Geologi Komputasi 2013 Konsep Dasar Perangkat Lunak

a) Komponen Sistem Perangkat Lunak

menurut Avi Silberschatz,Peter Galvin, dan Greg Gagne, umumnya sebuah sistem operasi modern mempunyai komponensebagai berikut:

Managemen Proses. Proses adalah sebuah program yang sedang dieksekusi. Sebuah proses membutuhkan beberapasumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Sumber daya tersebut dapat berupa CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat–perangkat Masukan/ Keluaran. Sistem operasi mengalokasikan sumberdaya-sumber daya tersebut saat proses itu diciptakan atau sedang diproses/dijalankan. Ketika prosestersebut berhenti dijalankan, sistem operasi akan mendapatkan kembali semua sumber daya yangbisa digunakan kembali. Sistem operasi bertanggung-jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen prosesseperti:
1. Membuat dan menghapus proses pengguna dan sistem proses. 2. Menunda atau melanjutkan proses. 3. Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi. 4. Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi. 5. Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock. 6. Managemen Memori Utama

Management Memor Utama Memori utama atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah array yang besar dari word ataubyte, yang ukurannya mencapai ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan. Setiap word atau bytemempunyai alamat tersendiri. Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpanan instruksi/datayang akses datanya digunakan oleh CPU dan perangkat Masukan/Keluaran. Memori utamatermasuk tempat penyimpanan data yang yang bersifat volatile -- tidak permanen -- yaitu data akanhilang kalau komputer dimatikan. Sistem operasi bertanggung-jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemenmemori seperti: 1. Menjaga track dari menggunakannya. 2. Memilih program yang akan di-load ke memori. memori yang sedang digunakan dan siapa yang

Kelompok 6

Page 1

3. Mendukung manipulasi berkas dan direktori. 2. menutup). Sistem operasi mengimplementasikan konsep abstrakdari berkas dengan mengatur media penyimpanan massa. Memetakan berkas ke secondary-storage. sebagai back-up darimemori utama. Data yang disimpan dalam memori utama bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil. CD-ROM dan floppydisk. Komponen Sistem Operasi untuk sistem Masukan/Keluaran: 1. Umumnya berkas merepresentasikan program dan data. disket. free-space management. untuk menyimpan keseluruhan data dan program komputer dibutuhkan penyimpanansekunder yang bersifat permanen dan mampu menampung banyak data.).  Managemen Penyimpanan Sekunder. Penyangga: menampung sementara data dari/ke perangkat Masukan/Keluaran. volume. Olehkarena itu. Spooling: melakukan penjadualan pemakaian Masukan/Keluaran sistem supaya lebih efisien(antrian dsb. dll. Menyediakan device driver yang umum sehingga operasiMasukan/Keluaran dapat seragam (membuka. Menyediakan driver: untuk dapat melakukan operasi rinci untuk perangkat keras Masukan/Keluaran tertentu. Sistem operasi bertanggung-jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen disk seperti: 1. c. Berkas adalah kumpulan informasi yang berhubungan.). Kelompok 6 Page 2 . Mem-back-up berkas ke media penyimpanan yang permanen (non-volatile). sesuai dengan tujuan pembuat berkastersebut. Contoh: penggunamenggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada perangkat keras. Pembuatan dan penghapusan direktori. Sering disebut device manager. Sistem operasi bertanggung-jawab dalam aktivitas yang berhubungan dengan managemen berkas: a.  Managemen Sistem Masukan/Keluaran. membaca. menulis. d. misalnya tapes dan disk. Contoh dari penyimpanan sekunder adalah hard-disk.Geologi Komputasi 2013  Managemen Berkas. dll. Pembuatan dan penghapusan berkas. b. e. Berkas dapat mempunyai strukturyang bersifat hirarkis (direktori.

Walaupun bukan bagian dari sistim operasi.S. prosesor. untuk itulah sistem operasi harus menyediakan mekanisme dalam melakukanoperasi Masukan/Keluaran. Command-Interpreter System.   Jaringan. dan menjalankan program tersebut. Operasi Masukan/Keluaran Program yang sedang dijalankan kadang kala membutuhkan Masukan/Keluaran. 3. 2. Menspesifikasi kontrol untuk dibebankan/diberi tugas. 3. Pembuatan Program Sistim operasi menyediakan berbagai fasilitas yang membantu programer dalam membuatprogram seperti editor. Masukan/Keluaran Managemen Memori. 4. Membedakan antara penggunaan yang sudah diberi izin dan yang belum. Menyediakan alat untuk pemberlakuan sistem. pengguna biasanya tidak bisa mengatur peranti Masukan/Keluaransecara langsung. penjadualan disk. Programharus bisa menghentikan pengeksekusiannya baik secara normal maupun tidak (ada error).  Sistem Proteksi. dan Sistem Berkas. Eksekusi Program Sistem harus bisa me-load program ke memori. tapi layanan ini diaksesmelalui sistim operasi. b) Layanan Sistem Operasi Layanan sistem operasi dirancang untuk membuat pemrograman menjadi lebih mudah. Manipulasi Sistem Berkas Kelompok 6 Page 3 . Tanenbaum. Sedangkan menurut A.Geologi Komputasi 2013 2. Proteksi mengacu pada mekanisme untuk mengontrol akses yang dilakukan oleh program. alokasi penyimpanan. yaitu:     Managemen proses. 2. Untuk efisiensi dan keamanan.atau pengguna ke sistem sumber daya. 3. Mekanisme proteksi harus: 1. 1. sistem operasi mempunyai empat komponen utama.

tetapi dihubungkan oleh jaringan komputer. Komunikasi dapat terjadi antara proses dalam satukomputer. Dengan menggunakan teknologi canggih . dan di dalam program yang dijalankan pengguna. Software adalah komponen dalam processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistim. Instruksi-instruksi perangkat lunak (software) ditulis oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras komputer. Deteksi ErrorSistem operasi harus selalu aspada terhadap kemungkinan error. Misalnya dengan menghentikan jalannya program. Ada dua cara umumdimana komunikasi dapat dilakukan. mengidentifikasi Program 2.Geologi Komputasi 2013 Program harus membaca dan menulis berkas. Untuk setiap jenis error sistem operasi harus bisa mengambil langkah yang tepatuntuk mempertahankan jalannya proses komputasi. menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol. atau antara proses yang berada dalam komputer yang berbeda. Masukan/Keluaran. Komunikasi Kadang kala sebuah proses memerlukan informasi dari proses yang lain.6. perangkat keras (hardware) akan dapat berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu telah diberikan. dimana sejumlah informasi dipindahkan antara proses oleh sistem operasi. 3. atau melaporkan kesalahanyang terjadi agar pengguna dapat mengambil langkah selanjutnya c) Kesimpulan Perangkat keras komputer tidak akan dapat digunakan tanpa adanya perangkat lunak. karena tidak dikeraskan (“harddened”) didalam sirkuit komputer. Instruksi-instruksi tersebut dinamakan perangkat lunak (software). Fungsi Software antara lain : 1. yaitu : Kelompok 6 Page 4 . mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien. Secara umum. Perangkat lunak (software) dikatagorikan kedalam tiga bagian. Error dapat terjadi di CPUdan memori perangkat keras. mencoba kembali melakukan operasi yang dijalankan. Komunikasi dapat dilakukan dengan share-memory ataumessage-passing. 5. istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer (man to machine). dan kadang kala juga harus membuat dan menghapus berkas.

yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer.Geologi Komputasi 2013 1. Perangkat lunak aplikasi (application software). 2. yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu. 3. Kelompok 6 Page 5 . yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa program kedalam bahasa mesin agar dapat dimengerti oleh komputer. Perangkat lunak bahasa (language software). Perangkat lunak sistem operasi (operating system).

110. assembler juga menyediakan kemampuan untuk menggunakan nama simbolik untuk lokasi memori dan fasilitas makro untuk melakukan penggantian textual. Selain menterjemahkan instruksi assembly mnemonic menjadi opcode. Perangkat lunak yang melakukan proses penterjemahan code (yang dibuat programmer) ke dalam bahasa mesin. 2.110.Geologi Komputasi 2013 Sesi Tanya Jawab: 1.068) 2. sebuah representasi mnemonic dari bahasa mesin menjadi kode objek. Interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin. Kode tingkat rendah adalah sebutan lain dari bahasa assembly yang dengan perangkat lunak assembler ini kita dapat menerjemahkannya. Apa yang dimaksud dengan kode tingkat rendah? (Firman Lukman Nurhakim 111. dan Interpreter? (Bondan Ramadhan 111. Compiler adalah program sistem yang digunakan sebagai alat bantu dalam pemrogaman. Gambar sebelah kiri merupakan jaringan koneksi secara luas dari satelit. Assembler adalah sebuah program komputer untuk menerjemahkan Bahasa Assembly -intinya. Contoh Bahasa Assembly: Kelompok 6 Page 6 .077) 3. Apa perbedaan Assembler. Bahasa assembly ini tidak dapat kita pahami hanya dengan membacanya tanpa menggunakan software assembler ini.057) Jawaban: 1. 3. Apa beda dari kedua gambar ini? (Roni Rahman 111.110. sedangkan gambar sebelah kanan merupakan jaringan Local Area Network (LAN) dari computer satu ke computer lainnya dengan menggunakan penghubung. Compiler.

Geologi Komputasi 2013 Kelompok 6 Page 7 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful