P. 1
laporan keuangan yayasan

laporan keuangan yayasan

|Views: 316|Likes:
Published by ulansafitri
Smart Counceling Center (SCC)
Smart Counceling Center (SCC)

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: ulansafitri on Apr 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2015

pdf

text

original

Bismilahirrohmanirrohim

Ulansafitri@gmail.com_univ TRILOGI

Agenda

1. 2. 3. 4.

Pentingnya laporan keuangan Flow Chart keuangan Pelaporan dan Penyajian Contoh Keputusan Manajemen
2

Ulansafitri@gmail.com_univ TRILOGI

Tujuan Laporan keuangan
 Tujuan utama menyediakan informasi yang relevan untuk memenuhi kepentingan para penyumbang, Manajemen Yay, kreditor, dan pihak lain yang menyediakan sumber daya bagi yay.

Informasi :
• • • Jumlah dan sifat aktiva, kewajiban, dan aktiva bersih suatu organisasi. Pengaruh transaksi, peristiwa dan situasi lainnya yang mengubah nilai dan sifat aktiva bersih. Jenis dan jumlah arus masuk dan arus keluar sumber daya dalam satu periode dan hubungan antara keduanya. Cara suatu organisasi mendapatkan dan membelanjakan kas, memperoleh pinjaman dan melunasi pinjaman, dan faktor lainnya yang berpengaruh pada likuiditasnya

Ulansafitri@gmail.com_univ TRILOGI

-LAP.POSISI KEUANGAN -LAP.AKTIVITAS & LAP.ARUS KAS

Posisi Keuangan Menampilkan nilai dari aktiva, kewajiban dan aktiva bersih sampai dengan waktu tertentu. Aktivitas Menampilkan besarnya pendapatan dan biaya-biaya yang dikeluarkan termasuk biaya atas program beserta masing-masing batasannya dalam suatu periode tertentu. Juga menampilkan jumlah atas periode lalu. Arus kas Menampilkan arus kas yang terdiri dari penerimaan dan pengeluaran kas untuk masing-masing kategori pada periode tertentu.

Ulansafitri@gmail.com_univ TRILOGI

Catatan
Terikat Dana sumbangan hanya boleh digunakan untuk kegiatan atau program tertentu sesuai dengan kesepakatan antara lembaga dengan sumber dana dan bersifat tetap dimana saldo dana tersebut tidak boleh berkurang.(versi PSAK 45) Contoh : dana titipan. Terikat Sementara Dana sumbangan belum ditentukan statusnya oleh penyumbang atau dana sumbangan untuk kegiatan program dalam durasi tertentu. Contoh : sumbangan untuk kegiatan. Tidak Terikat Dana sumbangan tidak ditentukan untuk tujuan tertentu atau program tertentu oleh penyumbang dimana lembaga bebas mengalokasikan penggunaan dana tersebut. Contoh : kontribusi swadaya

5
 Ulansafitri@gmail.com_univ TRILOGI

Tujuan Laporan Aktivitas
 Tujuan utama laporan aktivitas adalah menyediakan informasi  mengenai :
 pengaruh transaksi dan peristiwa lain yang mengubah jumlah dan sifat aktiva bersih,  hubungan antar transaksi, dan peristiwa lain,  bagaimana penggunaan sumber daya dalam pelaksanaan berbagai program atau jasa,

 Informasi dalam laporan aktivitas, yang digunakan bersama dengan pengungkapan informasi dalam laporan keuangan lainnya, dapat membantu para penyumbang, anggota organisasi, kreditur dan pihak lainnya untuk:
 mengevaluasi kinerja dalam suatu periode,  menilai upaya, kemampuan, dan kesinambungan organisasi dan memberikan jasa,  menilai pelaksanaan tanggung jawab dan kinerja manajer.

Laporan lain yang dibutuhkan
Laporan Umum
Buku Kas Buku Bank Buku Besar Aktiva Tetap Menampilkan transaksi kas pada periode tertentu. Menampilkan transaksi bank pada periode tertentu. Menampilkan transaksi menurut jenis kelompok dan golongannya masing-masing. Menampilkan nilai aktiva tetap sampai dengan waktu tertentu.

Laporan Kegiatan
Daftar Sumbangan Status Anggaran Program Menampilkan besarnya sumbangan oleh donor maupun program pada periode tertentu. Menampilkan besarnya penerimaan dana, alokasi dana dan penyerapan dana pada tiap-tiap program berikut prosentasenya dalam suatu periode.

Status Anggaran Proyek

Menampilkan besarnya penerimaan dana, alokasi dana dan penyerapan dana pada tiap-tiap proyek berikut prosentasenya dalam suatu periode.

Penerimaan dan Pengeluaran Dana

Menampilkan arus kas yang terdiri dari penerimaan dan pengeluaran dana untuk masing-masing kategori di tiap-tiap periode tertentu.

Buku Kas Program Status Dana Program

Menampilkan transaksi yang melibatkan program tertentu pada periode tertentu. Menampilkan besarnya penerimaan dan pengeluaran program pada periode tertentu.

Sistem Alur Keuangan

8

9

10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->