P. 1
PERANCANGAN TURBIN PLTMH KAPASITAS 1 X 12 KW.pptx

PERANCANGAN TURBIN PLTMH KAPASITAS 1 X 12 KW.pptx

|Views: 142|Likes:
Published by ghie90
asdqwezxc
asdqwezxc

More info:

Categories:Types, Research
Published by: ghie90 on Apr 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2013

pdf

text

original

PERANCANGAN TURBIN PLTMH KAPASITAS 1 X 12 KW SUNGAI CIAWI KEC CISEWU KAB GARUT

Anggi Aulia Rahman 091724004

Kabupaten Garut.Tujuan Perancangan turbin PLTMH kapasitas 1x12 kW di Sungai Ciawi. Kecamatan Cisewu. .

maka diperlukan batasan – batasan masalah sebagai berikut : ∗ Tahapan dalam perancangan PLTMH secara umum. Kecamatan Cisewu. Kabupaten Garut.Rumusan Masalah Untuk memfokuskan agar permasalahan yang diamati tidak meluas dan tidak menyimpang dari sasaran serta tema pokok permasalahan. ∗ Perancangan PLTMH dilakukan di Sungai Ciawi. Kecamatan Cisewu. ∗ Fokus pada perancangan turbin PLTMH di Sungai Ciawi. . Kabupaten Garut. ∗ Perancangan tidak meliputi perhitungan parameter geologi dan sipil.

∗ Perancangan turbin pada sistem pembangkit listrik tenaga mikrohidro di Sungai Ciawi.Tujuan Perancangan ∗ Perancangan sistem pembangkit listrik tenaga mikrohidro 1x12 kW di Sungai Ciawi. . Kabupaten Garut. Kecamatan Cisewu. Kecamatan Cisewu. Kabupaten Garut.

∗ Perbaikan dan Penyempurnaan Bila terdapat beberapa kesalahan yang masih dapat diperbaiki. Selain itu perancangan dari turbin juga disajikan pada bab ini. jurnal internet. maka pada tahap ini dilakukan usaha untuk memperbaiki dan menyempurnakannya. ∗ Analisis dan Evaluasi Tahap ini diperlukan untuk mengevaluasi desain dari PLTMH dan turbin yang telah dirancang sebelumnya. ∗ Pembuatan laporan Pembuatan laporan disampaikan secara deskriptif dilengkapi dengan hasil analisis sistematis. . atau datasheet mengenai PLTMH. ∗ Perancangan Kegiatan ini dilakukan untuk merancang desain PLTMH. teori dan rancangan dari sistem dan subsistem yang akan dibuat. ∗ Bimbingan Kegiatan ini dilakukan untuk mendiskusikan dengan pembimbing mengenai konsep.Metodologi ∗ Studi Literatur Kegiatan ini dilakukan untuk mencari literatur baik buku – buku.

PLTMH Secara Umum .

Komponen Dasar PLTMH ∗ Penyalur air (saluran. atau penstok) ∗ Turbin atau kincir air (mengubah energi air menjadi energi putaran) ∗ Alternator atau generator (mengubah energi putaran menjadi energi listrik) ∗ Regulator (kontrol dari generator) ∗ Wiring (mendistribusikan listrik) . pipeline.

air disalurkan melalui beberapa komponen yang mengatur aliran dan mengurangi lumpur. Komponen ini merupakan headrace.Penyalur Air Sebelum air memasuki turbin atau kincir air. pipeline atau penstok). forebay dan alat pembawa (saluran. .

. Air yang mengalir mengenai blade dari turbin. hampir seperti kincir air.Turbin Turbin merupakan yang paling cocok untuk digunakan sebagai komponen dalam sistem hidropower pembangkitan listrik skala kecil. untuk memutarkan poros. Ada 2 jenis turbin secara umum yaitu turbin impuls dan reaksi. Namun turbin memiliki konstruksi yang lebih kompak.

Jenis turbin ini bergantung pada kecepatan dari air untuk menggerakkannya. .Turbin impuls Impuls turbin merupakan jenis turbin yang umum digunakan untuk sistem mikrohidro jenis high head. yang biasa disebut runner. Jenis yang umum dari turbin impuls adalah Pelton dan Turgo.

Turbin Reaksi Turbin reaksi bergantung pada tekanan untuk menghasilkan energi. Namun ada pengecualian untuk jenis turbin propeler yang bisa dibuat dalam berbagai desain. . Semua blade dari turbin reaksi dikondisikan selalu bersinggungan dengan air secara tetap. Turbin jenis ini umumnya digunakan didalam pembangkit berskala besar. Turbin propeler biasanya memiliki 3 atau 6 blade. biasanya proyek mikrohidro jarang menggunakan turbin jenis ini. Karena sangat kompleks dan mahal.

.Generator Generator adalah salah satu mesin listrik yang berfungsi untuk merubah energi mekanik atau gerak yang berupa putaran menjadi energi listrik. Prinsip kerjanya adalah ketika rotor dari generator diputar dan diberi tegangan eksitasi atau penguatan maka belitan stator akan terinduksi dan menghasilkan emf (electro motive force) atau lebih dikenal dengan ggl (gaya gerak listrik) pada masing–masing fasanya.

Secara umum. proses pemilihan harus berdasarkan perbandingan harga dan perhitungan performansi dari perusahaan yang kompeten dari beberapa turbin yang sesuai. turbin yang menghasilkan putaran poros yang tinggi untuk head dan aliran yang ada akan menghasilkan biaya yang rendah. .Aplikasi Turbin Kombinasi dari head lokasi beserta alirannya akan menentukan tipe turbin yang akan menghasilkan daya secara efisien. Untuk kondisi dimana tipe turbin yang berbeda bisa diaplikasikan.

Faktor Pemilihan Turbin Pada tahap awal. . ∗ Faktor daya (Power) yang diinginkan berkaitan dengan head dan debit yang tersedia. pemilihan jenis turbin dapat diperhitungkan dengan mempertimbangkan parameterparameter khusus yang mempengaruhi sistem operasi turbin. ∗ Kecepatan (Putaran) turbin yang akan ditransmisikan ke generator. yaitu : ∗ Faktor tinggi jatuhan air efektif (Net Head) dan debit.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->