EKOSISTEM ALAM

Konsep ekosistem di perkenalkan oleh Sir Artur Tesley seorang ahli ekologi di Britain pada tahun 1935. Istilah"ekosistem" berasal dari perkatan oikos dalam Bahasa Yunani bermaksud rumah atau tempat tinggal . ekosistem merujuk kepada satu sistem dimana dua komponen , Iaitu hidup dan bukan hidup saling bertindak balas , komponen hidup terdiri daripada manusia haiwan dan tumbuhan termasuk hidupan seni . Komponen bukan hidup pula terdiri daripada unsur-unsur udara ,cahaya ,air,dan tanih. Kesemua komponen itu mempunyai fungsi tertentu. Setiap unsur bagi komponen saling bergantungan untuk mewujudkan keadaan seimbang. Bagi komponen hidup dalam ekosistem, individu sesuatu spesies yang berkumpul dikenali sebagai populasi. Populasi-populasi spesies berlainan mewujudkan komuniti kelompok -kelompok komuniti seperti hutan, padang rumput , burung, ikan lain -lain komponen komponen hidupan , komponen bukan hidup yang meliputi udara ,cahaya matahari dan tanih merupakan alam fizikal sebagai habitat . Ekosistem adalah satu sistem yang dinamik. Sekiranya satu unsur dalam ekosistem berubah maka kesuluruhan ekosisitem akan terganggu. Sebagai contoh jika hujan di suatu kawasan semakin kurang dalam masa panjang keadaan tumbuh-tumbuhan dan hidupan liar di kawasan itu akan berubah ini disebabkan suatu ekosistem sentiasa cuba menyesuaikan dan mengekalkan keseimbangannya. Dengan ini adalah menjadi tanggungjawab kita sebagai anggota masyarakat untuk menjaga keseimbangan ekosistem di kawasan kita.

akhluk hidup Dalam Ekosistem Alam
December 2nd, 2009 “Ilmu lingkungan adalah ilmu inter-disipliner untuk mengukur dan menilai perubahan dan dampak kegiatan manusia terhadap ekosistem; sedemikian rupa sehingga manusia dapat mengelola ekosistem tersebut demi kelulushidupan (survival)-nya sendiri” (Johnson 1977).

hidrosfer.tumbuhan. Ekosistem adalah suatu kesatuan dinamis yang terdiri dari berbagai spesies makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya. maka kita perlu terlebih dahulu memahami sistem lingkungan dimana kita berada. Bagi setiap makhluk hidup. mengembangkan teknologi dan memanipulasi alam Kegiatan manusia yang mempengaruhi laju & keseimbangan daur N: • Penggunaan pupuk •Pembakaran hutan •Pencemaran (NOx) . komponen ekosistem: (1) menyediakan sumber daya untuk kebutuhan hidup.Sumber: Matahari DAUR MATERI. hewan. manusia dapat memperlebar kisaran toleransinya karena kemampuannya untuk berpikir. Faktor kimiawi 2. litosfer)tertentu dan terbatas HUKUM TOLERANSI: Kehadiran. memiliki komponen dan menjalankan fungsi/ proses tertentu yang saling berkaitan dan bergantung satu dengan yang lainnya. Jumlah materi di alam (atmosfer. dan (2) membentuk kondisi lingkungan KOMPONEN EKOSISTEM BIOTIK Manusia. SUHU AIR SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR LINGKUNGAN ABIOTIS Berbeda dengan makhluk hidup yang lain. Faktor fisis FUNGSI EKOSISTEM ALIRAN ENERGI. KISARAN TOLERANSI POPULASI IKAN HIU THD. kelimpahan dan penyebaran suatu spesies dalam ekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumber daya serta kondisi factor kimiawi dan fisis yang harus berada dalam kisaran yang dapat ditoleransi oleh spesies tsb.mikroorganisme ABIOTIK 1.Prinsip dasar ilmu lingkungan: manusia pada hakekatnya adalah bagian dari lingkungan alam (ekosistem) dimana ia hidup Apabila kita ingin menanggulangi permasalahan lingkungan. baik lingkungan biotik maupun abiotik (materi dan energi).

Ekosistem binaan/terbangun (kota. dll. ikan dan pohon bunga matahari. burung. Peralihan antara daratan dan perairan: lahan basah (rawa. . Faktor biotik lain adalah mikroba dan organism lain yang a. desa. gurun pasir. populasi ganggang dan populasi hewan di sekitarnya membentuk komunitas terumbu karang. udara atau pada organisme lain. sungai.l. Ekologi adalah ilmu yang mendasari Pengetahun Lingkungan CONTOH EKOSISTEM Daratan: hutan tropis.  Komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. dll. Contoh populasi:  o o  Di sebuah kolam. Contoh individu adalah kambing. populasi dan komunitas. Perairan (akuatik): danau.  Individu adalah makhluk hidup tunggal. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. savana. teratai. lahan pertanian. ada ikan. Ekosistem juga dapat dibedakan menjadi: A. air. Perubahan terhadap salah satu komponen akan mempengaruhi komponen lainnya. ada harimau. populasi dan komunitas. hutan konifer. yaitu individu. Satuan makhluk hidup dalam ekosistem Ekosistem tersusun atas semua makhluk hidup. Di hutan hidup. manusia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan / ekosistemnya. Ekosistem alami B. laut. pohon singkong. kijang. tikus. Contoh komunitas adalah populasi ikan. lahan pertanian) Ekosistem Alami mengalami proses-proses perubahan secara alami tanpa campur tangan manusia Ekosistem Binaan membutuhkan pengelolaan dan penambahan energi/materi oleh manusia agar dapat dipertahankan dalam kondisinya Hubungan keterkaitan dan ketergantungan antar keenam komponen ekosistem ini harus dipertahankan dalam kondisi yang stabil dan seimbang. hutan bakau pesisir). Kita akan memberi penjelasan masing-masing tentang individu. berperan dalam penguraian bahan organik.Dalam ilmu lingkungan. dan dapat ditemukan di tanah.

[sunting] Komponen biotik Komponen biotik ekosistem terdiri dari semua makhluk hidup yang berada dalam suatu ekosistem. bioma padang rumput. Dapat dikatakan juga bahwa bioma terdiri dari ekosistem-ekosistem.komponen abiotik menyediakan nice atau relung untuk komponen abiotik sebagai habitanya. .dan lain-lain./ sehingga dengan demikian akan terjadi interaksi antara komponen abiotik dan biotik. Ekosistem darat yang mencakup daerah luas disebut bioma. [sunting] Ekosistem buatan Ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia. ekosistem kebun dan lain sebagainya. yaitu komponen biotik dan komponen abiotik.[sunting] Macam-macam ekosistem Macam-macam ekosistem menurut proses terbentuknya yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Contoh ekosistem perairan adalah ekosistem danau. Contoh ekosistem darat adalah ekosistem hutan. misalnya manusia.musim. Contoh ekosistem buatan adalah ekosistem kolam. Setiap komponen memiliki peranan tertentu yang membuat kehidupan dalam ekosistem seimbang. [sunting] Komponen-komponen ekosistem Ekosistem alami dan ekosistem buatan dibentuk oleh dua komponen. Contohnya adalah bioma hutan hujan tropis. yaitu ekosistem darat dan ekosistem perairan. ekosistem akuariun. [sunting] Ekosistem alami Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alami tanpa adanya campur tangan manusia.air. [sunting] komponen abiotik merupakan komponen ekosistem yang berupa benda mati yang didalamnya mencakup habitat. Komponen biotik sangat beraneka ragam. tumbuhan. Peranan itu berkaitan dengan cara makhluk hidup memenuhi kebutuhan makannya. ekosistem rawa dan lain sebagainya. hewan dan mikroorganisme. Semua ekosistem yang ada di bumi beserta atmosfer yang melingkupinya saling berinteraksi membentuk biosfer atau ekosistem dunia. Ekosistem alami dibedakan menjadi 2.suhu. bioma padang pasir dan bioma tundra. tanah.

kelimpahan dan penyebaran suatu spesies dalam ekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumber daya serta kondisi factor kimiawi dan fisis yang harus berada dalam kisaran yang dapat ditoleransi oleh spesies tsb. Ekosistem adalah suatu kesatuan dinamis yang terdiri dari berbagai spesies makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya. komponen ekosistem: (1) menyediakan sumber daya untuk kebutuhan hidup. sedemikian rupa sehingga manusia dapat mengelola ekosistem tersebut demi kelulushidupan (survival)-nya sendiri” (Johnson 1977). maka kita perlu terlebih dahulu memahami sistem lingkungan dimana kita berada. memiliki komponen dan menjalankan fungsi/ proses tertentu yang saling berkaitan dan bergantung satu dengan yang lainnya. litosfer)tertentu dan terbatas HUKUM TOLERANSI: Kehadiran.“Ilmu lingkungan adalah ilmu inter-disipliner untuk mengukur dan menilai perubahan dan dampak kegiatan manusia terhadap ekosistem. manusia dapat memperlebar kisaran toleransinya karena kemampuannya untuk berpikir. hewan. mengembangkan teknologi dan memanipulasi alam .tumbuhan. Prinsip dasar ilmu lingkungan: manusia pada hakekatnya adalah bagian dari lingkungan alam (ekosistem) dimana ia hidup Apabila kita ingin menanggulangi permasalahan lingkungan. dan (2) membentuk kondisi lingkungan KOMPONEN EKOSISTEM BIOTIK Manusia.mikroorganisme ABIOTIK 1. Faktor fisis FUNGSI EKOSISTEM ALIRAN ENERGI. Jumlah materi di alam (atmosfer.hidrosfer. Faktor kimiawi 2. KISARAN TOLERANSI POPULASI IKAN HIU THD.Sumber: Matahari DAUR MATERI. baik lingkungan biotik maupun abiotik (materi dan energi). SUHU AIR SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR LINGKUNGAN ABIOTIS Berbeda dengan makhluk hidup yang lain. Bagi setiap makhluk hidup.

. Ekologi adalah ilmu yang mendasari Pengetahun Lingkungan CONTOH EKOSISTEM Daratan: hutan tropis. lahan pertanian. desa.Kegiatan manusia yang mempengaruhi laju & keseimbangan daur N: • Penggunaan pupuk •Pembakaran hutan •Pencemaran (NOx) Dalam ilmu lingkungan. Perairan (akuatik): danau. Ekosistem alami B. udara atau pada organisme lain. manusia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan / ekosistemnya. Peralihan antara daratan dan perairan: lahan basah (rawa. Perubahan terhadap salah satu komponen akan mempengaruhi komponen lainnya.l. Ekosistem juga dapat dibedakan menjadi: A. sungai. Ekosistem binaan/terbangun (kota. gurun pasir. laut. Faktor biotik lain adalah mikroba dan organism lain yang a. air. lahan pertanian) Ekosistem Alami mengalami proses-proses perubahan secara alami tanpa campur tangan manusia Ekosistem Binaan membutuhkan pengelolaan dan penambahan energi/materi oleh manusia agar dapat dipertahankan dalam kondisinya Hubungan keterkaitan dan ketergantungan antar keenam komponen ekosistem ini harus dipertahankan dalam kondisi yang stabil dan seimbang. dan dapat ditemukan di tanah. hutan bakau pesisir). berperan dalam penguraian bahan organik. hutan konifer. savana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful