengan kepadatan populasi berubah-ubah atau dalam habitat terbuka individu kemungkinan besar akan mendekati persaingan. Jakata : Erlangga.Pengantar Ekologi. disebut juga populasi oportunistik. Abdulkadir.ir. 2002. Malang:Umm Press.Suwasono. Rahardjanto. Bagaimana strategies life history berlangsung? Strategies life history berlangsung ketika sifat-sifat yang terseleksi oleh K dan terseleksi oleh r. Populasi terseleksi oleh r.1986. populasi terseleksi oleh K. 2013.co. Daftar Pustaka BBC.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->