SAP TULANG.

docx

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN 5 CARA PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS SEJAK DINI
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sistem Muskuloskeletal

Disusun oleh: MIMIN MINKHATUL MAULA 220110090008

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2010
Topik Subtopik SATUAN ACARA PEMBELAJARAN : Kesehatan Tulang : 5 Cara Pencegahan Osteoporosis Sejak Dini Sasaran : Para Ibu – Ibu PKK di Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat Hari/ tanggal : Senin, 14 Desember 2010 Waktu : 1 x 45 menit 10.00 – 10.45 WIB Tempat : Aula Kelurahan Hegarmanah Narasumber : Mimin Minkhatul Maula 220110090008

1. TUJUAN INSTRUKSIONAL
Terciptanya Ibu-Ibu PKK yang mengetahui kesehatan tulang dan mengerti tentang pentingnya kesehatan tulang khususnya untuk mencegah terjadinya kekeroposan tulang (osteoporosis) yang sudan menjadi penyakit yang lumrah akibat bertambahnya umur, olahraga dan pola hidup masyarakat. Karena osteoporosis ini bisa menghambat aktifitas saat usia lanjut sehingga perlu pencegahan sejak dini osteoporosis.

2. TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti penyuluhan ini, peserta didik diharapkan mengetahui pentingnya kesehatan tulang, khususnya untuk mengetahui penyebab osteoporosis dan mencegah terjadinya

Mengindentifikasi terjadinya osteoporosis 6. sehingga dimulai dari sekarang untuk menjaga tulang demi masa depan yang sejahtera dan terhindar dari osteoporosis. KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK Peserta didik adalah Para Ibu – Ibu PKK di Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat yang berusia antara 25 tahun hingga 35 tahun yang secara medis pertumbuhan tulangnya mulai berkurang dan rentan sekali terkena osteoporosis sehingga akan mengganggu aktifitas sehari-hari. ANALISA TUGAS Know     Pengetian Osteoporosis Klasifiksi Osteopororsis Penyebab Osteoporosis Pencegahan Osteoporosis Do     Memberikan kesempatan peserta untuk bertanya dari materi yang diberikan Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peserta Games tentang materi yang sudah diberikan Membagi-bagikan hadiah sebagai cendera mata bagi peserta dan untuk menarik peserta Ibu-ibu PKK untuk datang mengikuti kegiatan ini Show   Memperlihatkan antusiasme peserta ketika diberikan materi penyuluhan Menunjukkan rasa`keinginantahuan tentang materi penyuluhan dengan bertanya 5. Menyebutkan dan menjelaskan penyebab osteoporosis 4. diharapkan para peserta didik mampu: 1. POKOK BAHASAN Osteoporosis 7. Pengertian Osteoporosis . TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan ini.kekeroposan tulang osteoporosis sejak dini. 3. SUBPOKOK BAHASAN 1. Menyebutkan macam-macam osteoporosis 3. Menjelaskan pengertian osteoporosis 2. 4. Menyebutka minimal 3 cara pencegahan osteoporosis 5.

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TAHAP KEGIATAN PENDIDIK  Persiapan   KEGIATAN PESERTA DIDIK Menyiapkan sarana Datang ke dan perlengkapan tempat lainnya penyuluhan Menyiapkan dan mengisi ruangan daftar hadir Menyiapkan daftar hadir METODE MEDIA ALOKASI WAKTU Pembukaan      Memberikan salam Menyimak Menyapa peserta Melakukan perkenalan Menjelaskan tujuan pembelajaran Menjelaskan susunan acara Ceramah Powerpoint 5 menit pembukaan Uraian Materi    Brainstorming Mengutarakan Ceramah Mengenali tentang pendapat materi yang akan Menyimak disampaikan Menbangun suasana yang enak dan nyaman dengan peserta didik Power point 5 menit 15 menit . poster. MATERI PENGAJARAN Terlampir 9. Pencegahan Osteoporosis 8. Flipchart. Penyebab Osteoporosis 4.2. STRATEGI PEMBELAJARAN      Menggunakan media pembelajaran seperti power point. Klasifikasi Osteoporosis 3. dan model untuk membantu penyampaian materi kepada peserta didik Menjelaskan materi pengajaran dengan sederhana dan menarik Menggunakan games sebagai pembantu pemahamanpeserta didik Mengadakan Tanya jawab bagi peserta didik untuk mengetahui pemahaman tentang materi yang telah disampaikan Menggunakan beberapa contoh sebagai model untuk membantu pemahaman peserta didik 10.

DAFTAR PUSTAKA Guyton & Hall.     Menjelaskan materi tentang Definisi Osteoporosis Klasifikasi penyebab Pencegahan osteoporosis Memberikan kesempatanpeserta didik untuk bertannya Menjawab pertanyaa yang diajukan peserta didk Memberikan pernyataan kepada peserta didik Memberikan waktu dan kesempatan peserta untuk menjawab pernyataan Games.2. 2002. http://minalove.html . EGC: Jakarta. Brunner & Sudarth.permainan dengan menguji kecepatan dan ketepatan peserta didik pada pernyataan yang diberikan pada saat games Pemberian hadiah bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaa yang telah diajukan Bertanya Simulasi Power point 15 menit Menyimak Tanya jawab Hadiah Ikut Evaluasi Door prize berpartisipasi Ikut menjawab Tanya jawab  Evaluasi dan Games      Penutupan   Menyimpulkan Menyimak materi pengajaran secara singkat Menutup pertemuan 5 menit 11. EGC: Jakarta.com/l/askep+muskuloskeletal. Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 Vol.com/artikel/trend+isu+muskuloskeletal+dalam+keperawatan http://fkunhas. Fisiologi Kedokteran . 2002.

ilunifk83. Pencegahan Osteoporosis Ada 5 cara untuk pencegahan osteoporosis.com/2009/09/sehat-cegah-tulang-keropos-olah-raga.html http://osteoporosis.htm http://waladansoleh.http://akututy.com/kesehatan-dan-ilmu-kedokteran-f8/kesehatan-tulang-dan-otott228-105.blogspot.com. Pengertian Osteoporosi Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah.blogspot.blogspot. Klasifikasi Osteoporosis Osteoporosis primer: Osteoporosis primer sering menyerang wanita paska menopause dan juga pada pria usia lanjut dengan penyebab yang belum diketahui Osteoporosis sekunder: Sedangkan osteoporosis sekunder disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan :      Kegagalan ginjal kronis Kurang gerak Kebiasaan minum alkohol Pemakai obat-obatan/corticosteroid Merokok 3.html http://besteasyseo. 12. EVALUASI (FORMATIF/SUMATIF) 1.klikdokter.com/2010/04/asuahan-keperawatan-amputasi-humerus. 4.html http://www. disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.com/2009/05/asuhan-keperawatan-pada-pasien-dengan. 2. yaitu:      Asupan kalsium cukup Paparan sinar UV B matahari (pagi dan sore) Melakukan olah raga dengan beban Gaya hidup sehat Hindari obat-obatan tertentu LAMPIRAN MATERI 5 CARA PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS SEJAK DINI 1. Penyebab Osteoporosis Karena keroposnya tulang akibat berkurangnya kandungan kalsium dalam tulang dengan seiring bertambahnya umur. DEFINISI OSTEOPOROSIS .

Penyakit osteoporosis yang kerap disebut penyakit keropos tulang ini ternyata menyerang wanita sejak masih muda. terjadi penurunan kualitas tulang dan kuantitas kepadatan tulang. Hilangnya hormon estrogen setelah menopause meningkatkan risiko terkena osteoporosis. KLASIFIKASI OSTEOPOROSIS Ada 2 jenis Osteoporosis: Osteoporosis primer Osteoporosis primer sering menyerang wanita paska menopause dan juga pada pria usia lanjut dengan penyebab yang belum diketahui Osteoporosis sekunder Sedangkan osteoporosis sekunder disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan :            Cushing's disease Hyperthyroidism Hyperparathyroidism Hypogonadism Kelainan hepar Kegagalan ginjal kronis Kurang gerak Kebiasaan minum alkohol Pemakai obat-obatan/corticosteroid Kelebihan kafein Merokok Osteoporosis atau kekeroposan tulang kerap dialami saat memasuki usia setengah abad. Pada Osteoporosis. Anda pun bisa merawatnya dengan beragam latihan olah fisik yang mudah sehingga Anda bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan tulang. Pada wanita. Selain dengan berbagai asupan gizi yang seimbang dan tepat. besar kemunginan hal ini dialami oleh mereka yang telah memasuki masa menopause. . karena gejala baru muncul setelah usia 50 tahun. Tidak dapat dipungkiri penyakit osteoporosis pada wanita ini dipengaruhi oleh hormon estrogen. Namun. Sekitar 80% persen penderita penyakit osteoporosis adalah wanita. Untuk itu tak heran bila para ahli menyarankan di awal usia 30-an sebaiknya sudah mulai merawat tulang. padahal keduanya sangat menentukan kekuatan tulang sehingga penderita Osteoporosis mudah mengalami patah tulang atau fraktur. termasuk wanita muda yang mengalami penghentian siklus menstruasi (amenorrhea). 2. penyakit osteoporosis tidak mudah dideteksi secara dini.Osteoporosis adalah suatu keadaan yang ditandai dengan massa (berat) tulang yang rendah dan kerusakan pada jaringan di dalam tulang.

Dosis harian yang dianjurkan untuk usia produktif adalah 1000 mg kalsium per hari. anti-kejang dan hormon tiroid yang berlebihan). Osteoporosis senilis kemungkinan merupakan akibat dari kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan diantara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. tetapi bisa mulai muncul lebih cepat ataupun lebih lambat. sedangkan perempuan menopause yang tahun 2000 diperhitungkan 15. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia diatas 70 tahun dan 2 kali lebih sering menyerang wanita. 4. 3. wanita muda harus sadar dan segera melakukan tindakan pencegahan sebagai berikut. Senilis berarti bahwa keadaan ini hanya terjadi pada usia lanjut. Asupan kalsium cukup Mempertahankan atau meningkatkan kepadatan tulang dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kalsium yang cukup. Biasanya gejala timbul pada wanita yang berusia diantara 51-75 tahun. terutama sebelum tercapainya kepadatan tulang maksimal (sekitar umur 30 tahun). Bayangkan betapa besar jumlah penduduk yang dapat terancam penyakit osteoporosis. PENYEBAB OSTEOPOROSIS Osteoporosis postmenopausal terjadi karena kekurangan estrogen (hormon utama pada wanita). Sebaiknya konsumsi kalsium setiap hari. Wanita seringkali menderita osteoporosis senilis dan postmenopausal. Kurang dari 5% penderita osteoporosis juga mengalami osteoporosis sekunder.Penyakit ini bisa disebabkan oleh gagal ginjal kronis dan kelainanhormonal (terutama tiroid. Bedanya. barbiturat. Pemakaian alkohol yang berlebihan dan merokok bisa memperburuk keadaan ini. penyakit osteoporosis pada pria juga dipengaruhi estrogen. pria tetap memiliki risiko terkena penyakit osteoporosis. kadar vitamin yang normal dan tidak memiliki penyebab yang jelas dari rapuhnya tulang. sedangkan untuk usia lansia dianjurkan 1200 mg per hari. Hal ini terjadi pada anak-anak dan dewasa muda yang memiliki kadar dan fungsi hormon yang normal. yang membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang pada wanita. sehingga osteoporosis datang lebih lambat. bisa meningkatkan kepadatan tulang pada wanita setengah baya yang sebelumnya tidak mendapatkan cukup kalsium. PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS Karena penyakit ini baru muncul setelah usia lanjut. Pilihlah .Meskipun penyakit osteoporosis lebih banyak menyerang wanita. yang disebabkan oleh keadaan medis lainnya atau oleh obat-obatan.5 juta akan naik menjadi 24 juta pada tahun 2015. paratiroid dan adrenal) dan obat-obatan (misalnya kortikosteroid. Jumlah usia lanjut di Indonesia diperkirakan akan naik 414 persen dalam kurun waktu 19902025. antara lain: 1. laki-laki tidak mengalami menopause. Osteoporosis juvenil idiopatik merupakan jenis osteoporosis yang penyebabnya tidak diketahui. wanita kulit putih dan daerah timur lebih mudah menderita penyakit ini daripada wanita kulit hitam. Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup sangat efektif. Minum 2 gelas susu dan tambahan vitamin D setiap hari. Sama seperti pada wanita. Tidak semua wanita memiliki resiko yang sama untuk menderita osteoporosis postmenopausal.

Indonesia beriklim tropis sehingga sinar matahari berlimpah. perut dan punggung cukup membuat tubuh bergerak 4. Gerakan otot tungkai. jantung dan paru-paru juga ikut bekerja. Bersepeda: Bersepeda merupakan olahraga yang membutuhkan keterampilan. berikut pemaparannya:Berkebun:Mengangkat pot.00 dan sore hari sesudah jam 16.KO kini mengenalkan yang disebut latihan jasmani yang baik.Menari: Semua jenis tarian akan menjadi latihan yang baik bagi tulang selama semua gerakan dilakukan dengan semangat dan benar. Selain membuat tubuh harus seimbang. Paparan sinar UV B matahari (pagi dan sore) Sinar matahari terutama UVB membantu tubuh menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan massa tulang. Gaya hidup sehat Tidak ada kata terlambat untuk melakukan gaya hidup sehat. Di bandingkan dengan hanya berjongkok atau merangkak. berat badan sendiri juga dapat berfungsi sebagai beban yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.dan peregangan & pendinginan selama 5-10 menit. menyeret karung besi. dan bungkuk saat tua. dan daging merah pun dilakukan secara bijak. Melakukan olah raga dengan beban Selain olahraga menggunakan alat beban. susu. minuman bersoda.00. olahraga ini patut dicoba jikaAnda ingin tulang tetap sehat. tahu. benar. dan mungkin akan membantu mencegah seseorang dari terjatuh. Mengatur keseimbangan tubuh saat melawan gelombang juga merupakan tugas yang sangat berat. Ade Tobing. Oleh sebab itu. jenis olah fisik yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang. 5. terukur dan teratur (BBTT). saat turun akan memberikan beban yang lebih besar pada tulang. Menghindari rokok dan alkohol memberikan efek yang signifikan dalam menurunkan risiko osteoporosis. Olah raga beban misalnya berjalan dan menaiki tangga tetapi berenang tidak meningkatkan kepadatan tulang. 2. Untuk itu. dan menggali lubang sangat bermanfaat dalam membentuk masa tulang. Latihan BBTT ternyata terbukti bermanfaat dalam memelihara dan meningkatkan massa tulang. yogurt tempe. mengenai latihan fisik yang baik. Tari ball-room. Dr. latihan fisik (BBTT) dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit osteoporosis. brokoli. Berjemurlah di bawah sinar matahari selama 30 menit pada pagi hari sebelum jam 09. yang juga sering dilakukan ketika seseorang sedang berkebun. latihan inti selama 20-60 menit.makanan sehari-hari yang kaya kalsium seperti ikan teri. swing atau hip-hop bisa membantu memperbaiki keseimbangan serta postur tubuh. Olahraga air: Banyak jenis olahraga air yang dapat memberikan latihan yang sesungguhnya di butuhkan oleh tulang. tak heran bila olah fisik seperti ini sangat berguna bagi kesehatan tulang. lengan. benar. Konsumsi kopi. Hindari obat-obatan tertentu . terukur dan teratur (BBTT). Untungnya. Latihan yang baik artinya latihan terbagi menjadi 3 sesi yaitu pemanasan & peregangan selama 10-15 menit. Sp. keju dan kacang-kacangan. Misalnya olahraga layar dan selancar yang membuat tubuh banyak bergerak. 3. Sehingga. Hiking: Mendaki ke atas bukit dapat memberikan banyak beban pada otot.

Hindari obat-obatan golongan kortikosteroid. Jika tidak ada obat lain. Umumnya steroid ini diberikan untuk penyakit asma. . lupus. Waspadalah penggunaan obat antikejang. maka obat-obatan tersebut dapat dikonsumsi dengan dipantau oleh dokter. Edit laman ini (jika Anda punya izin)–Diterbitkan oleh Google Documents–Laporkan Penyalahgunaan –Dimutakhirkan secara otomatis setiap 5 menit . keganasan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful