TUGAS MAKALAH FILSAFAT SAINS

POLIGAMI
PRO ATAU KONTRA?

oleh

Mardhika Surachman I2E O12 017

PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2013

BAB I PENDAHULUAN A. Untuk itu perlu dilakukan kajian lebih dalam mengenai poligami ditinjau dari berbagai aspek kehidupan sehingga pada akhirnya kita dapat menyimpulkan apakah poligami boleh atau tidak. B. RUMUSAN MASALAH Rumusan masalah yang dapat diajukan dalam makalah ini antara lain: 1. LATAR BELAKANG Poligami bukanlah sesuatu yang asing lagi untuk diperdengarkan. Poligami di Indonesia telah marak terjadi baik yang dilakukan secara terangterangan dan dilegalkan lewat lembaga perkawinan (KUA) maupun yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi (sirri) dibawah tangan. Maka tidak heran hingga saat ini poligami menuai pro dan kontra dari masyarakat. Poligami membawa dampak tersendiri bagi orang yang berpoligami baik positif maupun negatif. Apa saja dampak poligami? 6. Bagaimana hasil analisa pemikiran penulis tentang poligami? . Poligami telah menjadi fenomena yang marak dibicarakan khususnya oleh masyarakat Indonesia. ini menyebabkan fenomena ini semakin menarik untuk dibicarakan. Apa saja fakta-fakta/peristiwa tentang poligami? 3. Apa yang dimaksud dengan poligami? 2. Setiap apapun perbuatan pasti memiliki dampak bagi pelakunya. Apa saja alasan melakukan poligami? 4. begitu pun dengan poligami. Sudah banyak para kyai (tokoh agama) dan tokoh masyarakat yang melakukan praktik poligami ini dengan maksud dan motivasi yang bervariasi. Banyak kalangan masyarakat dan para tokoh terkenal di Indonesia yang melakukan poligami termasuk public figure. Bagaimanakah poligami ditinjau dari berbagai aspek kehidupan? 5.

D. TUJUAN Tujuan dari penulisan makalah ini antara lain untuk: 1. .C. Mengetahui beberapa peristiwa poligami. 5. dan 6. MANFAAT Manfaat dari penulisan makalah ini antara lain untuk: 1. Sebagai sumber rujukan tentang poligami. 2. Mengetahui dampak poligami. 4. 2. Mengetahui alasan melakukan poligami. Sebagai tambahan informasi bagi pembaca mengenai poligami. Mengetahui definisi poligami. 3. Mengetahui poligami ditinjau dari berbagai aspek kehidupan. Mengetahui hasil analisa pemikiran penulis tentang poligami.

Jika dibandingkan dengan poliandri.2 PERISTIWA POLIGAMI Berikut adalah beberapa keluarga poligami yang terkenal di seluruh dunia : a) Keluarga Ziona Chana (India) . dan kata gamein atau gamos. Dalam antropologi sosial. Poligini. Kata ini merupakan penggalan kata poli atau polus yang artinya banyak. poligini lebih umum dikenal oleh masyarakat dengan poligami sehingga dalam makalah ini istilah poligini akan disebut sebagai poligami. b. ketika kedua kata ini digabungkan akan berarti suatu perkawinan yang banyak (Collins. Poliandri. lebih banyak orang yang mempraktekkan poligini. Fisher & Goodwin dalam Regan. Hal ini berlawanan dengan praktik monogami yang hanya memiliki satu suami atau istri. Dalam prakteknya. adalah suatu sistem perkawinan dimana suami mengawini lebih dari satu istri pada waktu bersamaan. dalam Soewondo. 2011). 2. artinya istri-istri tersebut masih dalam tanggungan suami tidak diceraikan tetapi masih sah menjadi istrinya.BAB II PEMBAHASAN 2. poligami merupakan praktik pernikahan kepada lebih dari satu suami atau istri (sesuai dengan jenis kelamin orang bersangkutan).1 DEFINISI POLIGAMI Poligami berasal dari bahasa Yunani. 2004. namum poligini merupakan bentuk yang paling umum terjadi. adalah suatu sistem perkawinan dimana istri mengawini lebih dari satu istri pada waktu bersamaan c. antara lain: a. yang artinya kawin atau perkawinan. 2003). Ketiga bentuk poligami tersebut ditemukan dalam sejarah. Terdapat tiga bentuk poligami. Pernikahan kelompok (group marriage/poliginandri). yaitu perkawinan dua orang pria atau lebih dengan dua orang wanita atu lebih pada waktu yang sama (Seccombe & Warner. Maka.

Zathiangi mengorganisir para anggota keluarga untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan. mencuci dan menyiapkan makanan. 60 kg kentang dan menanak sampai 100 kg beras. Dari hasil perkawinan itu. b) Keluarga Bello Maasaba (Nigeria) . Menurut Ziona. Dalam satu makan malam. Jumlah keluarga itu masih ditambah dengan kehadiran 14 putri tiri yang dibawa oleh beberapa istrinya. di Mizoram. Keluarga ini menerapkan disiplin mirip militer. dengan istri tertua. Maka bila keluarga ini kumpul semua mencapai 181 orang jumlah yang luar biasa untuk sebuah keluarga.Ziona Chana. Tak tanggung-tanggung. Bersama semua istri dan keturunannya. alasannya melakukan poligami adalah untuk menyelamatkan perekonomian wanita miskin. 39 wanita dia peristri. negara bagian India. ia tinggal di sebuah gedung bertingkat empat dengan 100 kamar. seorang tukang kayu berusia 67 tahun memiliki sebuah keluarga yang sangat besar. mereka bisa menghabiskan 30 ayam. dia memiliki 94 anak dan 33 cucu.

Anak bungsunya baru berusia sebulan. Pria ini dianggap menjadi simbol poligami di kenya dan dijuluki sebagai “danger” atau pria berbahaya karena kemampuannya menggoda wanita. keponakan. 133 diantaranya masih hidup. Salah satu cucunya. Akuku meninggal pada Oktober 2010 karena penyakit diabetes yang dideritanya. jumlahnya sekitar 5. c) Keluarga Asentus Ogwella Akuku (Kenya) Seorang Pria Kenya bernama Asentus Ogwella Akuku memegang rekor sebagai pria terbanyak menikah dengan 130 kali menikah dan memiliki 210 anak. sepupu.000 orang. Ia menyatakan bahwa jibril menyuruhnya untuk terus menikah. Jika dikumpulkan. Dari para istrinya. Kematiannya meninggalkan kisah salah seorang pelaku poligami terbesar yang tercatat sejarah. alasan dia melakukan polgami adalah karena dia dikunjungi malaikat Jibril dalam mimpinya. mereka bahkan menganggap tindak tanduk Bello Masaba sudah kelewatan. Dalam masyarakat yang membolehkan poligami.Bello Maasaba. ia mendapatkan 185 anak. Menurut pengakuannya. meski pemerintah Nigeria tak senang dengan tindakannya. Namun dari 130 kali pernikahannya hanya 40 pernikahan yang diakui oleh pemerintah kenya dikarenakan hukum di sana. sementara 9 orang istrinya sudah meninggal dan 12 diantaranya sudah bercerai. sehingga ia terus-menerus melakukan pernikahan hampir sebulan sekali. Ia tetap nekat. seorang pria berusia 87 tahun memiliki istri sebanyak 107 orang. demikian juga dengan otoritas Islam setempat. Maureen Ochido . kerabatnya ipar. Saat ini dia tinggal bersama 87 orang istrinya.

Aa Gym berpoligami dan menikah lagi dengan janda beranak 3. menulis di blog dan Surat Pembaca. namun sang pendakwah malah melakukan sebaliknya. Alfarini Eridani "Teh Rini" pada bulan Desember 2006. yang telah menjadi istrinya sejak tahun 1988 dan selama menikah dengannya telah dikaruniai 7 anak.menyebut. menelepon ke stasiun TV. Hal ini berdampak buruk pada kepopulerannya dan bisnisnya. berhenti berkunjung ke Daarut Tauhid. Banyak penggemarnya kecewa dan mengirim SMS berantai.” Hal ini menjadi kontroversial ketika terdapat kutipan dakwah Aa Gym yang tidak menganjurkan poligami. saat itu istri pertamanya adalah Hj Ninih Muthmainnah atau dikenal juga dengan sebutan "Teh Ninih". d) Keluarga Aa Gym (Indonesia) Yan Gymnastiar (50 tahun) atau lebih dikenal sebagai Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym adalah seorang pendakwah yang populer karena mengenalkan cara berdakwah yang unik dengan gaya teatrikal dengan pesan-pesan dakwah Islami yang praktis dan umum diterapkan pada kehidupan sehari-hari.” Dan keluarganya berbaris memenuhi pemakamannya. Alasannya melakukan poligami adalah karena factor kesibukan Aa Gym berdakwah di berbagai daerah yang notabene membutuhkan tenaga pendamping yang bisa memberikan pelayanan lahir dan batin secara halal dan untuk . hingga ikut turun jalan dan berdemo menentang poligami. citranya pun didaulat menjadi “ustad keluarga bahagia. “Kakekku seorang yang sangat bersahabat dan penyayang yang sering disalahpahami.

Karena semata-mata untuk mendapatkan kesenangan 7. dan melahirkan. dan prestise Sedangkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Al-Krenawi (1999) pada masyarakat Bedouin-Arab ditemukan bahwa yang menjadi penyebab seseorang berpoligami adalah karena alasan cinta. Untuk mencari variasi pengalaman seksual 2. Dijelaskan bahwa pada perempuan terdapat beberapa hambatan yang menghalangi mereka untuk melakukan hubungan seksual seperti menstruasi. Agar mempunyai hubungan persahabatan dengan seseorang di luar perkawinan yang kemudian berkembang menjadi hubungan seksual. Mencari kepuasan emosional yang tidak terpenuhi dalam perkawinannya 3. Tutik dan Trianto (2007) mengemukakan bahwa factor perbedaan kapasitas seksual laki-laki dan perempuan juga berperan. Ingin membuktikan bahwa mereka masih muda dan menarik 6. 4. Soewondo (2001) juga mengemukakan factor-faktor yang mendasari seseorang melakukan pologami. Sedangkan umumnya bagi lakilaki tidak terdapat hambatan. antara lain: 1. Bahkan pria juga cenderung untuk cukup kuat untuk melakukan hubungan seksual hingga usia lanjut. Perkawinan yang tidak harmonis 8. Karena muncul perasaan bosan dalam hubungan suami istri 5. 2. Mulia (2004) mengemukakan beberapa alasan seseorang melakukan poligami yaitu adanya keyakinan bahwa poligami merupakan suatu hal yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan patut untuk diteladani. Hal tersebut dikarenakan perkawinan pertama . afeksi. afiliasi. mengandung. Alasan kedua adalah karena istri memiliki cacat atau tidak dapat memiliki keturunan atau mengidap penyakit kronis yang sulit untuk disembuhkan.3 ALASAN MELAKUKAN POLIGAMI Terdapat beberapa alasan yang melandasi seseorang untuk melakukan polgami. Untuk mendapatkan rasa aman.memperbaiki citra buruk poligami karena ia ingin membangun keluarga poligami yang sakinah mawadah warohmah dan alasan lainnya tentunya karena factor internal yang sifatnya sangat pribadi bagi Aa Gym.

4 POLIGAMI DITINJAU DARI BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN A. maka ia wajib mengajukan permohonan secara tertulis ke Pengadilan (Pengadilan Agama/Pengadilan Negeri).” Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan bahwa ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam UU No. hak untuk bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya. 2006). syarat. bab VII. pasal 40 sampai dengan pasal 44. dengan jelas bahwa didalam pasal 3 Undang-undang Perkawinan tahun 1974 termaktub dengan bunyi: “Pada asasnya dalam suatu perkawinan seorang pria hanya boleh mempunyai seorang istri. Ada tidaknya alasan yang memungkinkan seorang suami kawin lagi. Poligami Menurut Hukum Di Indonesia. Pasal dalam undang-undang yang menerangkan tentang poligami yaitu: 1. dan hak untuk bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif. 9 tahun 1975. Meski demikian. Pasal 41 Pengadilan selanjutnya berkewajiban memeriksa mengenai beberapa hal yang terkait dengan pemberian izin bagi suami untuk menikah lagi (poligami). 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (UU Perkawinan) yang menyatakan bahwa asas perkawinan adalah monogami. seorang wanita hanya boleh memiliki seorang suami. 1 tahun 1974 tentang perkawinan khususnya bab 1 pasal 3 sampai dengan pasal 5 dan peraturan pemerintah tentang pelaksanaannya termaktub dalam Peraturan pemerintah No. dan poligami diperbolehkan dengan alasan. hal-hal antara lain: a. yang mana kesemuanya itu mengacu pada tujuan menjaga kehormatan wanita agar tidak terjadi adanya tindakan diluar ketentuan hukum. Alasan cinta juga yang melandasi perempuan Bedouin-Arab bersedia menjadi istri muda.merupakan perjodohan yang diatur oleh orang tua. Pasal 40 Apabila seorang suami bermaksud untuk beristeri lebih dari seorang. 2. dan prosedur tertentu tidak bertentangan dengan ajaran islam dan hak untuk membentuk keluarga. 2. pada dasarnya perempuan tidak menginginkan menjadi istri muda (Slonim-Nevo & Al-Krenawi. ialah: . ketentuan tentang poligami ini diatur oleh Undang-undang No.

b. Dalam melakukan pemeriksaan mengenai hal-hal pada pasal 40 dan 41. Poligami Menurut Agama 1. b. Ada atau tidak adanya jaminan bahwa suami akan berlaku adil terhadap isteri-isteri dan anak-anak mereka dengan pernyataan atau janji dari suami yang dibuat dalam bentuk yang ditetapkan untuk itu. Pasal 44 Pegawai pencatat dilarang untuk melakukan pencatatan perkawinan seorang suami yang akan beristeri lebih dari seorang sebelum adanya izin pengadilan seperti yang dimaksud dalam pasal 43. Pengadilan harus memanggil dan mendengar isteri yang bersangkutan. Pasal 43 Apabila pengadilan berpendapat bahwa cukup alasan bagi pemohon (suami) untuk beristeri lebih dari seorang. 3. Hinduisme tidak melarang maupun menyarankan poligami. B. Pada praktiknya dalam sejarah. Hindu Baik poligini maupun poliandri dilakukan oleh sekalangan masyarakat Hindu pada zaman dulu. Ada atau tidaknya persetujuan dari isteri. hanya raja dan kasta tertentu yang melakukan poligami. bahwa isteri tidak dapat melahirkan keturunan. Pasal 42 a. 5. apabila persetujuan itu merupakan persetujuan lisan. maka pengadilan memberikan putusannya yang berupa izin untuk beristeri lebih dari seorang. bahwa isteri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan. persetujuan itu harus diucapkan di depan Sidang Pengadilan. . Ada atau tidak adanya kemampuan suami untuk menjamin keperluan hidup isteri-isteri dan anak-anak d. baik persetujuan lisan maupun tertulis. c. 4. Pemeriksaan Pengadilan untuk itu dilakukan oleh hakim selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari setelah diterimanya surat permohonan beserta lampiran-lampirannya.   bahwa isteri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai isteri.

Tahun 1882 penganut Mormon memprotes keras undang-undang anti-poligami yang dibuat pemerintah Amerika Serikat. Namun praktik ini resmi dihapuskan ketika Utah memilih untuk bergabung dengan Amerika Serikat. 5. Islam memperbolehkan seorang pria beristri hingga empat orang istri dengan syarat sang suami harus dapat berbuat adil terhadap seluruh istrinya (Surat an-Nisa ayat 3 4:3). Yudaisme Walaupun kitab-kitab kuno agama Yahudi menandakan bahwa poligami diizinkan. Sejumlah gerakan sempalan Mormon sampai kini masih mempraktekkan poligami. Namun beberapa gereja memperbolehkan poligami berdasarkan kitab-kitab kuna agama Yahudi. Gereja Katolik merevisi pandangannya sejak masa Paus Leo XIII pada tahun 1866 yakni dengan melarang poligami yang berlaku hingga sekarang. mengkritik perilaku sewenang-wenang. Islam Poligami dalam Islam merupakan praktik yang diperbolehkan (mubah. 6. yaitu untuk meningkatkan kedudukan perempuan dalam tradisi feodal Arab pada abad ke-7 Masehi. Nabi membatasi praktik poligami. Ketika Nabi melihat sebagian sahabat telah mengawini delapan sampai sepuluh perempuan. dan menegaskan keharusan berlaku adil dalam beristeri lebih dari satu wanita. 3. Katolik. Kristen Gereja-gereja Kristen umumnya. Ortodoks. (Protestan. sikap beristeri lebih dari satu wanita yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW adalah upaya transformasi social. dan lain-lain) menentang praktik poligami. Buddhisme Dalam Agama Buddha pandangan terhadap Poligami adalah suatu bentuk keserakahan (Lobha) sehingga poligami tidak diperbolehkan. tidak larang namun tidak dianjurkan).2. 4. mereka diminta . Mormonisme Penganut Mormonisme pimpinan Joseph Smith di Amerika Serikat sejak tahun 1840an hingga sekarang mempraktikkan. Dalam kitab Ibn al-Atsir. berbagai kalangan Yahudi kini melarang poligami. Sebaliknya. Saat itu. bahkan hampir mewajibkan poligami. nilai sosial seorang perempuan dan janda sedemikian rendah sehingga seorang laki-laki dapat beristri sebanyak mereka suka.

. dan Qais bin al-Harits. Apabila seorang lelaki akan berpoligami. leher rahim. Tidak menimbulkan huru-hara di kalangan isteri maupun anak-anak 5. dan adil dalam giliran. berganti-ganti pasangan dan pernah menikah dengan wanita yang menderita kanker serviks. 2. Anak-anak juga mempunyai hak untuk mendapatkan perlindungan. Gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra. Poligami Menurut Kesehatan Dari segi kesehatan. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Siphilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh kuman gonokokus yang sangat menular dan ditularkan lewat hubungan seksual. Wahb al-Asadi. inilah pernyataan eksplisit dalam pembatasan terhadap kebiasan poligami yang awalnya tanpa batas sama sekali. Diharamkan bagi suami mengumpulkan wanita-wanita yang masih ada tali persaudaraan menjadi isterinya 3. 4. Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks) Berganti-ganti pasangan seksual. Itulah yang dilakukan Nabi kepada Ghilan bin Salamah ats-Tsaqafi RA.menceraikan dan menyisakan hanya empat. Dan. 3. Berkuasa menanggung nafkah C. maupun terhadap anak-anak. yakni beresiko terhadap penularan penyakit kelamin antara lain: 1. menyediakan tempat tinggal. Disyaratkan pula berlaku adil. rektum dan tenggorokan atau bagian putih mata (konjungtiva). pemeliharaan serta kasih sayang yang adil dari seorang ayah. Adil terhadap istri meliputi adil dalam memberi nafkah. baik terhadap diri sendiri. hendaklah dia memenuhi syarat-syarat sebagai berikut. terhadap istri. 1. poligami tidak diperbolehkan karena dengan berganti-ganti pasangan seksual akan berdampak buruk bagi kesehatan reproduksi. suami atau pasangan seksualnya melakukan hubungan seksual pertama pada usia dibawah 18 tahun. Membatasi jumlah isteri yang akan dinikahinya 2.

Condyloma Acuminata atau dalam bahasa awam dikenal dengan nama Kutil di daerah sekitar kelamin dan atau biasa disebut juga Jengger Ayam semakin mudah ditemui dalam kehidupan sehari . kontak oral-genital herpes mulut dapat menyebar ke alat kelamin (dan sebaliknya). atau kontak dengan partner yang terinfeksi. Genital herpes hanya dapat ditularkan langsung melalui kontak seksual. b. Penyakit HIV-AIDS kini berada pada posisi pertama di kalangan ibu rumah tangga. mulut-ke-genital.4. HIV-AIDS. Individu dengan herpes aktif atau luka di sekitar mulut mereka atau di alat kelamin mereka hanya terlibat dalam seks. 6. Melampaui angka kejadian pada PSK. antara lain: 1.5 DAMPAK POLIGAMI a. Sesekali. Mencegah kemiskinan 4. Dampak Negatif Dampak negatif poligami antara lain: 1. Dampak Positif Dampak Positif poligami. disebabkan oleh virus yang menyerang leukosit sehingga jumlah leukosit berkurang dan peran leukosit sebagai system imun tubuh mengalami penurunan. tetapi dalam prakteknya. melalui vagina atau anus. istri merasa tindakan suaminya berpoligami adalah akibat dari ketidakmampuan dirinya memenuhi kebutuhan biologis suaminya. Mencegah perzinahan 2. 2. Walaupun ada beberapa suami memang dapat berlaku adil terhadap istri-istrinya. suami lebih mementingkan istri muda dan menelantarkan istri dan anak- . Meningkatkan ekonomi keluarga. Dampak Ekonomi: Ketergantungan secara ekonomi kepada suami.hari. Mencegah pelacuran 3. 5. Dampak psikologis: timbul perasaan dalam diri menyalahkan diri sendiri. termasuk kegenital-genital. yaitu: Human Papilloma Virus (HPV). akibatnya tubuh dengan mudah terjangkit penyakit. 2. Condyloma Acuminata ini biasa dikaitkan dengan STD / PMS (Sexual Transmited Diseases / Penyakit Menular Seksual) disebabkan oleh virus DNA golongan Papovavirus.

Rhoma.) yang berpoligami. 3. Jika sudah bosan dengan istri pertama. baik kekerasan fisik. Para suami bebas berselingkuh. kedua. dan anak-anak mereka saling berebut kasih sayang. seksual maupun psikologis. Hamzah Haz. sehingga perkawinan dianggap tidak sah oleh negara. Dampak Hukum: Seringnya terjadi nikah di bawah tangan (perkawinan yang tidak dicatatkan pada Kantor Catatan Sipil atau Kantor Urusan Agama). Kekerasan terhadap perempuan. saling curiga dan membenci. Para muslim berlomba-lomba cari istri tambahan. saling cemburu. cari istri kedua dst. berpindah ke lain hati. para muslim berangan-angan cari wanita lain yang lebih dari istri sebelumnya 8. dst. 6. Akibatnya istri yang tidak memiliki pekerjaan akan sangat kesulitan menutupi kebutuhan sehari-hari. Terjadi pertikaian dan perpecahan dalam rumah tangga Istri pertama. 5. 4. keluarga yang berantakan. ekonomi. Dampak Kesehatan: kebiasaan berganti-ganti pasangan menyebabkan suami/istri menjadi rentan terhadap penyakit menular seksual (PMS) dan bahkan rentan terjangkit virus HIV/AIDS. Jika jatuh cinta lagi ke pada WIL (Wanita Idaman Lain) bisa dikawini. 7. Akhirnya terjadi penurunan moral suami. Pihak perempuan akan dirugikan karena konsekuensinya suatu perkawinan dianggap tidak ada. walaupun perkawinan tersebut sah menurut agama. kawin lagi karena terinspirasi contoh nabi dan para tokoh ulama (Aa Gymm. seperti hak waris dan sebagainya. penurunan kesejahteraan keluarga.anaknya terdahulu. .

maka menurut saya poligami hanya akan membawa mudharat terutama bagi kaum perempuan. bukan pula suatu hal yang dianjurkan. menurut saya poligami bukanlah suatu hal yang harus dilarang. yakni dapat berperilaku adil. Ada alasan yang sangat mendesak dimana poligami adalah satu-satumya jalan terbaik untuk menyelesaikannya. karena akan menciptakan keluarga yang lebih harmonis. agama. Poligami itu boleh-boleh saja dilakukan asal memenuhi dua syarat : 1. Dari tinjauan diatas. sehat jasmani dan rohani. Pria yang melakukan poligami haruslah mempunyai sifat yang secara akumulatif dan konferehensif seperti Rasulullah SAW. Namun bila kedua atau salah satu syarat diatas tidak terpenuhi. 2. Bukankah lebih baik beristri satu daripada banyak.BAB III KESIMPULAN Kesimpulan ini berisi hasil analisa pemikiran penulis setelah meninjau poligami dari berbagai aspek kehidupan baik hukum. social budaya maupun kesehatan serta meninjau dari dampak positif maupun negatifnya. .

blogspot.com/2011/01/wanita-poligami-dan-pengaruhnya-bagi. Poligami Dalam Islam.html.wikipedia. Diakses tanggal 5 Januari 2013. Wikipedia.com/f_artikel_islam/syarat-syarat%20poligami%20dalam%20 islam. 2012. 2011. 2012. (Online): http://curhatnisa. Wikipedia. Diakses tanggal 5 Januari 2013. (Online): http://id.org/wiki/Poligami_dalam_Islam 2012.org/wiki/Poligami. (Online): http://kabartop. Poligami. (Online): http://id. .tripod. Inilah Raja Poligami di Dunia.wikipedia. Anonim.com/wow-inilah-pararaja-poligami-di-dunia/. Poligami dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan Reproduksi. Anonim. Diakses tanggal 5 Januari 2013. 2012. (Online): http://dokterbantal. Diakses tanggal 5 Januari 2013.htm.DAFTAR PUSTAKA Annisa. Wanita. Syarat-Syarat Poligami Dalam Islam. 2012. Diakses tanggal 5 Januari 2013.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful