Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan

KODE UNIT JUDUL UNIT DESKRIPSI UNIT

: : :

OTO.KR04.011.01 Overhaul Komponen Sistem Kemudi Unit ini mengidentifikasikan kompetensi yang dibutuhkan untuk melaksanakan overhaul komponen sistem kemudi (termasuk komponen mekanis, hidrolis dan elektris).
KRITERIA UNJUK KERJA 1.1 Overhaul sistem kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen / sistem lainnya. Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami. Overhaul dan/atau penggantian pada sistem kemudi yang rusak dilaksanakan berdasarkan metode, peralatan dan toleransi yang sesuai terhadap spesifikasi. Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil overhaul sistem kemudi. Overhaul dilaksanakan sesuai dengan pedoman dari industri yang berlaku. Seluruh kegiatan overhaul sistem kemudi dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusahaan.

ELEMEN KOMPETENSI 01 Overhaul sistem kemudi dan komponenkomponennya

1.2 1.3

1.4 1.5 1.6

Batasan Variabel 1. Batasan konteks: Standar kompetensi ini digunakan untuk jasa pelayanan pemeliharaan/servis & perbaikan di bidang perbengkelan yang dapat digunakan pada kendaraan ringan. 2. Sumber informasi/dokumen dapat termasuk: 2.1 2.2 2.3 2.4 2.5 2.6 spesifikasi pabrik kendaraan. SOP (Standard Operation Procedures) perusahaan. persyaratan ditempat kerja/industri. spesifikasi pabrik komponen/produk. kebutuhan pelanggan. perundang-undangan pemerintah untuk kelaikan kendaraan.

Overhaul Komponen Sistem Kemudi

22

Jika kondisi tempat kerja tidak memungkinkan.1 6. Variabel lainnya dapat termasuk: Komponen kemudi (termasuk: pompa dan piston hidrolis) Panduan Penilaian 1.3 peralatan tangan/hand tools. 23 Overhaul Komponen Sistem Kemudi .2 4.1 1.2 2. Pelaksanaan K 3 harus memenuhi: 3. 1. 4. 6.4 pemahaman dan komunikasi informasi kerja prosedur overhaul pelaksanaan keselamatan kerja. Aspek-aspek penting: Kompetensi penting diamati secara menyeluruh agar mampu menerapkan kompetensi pada keadaan yang berubah-ubah dan merespon situasi yang berbeda pada beberapa aspek-aspek berikut: 2. perakitan dan penyetelan. Sumber– sumber dapat termasuk: 4. keausan. kelistrikan).3 2.2 Pengetahuan dan ketrampilan dasar dapat dinilai melalui pekerjaan dan tidak melalui pekerjaan.Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan 3. korosi.1 4. alat penguji tekanan hidrolis. multimeter. kebocoran.2 undang-undang tentang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) ketentuan di bidang industri. peralatan bertenaga/power tools. penilaian dapat dilakukan melalui simulasi.1 2.1 3. peralatan khusus/special tools untuk pembongkaran/ perakitan/ penyetelan. penilaian pendengaran dan fungsi (meliputi: kerusakan. Penilaian ketrampilan dapat dilakukan setelah periode pelatihan yang diawasi dan pengalaman melakukan sendiri pada tipe yang sama.2 pembongkaran.1 5. perlengkapan pengukuran presisi. 5 Kegiatan: Kegiatan harus dilaksanakan dibawah kondisi kerja normal dan harus termasuk: 5. 7. Konteks: 1. Hasil yang telah ditentukan harus dapat tercapai tanpa pengawasan langsung. Persyaratan khusus: 6.2 rumah kemudi mekanis rumah kemudi yang tenaga bantuan hidrolis dan elektris.3 2. metode perlindungan. perlengkapan penguji.

Hasil pekerjaan diperiksa oleh pengawas. Kompetensi Kunci No 1 2 3 4 5 6 7 Kompetensi Kunci Dalam Unit ini Mengumpulkan.1 4. persyaratan keselamatan diri. Unjuk Kerja dari ketrampilan yang diperlukan: 5. overhaul komponen kemudi.3 melaksanakan kegiatan yang kompleks dan tidak rutin. prosedur pembongkaran/perakitan/penyetelan.7 3. informasi teknik yang sesuai.9 prinsip kerja. menggunakan peralatan dan perlengkapan yang sesuai. memahami dan menerapkan informasi teknik.3 3. 5.2 4.1 3.4 3. kebijakan perusahaan.1 melaksanakan tugas rutin dengan prosedur yang ditetapkan dimana kemajuan ketrampilan seseorang di awasi secara berkala oleh pengawas. 4. Penilaian praktek: 4. mengorganisir dan menganalisa informasi Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas Bekerja dengan orang lain dan kelompok Menggunakan ide-ide dan tehnik matematika Memecahkan masalah Menggunakan teknologi Tingkat 1 1 2 2 Overhaul Komponen Sistem Kemudi 24 . pengujian dan penilaian. prosedur overhaul. menguji dan menyetel komponen. 5.2 3.3 4. prosedur pengukuran. persyaratan kemanan perlengkapan kerja dan bahan.4 mengakses.2 melaksanakan tugas yang lebih luas dan sulit dengan peningkatan kemandirian dan tanggung jawab individu.5 3. 5.8 3.Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan 3. konstruksi dan kerja dari sistem kemudi sesuai dengan kegunaan.6 3. Pengetahuan dasar: 3. menjadi mandiri dan bertanggung jawab untuk pekerjaan yang lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful