P. 1
Latihan Soal Pkn Semester Genap Klas Vii

Latihan Soal Pkn Semester Genap Klas Vii

4.86

|Views: 18,480|Likes:
Published by pak teo

More info:

Published by: pak teo on Mar 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

SEMESTER GENAP Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,c atau d di depan jawaban yang paling tepat ! 01.

Manusia memiliki hak hidup dan kebebasan untuk bergaul yang melekat pada dirinya, yaiitu... a. sejak dilahirkan sampai masuk sekolah b. sejak masa kanak-kanak sampai remaja c. sejak akal mulai tumbuh dan berpikir secara dewasa d. sejak berada dalam kandungan sampai hidup di dunia 02. Sebagai landasan bagi manusia untuk mengembangkan kehidupannya sesuai dengan daya cipta dan kreasinya, maka hak hidup dan kebebasan manusia merupakan... . a. karunia dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa b. kehidupan manusia di dunia c. keunikan sifat manusia d. kekuasaan alam 03. Mengapa tidak seorang manusiapun yang dibenarkan merenggut/merampas hak dasar itu kepada orang lain ? a. karena kenyataan manusia mempunyai sifat merampas b. karena orang lain tidak tahu dirampas baik hak atau kewajibannya c. karena ada kemungkinan untuk tidak mau merampas hak orang lain d. karena merampas hak dasar seorang, berarti melawan kodrat dan kehendak Tuhan 04. Sebagai manusia yang beradab, kita tidak boleh menindas orang lain sebab setiap penindasan berarti... . a. pelanggaran terhadap hak asasi manusia b. pelanggaran terhadap hak seseorang c. termasuk kegiatan yang direncanakan d. bagian dari hak seseorang 05. Demi terwujudnya tata kehidupan yang beradab dan harmonis, setiap manusia harus saling menghormati, maka tanggung jawab untuk menjaga, melindungi dan menjunjung tinggi HAM menjadi kewajiban... . a. setiap keluarga b. seluruh umat manisia c. masyarakat pada umumnya d. pemerintah dan lembaga tinggi 06. Dalam perkembangan sejarah peradaban manusia yang semakin sempurna, penegakkan dan perlindungan HAM diatur pelaksanaannya dan dituangkan dalam berbagai peraturan sebagai... a. pemehaman setiap hak dan kewajiban b. dasar pelaksanaan hak dan kewajiban di sekolah c. dasar dan pedoman dalam rangka penegakkan HAM d. aturan dasar yang dilandasi perundang-undangan yang berlaku 07. Seperangkat hak yang melekat pada hakekatnya dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerahnya wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oeh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Pengertian ini tercantum pada... . a. pasal 1 UU No 26 tahun 2000 b. pasal 1 UU No 9 tahun 1998

c. pasal 1 UU No 39 tahun 1999 d. pasal 1 UU No 5 tahun 1998 08. Kesadaran akan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia harus terus kita tingkatkan. Sebab ... . a. HAM merupakan hak dasar manusia b. kedamaian akan terwujud jika setiap orang menghormati HAM c. Jika tidak menghormati HAM, kita akan berurusan dengan Polisi d. HAM di Indonesia telah dituangkan dalam Undang Undang Dasar 1945 09. Negara yang pertama memperjuangkan penegakkan HAM adalah... . a. PBB b. Inggris c. Amerika d. Indonesia 10. Perjuangan HAM di Inggris tampak dari adanya beberapa dokumen kenegaraan yang berhasil disusun dan disahkan sebagai tonggak perjuangan HAM. Hal ini dimulai dari... . a. Magna Charta b. The Four Freedom c. Declaration of Independence of united states d. Declaration des droits de”l homme et do citoyen 11. Perhatikan pernyataan berikut : 1. Universal Declaration of Human Rights 2. Declaration of Independence of United States 3. Atlantic Charter 4. Declaration des droits de”l homme et do citoyen 5. Bill of Rights 6. Magna Charta 7. Petition of Rights 8. Habes Corpus Act. Berdasarkan penyataan di atas, manakah sebagai tonggak perjuangan HAM di Inggris... . 1–2–3–4 2–3–4–5 3–4–5–6 5–6–7–8 12. Tonggak perjuangan HAM di Inggris yang berisi tentang pernyataan mengenai hak-hak rakyat beserta jaminannya di tahun 1628 melalui pernyataan... . a. Bill of Rights b. Magna Charta c. Petition of Rights d. Habeas Corpus Act 13. Petition of Rights berisi pernyataan di bawah ini, kecuali... . a. HAM berjalan secara perlahan dan beraneka ragam b. pajak dan pungutan istimewa harus disertai dengan persetujuan c. warga negara tidak boleh di paksakan menerima tentara di rumahnya d. tentara tidak boleh menggunakan Hukum Perang dalam keadaan damai 14. Salah satu isi penyataan Magna Charta (Piagam Agung) yang pertama adalah... . a. seseorang yang bukan budak tidak akan ditahan b. Di Inggris berlaku perjanjian raja dengan penduduk untuk memberi hak-haknya c. masyarakat Inggris berlaku peraturan antara polisi atau jaksa dapat menuntut bagi

yang bersalah d. Raja beserta keturunannya berjanji akan menghormati kemerdekaan hak dan kebebasan gereja di Inggris 15. Isi pernyataan Petition of Rights dibawah ini yang kurang benar adalah... . a. pajak dan pungutan istimewa harus disertai dengan persetujuan b. warga negara tidak boleh dipaksakan menerima tentara dirumahnya c. tentara tidak boleh menggunakan hukum perang dalam keadaan damai d. seorang yang ditahan segera diperiksa dalam waktu dua hari setelah penahanan 16. Undang-undang yang mengatur penahanan seseorang dalam pernyataan Habeas Corpus Act isinya ... . a. seseorang yang ditahan segera diperiksa dalam waktu dua hari setelah penahanan dan alasan penahanan seseorang harus disertai dengan bukti yang sah menurut hukum b. Raja beserta keturunannya berjanji akan menghormati kemerdekaan hak dan kebebasan di gereja c. pemahaman HAM menjadi pendorong untuk lebih menghormati hak-hak dasar d. Raja berjanji pada penduduk & bebas menggunakan hak-haknya 17. Pada tahun 1689 Bill of Rights merupakan undang-undang yang diterima oleh parlemen Inggris yang isinya di bawah ini kecuali... . a. hak warga negara untuk memeluk agama menurut kepercayaan masingmasing,parlemen berhak untuk mengubah keputusan raja b. adanya kebebasan berbicara, berpendapat, beragama, dan bebas dari kekurangan dan kelaparan c. kebebasan berbicara dan mengeluarkan pendapat, pajak dan undang-undang d. mengatur kebebasan dalam pemeriksaan anggota parlemen 18. Pemikiran filsuf John Locke (1632-1704) yang merumuskan hak-hak alam seperti dibawah ini kecuali... . a. Hak milik b. Hak atas hidup c. Hak-hak dasar d. Hak kebebasan 19. Pemikiran John Locke mengenai hak-hak dasar ini jelas dalam Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat tahun 1776 dikenal dengan... . a. Declaration des droits de’l Homme et do Ciloyen b. Declaration of Independence of United States c. Umfenal Declaration of Independence d. Declaration of Human Rights 20. Atlantic Charter dirumuskan pada tahun 1941 yang muncul pada saat terjadinya Perang Dunia II yang dipelopori oleh Franklin Delano Roosevelt, piagam ini memuat... . a. Liberte b. Egalite c. Freternite d. The Four Freedom 21. Hak asasi manusia mengandung makna... . a. hak dasar yang dikiliki manusia sejak lahir b. hak dasar yang dikiliki manusia setelah dewasa c. hak dasar yang dikiliki manusia setelah berumur lima tahun d. hak dasar yang dikiliki manusia semenjak dalam kandungan 22. Hak asasi yang dimiliki setiap manusia merupakan... .

a. pemberian penguasa b. pemberian orang tua c. anugerah Tuhan d. hasil perjuangan 23. Pelanggaran hak asasi manusia , maksudnya ialah... . a. perbuatan yang sesuai dengan hukum b. perbuatan yang mengurangi kebebasan seseorang c. perbuatan yang memberikan kebebasan seseorang d. perbuatan yang tidak mendasarkan aturan hukum 24. Undang-undang yang mengatur Hak asasi manusia adalah... . a. Undang-undang No 22 tahun 1999 b. Undang-undang No 39 tahun 1999 c. Undang-undang No 32 tahun 2004 d. Undang-undang No 33 tahun 2004 25. Bentuk pelaksanaan hak asasi manusia dibidang politik adalah... . a. hak untuk bekerja b. hak untuk berpendapat c hak untuk memperoleh pendidikan d. hak untuk menikmati kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi 26. Pengakuan hak asasi manusia di Indonesia dapat dieujudkan dalam Pembukaan UUD 1945 alinea.. a. pertama b. ke dua c. ke tiga d. ke empat 27. Pernyataan sejagat tentang hak asasi manusia oleh PBB yang dikenal sebagai Universal Declaration of Human Right ditetapkan pada tanggal... . a. 24 Oktober 1945 b. 10 November 1945 c. 30 September 1945 d. 10 Desember 1948 28. Contoh pelanggaran hak asasi manusia di lingkungan keluarga adalah... . a. pembantu diperlakukan semaunya b. pembantu dianggap keluarga sendiri c. pembantu diperlakukan secara tegas d. pembantu diperlakukan secara manusiawi 29. Pelaksanaan hak asasi manusia bukan berarti melaksanakan dengan sebebasbebasnya, melainkan... . a. harus mendasarkan Pancasila b. harus mendasarkan UUD 1945 c. harus mendasarkan Ketetapan d. harus mendasarkan hukum yang berlaku 30. Hak untuk menikmati kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan contoh hak dibidang... . a. politik b. ekonomi c. sosial budaya d. pembangunan 31. Perbuatan-perbuatan berikut ini merupakan contoh tindak kejahatan terhadap kemanusiaan, kecuali ... .

a. pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa b. membunuh anggota kelompok c. perbudakan d. penyiksaan 32. Berikut ini yang merupakan contoh tindak kejahatan genosida, kecuali ... . a. perbudakan b. membunuh anggota kelompok c. membuat penderitaan fisik/mental yang berat terhadap anggota kelompok d. memaksakan tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran dalam kelompok 33. Penegakan Hak Asasi Manusia akan berjalan dengan baik apabila setiap warga negara berusaha tidak... . a. mengganggu orang lain b. menganiaya orang lain c. membuat kekacauan d. menipu orang lain 34. Bentuk dukungan warga negara dalam penegakan Hak Asasi Manusia adalah... . a. ikut menyelidiki berbagai kasus HAM b. membantu Polisi menangkap penjahat c. melaksanakan instrumen hukum HAM d. mendaftarkan diri menjadi anggota KOMNAS HAM 35. Sikap yang seharusnya dilakukan oleh warga negara dalam menegakkan Hak Asasi Manusia yaitu... a. membantu pemerintah dalam merumuskan instrumen Hak Asasi Manusia b. mendukung tegaknya peraturan perundangan HAM c. membantu terlaksananya perlindungan hak-hak anak d. membantu orang lain yang haknya dilanggar 36. Contoh kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia di bidang ekonomi adalah... . a. tewasnya Ersa dalam penyanderaan di Aceh b. digusurnya sebuah sekolah untuk sarana olahraga c. tertembaknya beberapa mahasiswa dalam kasus Trisakti d. perampokan yang menimpa nasabah sebuah Bank ternama 37. Pengadilan secara paksa merupakan contoh dari... . a. tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan b. tindakan yang sewenang-wenang c. pelanggaran hukum pidana d. kejahatan genosida 38. Contoh pelanggaran HAM berat adalah ... . a. penipuan b. pencurian c. perbudakan d. pemalsuan dokumen 39. Penyebab utama terjadinya pelanggaran HAM adalah ... . a. rendahnya moral seseorang b. rendahnya tingkat pendidikan c. kurangnya pengawasan dari pemerintah d. belum maksimalnya kinerja KOMNAS HAM 40. Salah satu penyebab kurangnya penegakan HAM di Indonesia adalah ... . a. rendahnya gaji Hakim b. kurang tegasnya penegakkan HAM

c. minimnya jumlah aparat penegak hukum d. kurang jelasnya perundang – undangan mengenai HAM 41. Peristiwa kasus di Sampit Kalimantan Tengah adalah pelanggaran HAM yang dilakukan antara... . a. aparat pemerintah dengan masyarakat b. pemerintah d. Memiliki kewenangan untuk mempengaruhi negara lain 2. Perwujudan dari pelaksanaan kedaulatan tercermin dalam pelaksanaan...... ... a. Pemilihan umum b. Pemilihan bupati c. Pemilihan gubernur d. Penerimaan calin pegawai negri 3. Mengenai kedaulatan dalam UUD 1945 diatur dalam pasal....... a. 1 ayat (1) b. 1 ayat (2) c. 2 ayat (1) d. 2 ayat (2) 4. Tujuan pemilihan umum ialah memilih wakil-wakil rakyat.Lembaga perwakilan rakyat yaqng ada di tingkat provinsi adalah........... a. DPRD I b. DPRD II c. DPR d. Parlemen 5. Organisasi politik yang dibentuk oleh sekelompok warga negara indonesia secara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota,masyarakat bangsa dan negara melalui pemilihan umum disebut............ a. Lembaga legislatif b. Partai politik c. ormas d. Yayasan 6. Kedaulatan tidak mudah dibagi-bagi,kedaulatan itu merupakan satu-satunya kekuasaan yang tertinggi dalam negaras.Oleh karena itu,kedaulatan bersifat.......... a. Asli b. Bulat c. Permanen d. Tidak terbatas 7. Dalam suatu negara,raja berkuasa secara mutlak,bahwa memerintah secara sewenang-wenang,berarti negara tersebut menganut kedaulatan bersifat............ a. tuhan b. Negara c. Raja d. Rakyat

8. Sebagai warga negara yang meyakini prinsip-prinsip kedaulatan rakyat, Kita harus......... . a. Menyerahkan urusan pemerintah kepada presiden b. Tidak usah peduli dengan masalah politik sebab bisa membahayakan c. Ikut serta dalam usaha menyukseskan pembangunan nasional sesuai dengan kemampuan kita d. Menyerahkan pembangunan presiden dan wakil-wakil rakyat yang melalui pemilu 9. Kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas,artinya........ . a. Kepala negara selalu diawali oleh DPR b. Kekuasaan kepala negara dibatasi oleh konstitusi c. Kepala negara memiliki kebebasan yang sebesar-besarnya d. Kekuasaan kepala negara dipertanggung jawabkan kepada DPR 10. Partai politik di indonesia diatur dalam.......... a. UU Nomor 3 Tahun 1985 b. UU Nomor 4 Tahun 1999 c. UU Nomor 3 Tahun 1999 d. UU Nomor 31 Tahun 2002 11. Kebebasan berserikat dan berkumpul bagi setiap warga negara Indonesia dijamin dalam......... a. Pasal 31 UUD 1945 b. Pasal 30 UUD 1945 c. Pasal 29 UUD 1945 d. Pasal 28 UUD 1945 12. Dalam setiap pemerintah negara republik indonesia disebutkan bahwa presiden adalah......... a. Penyelenggara pemerintah negara tertinggi b. Pemegang kekuasaan negara tertinggi c. Memiliki kekuasaan yang tidak terbatas d. Mampu mencapai cita-cita 13. Presiden Republik Indonesia memegang kekusaan pemerintah menurut undangundang Dasar merupakan bunyi UUD 1945.... a. Pasal 5 ayat (1) b. Pasal 4 ayat (2) c. Pasal 4 ayat (1) d. Pasal 5 ayat (2) 14. Berikut ini merupakan kekuasaan presiden,kecuali............ a. Kekuasaan presiden dalam bidang edukatif b. Kekusaan presiden dalam bidang ekskutif c. Kekuasaan presiden dalam bidang legislatif d. Kekuasaan presiden dalam bidang yudikatif 15. bunyi pasal 12 ayat (1) UUD 1945 adalah........... a. Presiden memberi grasi dan abolisi dengan memperhatikan pertimbangan

mahkamah Agung b. Presiden mengangkat duta dan konsul c. Presiden dengan persetujuan dewan perwakilan rakyat menyatakan perang,membuat perjanjian dengan negara lain d. Presiden memberi amnesti dan abolisi dengan memperhatikan pertimbangan Dewan perwakilan rakyat 16. Penyerapan,penghimpunan,dan penyalur aspirasi politik masyarakat secara konstitusional dalam merumuskan dan menetapkan kebijaksanaan negara dalam partai politik merupakan............ a. Tujuan b. Asas c. Fungsi d. Kewajiban 17. Berikut ini yang merupakan khususpartai politik adalah............ a. Mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh bangsa indonesia b. Mengembangkan kehidupan demokrasi berdasarkan pancasila dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam negara kesatuan republik indonesia c. Memperjuangkan cita-cita dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara d. Mewujudkan cita-cita nasional bangsa indonesia sebagaimana dimaksud dalam pembukaan UUD 1945 18. Sistem kepartaian dalam suatu negara dengan banyak partai disebut......... a. Sistem satu partai b. Sistem dwi partai c. Sistem tri partai d. Sistem multi partai 19. Berikut ini merupakan sistem partai politik,kecuali............ a. Mengamalkan pancasila,melaksanakan UUD 1945,dan peraturan perundangundangan lainnya b. ikut serta dalam pemilihan umum sesuai dengan ketentuan undang-undang tentang pemilihan umum c. Mengusulkan pergantian anggota antar waktu di lembaga perwakilan rakyat sesuai dengan peraturan perundang-undangan d. Memperoleh hak cipta atas nama,lembaga,dan tanda gambar partainya dari departemen kehakiman sesuai dengan peraturan perundang-undangan 20. Berikut ini larangan parati politik,kecuali........ a. Mendirikan badan usaha dan,/atau memiliki saham suatu badan negara b. Menerima sumbangan dari perseorangan dan/atau perusahaan/badan c. Memiliki rekening khususdana kampanye pemilihan umum dan penyerahan laporan neraca keuangan hasil audit akuntan publik kepada komisi pemilihan umum paling lambat 6 bulan setelah hari pemungutan suara d. Melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan negara kesatuan republik indonesia 21. Kewajiban partai politik adalah..............

a. Mengusulkan pasangan calon presiden dan wakil presiden sesuai peraturan perundang-undangan b. Mengusulkan pemberhentian anggotanya di lembaga perwakilan rakyat dengan peraturan perundang-undangan c. Menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum d. Mengatur dan mengurusrumah tangga organisasi secara mandiri 22. Rakyat memilih mempunyai hak untuk secara langsung memberikan suaranya sesuai dengan kehendak hati nurani tanpa perantara.Dalam pemilu hal tersebut merupakan asas...... a. Adil b. Umum c. Langsung d. Bebas 23. Pemilihan umum pada masa tahun 1999 diatur dalam........... a. UU No.2 Tahun 1999 b. UU No.3 Tahun 1999 c. UU No.4 Tahun 1999 d. UU No.5 Tahun 1999 24. Pemilihan yang demokratis merupakan sarana untuk menegakkan kedaulatan rakyat dan untuk......... a. Mencapai cita-cita bangsa b. Mencapai tujuan bangsa c. Mewujudkan cita-cita pahlawan d. Meraih keinginan yang lebih tinggi 25. Menurut pasal undang-undang nomor 23 Tahun 2003,calon presiden/wakil presiden minimal berpendidikan......... a. SLTP b. SLTA c. S1 d. S2 26. Berikut ini merupakan syarat untuk bisa diangkat menjadi presiden,kecuali............ a. Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa b. Berpendidikan serendah-rendahnya sarjana c. Tidak pernah menghianati negara d. Terdaftar sebagai daftar pemilih 27. Kekuasaan untuk membuat dan menetapkan Undang-undang disebut kekuasaan.............. a. Legislatif b. Eksekutif c. Yudikatif d. Mutlak

28. Untuk menentukan suatu berlakunya Undang-undang memerlukan satu persetujuan dari rakyat melalui referendum.Dalam hal ini disebut............. a. Referendum fakultatif b. Referendum obligator c. Pemilihan umum d. Jajak pendapat 29. Hukum tertinggi dalam tata urutan peraturan perundang- undangn republik indonesia sesuai dengan ketetapan MPR RI No.III/MPR/2000 adalah.................. a. Keputusan pemerintah b. Keputusan presiden c. UUD 1945 d. Undang-undang 30. Istilah pancasila sebagai dasar Negara pertama kali di temukan oleh Bung Karno pada tanggal … a. 1 Mei 1945 b. 1 Juni 1945 c. 1 Juli 1945 d. 14 Agustus 1945 31. Diantara ciri ajaran ideologi komunis, yakini … a. atheis b. nasionalisme c. oposisi d. demokrasi 32. Memberikan bantuan kepada saudara sebangsa yang terkena musibah merupakan prestasi di bidang … a. politik b. hukum c. sosial d. ekonomi 33. Bela Negara diatur dalam UUD 1945 pasal … a. 26 dan 27 b. 27 dan 28 c. 27 dan 30 d. 30 dan 31 34. Kekuatan utama dalam sistim pertahanan nasional adalah … a. polisi b. Tentara Nasional Indonesia (TNI) c. Pertahanan sipil (Hansip) d. Keamanan rakyat (kamra) 35. Pertahanan Negara diatur dalam … a. UU No 2 Tahun 2001 b. UU No 3 Tahun 2001

c. UU No 3 Tahun 2002 d. UU No 4 Tahun 2002 36. Otonomi daerah diatur dengan … a. UU No 20 Tahun 2003 b. UU No 33 Tahun 2003 c. UU No 33 Tahun 2004 d. UU No 32 Tahun 2004 37. Maksudnya produk-produk industri dari mancanegara menjadi tangan berat yang dihadapi bangsa Indonesia akibat dari arus globalisasi. Oleh sebab itu kita harus bersikap … a. meningkatkan sumberdaya manusia agar tidak kalah dengan bangsa lain b. menerima masuknya produk-produk Negara lain karena kita mampu membeli c. menolak semua produk dari Negara lain karena akan merugikan kita d. mendorong seluas-luasnya agar banyak barang baru 38. Menurut teori kecerdasan Majemuk lingkup kemampuan manusia terdiri dari … a. delapan kecerdasan b. sembilan kecerdasan c. sepuluh kecerdasan d. sebelas kecerdasan 39. Di antara maksud pembuatan kebijakan public antara lain seperti tersebut di bawah ini,kecuali … a. melindungi hak-hak masyarakat b. mewujudkan ketertiban masyarakat c. mewujudkan kesejahteraan masyarakat d. tidak ada demonstrasi 40. Penyerahan wewenang oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom untuk nengatur dan mengudus urusan pemerintahannya sendiri dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia disebut … a. dekonstrentrasi b. desentralisasi c. otonomi daerah d. tugas pembuatan 41. Prinsip-prinsip pelaksanaan otonomi daerah adalah tersebut di bawah ini, kecuali … a. otonomi khusus b. otonomi seluas-luasnya c. otonomi yang nyata d. otonomi yang bertanggung jawab 42. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah daerah. Hal ini sesuai fungsi … a. legislasi b. anggaran

c. pengawasan d. budget 43. Pemerintah desa menurut UUD No 32 Tahun 2004 terdiri dari … a. kepala desa dan BPD b. kepala desa dan LPMD c. kepala desa dan LKMD d. kepala desa dan perangkat desa 44. Derasnya arus globalisasi dapat memberikan dampak yang negatif antara lain … a. meningkatkan kerysakan lingkungn b. meningkatkan dinamika masyarakat c. maraknya pertumbuhan perusahaan transonal d. cepatnya perkembangan teknologi infor masi 45. Potensi kecerdasan manusia yang bertumpu pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan, dan daya juang yang tinggi, yaitu … a. potensi fisik b. spiritual quantient c. potensi emosional d. adversity quantienty 1.Sebutkan tujuan nasional indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 Jawab : 1. 2. 3. 4. 5. melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa ikut melaksanakan ketertiban dunia

2.Sebutkan dan jelaskan macam macam norma yang ada dalam masyarakat ! Jawab : 1. Noema Agama : peraturan hiup yang bersal dari tuhan berisi perintah ,larangan,serta anjuran 2. Norma Kesusilaan : peraturan hidup yang berasal dari dalam hati nurani manusia 3. Norma kesopanan : peraturran hidup yang timbul karena pergaulan sekelompok manusia 4. Norma Hukum : peraturan hidup yang berasal dari penguasa negara 5. 3.Sebutkan sumber sumber hukum di indonesia ! Jawab : 1. 2. 3. 4. 5. undang undang kebiasaan yurisprudensi doktrin traktat

4.Sebutkan macam macam Potensi manusia secara umum ! Jawab : 1. 2. 3. 4. 5. potensi fisik Potensi mental intelektual potensi sosial emosional potensi mental spiritual potensi daya juang

5.Bagaimana mengembangkan potensi agar dapat menjadi prestasi ? Jawab : 1. 2. 3. 4. 5. 6. Kenali betul potensi yang ada dalam diri merumuskan dan menentukan citra cita belajar dengan rajin,ulet,tekun,tanpa kenal lelah jangan kecil hati dan rendah hati yakin jika ada kemauan pasti ada jalan selalu berdoa kepada Tuhan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->