Rancangan Proses Pembelajaran (RPP

)

Adhesi, Kohesi, dan Kapilaritas
O L E H

Serius Sembiring 4103121066

Kohesi 3.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMP Mata Pelajaran : Fisika Kelas/Semester : VII/I Materi pokok : Zat dan Wujud Zat Sub Materi Pokok : 1. Kapilaritas . Adhesi 2.

KOMPETENSI DASAR Menganalisis sifat-sifat Adhesi. Kohesi .STANDAR KOMPETENSI Memahami wujud zat dan perubahannya.dan Kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari .

Mendeteksi pengaruh gaya adhesi terhadap peristiwa kapilaritas (C4) . a. kohesi.Indikator 1. Mencontohkan peristiwa adhesi. Memahami istilah adhesi. dan kapilaritas 3. kohesi. dan kapilaritas (C2) 2. Menyelidiki perbedaan meniscus cembung dan meniscus cekung dan hubungannya dengan adhesi dan kohesi (C3) 4. Produk 1.

3. b. berdiskusi dengan teman sekelompok untuk menggali contoh dari adhesi. dan kapilaritas. kohesi. dan kapilaritas 2. kohesi. Melakukan percobaan tentang adhesi dan kohesi untuk mengetahui meniskus pada permukaan zat cair 4.1. Proses 1. Mengamati percobaan kapilaritas dengan seksama . Membaca buku tentang materi adhesi.

kritis. Afektif 1. dan logis. bekerja teliti.2. Keterampilan sosial: bekerjasama.menyampaikan pendapat. menjadi pendengar yang baik. mengajukan pertanyaan. dan menanggapi pendapat orang lain . serta berperilaku santun 2. Karakter: Berpikir kreatif. dan bertang gung jawab.

Hasil Percobaan 5.3. Psikomotorik 1. Menyiapkan alat dan bahan 2. Merancang percobaan 3. Keaktifan dalam kelompok . Melaksanakan percobaan 4.

siswa dapat Memahami istilah adhesi.siswa diharapkan bisa Mencontohkan peristiwa adhesi. dan kapilaritas . serta mengerjakan tugas . dengan melakukan diskusi. dan kapilaritas 2.Tujuan Pembelajaran 1) Produk : Siswa dapat : 1. kohesi. melalui buku pedoman dan penjelasan Guru. tanya-jawab. kohesi.

siswa dapat Menyelidiki perbedaan meniscus cembung dan meniscus cekung dan hubungannya dengan adhesi dan kohesi 4. dengan melakukan percobaan.3. setelah mengamati dengan cermat proses percobaan/Eksperimen kapilaritas. siswa dapat mendeteksi adanya pengaruh gaya adhesi terhadap peristiwa kapilaritas .

2) Proses Disediakan seperangkat alat percobaan dan LKS mengenai Adhesi.Kohesi. . dan Kapilaritas dimana siswa dapat melakukan percobaan untuk menyelidiki berbagai peristiwa.

dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi . menjadi pendengar yang baik. kritis. dan berperilaku santun 2. dan logis.3) Afektif : 1. keterampilan social : Bekerjasama dalam kegiatan kelompok ataupun dan aktif menyampaikan pendapat. jujur. bekerja teliti. Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter : berpikir kreatif.

4) Psikomotorik 1. teliti dalam melakukan percobaan 4. aktif dalam berkelompok . akurat dalam mengumpulkan hasil pengamatan dalam percobaan 5. terampil dalam menyiapkan alat dan bahan percobaan 2. cermat dalam merancang percobaan 3.

Materi Pembelajaran .

Tanya-jawab .Model dan Metode pembelajaran Model Pembelajaran : Cooperative learning tipe STAD (Student Team Achivement Division) Metode Pembelajaran : .Instruksi .Ceramah .Eksperimen .Diskusi kelompok .Penugasan .

Mangunwiyoto.E. 2007 Praktikum dan alat/bahan praktikum b. Lembar . Sumber Belajar a. 2007. Jakarta : Penerbit Erlangga . PokokPokok Fisika Smp. Widagdo.

F. Alat/Bahan     Minyak makan Air Aqua gelas Tissue .

Kegiatan Belajar Mengajar (2x45 menit) .G.

Penilaian Teknik penilaian : Tertulis Bentuk penilaian Teknik :    : Pilihan Berganda Penilaian Produk Penilaian Kinerja Penilaian Afektif .H.

Thanks .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful