investasi

Oleh Yen i Wi di astu ti

.Pengertian Investasi Sharpe dkk (1995) adalah mengorbankan dolar (uang) sekarang untuk dolar di masa yang akan datang. Tandelilin (2001) yaitu tindakan seseorang untuk mengelurakan uangnya atau kemampuan finansialnya dengan harapan seseorang tersebut di masa yang akan datang akan memperoleh uang yang lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan yang dia miliki saat ini.

Mengurangi tekanan inflasi.Tujuan Investasi Memperoleh kehidupan yang lebih layak atau makmur di masa yang akan datang. . Dorongan untuk menghemat pajak.

.Tujuan Investasi Proses penentuan keputusan investasi adalah pemahaman tentang hubungan antara return yang akan diperoleh dibandingkan dengan risiko yang akan dihadapinya pada suatu investasi. Hubungan return dan risiko bersifat linier yaitu bila return yang diharapkan besar maka risiko yang akan ditanggung juga tinggi.

Return Expected return yaitu tingkat return yang diharapkan (diantisipasi) dapat terjadi di masa yang akan datang. merupakan return yang telah diperoleh seorang investor pada masa lalu atau padasaat ini. . Realized return yaitu return yang telah terjadi atau return aktual.

Capital gains (loss) Keuntungan (kerugian) yang diperoleh investor dari kelebihan harga jual daripada harga beli atas kepemilikan surat berharga. Return total = yield + capital gains .Komponen Return Yield Aliran kas yang diterima investor secara periodik.

Resiko  Tingkat preferensi investor terhadap resiko: a. Risk neutral c. Risiko suku bunga 2. Risk seeker b. Risiko pasar 3. Risiko bisnis 5. Risk averter  Jenis resiko: 1. Risiko negara (country risk) . Risiko inflasi 4. Risiko likuiditas 7. Risiko finansial 6. Risiko nilai tukar mata uang 8.

ER portofolio E (Rp)= tingkat pengembalian yang diharapkan dari portofolio E (Ri) = tingkat pengembalian yang diharapkan dari investasi saham i .Perhitungan Expected Return ER dari saham individual E (Ri)= tingkat pengembalian yang diharapkan dari investasi saham i Pij = probabilitas diraihnya pengembalian pada keadaan j Rij = tingkat pengembalian aktual dari investasi pada saham I pada keadaan j.

membuat catatan-catatan penting atau ringkasan yang berisi tentang return dan resiko. return dan resiko. . Strategi belajar yang dapat Anda gunakan untuk memperdalam pemahaman materi tentang investasi ini adalah sebagai berikut: membaca berulang-ulang sehingga dapat menghafalkan pengertian investasi. berlatih menghitung ER.STRATEGI BELAJAR Setelah mempelajari topik ini Anda diharapkan mampu menjelaskan return dan risiko.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful