P. 1
ikhlas

ikhlas

|Views: 33|Likes:
Published by Dasman Rozi

More info:

Published by: Dasman Rozi on Apr 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. DESKRIPSI Ikhlas menurut bahasan adalah tulus hati, membersihkan hati dan memurnika niat. Sedangkan menurut istilah ikhlas ialah mengerjakan amal ibadah dengan niat hanhya kepada Allah untuk memperoleh ridhonya. Pengertian lain adalah mengtauhidkan dan mengkhususkan Allah sebagai tujuan dalam berbuat taat kepada aturan-Nya. Jika dikaitkan dengan modul sebelumnya yaitu prinsip hidup manusia, betapapun baik dan benar amalan seseorang maka yang paling penting dari semua itu adalah harus dilakukan dengan ikhlas. Demikian pula dengan modul setelahnya yaitu musyawarah, bahwa dalam bermusyawarah dibidang apapun demi tercapainya hasil betul-betul diterima oleh semua pihak maka tidak bisa ditawar, masing-masing peserta musyawarah harus ikhlas. Tujuan Pemelajaran 1. Membaca dengan fasih dan benar berdasarkan tajwid QS. Al-Bayyinah (98) ayat5 2. Menjelaskan penarapan ilmu tajwid dalam QS. Al-Bayyinah (98) ayat 5 3. Menyalin dengan benar QS. Al-Bayyinah (98) ayat 5, sesuai dengan kaidah bahasa arab 4. Menyimpulkan kandungan QS. Al-Bayyinah (98) ayat 5 yang berkaitan dengan tujuan berlaku ikhlas. Adapun manfaat dari kompetensi tersebut adalah membiasakan siswa berhati ikhlas dalam bidang apapun termasuk didunia industri agar tercipta suasana yang konduktif, miyamas dan menyenangkan. B. PRASARAT Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini adalah : 1. Telah menyelesaikan modul sebelumnya 2. Telah mampu membaca dan menulis Al-Qur’an C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL 1. Panduan tata cara menggunakan modul ini bagi siswa a. Langkah-langkah belajar yang ditempuh  Bentuk kelompok belajar dengan anggota 5-8 siswa  Membaca dengan baik dan teratur petunjuk modul ini dan materi bahan ajar  Carilah dan salinlah terjemahan ayat Al-Qur’an yang diberi kode nomer surat dan ayatnya, kemudian diskusikan kandungan isi masingmasing kelompok  Lakukan kegiatan mentoring sesuai jadwal yang telah ditetapkan guru  Lakukan muhasabah dan isilah buku praktikum dan penilaian yang kamu lakukan sehari-hari. b. Perlengkapan yang harus dipersiapkan  Al-Qur’an dan terjemahannya  Buku praktikum dan penilaian  Buku catatan

1

dengan tujuan dan pengalaman Agama yang anda laksanakan dengan tujuan apakah anda kompeten atau belum. Menyimpulkan surat Al-Bayyinah (98) ayat 5 5. Mengartikan surat Al-Bayyinah (98) ayat 5 4. kemudian merencanakan proses penialaian dan menyiapkan instrumennya g. pengeathuan dan ketrampilan dari kompetensi ikhlas i.c. Membaca dengan benar surat Al-Bayyinah (98) ayat 5 3. Membaca dengan benar surat Al-Bayyinah (98) ayat 5 6. Membaca QS Al-Bayyinah (98) ayat 5 Adapun tujuan non instruksional yang diharapkan adalah tumbuhnya kesadaran. Menyimpulkan surat Al-Bayyinah (98) ayat 5 8. Kompetensi Kompetensi Kriteria kerja Materi praktek pemelajara Pengetahuan Ketrampilan Sikap 2 . Melaksanakan penilaian hasil kegiatan mentoring dan praktek agama disekola. Membantu siswa dalam memahami konsep ikhlas dan mejawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa e. Mencatat kemajuan masing-masing siswa D. Membantu siswa dalam perencanaan proses pemelajaran c. E. rumah dan masyarakat h. KOMPETENSI Sub. Peran Guru antara lain a. Membantu siswa untuk mengakses sumber-sumber tambahan lain yang diperlukan f. Melakukan konsolidasi tentang sekap. tanggung jawab secara pribadi dan berkelompok / bermasyarakat utamanya menjadi manusia beriman untuk melandasi prilaku kehidupan. Membagi siswa menjadi kelompok 5-10 siswa b. Hasil penilaian Serahkan buku praktikum dan penilaian kepada guru PAI dengan dilampiri bukti-bukti kegiatan dan pengamalan agama yang anda laksanakan. TUJUAN AKHIR Spesifikasi kinerja yamng diharapkan dikuasai siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan belajar adalah siswa dapat : 1. Merundingkan dengan siswa rencana pemelajaran selanjutnya j. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok. Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an pada setiap 5-10 menit pada awal pelajaran PAI 2. Membimbing siswa melakukan tugas-tugas praktek yang dijelaskan dalam tahap-tahap pemelajaran d. Mengartikan surat Al-Bayyinah (98) ayat 5 7. 2.

(98) ayat 5 5.F. Carilah bacaan qolqolah QS Al-Bayyinah (98) ayat 5 Ya bisa Tidak bisa 3 . Bacalah QS Al-Bayyinah (98) ayat 5 Terjemahkan QS Al-Bayyinah (98) ayat 5 2. CEK KEMAMPUAN No. 3. Simpulkan QS Al-Bayyinah (98) ayat 5 Carilah bacaan tajwid nun sukun pada QS Al-Bayyinah 4. Pertanyaan 1.

Tujuan kegiatan belajar I bacalah ayat pilihan dengan naggota kelompok anda dengan sistem tentoring (yang mampu membaca. KEGIATAN BELAJAR I. Tujuan Kegiatan Belajar Setelah melaksanakan kegiatan belajar anda diharapkan :  Dapat membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan benar  Dapat bekerja sama dalam kegiatan kelompok b. 4. Al-Bayyinah (98) ayat 5  Menyalin dengan benar QS. No. Maka untuk mengembangkan kompetemsi anda dalam substansi instruksional anda melaksanakan aktifitas atau kegiatan yang telah dirancang. nun sukun / tanwin pada QS.BAB II PEMELAJARAN A. membimbing yang belum mampu) II. Al-Bayyinah (98) ayat 5 4 . 1. AlBayyinah (98) ayat 5  Menunjukkan qolqolah pada QS. Al-Bayyinah (98) ayat 5  Menyimpulkan kandungan QS. Uraian materi kegiatan belajar I  membaca ayat pilihan juz amma 5-10 menit c. RANCANGAN BELAJAR SISWA Sebagaimana telah di informasikan bahwa modul ini adalah sebagian sumber belajar. Al-Bayyinah (98) ayat 5  Mengartikan QS. 2. Al-Bayyinah (98) ayat 5  Menunjukkan bacaan tajwid. 3. Al-Bayyinah (98) ayat 5  Menunjukkan bacaan mad pada QS. 5. Kegiatan Belajar II Tujuan kegiatan belajar II Setelah mempelajari kegiatan belajar ini anda diharapkan :  Dapat membaca dengan benar QS. Kegiatan Belajar I a. Kegiatan Membaca bahan ajar Menyalin bahan ajar Mengartikan bahan ajar Mencari bacaan tajwid dalam bahan ajar Memprensentasikan hasil diskusi kelompok Bulan/minggu wak tu Pencap aian Ket Tt ssw Gr B.

4. dan demikian itulah agama yang lurus”. Menyalin dengan benar Salinlah surat Al-Bayyinah (98) dengan rapi dan benar. yaitu hablum minalloh wa hablum minannas Mereka menegakkan ‫ُﻮا‬ ‫ِﯿﻤ‬ ‫ُﻘ‬ ‫ﯾ‬ ‫ُوا‬ ‫ﻣﺮ‬ ِ‫أ‬ ُ ‫ﱠﺎ‬ ‫ِﻟ‬ ‫إ‬ ‫ﱠﮫ‬ َ ‫ُوا اﻟﻠ‬ ‫ُﺪ‬ ‫ﻌﺒ‬ َْ ‫ﯾ‬ ٌ ‫دِﯾﻦ‬ Shalat : Menunaikan : Zakat/shadaqoh : Dengan tulus : Yang lurus/benar 5 . 1. antara lain yang mendirikan shalat dan mengeluarkan zakat. 4. dalam menjalankan agama dengan lurus. Mengartikan a. Dengan cara. Terjemahan harfiah Tiadakah : Diperintahkan : Kecuali : Mengabdi kepada Allah : Demikian itu : Agama : Cenderung pada kebaikan b. Perhatikan setiap huruf kemudian menyambung dengan huruf kedalam bentuk kata dan kalimat dengan mengikutkan kaidah penulisan bahasan arab. 2. Bacaan ُ ‫أﻣِﺮ‬ ُ ‫َﺎ‬ ‫وﻣ‬ َ َ ‫ِﯿﻦ‬ ‫ﻣﺨْﻠِﺼ‬ ُ َ ‫َﻔَﺎء‬ ‫ﺣﻨ‬ ُ Hukum bacaan Mad jaiz munfasil Mad thobi’I Mad badal Mad wajib mattazil Sebab ‫ا←ء‬ ‫← ي‬ ┴ ‫آ←ع‬ 2. dan supaya mereke mendirikan shalat dan menunaikan zakat. Terjemah ayat “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya.URAIAN MATERI Al-Qur’an surat Al-Bayyinah (98) ayat 5 tentang keharusan berlaku ikhlas. Bacalah dengan fasih sesuai dengan kaidah ilmu tajwid No. Kandungan surat Al-Bayyinah (98) ayat 5 Ayat ini menjelaskan bahwa manusia hanya diperintahkan menyembah / mengabdikan diri pada Allah semata. 3. 3. 1.

sesuai dengan sabda Rasul SAW. iri hati. panik. seperti khiyarot. dan beberapa penyakit lain. 6 . Akan mendapat pertolongan Allah SWT. jauh dari penyakit stress. surat Al-Hajr (15) : 39-40 2. Terhindar dari godaan syaitan. Semuanya mengajak mengabdikan diri hanya kepada Allah SWT. Maka orang tersebut sudah mengabdi kepada syaitan. tidak cepat berputus asa. serta selalu bersikap optimis  Memantul dalam sikap yang dimunculkan berupa prilaku yang benar. Seseorang yang berhasil menempuh kehidupan dengan ikhlas. Perilaku yang mencerminkan QS.5. Terhindar dari penyakit hati. Akan mampu menjalani kehidupan dengan penuh optimis. Al-Baqarah (2) : 168 b. yang akhirnya akan mendapat ridho Allah  Menghindari sikap riya’. Semua Rasul Allah SWT. Mampu menyingkirkan prilaku tercela 3. kuat dan stabil. Pencapaian ini dilandasi. Berdasarkan surat An-Nisa (4) : 117 orang yang mengabdi kepada selain Allah SWT. riya’ 4. dengan perasaan tentram dan aman. hasud. stroke. maka dapat memperoleh manfaat sebagai berikut : 1. Jika menghadapi kesulitan. ' ‫ﻼ‬ َ ِ‫ﺟ‬ ْ‫َإ‬ ‫ِﻢْ و‬ ‫ﺗﮭ‬ ِ َ ‫ﻋﻮ‬ ْ‫د‬ َ‫و‬ َ ‫َﺎ‬ ‫ﺋﮭ‬ ِ ‫َﺂ‬ ‫َﻐ‬ ‫ُﻌ‬ ‫َ ﺑِﻀ‬ ‫ﻣﺔ‬ َ ُ ‫اﻻ‬ ْ ِ ‫ِه‬ ‫َﻞ ھﺬ‬ ‫وﺟ‬ َ ‫ﱠ‬ ‫ﻋﺰ‬ َ ‫َاﷲ‬ ‫ﺼﺮ‬ َ َ‫َﺎﻧ‬ ‫ﻧﻤ‬ ‫اﱠ‬ ِ ْ‫ِﻢ‬ ‫ﺻﮭ‬ ِ <‫>رواه اﻟﻨﺴﺎء‬ 5. padahal syaitan itu adalah musuh bagi manusia. Al-Bayyinah (98) ayat 5  Menjadikan segala aktifitas dan amalan hanya untuk Allah semata. karena ia memiliki standar hidup yang kokoh. dan pamrih (terutama terhindar dari penyakit hati yang lain)  Sikap ikhlas menjadikan segala beban menjadi ringan. 6. menyenangkan dan menentramkan  Kehidupan dapat dijalani dengan penuh harapan. a.

Kelompok Diskusikan tentang isi kandungan QS. An-Kabut 29 : 16=17 4. 7 . Al-Bayyinah (98) ayat 5 sehingga fasih dan tartil 2. TUGAS a. Al-Bayyinah (98) ayat 5 3.BAB III EVALUASI DAN TUGAS A. Al-Maidah 5 : 117 B. Perorangan 1. ُ ‫ُﮫ‬ ‫ﺟﮭ‬ ْ‫و‬ َ ‫ِﮫ‬ ‫َﺑ‬ ‫ﻐﻲ‬ ُِ ‫ﺑﺘ‬ ْ ‫َا‬ ‫ًو‬ ‫ﺼﺔ‬ َ ِ‫َﺎﻟ‬ ‫َﺧ‬ ‫َﺎن‬ ‫َﺎﻛ‬ ‫ِﻻﻣ‬ ‫ﱠا‬ ِ‫ﻤﻞ‬ َ‫ﻌ‬ َ ‫َ اْﻟ‬ ‫ﻣﻦ‬ ِ ُ ‫ﺒﻞ‬ َ ْ‫َﻘ‬ ‫ﻻﯾ‬ َ َ‫ِن اﷲ‬ ‫اﱠ‬ | ‫َﻞ‬ َ ‫َﺰﱠ‬ ‫ﻋ‬ ‫وﺟ ﱠ‬ َ ‫ُﻐِﻲ‬ ‫ﺑﺘ‬ ْ ‫َا‬ ‫و‬ ً ‫َﺔ‬ ‫َﺎﻟِﺼ‬ ‫ﺣ‬ 5. EVALUASI Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat ! 1. Al-Maidah 5 : 117 b. Al-Baqarah (2) : 133 kemudian buatlah beberapa contoh prilaku yang mencerminkan ayat tersebut. Simpulkan hadist berikut ini ! 2. Salin dan terjemahkan QS. Salinlah dengan baik dan benar QS. Carilah 5 hukum bacaan nun mati dan tanwin dalam QS. Sebutkan manfaat manusia yang berhasil menempuh kehidupan ikhlas 3. Jelaskan kandungan isi dari QS. c. At-Taubat (9) : 31 4. Salin dan terjemahkan QS. b. Jelaskan pengertian dari a. Bacalah berulang-ulang QS.

8 . Dan harus mengulang evaluasi atau menutup kemungkinan diadakan penelusuran kembali terhadap tahapan kemajuan belajar yang belum dikuasai. maka siswa dapat menlajutkan modul berikutnya setelah memperoleh rekomendasi dari guru mata diklat pendidikan agama islam. Apabila siswa belum dapat mencapai penguasaan kompetensi 75 %. maka siswa tersebut dianggap belum kompeten.BAB IV PENUTUP Sebagai tindak lanjut dari seluruh kegiatan belajar dalam modul ini apabila hasil evaluasi terhadap penguasaan kompetensi mencapau\i minimal 75 %.

9 .DAFTAR PUSTAKA 1. Terjemah dan Tafsirnya. 2. I. Yayasan Pembinaan Masyarakat Islam. Ilmu Tajwid. 3. 4. Departemen Agama. Departemen Agama. Zarkasyi. Terjematul Alfadil Qur’an (Inayah). Pendidikan Agama Islam. KH.

2 SOSIALISASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA 2004 10 .IKHLAS KODE MODUL A3.

2 PENYUSUN : ABD.KODE MODUL A3. Fathoni SMK YPM TAMAN 11 ii . Syakur M.

membimbing dan melatih siswa. Syukur Alhamdulillah kami TIM SMK YPM Taman te. CBC. minat dan aktivitas siswa dalam belajar. Wb. Yang kami susun sesuai dengan kuruikulum berbasis kompetensi yang mengandung beberapa prinsip yaitu BBC. pembelajaran tuntas. Penyusunan ini dimaksudkan agar menjadi peningkatan motivasi.KATA PENGANTAR Assalamu ‘alaikum wr. karena itu saran dan kritik sangat kami harapkan dan akhirnya semoga buku ini ada manfaartnya buat kita semua. kemauan daya sesuai dengan kemandirian tametan. Kami menyadari bahwa buku ini belum sempurna dan perlu perbaikan. wb.ah dapat menyusun buku Pendidikan Agama Islam. PSG. disisi lain tugas guru yang profesional adalah mengajar. Penyusun 12 iii . Wassalamu’alaikum Wr.

............................................................... Peran Guru .... Deskripsi ............................................................................... D................................................................ E......... Daftar Isi................................................................................................................................. F.................................................................................................................... Prasarat..................................................................... 9 iv 13 .............................................................................................. Cek Kemampuan ....................... Evaluasi ........................................................................................DAFTAR ISI Halaman Sampul .............................................................................................................. Petunjuk Penggunaan Modul ................................................. 1................................................................................ Rancangan Belajar Siswa ................................................... 4 B........................ Halaman Francis.............. 7 B............................................................................ 2... 8 DAFTAR PUSTAKA . Glosarium.. BAB I PENDAHULUAN A................................................................................................................ i ii iii iv v vi 1 1 1 1 2 2 2 3 BAB II PEMELAJARAN A........... 4 Uraian Materi ....................................... 5 EVALUASI DAN TUGAS A. 7 BAB III BAB IV PENUTUP ...................................... Tujuan akhir ................ Penjelasan Bagi siswa ................................................... B............ Kegiatan Belajar ........... Peta Kedudukan Modul......................... Kata Pengantar .. C........................................................................................................................ Kompetensi ....................... Tugas ................................

PETA KEDUDUKAN MODUL “IKHLAS” A KOMPETENSI AL-QUR’AN B B1 B2 B3 B4 B5 B6 KOMPETENSI Ikhlas Ikhlas dalam perbuatan Ikhlas dalam pergaulan Ikhlas dalam ibadah Ikhlas dalam beramal Ikhlas dalam berbicara Ikhlas dalam berdakwah D Kompetensi Tarikh E Kompetensi Akhlak C KOMPETENSI syariah/Ibadah v 14 .

GLOSARIUM Kata-kata sulit atau istilah asing yang terdapat dalam modul ini adalah : ‫ﯿﻦ‬ َ ْ‫ﺼ‬ ِ ِ‫ﻣﺨْﻠ‬ ُ َ ‫َﺎء‬ ‫َﻔ‬ ‫ﺣﻨ‬ ُ ~ ُ ‫ﯿﻤَﺔ‬ ِّ‫ﻘ‬ َ ْ‫َﻟ‬ ‫ا‬ ‫ﻤﻮْا‬ ُ‫ﯿ‬ ْ‫ﻘ‬ ُِ ‫ﯾ‬ ً ‫ﺼﺔ‬ َ ِ‫َﺎﻟ‬ ‫ﺧ‬ : orang-orang yang ikhlas : condong pada kebaikan : yang lurus / yang benar : mereka menegakkan : ikhlas vi 15 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->