MAKALAH ANATOMI FISIOLOGI “INDERA PENGLIHATAN (MATA)”

DISUSUN OLEH : SYLVIA ERIN HERSANTI 25010110120041 RI-A

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO 2010

Semarang. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Anatomi Fisiologi. Penyusun harap. Tak lupa penyusun ucapkan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah anatomi fisiologi atas bimbingan dan arahan dalam penulisan makalah ini. Memang makalah ini masih jauh dari sempurna. dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua. Makalah ini ditulis dari hasil penyusunan data-data sekunder yang penulis peroleh dari buku panduan yang berkaitan dengan anatomi fisiologi. dalam hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai. sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Indra Penglihatan (Mata)” ini dengan lancar. maka penyusun mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan menuju arah yang lebih baik. Desember 2010 Penyusun . khususnya bagi penyusun. Juga kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mendukung sehingga dapat diselesaikannya makalah ini. serta infomasi dari media massa yang berhubungan dengan indera penglihatan (mata).KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME atas limpahan rahmat dan karuniaNya kepada penulis.

dll untuk kemudahan dalam mengenali lingkungan sekitar dan juga untuk bergerak. Kita mampu dengan mudah mengenali makanan yang sudah busuk dengan yang masih segar dengan mudah hanya dengan mencium aroma makanan tersebut. telinga. 2. Indera manusia ada lima sehingga disebut panca indera disertai arti definisI. Orang yang tidak memiliki mata disebut buta sehingga butuh bantuan tongkat. Setiap orang normalnya memiliki lima indera atau yang biasa disebut dengan panca indera yang berfungsi dengan baik untuk menangkap rangsangan sehingga dapat memberikan respon sesuai dengan keinginan atau sesuai dengan insting kita. yaitu : 1. Agar rangsangan yang berasal dari luar tubuh dapat ditangkap dibutuhkan alat-alat tubuh tertentu yang bernama indera. . Kita dapat menikmati makanan dan minuman karena adanya indra pengecap ini. bagian tepi depan berfungsi untuk merasakan rasa manis dan bagian lidah yang belakang untuk rasa pahit. Orang yang cacat indra masih bisa hidup namun tidak akan bisa menikmati hidup layaknya manusia normal. Indera Penglihatan / Mata Mata adalah indera yang digunakan untuk melihat lingkungan sekitarnya dalam bentuk gambar sehingga mampu dengan mengenali benda-benda yang ada di sekitarnya dengan cepat. anjing pemandu. Di dalam hidung kita terdapat banyak sel kemoreseptor untuk mengenali bau. rasa asam dan rasa asin. 3. Bagian lidah yang depan berguna untuk merasakan rasa asin. kulit dan lidah. Indera Penciuman / Hidung Hidung adalah indera yang kita gunakan untuk mengenali lingkungan sekitar atau sesuatu dari aroma yang dihasilkan. Jumlah mata manusia ada dua buah yang bekerja saling menunjang satu sama lain. rasa pahit. Indera Pengecap / Lidah Lidah adalah alat indera yang berfungsi untuk merasakan rangsangan rasa dari benda-benda yang masuk ke dalam mulut kita. hidung. Kelima alat indera itu adalah mata. bagian yang sebelah samping untuk rasa asam. Lidah dapat merespon berbagai jenis dan macam rasa seperti rasa manis.BAB I PENDAHULUAN Manusia membutuhkan informasi berupa rangsangan dari lingkungan luar sekitar untuk dapat menjalani hidupnya dengan baik.

dll. Kemoreseptor Kemoreseptor adalah alat indera yang merespon terhadap rangsangan zat kimia yaitu indra pemnciuman (hidung) dan indra pengecap (lidah). dahi. Indera Peraba / Kulit Kulit adalah alat indera kita yang mampu menerima rangsangan temperatur suhu. 2. Pada kulit terdapat reseptor yang merupakan percabangan dendrit dari neuron sensorik yang banyak terdapat di sekitar ujung jari.4. Indera Pendengaran / Telinga Telinga adalah alat indra yang memiliki fungsi untuk mendengar suara yang ada di sekitar kita sehingga kita dapat mengetahui/mengidentifikasi apa yang terjadi di sekitar kita tanpa harus melihatnya dengan mata kepala kita sendiri. Photoreseptor / Fotoreseptor Photoreseptor adalah alat indera yang merespon terhadap rangsangan cahaya seperti indra penglihatan (mata). yakni : 1. tekstur. Orang yang tidak bisa mendengar disebut tuli. bagian tengah dan bagian dalam. sentuhan. Telinga kita terdiri atas tiga bagian yaitu bagian luar. Apabila dibagi ke dalam kelompok alat indera. 5. ujung lidah. rasa sakit. Alat indra kita merupakan aset terpenting tubuh kita oleh sebab itu jagalah kesehatan alat indera kita agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Mekanoreseptor Mekanoreseptor adalah alat indera yang merespon terhadap rangsangan gaya berat. dan lain sebagainya. 3. . tegangan suara dan tekanan yakni indra peraba (kulit) dan indra pendengaran (telinga). maka dapat kita bagi ke dalam tiga grup kelompok. tekanan.

bulu mata. Pelupuk-pelupuk mata adalah lipatan-lipatan kulit yang terletak di depan bola mata. 3. terbalik. Lensa mata bersifat transparan dan elastis yang fungsi nya untuk membiaskan cahaya yang masuk dan memfokuskan bayangan benda pada retina. badan bening dan cairan dalam mata. Lensa mata pada manusia cembung sehingga bayangan benda yang di hasilkan retina adalah nyata.indera penglihatan juga dinamakan fotoreseptor karena mampu menerima rangsang fisik yang berupa cahaya. Pusat penglihatan dalam otak (visural korteks). Susunan indera penglihatan dalam garis besar terdiri dari: 1. Lensa sekeliling tepinya tergantung pada badan siliar dengan perantaraan serabut-serabut halus yang di namakan sabuk siliar. dan diperkecil.BAB II PEMBAHASAN Mata adalah suatu struktur sferis berisi cairan yang di bungkus oleh tiga lapisan dari luar ke dalam. . Kedua mata (the eye). yaitu saluran saraf yang menghubungkan mata dengan otak (the visual pathway). dengan perantaraan serabut-serabut ini badan siliar bersama otot siliar yang terdapat di dalamnya dapat mempengaruhi bentuk lensa (akomodasi). Badan bening menempati ruang di belakang lensa mata disini adalah suatu zat bening yang menyerupai selai. Bidang depan nya kurang melengkung di bandingkan dengan bidang belakang nya. Disamping itu terdapat organ-organ aseseori yang penting untuk melindungi dan mempertahankan fungsi mata. yang terdapat di sekitar lensa antara selaput pelangi dan badan bening. Cairan bola mata mengisi bilik mata depan. Saraf optik. yaitu kelopak mata. serta bilik mata belakang. Alat-alat tambahan mata adalah otot-otot mata yang berguna untuk menggerak kan bola mata. alis dan kelenjar air mata. pelupuk-pelupuk mata serta selaput ikat pelupuk nya dan radas air mata. Isi bola mata terdiri atas lensa. 2. Lensa adalah sabuah benda bening berbentuk cakram yang tergantung di belakang selaput pelangi dan manik mata. yang terletak di antara selaput bening dan selaput pelangi.

Sedangkan sisanya terlindung dalam orbita mata. Corpus siliaris terletak diantara tepi depan retina dengan tepi belakang Iris. Koroid Merupakan menbran tipis yang mengandung pigmen dan melapisi permukaan sebelah dalam sklera. Lapisan luar kornea ditutup oleh lapisan epitel yang berkesinambungan dengan epidermis yang disebut konjungtiva. Koroid mengandung banyak pembuluh darah yang menyalurkan nutrisi ke retina. . terdiri dari: a. berfungsi untuk bagian-bagian dalam bola mata dan untuk mempertahankan kekakuan bola mata. Ligamentum suspensor berfungsi untuk mengatur proses akomodasi lensa mata untuk mendapat kan gambar benda yang jelas pada retina. yaitu: a. bola mata dapat dibedakan menjadi tiga lapisan dari luar ke dalam. Kornea Kornea merupakan selaput bening yang membentuk struktur tembus cahaya yang melapisi bagian anterior bola mata. liat dan putih serta melengkung. b. Lapisan koroid dapat menyerap cahaya yang masuk ke dalam mata. Lapisan Vaskular. Pada kornea tidak di temukan pembuluh darah seperti hal nya pada aqueus humor. Kornea juga merupakan jalan masuk cahaya pada mata dengan menempatkannya pada retina. 2. Dengan ada nya pembuluh darah pada lapisan ini sekaligus menyuplai makanan ke lapisan retina bagian depan lapisan koroid berubah membentuk struktur terpisah yaitu : corpus siliaris. Bagian bola mata manusia yang bertdedah ke permukaan anterior hanya 1/6 (seper-enam) bagian saja. Tersusun oleh jaringan ikat yang kuat. Selaput ini dari dalam dilapisi oleh selaput jala yang mengandung sel-sel indra yang amat rentan terhadap cahaya yang semua nya berguna untuk indra penglihatan dalam arti khusus. ligamentum suspensor dan iris. Secara anatomi. Pada lapisan koroid banyak mengandung pembuluh darah dan pigmen berwarna hitam. Mata merupakan organ penglihat (apparatus visual) yang bersifat peka cahaya (foto sensitif).1. Sklera (selaput putih) Sklera merupakan selaput jaringan ikat yang kuat. vitreous humor dan lensa mata. The Eye Mata merupakan bagian indera yang fungsinya hanya terbatas pada menerima dan menyiapkan rangsang agar dapat diteruskan ke pusat-pusat penglihatan yang terletak di dalam otak.

berisi cairan yang lebih kental (humor viterus). yaitu terkait dengan jumlah dan sifat pigmen yang terkandung di dalamnya. Iris Iris merupakan diafragma yang terletak diantara kornea dan mata. begitu pula sebaliknya. d. Lapisan jaringan saraf pada retina mengandung tiga daerah neuron yaitu: 1) Neuron Fotoreseptor 2) Neuron Bipolar 3) Neuron Ganglion . Pupil yaitu lubang yang terletak di tengah-tengah iris. Iris berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang memasuki mata. diatur oleh otot siliaris. Pada iris terdapat dua perangkat otot polos yang tersusun sirkuler dan radial. ada yang hitam. Lensa Lensa mata berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk dan memfokuskan cahaya pada retina.atau hijau. mengubahnya menjadi impuls saraf dan menghantarkan impuls ke saraf optik (II). merupakan lapisan terdalam yang tersusun oleh sel-sel reseptor batang (bacillus) dan sel-sel reseptor kerucut (konus) dari bola mata. sel-sel yang peka ini terletak di bagian belakang retina dan arah nya membelakangi sumber cahaya. Jumlah dan sifat dari pigmen di dalam nya menentukan warna iris. biru. Ruang yang terletak diantara lensa mata dan retina disebut ruang viterus. coklat.b. Ketika mata berakomodasi untuk melihat benda yang dekat atau cahaya yang terang otot sirkuler berkontraksi sehingga pupil mengecil. c. Iris juga mempengaruhi warna mata seseorang. Retina Retina adalah bagian mata vertebrata yang peka terhadap cahaya. Bagian ini berfungsi untuk menerima cahaya. yang bersama dengan humor akueus berperan dalam memelihara bentuk bola mata. dengan jalan membesarkan atau mengecilkan pupil (menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk). Retina tersusun atas lapisan jaringan saraf (sebelah dalam merupakan bagian visual) dan lapisan berpigmen (sebelah luar merupakan bagian non visual). Lensa berada tepat di belakang iris dan tergantung pada ligamen suspensori. Retina merupakan bagian mata yang paling pekat terhadap cahaya. Bentuk lensa dapat berubah-ubah.

Sel kerucut terpusat pada fovea sentral. 3. kemudian dihantarkan ke neuron bipolar dan diteruskan ke neuron ganglion. ada 6 otot mata yang berfungsi memegang sklera. dan rektus internal). bersesuaian dengan sumbu visual mata. 4 diantara nya disebut otot reflus (rektus inferior. Kotak mata Kotak mata pada tengkorak berfungsi melindungi bola mata dari kerusakan. rektus eksternal. Otot rektus Otot rektus berfungsi menggerak kan bola mata kekanan. Neuron fotoreseptor dapat dibedakan menjadi rods (sel batang) dan cones (sel kerucut). Sel batang mengandung pigmen rodospin yang dikhususkan untuk penglihatan hitam-putih dalam cahaya redup. Konjungtifa Konjungtifa adalah selaput transparan yang melapisi kornea dan di bagian dalam kelopak mata. serta untuk membedakan gelap dan terang serta tidak dapat menghasilkan yang berwarna. 2 lain nya adalah otot obliq atas/superior dan otot obliq bawah/inferior. suatau lekukan kecil pada makula lutea. Bayangan hanya dapat direspon oleh mata. Cahaya yang diterima oleh neuron-neuron fotoreseptor diubah menjadi impuls syaraf. rektus superior. yang dikhususkan untuk melihat benda berwarna dan dapat menghasilkan bayangan yang tajam dalam cahaya terang. jika jatuh pada binti kuning. Makula lutea (bintik kuning) terdapat pada bagian posterior retina. 2. keatas dan ke bawah. Sedangkan sel kerucut mengandung pigmen iodopsin. 1. kekiri. .Neuron fotoreseptor berfungsi untuk menerima stimulus cahaya. Otot mata Otot mata.

Air mata berfungsi sebagai alat pelumas dan pencegah masuk nya organisme ke dalm mata. miopi biasa terjadi pada anak-anak. Penderita presbiopi dapat dibantu dengan lensa rangkap 4. 2. Konjungtiva penuh dengan pembuluh darah dan serabut saraf. Presbiopi Presbiopi atau cacat mata tua.Selaput ini peka terhadap iritasi. Untuk cacat seperti ini penderita dapat ditolong dengan lensa cekung (-). Untuk mencegah kekeringan konjungtiva di basahi dengan cairan yang keluar dari kelenjar mata/kelenjar lakrimal yang terdapat di bawah alis. Sehingga fokus nya tidak sama. lendir dan antiseptik dalam jumlah kecil. 4. mereka hanya dapat melihat benda yang jarak nya dekat. Penderita Hipermetropi dapat ditolong dengan menggunakan lensa cembung (+). 3. Miopi Miopi atau mata dekat adalah cacat mata yang di sebabkan oleh bola mata yang terlalu panjang. Air mata Air mata mengandung garam. disebabkan karena proses penuaaan yang disebabkan karena elastisitas lensa berkurang. Radang pada konjungtiva di sebut konjungtivitis. akibatnya bayang-bayang jatuh tidak pada tempat yang sama (kecembungan kornea tidak merata sehingga bayangan menjadi . Astigmatisma Merupakan kelainan yang di sebabkan bola mata atau lensa permukaan lensa mata mempunyai kelengkungan yang tidak sama. Mekanisme melihat Cahaya → kornea →pupil → lensa → retina → saraf optikus → otak → kesan melihat Kelainan / penyakit mata 1. Hipermetropi Hipermetropi atau mata jauh dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa yang disebabkan kornea bola mata terlalu pendek sehingga bayang-bayang jatuh di belakang retina. sehingga bayang-bayang dari benda yang jaraknya jauh akan jatuh di depan retina pada mata dekat ini orang tidak dapat melihat benda yang jauh.

Keratomealasi adalah kornea manjadi putih dan rusak. tv. menghadap layar komputer. Mata berwarna merah dan berair. • Sindrom mata kering adalah mata sering gatal dengan sensasi rasa seprti terbakar. syaraf mata dan kelenjar air mata. Hemaralopi disebabkan karena kekurangan vitamin A. sehingga menyebabkan air mata menguap lebih cepat (pada usia lanjut). tergantung pada penyebabnya. 5. seperti otot mata. Bila disebabkan karena lingkungan. bisa menggunakan kaca mata hitam (sunglasses) yang benuk nya cukup lebar.tidak terfokus /kabur). iklim yang kurang bersahabat. Hemaralopi Disebut juga rabun senja. • Keratitis merupakan kelainan akibat terjadinya infiltrasi. Penderita astigmatisma dapat ditolong dengan kaca mata silindris yaitu yang mempunyai beberapa fokus. dan penggunaan obat-obatan kronis seperti tiroid atau obat alergi. Pandangan terasa kabur namun sering membaik dengan kedipan. 6. Sindrom mata kering ini tergolong penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan. sering timbul rasa tidak nyaman setelah membaca. Kelainan mata yang lain • • • Xeroftalxni adalah kornea mata menjadi kering dan bersisik. sehingga penguapan air mata dapat dihindari atau bisa dengan menggunakan tetes air mata . Tumor orbita adalah tumor yang menyerang rongga orbita (tempat bola mata) sehingga merusak jaringan lunak mata. terlalu lama berada di ruangan ber-AC dan asap rokok serta pemakaian lensa kontak yang dapat menyerap lapisan air mata sehingga menyebabkan deposit protein di permukaan lensa. namun gejala-gajala nya bisa di atasi. karena tidak terbentuk rodhopsin dalam jumlah optimal. panas.dan pedih. Katarak Katarak adalah cacat mata yaitu buramnya dan berkurang nya elastisitasnya lensa mata. Hal ini terjadi karena adanya pengapuran pada lensa. 7. Sindrom mata kering bisa disebabkan karena berbagai hal diantaranya : berkurangnya lapisan lemak. sel radang pada kornea yang akan mengakibat kan kornea menjadi kerut. Pandangan akan menjadi kabur dan daya akomodasi berkurang. Akibatnya dalam kondisi remang-remang (senja) sel batang tidak mampu menerima rangsang cahaya secara optimal.

radiasi sinar matahari. Kenyataannya kita sering lupa untuk melakukan perawatan mata. Lutein terdapat di macula dan dipercaya dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet (UV). Senyawa karotenoid lain yang terdapat di dalam macula adalah adalah zeaxanthin. Lutein suatu kelompok senyawa karotenoid berwarna kuning yang banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau. Penelitian tentang indera penglihatan (mata) Mata adalah panca indera manusia yang sangat penting/esensial. senyawa lain seperti lutein. khususnya kesehatan mata menyebabkan pesatnya pertumbuhan pasar terhadap produk-produk kesehatan mata. dan mata merah dengan fungsi penglihatan turun. zeaxanthin. Selain senyawa antioksidan (vitamin A. glukoma. dan astaxanthin. Dapat dibayangkan jika kita mengalami kerusakan mata atau kebutaan. kita tidak dapat menikmati dan merasakan betapa indahnya alam semesta ini. Seseorang yang berumur 80 tahun keatas yang merupakan 8% dari total penduduk. radiasi akibat terlalu lama di depan komputer. padahal seperti halnya bagian tubuh yang lain. Studi ini menyebutkan juga bahwa penyakit mata dan kebutaan akan meningkat terutama bagi mereka yang telah berumur diatas 65 tahun. mengalami kebutaan sebanyak 69%. Sampai saat ini. Seiring dengan meningkatnya perhatian dan pengetahuan pengaruh gizi terhadap kesehatan. C. yang diketahui dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata. Gangguan-ganguan tersebut bisa disebabkan oleh udara yang tidak bersih atau terpolusi.(artificials tears) untuk mengurangi iritasi atau gejala-gejala yang timbul. gejala mata merah tanpa ada penurunan fungsi penglihatan. mata mungkin saja terkena gangguan atau masalah kesehatan. penyakit mata yang banyak diderita adalah katarak. baru-baru ini diketahui sebagai senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan mata. dan gangguan-gangguan lainnya. dan infeksi. Macula merupakan daerah kecil yang mengandung jutaan sel yang membantu menghasilkan penglihatan yang tajam untuk membaca atau melihat obyek dengan jelas. Macula berada di tengah-tengah retina dan bersebelahan langsung dengan lensa mata. Sebagian besar produk-produk untuk kesehatan mata yang dipasarkan sekarang berbentuk suplemen. dan E) yang sebelumnya telah diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata. Studi yang dilakukan oleh Eye Disease Prevalence Research Group(2004) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 jumlah penderita penyakit mata dan kebutaan di dunia akan mencapai 55 juta jiwa. . Gangguan kesehatan pada mata yang umum terjadi adalah penurunan fungsi penglihatan.

Selain itu. sayuran berwarna hijau seperti brokoli. arbei. Kelompok senyawa karotenoid lainnya yang ternyata memiliki kemampuan untuk melindungi macula dari paparan sinar UV adalah astaxanthin. Hasilnya menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin menunjukkan aktivitas 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin E dalam melindungi sel lensa dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. mereka membandingkan aktivitas antioksidan lutein dan zeaxanthin dengan vitamin E. dan astaxanthin dapat disebut sebagai protektor lensa mata terhadap serangan radikal bebas. Lutein. semangka. seperti tomat. Sedangkan pengujian pada hewan yang disponsori oleh DSM Nutritional Products Swiss. Jadi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan secara teratur dapat memenuhi kebutuhan lutein. Selain itu efek lain mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan adalah meningkatkan asupan serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. dan astaxanthin setiap harinya. Kemampuan antioksidan dan anti-inflamasi senyawa astaxanthin dapat memberikan efek perlindungan mata dari sinar UV. zeaxanthin. menunjukkan bahwa suplementasi atau penambahan lutein dan zeaxanthin meningkatkan aktivitas antioksidan di dalam darah. Atau dengan kata lain lutein. Radikal bebas yang berasal dari sinar UV atau cemaran udara. Seiring dengan bertambahnya usia dan semakin terakumulasinya tekanan radikal bebas. yang merupakan penyebab utama terjadinya penyakit katarak. Karotenoid banyak ditemukan pada sayuran berwarna kuning-jingga seperti wortel. dan buah-buahan berwarna merah dan kuning-jingga. dan mangga. Sampai saat ini aktivitas antioksidan dari senyawa lutein. dan astaxanthin menangkapi radikal bebas ( radical scavenger activity) dengan cara berikatan dengannya sebelum radikal-radikal tersebut merusak protein atau lemak lensa mata. zeaxanthin. Itulah yang membuat penglihatan kabur dan lama-kelamaan menjadi buta. Efek dari oksidasi ini menyebabkan rusaknya protein atau lemak pada lensa mata. zeaxanthin. Molekul tersebut adalah protein dan lemak yang menyusun lensa mata. menujukkan kemampuan lutein dan zeaxanthin dalam meningkatkan kesehatan mata. protein dan lemak yang rusak tersebut akan semakin besar jumlahnya. . Pada tahun yang sama juga dilakukan penelitian oleh Neuringer dan kolega.Penelitian yang dilakukan oleh Chitchumroonchokchai dan koleganya pada tahun 2004 dari Ohio State University. zeaxanthin. dan astaxanthin memberi jawaban mekanisme terjadinya peningkatan kesehatan mata. masuk ke mata mengakibatkan terjadinya reaksi oksidasi molekul-molekul rentan pada lensa mata. menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat melindungi sel lensa manusia dari paparan sinar UV.

astigmatisma dan lain-lain. Pada mata juga sering ditemukan kelainankelainan atau penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata seperti miopi. tidak membaca buku terlalu dekat/sambil tidur. kotak mata (rongga tempat mata) dan bulu mata. tidak menonton TV terlalu dekat dengan layar. dan bila mata terkena debu jangan mengucek mata dengan tangan yang kotor karena dapat menyebabkan mata iritasi. Untuk itu banyak hal yang bisa dilakukan. hipermetropi. Pada mata juga terdapat alat-alat tambahan yaitu otot-oto mata. yang disebut juga dengan fotoreseptor karena mampu menerima rangsangan fisik yang berupa cahaya. tidak membaca diruangan yang kurang cahaya/redup. pelupuk-pelupuk mata dan kelenjar air mata. Karena mata adalah organ yang penting pada manusia. . diantaranya mengkonsumsi vitamin A sesuai kebutuhan. koroid dan retina. kita harus bisa melindungi mata kita agar tidak terkena penyakita mata tersebut. Ada 3 lapisan jaringan atau selaput yang membungkus bola mata dari luar kedalam yaitu sklera. katarak.BAB III KESIMPULAN Salah satu alat indera pada manusia adalah mata atau indera penglihatan. presbiopi.

2007. Malang: JICA 6. http://iqbalali. dkk. Blumenthal Louise. H. Susilowarno Gunawn.com/2008/11/12/417/ 5.html 2.com/2009/11/makalah-anatomi-mata. Fisiologi Manusia. atlas anatomi. http://www.org/5-lima-alat-indera-manusia-mata-hidung-telinga-lidah-kulit-panca-indera . Prof Dr Raven P .2008.blogspot. http://fannyvoice. Media press.com/pangan/makanan-untuk-kesehatan-mata/ 7. Djambatan : Jakarta 3. Soewolo. http://organisasi. Biologi SMA/MA.DAFTAR PUSTAKA 1.kamusilmiah. 1999. Jakarta 4.