KARAKTERISTIK LAPORAN HASIL PENELITIANLaporan penelitian merupakan satu kesatuan utuh dokumen yangmenuliskan setiap langkah dan hasil

yang didapat dari suatu kegiatan penelitian.Bartol (1981) menyebutkan empat hal yang harus dihindari padasaat peneliti memutuskan untuk menuliskan hasil penelitian yaitu:1. Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel yang overlapping2. Hanya melaporkan satu korelasi meskipun korelasi tersebut signifikan,tetapi sangat sedikit manfaat yang bisa didapat dari hubungan tersebut3. Laporan hasil negatif tanpa menyebutkan alat analisis yang digunakan4. Masalah sudah terlalu banyak dibahasDisamping empat hal yang harus dihindari, Bartol (1981) menyebutkantujuh faktor yang harus diperhatikan pada saat kita bermaksud menuliskanlaporan penelitian sebagai berikut.1. Apakah pertanyaan dalam penelitian signifikan, dan kerja yangdilakukan asli dan penting?2. Apakah instrumen yang digunnakan telah menunjukkan reliabilitas danvaliditas yang memuaskan?3. Apakah hasil yang diperoleh dengan jelas berkaitan dengan variabelyang dituju dalam penelitian?4. Apakah desain penelitian secara lengkap dan tidak meragukan telahmenguji hipotesis yang ditetapkan?5. Apakah partisipan benar-benar mencerminkan keterwakilan populasiyang dibuat dalam penelitian sehingga generalisasi yang dilakukandapat diterima?6. Apakah peneliti menerapkan standar etika jika dilakukan dalammemberi perlakuan terhadap partisipan?7. Apakah penelitiansudah berada pada tahap siap dipublikasikantemuannya?B. ASPEK DALAM LAPORAN HASIL PENELITIAN Laporan penelitian yang berhasil adalah laporan yang dipahami target pembacanya. Untuk mencapai tujuan ini Asosiasi P sikologi Amerikamenerbitkan Publication Manual of The American PsycologicalAssociation (2001) yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menulislaporan dan atikel penelitian yaitu:1. Halaman judulJudul seharusnya menyingkat ide utama dengan menarik. Judul harusmerupakan pernyataan singkat dari topik utama dan mengidentifikasivariabel atau teori yang dibahas dalam artikel serta hubungan di antaravariabel tersebut.2. Abstrak Abstrak adalah ringkasan singkat dan lengkap dari isi laporan yangmemungkinkan pembaca untuk melihat isi artikel dengan cepat.Abstrak disyaratkan akurat, ringkas, mudah dipahami, dan informasisaran untuk abstrak dari study empirik (± 120 kata)a. Masalah yang diteliti; satu kalimat b.

Kesimpulan dan implikasi3. dapat ditulis dalam bentukan uraian paparan atau poin-poin saja. Metode Bagian metode menjelaskan secara detail bagaimana penelitiandilakukan.Subyek. berbunyi. Metode penelitian (termasuk alat. yaitu babyang berisi hal-hal umum yang dijadikan landasan kerja penyusun. namates)d. alat dan bahan yang digunakan tidak perlu terlaludirinci/disebutkan sampai sekecil-kecilnya Untuk Laporan Hasil Penelitian. lembaganya dan bagi dunia pendidikan padaumumnya. Temuan. Sedangkan manfaat penelitian bisa dituliskan manfaat untuk si peneliti atau guru. ³Bagaimana hasil belajar denganmenerapkan metode tanya jawab.4. maka tujuan penelitiannya ialahmengetahui hasil pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab. (3) Pembatasan Masalah. dan (5) Manfaat Penelitian. SumarnaSuranapranata. Tujuan penelitian diambil dari batasanmasalah. Biasanya tidak semua masalah yang berhasil diidentifikasi diteliti karena keterbatasan biaya. Sedangkan pembatasan masalah diambil dari bagian-bagian identifikasi masalah yang akan diteliti. alat dan bahan yang digunakanselama penelitian biasanya dicantumkan semuanya5. Jika salah satu batasan masalah yang dirumuskan dalamkalimat tanya itu. tingkat signifikasi statistik e. Bahan dan Metode bisa ditulis Metodologi atau MetodePenelitian Bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa subh eading tergantungkepada penulis dan biasanya tidak pernah dibatasi (tapi jangan berlebihan!) dan tidak ada batasan jumlah kata Salah satu bagian yang banyak mendapat perhatian reviewer pada saatartikel kita direvisi/ditelaah Untuk jurnal ilmiah. seperti jumlah.Pendahuluan dalam karya ilmiah biasanya terdiri atas (1) Latar Belakang Masalah.c. PendahuluanBab Pendahuluan adalah bab yang mengantarkan isi naskah. umur. Phd. tipe. Identifikasi masalah merupakan kumpulan masalah yang berhasildiurai atau dipetani (meminjam istilah Direktur Bindiklat. waktu. . cara pengumpulan data. Latar belakangmasalah merupakan uraian hal-hal yang menyebabkan perlunyadilakukan penelitian terhadap suatu masalah atau problematika yangmuncul.(4) Tujuan Penelitian. spesifikasikan karakteristik utama.). (2) Identifikasi Masalah. dan kemampuan. jenis kelamin.

o mencantumkan semua sumber informasi (referensi) secara proporsional / sesuai dengan kebutuhan. Kalimat-kalimat laporan tersebut ada yang berupa kalimat fakta dan ada yang berupa kalimat opini atau pendapat. Karakteristik Laporan Yang Baik Suatu laporan normalnya adalah produk (hasil) akhir dari sebuah percobaan. e. dan mengorganisasian dan meringkasnya. b. keadaan. o Menyajikan informasi dalam urutan yang dapat diterima atau masuk akal (logis). Paparan yang Anda dengarkan itu dinamakan laporan kegiatan. . Sebelum Anda menentukan . Dalam menyampaikan suatu laporan harus didalamnya terdapat unsur unsur pentig. b. d. nama kegiatan jenis-jenis kegiatan tempat kegiatan peserta kegiatan pelaksanaan kegiatan dengan memerhatikan ke 6 unsur tersebut maka Anda dapat membuat pokok suatu laporan kegiatan. Secara umum laporan yang baik harus mencakup: o Memberikan laporan secara tepat dan jelas apa yang telah. o Ditulis dalam bahasa yang benar dan tepat.Hasil6. sampai laporan tersebut selesai disusun. Laporan Anda harus menunjukkan kepada pembaca. Diskusi C. c. o Ditulis dengan gaya yang jelas. Opini/pendapat adalah pikiran atau anggapan seseorang tentang suatu hal.Suatu laporan seharusnya memberikan perhitungan dan hasil kegiatan atau tugas-tugas yang terkait. o merefleksikan keefektifan dan keefisiensian keterampilan yang Anda gunakan untuk membuat pekerjaan / tugas lengkap. a. oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mempelajari permintaan tugas-tugas secara hati-hati (teliti) untuk mengerti secara pasti apa yang dibutuhkan. Ada 6 unsur penting yang merupakan unsur utama suatu laporan kegiatan yaitu . Mendengarkan laporan kegiatan. Fakta adalah hal. kerja lapangan. Membedakan kalimat fakta dan kalimat opini. atau riset / penelitian. atau peristiwa yang benar ada atau benar-nenar terjadi. proyek penelitian. laporan tersebut menjelaskan suatu kegiatan yang telah dilaksanakan oleh sekolah. a. perlu Anda mencermati pengertian dari masing-masing istilah tersebut. Gaya laporan antara yang satu dengan yang lainnya berbeda / bervariasi. kompetensi (kemampuan) dan keahlian / keterampilan Anda dalam melakukan kegiatan-kegiatan.

Tokoh orang bertubuh raksasa. yang lucu. tetapi mengandung unsur pendidikan. Di samping itu. saran.sesuatu yang benar-benar ada. atau pendirian seseorang tentang suatu atau dapat menjawap pertanyaan bagaimana. Gagasan utama paragraf tersebut terhadap di awal paragraf (deduktif). diakhir paragraf (induktif). 2 Desenber 2010. Contoh: Bagus sekali isi puisi yang disampaikan WS Rendra pada acara”Tirakatan Budaya” itu. Gagasan utama paragraf terdapat di akhir (induktif).terjadi dan ada buktinya. berupa kata atau frasa. boneka. Dari contoh tersebut menjawab pertanyaan bagaimana. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula mewakili pesan moral. yaitu bacaan yang baik untuk anak. di kompleks Taman Budaya Jaw Tengah. Contoh: Seorang memberikan pendapat terhadap karya orang. kapan. Gagasan diungkapkan dengan kata-kata frasa. Tidak hanya terbatas penilaian saja. badut. judul haruslah menarik. pendapat yang diberikan berupa hal-hal yang bersifat positif dan negatif terhadap karya tersebut. tetapi sukar untuk dituangkan. Opini adalah pendapat . Letak gagasan utama diawal paragraf (deduktif) . Dari contoh tersebut dapat menjawab pertanyaan . tetapi sangat baik terhaadap sesama. mudah diingat. Keringnya pengetahuan terhadap topik yang hendak dikembang. Konsep dapat ditentukan dari pernyataan atau penjelasan yang dikemukakan dalam bacaan. Konsep dalam bacaan Konsep adalah ide atau pengertian yang diabstrakan dari peristiwa konkret. Kegiatan ini disebut kritik. . siapa. Dalam paragraf berjenis narasi dan deskripsi gagasan utama dapat tersebar diseluruh kalimat. Pemberian judul bacaan harus mempertimbangkan isi bacaan. atau diawal dan diakhir (deduktifinduktif). dan dimana peristiwa itu terjadi. Fakta adalah hal yang merupakan kenyataan. tetapi juga memberikan penjelasan. Contoh: 2 Sudah ada ide. Selalu dihadapkan dengan persoalan apa yang hendak ditulis? Seberapa panjang tulisan yang akan ditulis. Gagasan Utama Gagasan utama adalah hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Judul Bacaan Pemberian judul bacaan yaitu penanaman terhadap bacaan. Contoh : “Tirakatan Budaya” adalah cara yang diadakan oleh para seniman dan budayawan menjelang detik pergantian abad ke-20.pikiran.Berdasarkan definisi tersebut Anda dapat menetukan mana yang berupa kalimat fakta dan mana yang berupa kalimat opini. Cara yang dpat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun. Misalnya kancil menipu buaya atau sejenisnya. yang bersifat membangun sehingga dapat dijadikan sebagai perbaikan untuk karya-karya orang tersebut pada masa yang akan datang. Contoh: 1 Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula. yaitu pengalaman belajar menulis. Demikianlah pengalaman seseorang pada awal belajar menulis. Konsep yang dikemukakan dalam paragraf tersebut tentang kritik: Kritik adalah pemberian pertimbangan baik buruk terhadap karya orang lain yang sertai saran-saran yang bersifat membangun terhadap karya tersebut. singkat. menggambarkan isi. Solo. apa.

dan merupakan kata depan dan konjungsi. maka kedua kata tersebut tidak menggunakan huruf awal kapital. kkemampuan mendengarkan sesuatu sangat terbatas jangkauanya seperti waktu. Contoh Membaca pemahaman sangat penting dibandingkan dengan kemampuan berbbahasa lainya. yaitu menggunakan huruf awal kapital pada semua kata kecuali konjungsi. dengan membaca pemahaman dapat dilakukan di mana dan kapan pun. Setelah membaca sebuah bacaan. judul tidak boleh diakhiri titik. serta dengan cepat dapat menangkap isi bacaa . dan sebagainya. Contoh: Dari Desa ke Desa Anak dan Cita-Citanya Dari contoh tersebut kata ke .Yang harus diperhatikan lagi adalah penulisan judul yang benar harus mengaju pada EYD. Pemberian komentar itu disebut tanggapan terhadap isi bacaan. Tetapi. kita sering memberi komentarpositif atau negatif terhadap isi bacaan tersebuut. Tetapi sebuah tanggapan haruslah logis. Misalnya. Tanggapan isi bacaan. tempat. serta dapat dilakukan sewaktu-waktu.