LAPORAN IDENTIFIKASI MASALAH PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA N 1 Bregas, Kabupaten Semarang A. Masalah belajar siswa di sekolah 1.

Bagaimana nilai KKM dalam pembelajaran biologi di SMA N 1 Bregas? Jawab: KKM Mata pelajaran Biologi di SMA N 1 Bregas untuk kelas X adalah 70 2. Bagaimanakah motivasi siswa dalam pembelajaran biologi ? Jawab : Motivasi belajar biologi pada siswa kelas X masih rendah, hal ini dikarenakan masih dalam fase peralihan dari SMP ke SMA. Karena materinya di SMP terbilang masih sederhana, meskipun di SMP sudah dipelajari tetapi dasarnya saja tidak seperti di SMA yang materinya labih mendalam. sedangkan pada kelas XI motivasi siswa sudah meningkat karena sudah terprogram mulai penjurusan. Untuk meningkatkan motivasi terhadap mata pelajaran biologi, biasanya guru Mengajak ke pabrik berkaitan dengan masalah lingkungan. Kalau ada pabrik kepekaannya bagaimana, mengenai fermentasi yg menyengat tetapi tidak terlalu menyekat seperti tekstil. Kemudian bagaimana. Dilingkungan tsb jg banyak kos-kosan yang kumuh, itu jg dijadikan sebagai gambaran yang berkaitan dg mata pel biologi yang berhubungan dgan masalah lingkungan. 3. Bagaimana keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan dan pendapat? Jawab: Keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan dan berpendapat tergolng masih rendah Karena hanya beberapa siswa yang aktif dan berani untuk bertanya dan mengemukakan pendapat. 4. Bagaimana ketrampilan siswa menggunakan mikroskop dan alat-alat lain dalam praktikum biologi? Jawab: Penggunaan miroskop terutama pada siswa kelas X karena dikelas XI tidak ada praktikum yang menggunakan mikroskop. Bisa dibilang terampil mengoperasikannya. Seringkali siswa siswa kelas X belum kesulitan dalam masih

mengoperasikan mikroskop. Beberapa kemungkinan dikarenakan ketika di SMP mereka belum terbiasa menggunakan mikroskop.
1

5. Bagaimana kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran biologi? Jawab: Kemampuan berpikir kritis tergolong masih rendah. Bagaimana rasa ingin tahu siswa tentang fenomena biologi? Jawab: Rasa keingintahuan siswa tentang biologi 10. Bagaimana kemampuan siswa bertukar pendapat /diskusi dalam pembelajaran biologi? Jawab: Kemampuan berpendapat dan diskusi masih rendah. Bagaimana minat kewirausahaan siswa? Jawab: Minat kewirausahaan siswa sudah cukup terlihat. 9. Bahkan guru menawarkan les gratis tetap saja banyak siswa yang kurang minat/ tidak ada yang hadir. Lalu memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan penelitian dilingkungan sekitar sekolah terkait dengan materi. guru sering memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran. 7. 2 . Banyak siswa yang menitipkan makanan di koperasi dan beberapa ada yang mengajarkan keterampilan. 8. Hal ini kemungkinan dikarenakan mayoritas kondis siswa tersebut berasal dari keluarga menengah kebawah (ekonomi rendah) sehingga perhatian orang tuanya terhadap pendidikan atau masalah anaknya kurang . Bagaimana kemampuan siswa menggunakan media on line dalam pembelajaran biologi? Jawab: Beberapa siswa sudah mampu memanfaatkan media on line. 6.Berbeda dengan sekolah yang lebih maju. Siswa belum peka terhadap lingkungan sekitar. 11. Oleh karena itu guru selalu memberikan stimulus memberikan pertanyaan terlebih dahulu sehingga siswa menjadi lebih terbuka. Bagaimana ketrampilan proses sains /eksperimen dalam pembelajaran biologi? Jawab: Sudah cukup baik. terutama siswa yang sudah memiliki laptop. Bagaimana kepedulian siswa terhadap pelestarian lingkungan? jawab: Kepekaan siswa terhadap pelestarian lingkungan masih rendah.

torso. yang ternting essensinya sama. lingkungan sekitar. model. Apakah guru pernah berkreasi membuat media pembelajaran sendiri? Jawab : Guru belum menggunakan media pembelajaran. sehingga sering digunakan guru sebagai media dalam 3 . 3. 2. Metode pembelajaran apakah yang digunakan guru dalam pembelajaran biologi? Jawab: ceramah. torso dan lain-lain) Jawab : Ketersediaan sarana dan prasarana untuk proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Bergas sudah terbilang lengkap dan memadai. tetapi guru tidak mewajibkan kepada siswa membeli yang baru. Sehingga buku paket antara siswa yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. CD. Karena jenis-jenis tanaman dlingkungan sekitar sekolah cukup memadai. Hanya saja tanaman disekitar sekolah tersebut belum diberi labeling nama ilmiahnya. spesies tanaman/hewan yang dibawa ke kelas. Serta dalam proses pembelajaran mata pelajaran Biologi sudah cukup terpenuhi seperti : laboratorium Biologi yang tersedia berbagai charta. Lingkungan disekitar sekolah cukup memadai terutama jumlah tanamannya yang cukup banyak dan variatif. Sumber belajar apakah yang banyak digunakan guru dalam pembelajaran biologi? (buku.B. guru sering meminta mahasiswa PPL untuk membuat media pembelajaran. Guru membebaskan siswa menggunakan buku paket apa saja. Desain dan strategi pembelajaran di kelas 1. diskusi. tidak mengharuskan sama. 4. laboratorium dan lain-lain) Jawab : Guru memiliki pegangan buku paket biologi sebagai sumber belajar. White Board. Oleh karena itu ketika ada mahasiswa yang PPL. buku panduan atau buku paket dari sekolah dan sumber-sumber lain yang relevan tersedia di perpustakaan. Kelengkapan media pembelajaran sudah dimiliki seperti : LCD ( liquid crystal display) proyektor. Guru lebih sering memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran misalnya terkait materi tumbuhan. Media pembelajaran apakah yang digunakan guru dalam pembelajaran biologi? (charta. artikel dari media cetak/elektronik/on line. contekstual teaching learning.

8. Misalnya dengan memberikan tugas observasi ke sawah atau ke pabrik atau di lingkungan yang kumuh kemudian siswa diminta untuk menganalisis dan mencari solusi permasalahannya. nelayan. 9. Guru selalau mengkaitkan materi pembelajaran biologi dengan lingkungan disekitar mereka.00 WIB sepulang sekolah. 6. Apakah siswa2 sering mengikuti kegiatan kompetisi dalam bidang biologi? Jawab: 4 .pembelajaran biologi. Jumlah tanaman yang tersedia cukup banyak dan sangat variatif. Sedangkan penggunaan media elektronik jarang dilakukan oleh guru maupun siswa. mayoritas mata pencahariaan orang tua mereka adalah petani. Hal ini dapat digunakan sebagai sumber belajar yang kontekstual. Pelajaran muatan lokal apakah yang diberikan sejalan dengan perkembangan iptek dan sesuai dengan jati diri daerah? Jawab : Muatan lokal yang diberikan meliputi bahasa jawa guna melestarikan kebudayaan dan Komputer guna meningkatkan keterampilan siswa dibidang teknologi. Sehingga guru selalu memanfaatkan lingkungan disekitar sekolah sebagai sumber belajar biologi. karena mayoritas tempat tinggal siswa jauh dari sekolah sehingga dipindahkan menjadi siang. 7. Apakah dilakukan program bimbingan belajar ekstra untuk siswa yang mau menghadapi ujian nasional? Jawab : Program bimbingan belajar ekstra untuk siswa yang mau menghadapi ujian nasional di laksanakan jam 14. Bagaimana latar belakang ekonomi/ kehidupan orang tua siswa ? apakah mayoritas petani. 5. Bagaimana kondisi lingkungan sekitar sekolah ? apakah bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi? Jawab : Kondisi lingkungan disekitar sekolah bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa. Dahulu diadakan jam ke 0. dll ? apakah bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang kontekstual? Jawab: Mayoritas latar belakang ekonomi orang tua siswa mengengah ke bawah.

Apakah guru melaksanakan remedial teaching untuk membantu siswa yang bermasalah? Jawab : Guru melaksanakan remedial teaching untuk membantu siswa yang bermasalah. Pembelajaran yang interaktif dan tidak monoton karena metode yang di gunakan selalu berganti itu semua agar memudahkan siswa dalam memahami setiap materi pelajaran. Proses pembelajaran sudah baik.Siswa sering mengikuti beberapa kegiatan kompetisi dalam bidang biologi. Tiga tahun yang lalu ada yang juara OSN dibidang Biologi. ng pernah dilakukan ? Jawab : Ya. 2. meliputi tanaman jenis Paku-pakuan. menurut siswa menarik atau membosankan? Jawab : Kualitas dari guru biologi sangat baik dan profesional di bidangnya dalam proses pembelajaran yang di ampu oleh ibu Christiana I. karena guru selalu mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Apakah guru berupaya membuat proses pembelajaran di kelas menjadi menarik ? upaya-upaya apa ya 13. LDS. Bagaimanakah keberadaan sumber belajar berikut Jawab : 5 . 12. LKS.Pd. Panduan praktikum 11. S. Bagaimanakah jenis dan jumlah tanaman dalam kebun/halaman sekolah? Jawab : Jenis tanaman variatif. 10. angiospermae. 14. guru selalu berupaya membuat proses pembelajaran dikelas menarik seperti penggunaan media powerpoint. Apakah cara mengajar guru. C. gymnospermae dan sebagainya. Fasilitas belajar 1. Buku-buku apakah yang digunakan siswa dalam pembelajaran? Jawab : Buku paket dari Depdiknas. Sebagai pengampu mata pelajaran Biologi Kelas X dan XI SMA Negeri 1 Bergas.

Namun beberapa torso seperti organ telinga. Bagaimana kondisi Alat-alat praktikum biologi Jawab : Kondisi alat-alat cukup memadai sesuai yang dibutuhkan. buku . Bagaimana koleksi Kebun sekolah ? Jawab : Tersedia rumah teduh dengan koleksi tanaman yang memadai dan kolam. Terdapat LCD. Terdapat CD pembelajaran yang lengkap serta tersedia Akses internet 8. rangka dan sebagainya masing-masing berjumlah satu. Bagaimana Bahan-bahan praktikum biologi Jawab : Bahan-bahan praktikum cukup memadai jumlahnya (belum sesuai dengan jumlah siswa). Sistem asesmen dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran 1. 5. Ruang multimedia. majalah edukatif cukup memadai. Terdapat TV. lembar observasi untuk menilai 6 . Bagaimana Ruang laboratorium biologi Jawab : Khusus dalam ruang tersendiri 4. 6. Instrumen tes apa sajakah yang digunakan guru dalam pembelajaran biologi ? Jawab : Instrumen yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran biologi meliputi tes tertulis. Ranah afektif / sikap dan Ranah psikomotorik / ketrampilan 3. Koran. 3.Sarana Perpustakaan dengan koleksi. 2. Bagaimanakah keberadaan media pembelajaran berikut. 7. Jawab : Keberadaan Sarana dan Prasarana sudah memadai meliputi Charta . tes lisan . pertanyaan dalam LKS/LDS. mata. Apakah guru melakukan pre-tes sebelum pertemuan tatap muka? Jawab : Kadang Penilaian dalam ranah apa sajakah yang dilakukan guru? Jawab : Penilaian meliputi Ranah kognitif.

aktivitas dalam pmbelajaran di kelas/ lab. Apakah hasil ulangan siswa selalu dikembalikan kepada siswa? Jawab : Tidak selalu 5. lembar penilaian makalah dan lembar penilaian presentasi 4. lembar penilaian laporan kegiatan/praktikum. Apakah soal ulangan selalu dibahas oleh guru bersama siswa? Jawab : Tidak selalu 7 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful