P. 1
PERANAN JAMUR DALAM KEHIDUPAN.docx

PERANAN JAMUR DALAM KEHIDUPAN.docx

|Views: 30|Likes:
Published by Novie Werr Kikuk

More info:

Published by: Novie Werr Kikuk on Apr 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2013

pdf

text

original

PERANAN JAMUR DALAM KEHIDUPAN

Jamur berperan dalam keseimbangan lingkungan yaitu sebagai dekomposer,bersimbiosis dengan tanaman tertentu (mikoriza) dalamsuplai unsur hara. Jamur juga sangat penting dalam fermentasi makanan dan obat-obatan. 1. Jamur Menguntungkan Jamur menguntungkan meliputi berbagai jenis adalah sebagai berikut. Bidang pangan : a. a. Volvariella volvacea (jamur merang) berguna sebagai bahan pangan berprotein tinggi.

produk makanan jamur merang

b.Rhizopus oryzae, R. Olygosporus, dan R. Stolonifer, berguna dalam pembuatan tempe

Tempe c. Aspergillus oryzae berguna dalam pembuatan tape . g. Neurospora sitophila dan N. Saccharomyces cerevisiae. (jamur tiram) sebagai bahan pangan budidaya jamur tiram e. Saccharomyces ovale berguna dalam pembuatan tape.Pleurotus sp. alkhohol dan f. alkohol dan roti. intermedia berpern dalam pembuatanoncom merah Oncom d. berguna dalam pembuatan tape.

Aspergillus wentii berguna dalam pembuatan kecap Kecap j. Aspergillus niger untuk fermentasi asam sitrat .Tapai singkong h. Saccharomyces sake berguna dalam pembuatan sake Sake jepang i.

Penicillium chrysogenum berguna sebagai penghasil antibiotik . Penicellium camemberti untuk pembuatan keju l. pencegah timbulnya kanker jamur kuping hitam Bidang kedokteran a. jamur kuping berkhasiat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Penicillium notatum berguna sebagai penghasil antibiotik b. dan bagus sebagai anti oksidant penangkal Radikal bebas . Jamur Kuping Hitam kering /Auricularia polytricha. Penicellium roqueforti untuk pembuatan keju Keju m. Mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah .Aspergillus niger k.

serta Saccharomyces cerevisiae. Jamur Cercospora nicotinae menginfeksi tanaman melalui mulut daun tembakau (stomata). Plasmopora viticola penyebab penyakit embun tepung pada tanaman g.Trichoderma sp. sebagai organisme pengurai. Phytophthora nicotianae penyakit pada tembakau. Paecylomyces lilacinus dan Gliocladium roseum dapat digunakan untuk mengendalikan nematoda. Penicillium sp. d. Jamur yang mampu merombak polimer plastiknya yaitu jamurAspergillus fischeri dan Paecilomyces sp. Versicolor. Phytophthora faberi penyakit pada karet. dan khamir Zygosaccharomyces drosophilae. a.. Konidia dapat disebarkan melalui angin ataupun percikan air. A.. Jamur yang termasuk entomophagus dapat digunakan untuk mengendalikan hama. Albugo merupakan parasit pada tanaman pertanian b. Phytium sp. Hilangnya plasticizers menyebabkan lapisan plastik menjadi rapuh. Sporulasi jamur pada permukaan daun terjadi pada suhu 18 – 27oC. Higroporus dan Lycoperdon perlatum berguna sebagai dekomposer. Sedangkan jamur yang mampu merombak dan menggunakan sumber C dariplasticizers (senyawa lain penyusun plastik) yaitu jamurAspergillus niger. sebagai hama bibit tanaman yang menyebabkan penyakit rebah semai. f.Fusarium sp.. Verticillium sp. daya rentang meningkat dan daya ulur berkurang b. Jamur dapat membantu mengembalikan kesuburan tanah.. c. e. Beauveria bassiana untuk mengendalikan kumbang kentang Nomurea rilevi untuk mengendalikan lepidoptera.. Cladosporium sp.Bidang lingkungan a. Phytophthora inf'estan menyebabkan penyakit pada daun tanaman kentang. Untuk dapat berkecambah konidia membutuhkan air. contoh Metarhizium anisopliae dapat digunakan untuk mengendalikan kumbang Rhinoceros dan belalang cokelat. .

Pada Manusia a. Aspergillus nidulans. menyebabkan penyakit kulit (dermatomikosis). b. Amanita phaloides. yang dapat merusak sel darah merah. Jamur penghasil racun : Aspergillus flavus. e. penyebab keputihan dan sariawan pada manusia. .Cercospora nicotinae menginfeksi tanaman melalui mulut daun tembakau (stomata) Pada Hewan a. penghasil racun falin. Aspergillus niger. Pneumonia carinii menyebabkan penyakit pneumonia pada paru-paru manusia. menyebabkan penyakit pada telinga (otomikosis). Deuteromycetes. c. Saprolegnia sebagai parasit pada tubuh organisme air. Aspergillus fumigatus menyebabkan penyakit paru-paru burung (aspergilosis). b. penghasil racun oflaktoksin. d. Candida sp.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->