P. 1
Pengantar Anatomi Dan Fisiologi Mnusia

Pengantar Anatomi Dan Fisiologi Mnusia

|Views: 81|Likes:
anatomi fisiologi
anatomi fisiologi

More info:

Published by: Indra Maulana Sulaeka on Apr 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

Pengantar Anatomi Dan Fisiologi Manusia

Dr. Indra Maulana Sulaeka

Anatomi
Ana
• Bagian, memisahkan

Tomi
• Iris, potong

Anatomi
• Ilmu yang mempelajari bentuk dan susunan tubuh baik secara keseluruhan maupun bagian-bagian serta hubungan tubuh yang satu dengan yang lain

Fisiologi
Physis
• Alam, cara kerja

Logos
• Ilmu pengetahuan

Fisiologi
• Ilmu yang mempelajari fungsi atau pekerjaan dari tiap-tiap jaringan atau organ tubuh • Fisiologi mempelajari fungsi atau kerja tubuh manusia dalam keadaan normal

Anatomi Fisiologi .

Struktur tubuh manusia Sel (unsur dasar jaringan tubuh yang terdiri atas inti sel/ nucleus dan protoplasma) ↓ Jaringan (Kumpulan sel khusus dengan bentuk & fungsi yang sama) ↓ Organ (bagian tubuh/ alat manusia dgn fungsi khusus) ↓ Sistem organ (Susunan alat dengan fungsi tertentu) .

Sel  Sel adalah struktur terkecil dari makluk hidup yg dapat mengatur aktivitas kehidupan sendiri  Sel merupakan satu unit dasar dari tubuh manusia dimana setiap organ merupakan gregasi/penyatuan dari berbagai macam sel yang dipersatukan satu sama lain oleh sokongan struktur-struktur interselluler Setiap jenis sel dikhususkan untuk melakukan suatu fungsi tertentu  .

protoplasma dan inti sel (nukleus) Ketiganya mempunyai komposisi kimia yang terdiri dari air. elektrolit. protein. lemak atau protein pada setiap sel untuk melepaskan energi mekanisme umum merubah makanan menjadi energi setiap sel melepaskan hasil akhir reaksinya ke cairan disekitarnya hampir semua sel mempunyai kemampuan mengadakan reproduksi dan jika sel tertentu mengalami kerusakan maka sel sejenis yang lain akan beregenerasi   Secara umum sel-sel yang menyusun tubuh manusia mempunyai struktur dasar yang terdiri dari membran sel. lemak dan karbohidrat . tetapi umumnya seluruh sel mempunyai sifar-sifat dasar yang mirip satu sama lain.Sel  Walaupun banyak sel yang berbeda satu sama lainnya. misalnya :     oksigen akan terikat pada karbohidrat.

anak inti sel Membran inti. lapisan terluar dari sel Sitoplasma. cairan inti sel Nukleolus. inti sel    Nukleoplasma. lapisan/pembungkus inti sel . cairan sel  Organel. struktur dalam sitoplasma yg mempunyai fungsi tertentu  Nukleus.Struktur sel   Membran sel.

Organela sel      Mitokondria. tempat sintesa enzim Badan Golgi. untuk penyimpanan Membran sel. tempat sintesa protein Retikulum endoplasma. untuk metabolisme Ribosom. untuk transportasi Lisosom. untuk sekresi sel   Vakuola. pelindung .

.

Jaringan (tissue)   Kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama Ada 4 macam jaringan:     Epitel Ikat Saraf Otot .

Jaringan epitel (ephitel tissue)  Jaringan yang disusun oleh lapisan sel yang melapisi permukaan organ seperti permukaan kulit  Jaringan ini berfungsi untuk melindungi organ yang dilapisinya. sebagai organ sekresi dan penyerapan Contoh: jaringan epitel kulit  .

Jaringan ikat (connective tissue)   Jaringan pengikat berfungsi untuk mengikat jaringan dan alat tubuh Contoh jaringan ini adalah jaringan darah .

Jaringan otot (muscle tissue)  Jaringan otot terbagi atas tiga kategori yang berbeda yaitu    otot halus yang dapat ditemukan di organ tubuh bagian dalam otot lurik yang dapat ditemukan pada rangka tubuh otot jantung yang dapat ditemukan di jantung .

Jaringan saraf (nervous tissue)  jaringan yang berfungsi untuk mengatur aktivitas otot dan organ serta menerima dan meneruskan rangsangan/impuls .

Organ Sistem organ   Sistem kardiovaskular: memompa darah ke seluruh tubuh Sistem pencernaan: pemprosesan makanan dengan mulut. rambut Sistem limfatik: struktur yang terlibat dalam transfer limfa antara jaringan dan aliran darah . dan usus     Sistem endokrin: komunikasi dalam tubuh dengan hormon Sistem kekebalan: mempertahankan tubuh dari serangan benda yang menyebabkan penyakit Sistem integumen: kulit. perut.

Organ Sistem organ       Sistem otot: menggerakkan tubuh Sistem saraf: mengumpulkan. SS. paru-paru Sistem rangka: sokongan dan perlindungan struktural dengan tulang Sistem urin: ginjal dan struktur yang dihubungkan dalam produksi dan ekskresi urin . SS. dan memproses informasi dalam otak dan saraf (SS. OTONOM) Sistem reproduksi: organ seks Sistem pernafasan: organ yang digunakan bernafas. PUSAT. mengirim. PERIFER.

Sistem kardiovaskuler .

Sikap Posisi Anatomis    Berdiri tegak Ekstremitas atas disamping tubuh Wajah serta telapak tangan menghadap ke depan .

Bidang ini sejajar dengan bidang median bidang vertikal yang melalui tubuh. letaknya tegak lurus terhadap bidang median atau sagital.Bidang anatomi  Medial  bidang yang membagi tepat tubuh menjadi bagian kanan dan kiri bidang yang membagi tubuh menjadi dua bagian dari titik tertentu (tidak membagi tepat dua bagian). Bidang ini membagi tubuh menjadi bagian atas (superior) dan bawah (inferior) . membagi tubuh menjadi bagian depan (frontal) dan belakang (dorsal)  Sagital   Koronal   Tranversal  bidang yang terletak melintang melalui tubuh (bidang X-Y).

.

Istilah anatomi  Medial  terletak lebih dekat ke bidang medio sagital  Lateral  terletak lebih jauh ke bidang medio sagital  Paramedian  bidang yg teretak di samping dan sejajar bidang medio sagital  Anterior  depan  Posterior  belakang .

Istilah anatomi  Khusus tangan (manus):   Palmar manus: anterior Dorsal manus: posterior  Khusus kaki:(pedis)   Plantar pedis: anterior Dorsal pedis: posterior .

Istilah anatomi  Proksimal:  menggambarkan jarak relatif dekat dari pangkal ektremitas  Distal:  menggambarkan jarak relatif jauh dari pangkal ektremitas  Superfisial:  menyatakan hub jarak struktur yg dekat thd permukaan tubuh  Profunda:  menyatakan hub jarak struktur yg jauh/dalam thd permukaan tubuh .

Istilah anatomi  Superior:  menyatakan tingkat relatif atas/tinggi thd ujung atas/bawah tubuh menyatakan tingkat relatif bawah/rendah thd ujung atas/bawah tubuh menyatakan jarak relatif (didalam) suatu struktur thd pusat organ/rongga menyatakan jarak relatif (diluar) suatu struktur thd pusat organ/rongga menyatakan terletak pada sisi tubuh yang sama  Inferior:   Interna:   Eksterna:   Ipsilateral:   Kontralateral:  menyatakan terletak pada sisi tubuh yang berlawanan .

.

Istilah anatomi  Fleksi:  Gerakan menekuk sendi Gerakan meluruskan sendi Gerakan fleksi plantar pedis Gerakan fleksi dorsum pedis Pergerakan ektremitas menjauhi garis tengah tubuh dalam bidang koronal  Ekstensi:   Plantar fleksi:   Dorso fleksi:   Abduksio:   Adduksio:  Pergerakan ektremitas mendekati garis tengah tubuh dalam bidang koronal .

Istilah anatomi  Rotasio:  Pergerakan bagian tubuh mengelilingi sumbu panjangnya  Endorotasi:  Permukaan anterior menghadap medial  Eksorotasi:  Permukaan anterior menghadap lateral  Pronasio:  Rotasi lengan bawah shg telapak tangan menghadap posterior  Supinasio:  Rotasi lengan bawah shg telapak tangan menghadap anterior .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->