MAKALAH REMPAH-REMPAH DAN BAHAN PENYEGAR

ILMU BAHAN MAKANAN

DISUSUN OLEH : HERA PRATIWI (22030111130028) NUR SHOFIA (22030111130039) IQLIMA SAFITRI (22030111130072) RUTH ELIZABETH VIOLITA (22030111130061) CIWI YOSHIKO (22030111140083) INTAN PERMATA SARI (22030111120005) GARNIS NA NINGRUM (22030111130050 TIKA MEI INDAH SUSANTI (22030111120017)

UNIVERSITAS DIPONEGORO PROGRAM STUDI ILMU GIZI 2011

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Sejak jaman dulu, nenek moyang kita bangsa Indonesia telah menggunakan rempah-rempah dan bahan penyegar dalam berbagai hal. Baik untuk masak-memasak maupun untuk hal-hal lainnya. Hinggga sekarang pun orang-orang Indonesia masih menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Factor ini karena rempah-rempah dan bahan penyegar banyak tumbuh di Indonesia. Letak geografis Indonesia cocok untuk pertumbuhan tanaman-tanaman ini. Orang-orang Indonesia jaman dulu, menggunakannya karena mitos-mitos kegunaannya bukan karena kandungannya yang bermanfaat. Maka dari itu, pada makalah ini akan dibahas secara mendetail tentang rempah-rempah dan bahan penyegar baik kandungannya yang bermanfaat sampai mutunya.

B. RUMUSAN MASALAH 1. Apa jenis rempah-rempah dan bahan penyegar? 2. Bagaimana kompisisi rempah-rempah dan bahan penyegar? 3. Bagaimana syarat umum dan sifat khas rempah-rempah dan bahan penyegar? 4. Apa saja hasil olah dan manfaat rempah-rempah dan bahan penyegar? 5. Bagaimana mutu dan penyimpanan rempah-rempah dan bahan penyegar?

C. TUJUAN 1. Mengetahui jenis rempah-rempah dan bahan penyegar. 2. Mengetahui kompisisi rempah-rempah dan bahan penyegar. 3. Mengetahui syarat umum dan sifat khas rempah-rempah dan bahan penyegar. 4. Mengetahui hasil olah dan manfaat rempah-rempah dan bahan penyegar. 5. Mengetahui mutu dan penyimpanan rempah-rempah dan bahan penyegar.

tegak dan tinggi 40-50 cm. dan berwarna ungu. sipodeh (Minang). berbentuk bulir. Bunga majemuk. jahe (Sunda). temulawak. kondisi tanah. panjang 3.umur panen. tepi rata. ujung runcing. beralur. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi komposisi kimia rimpang jahe yaitu di antaranya jenis. kunyit.5-2 cm. cara budidaya. temuireng. pangkal tumpul. jahya (Bali). daun. dan buah. kapol / kardamon Kayu manis Cengkeh Lada / merica 1. kulit batang.5-5 cm. Nama sebutan untuk jahe pada tiap daerah berbeda – beda. Buah kotak. lia (Flores). membentuk rimpang. biji. sempit. Umbi / Rimpang a. cara pengolahan dan . lempuyang Biji Kulit batang Bunga Buah Pala.5 cm. Rempah .rempah Bahan rempah – rempah dapat dihasilkan dari umbi. Berikut table pengelompokkan jenis rempah-rempah : Jenis Umbi / rimpang Contoh Jahe. Jahe pada umumnya merupakan tanaman herba semusim . dan late(Timor). dan berwarna cokelat. Berikut contohnya : Nama Daerah : Jae (Jawa). lebar 1. mahkota berbentuk corong dengan panjang 2-2. jae. ujung runcing. lengkuas. Daun tunggal. bunga. jhai (Madura). goroka (Ternate). berbentuk bulat panjang. penanganan pasca panen. melito (Gorontalo).BAB II PEMBAHASAN A. berbentuk lanset. kemiri. Jahe Jahe memiliki nama ilmiah Zingiber officinale Rosc. kencur. Komposisi rimpang jahe sangat mempengaruhi tingkat aroma dan pedasnya rimpang jahe tersebut. Batang semu. dan berwarna hijua tua. Biji berbentuk bulat dan berwarna hitam. dan berwarna hijau.

perut kembung.3 6. mengobati impoten dan lemah syahwat. salesma (influenza). Ekstrak jahe mempunyai kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mengawetkan minyak dan lemak dan protease pada rimpang jahe bermanfaat untuk melunakkan daging yang akan dimasak. jahe juga dapat dikonsumsi dalam bentuk permen. karbohidrat dengan jumlah lebih dari 50%. luka.26%. melegakan perut.3. Orang-orang Manado memanfaatkan rebung jahe sebagai salah satu pendamping nasi untuk lalapan di samping sambal pedas.0 Jahe bermanfaat untuk menambah rasa hangat pada malam hari (serbat/minuman penghangat). roti jahe. khususnya niacin dan vitamin A.0 3. sakit mulas. menambah nafsu makan. vitamin .0 1. menurunkan panas anak. minuman maupun campuran dalam makanan (seperti pada bubur kacang hijau). Rimpang jahe umumnya mengandung minyak atsiri sebesar 0. dll. protein 9%.3%. cacar air. beberapa jenis mineral. radang tenggorokan. jahe juga mengandung gingerols dan shogaols yang menimbulkan rasa pedas. sakit maag.5 2. Berikut table kadar minyak atsiri dan oleoresin pada beberapa jenis jahe : Jenis Jahe Maran Wynad Local Wynad Manantody Rio de Jeneiro Kadar (%) 2.25% . Rimpang jahe segar juga mengandung enzim protease sekitar 2. Lemak pada rimpang jahe tersusun atas asam phosphatidat. Rimpang jahe mengandung lemak sekitar 6 – 8%. sakit kepala.5 Minyak Atsiri Kadar Oleoresin (%) 4. Selain untuk bumbu-bumbu masakan. mengobati rematik. Selain itu. Kunyit Kunyit dengan nama latin Curcuma longa L. dan asam amino. dan asam lemak bebas. lesitin. Jahe juga dapat menyembuhkan batuk kering.ekosistem tempat tanaman ditanam.3 3. b. sebagai tonikum.8 5. atau Curcuma clomestica dan dikenal juga dengan sebutan kunir yang sering dimanfaatkan sebagai . gatal-gatal. epilepsi.

haid tidak lancar.dan menghilangkan noda di wajah (flek). Rimpang kunyit mengandung 28% glukosa. Minyak atsiri dalam rimpang kunyit tersebut memiliki kadar rata-rata 4 – 5%. Warna pada kunyit jingga terang atau agak kuning di bagian dalam rimpang. menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. di antaranya sebagai anti koagulan dan stimulan. Aroma dan warna khas dari rimpang temulawak adalah berbau tajam dan daging buahnya berwarna kekuningkuningan. vitamin C dan beberapa jenis mineral dengan kandungan kalium rata-rata yang cukup tinggi. perut mulas pada saat haid. usus buntu. bengkak di badan. Tanaman kunyit berdaun tunggal. Tinggi temulawak dapat mencapai 2 meter dan dapat tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi dengan ketinggian tanah 1500 m di atas permukaan laut (dpl). Temulawak Nama lain temulawak adalah koneng gede (Sunda) dan temulabak (Madura). Rimpang kunyit rasanya agak pahit dan getir dengan bau yang khas. pewarna dalam makanan. memperlancar ASI. Kunyit lebih sering digunakan dalam bumbu-bumbu masakan. sakit keputihan. eksim. Roxb. 12% fruktosa. menyembuhkan hidung yang tersumbat. penambah darah. disentri. KB tradisonal. asma. membentuk rimpang – rimpang cabang yang yang banyak jumlahnya di sisi kiri dan kanan. salep untuk mengobati bengkak dan jamu. Temulawak mempunyai bunga yang berbentuk unik (bergerombol) dan berwarna kuning tua. sedangkan kulit rimpang berwarna jingga kecoklatan. sebagai obat cacing. sakit mata. Temulawak dengan nama lain Curcuma xanthorrhiza. rematik. 8% protein. sariawan. sejak lama dikenal sebagai bahan ramuan obat. hepatitis. c. mengobati sakit perut. pewarna. diare. Kunyit mempunyai berbagai manfaat. Daging buah (rimpang) temulawak mempunyai . dan obat tradisional. menyembuhkan gatal-gatal.bumbu masak. gigitan serangga. tifus. silindris. amandel. kencing manis (Diabetes Mellitus). berak berlendir. campak. mengobati penyakit hati (termasuk batu empedu). Induk rimpang kunyit berbentuk bulat. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan pada setiap helaiannya dihubungkan dengan pelepah dan tangkai daun yang agak panjang. Rimpang kunyit mengandung minyak atsiri Curcumin oil yang menyebabkan warna kuning oranye. cacar air.

Krikumin pada rimpang temulawak bermanfaat sebagai acnevulgaris. memperbanyak produksi ASI. (antiradang). Bunganya tersusun setengah duduk dengan mahkota bunga berjumlah antara 4-12 buah. Rimpang temulawak mengandung karbohidrat sekitar 37. Kemudian minyak atsiri. sakit maag. dan kulit luarnya berwarna cokelat. foluymetik dan karbinol.2 – 61%.3 – 29. ambeien. berwarna putih. Manfaat temulawak di antaranya. dan meningkatkan daya tahan tubuh. Rimpang kencur mengandung minyak atsiri yang pedas dan hangat rasanya. mengobati batuk. sebagai empedu).beberapa kandungan senyawa kimia antara lain fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. menghilangkan bau amis sewaktu haid. bibir bunga berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan. Kencur memiliki daging buah yang lunak dan tidak berserat. sakit kepala. Kandungan minyak atsiri dan alkaloid yang terdapat dalam kencur bermanfaat sebagai stimulan. radang lambung. menambah nafsu makan. glukosida. antiinflamasi antioksidan. mengobati sakit perut. sembelit. antibakteri. menurunkan kadar kolesterol. antihepotokoksik (antikeracunan antikolesterol. masuk angin. Hasil olahan temulawak lebih sering digunakan dalam jamu tradisional termasuk untuk suplemen penambah nafsu makan.5% di mana minyak ini member aroma yang khas pada temulawak. mencegah kesulitan BAB. anikanker dan antiplatelet agregas (pembekuan darah yang biasa menyebabkan stroke). sakit pinggang. Kencur Nama lain dari kencur adalah cikur (Sunda). dan cekun (Bali) dengan nama latinnya Kaempferia galanga. L. d. terutama kanker payudara. memacu ASI yang macet. sakit ginjal. biasa digunakan untuk bumbu masakan. sakit perut saat haid. Xanthorrhizal yang merupakan salah satu komponen dalam minyak atsiri bermanfaat sebagai antikanker. kencor (Madura). kamfer. radang anak . Minyak atsiri rimpang temulawak memiliki kadar sekitar 7. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar yang tersusun berhadapan. Rimpang kencur mempunyai aroma yang spesifik. ceuko (Aceh). bumbu gado-gado dan bumbu-bumbu lainnya. mengobati sakit limpa.

eksim. Tumbuhan ini berumah dua (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan . radang lambung dan usus lemah. Sedangkan lengkuas merah yaitu rimpang lengkuas yang umbi (akar)-nya berwarna merah. masuk angin. berbatang tegak. Lengkuas putih yaitu rimpang lengkuas yang umbi (akar)-nya berwarna putih. pahalo (Ambon) dan gosora (Ternate). lebih banyak dikenal para ibu karena sering digunakan sebagai bumbu dapur yaitu untuk penyedap masakan. campak. Lengkuas dengan nama latin Alpinia galanga. sakit kepala. menghilangkan lelah. flaronoida. Kencur lebih sering digunakan untuk jamu tradisional. polifenol dan kristal koning. Schum). biasanya sering digunakan sebagai obat. radang kembung. mata pegal. seskuiterpen. Rimpang lengkuas mengandung minyak atsiri. kurap. dan mempercepat anak untuk bisa berjalan. saponin. k. L) dan lengkuas mereah (Alpini purpurata. diare. memperlancar haid. Tanaman ini tingginya dapat mencapai 10 meter. eugenol. berkayu. dan aiku (Bugis). sebagai alat KB tradisional. kapala (Bima). paala (Madura).5 m. Mengobati rematik. radang telinga. Lengkuas dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi sekitar 1200 m di atas permukaan laut (dpl). diare. Pala dengan nama latin Myristica fragirans Houtt termasuk tanaman rempah-rempah. Ada dua jenis lengkuas yaitu lengkuas putih (Alpini galanga. Lengkuas merupakan tanaman yang tumbuh tegak dengan tinggi batang mencapai 2-2.telinga. 2. pinen. membersihkan darah kotor. Lengkuas Nama lain dari lengkuas adalah laos (Jawa). Rimpang lengkuas mengandung minyak atsiri sekitar 0. biasanya sering digunakan sebagai penyedap masakan. seperti panu. Biji a. laus (Madura). dan berwarna putih kotor. sakit limfa. menghilangkan bercakbercak hitam dan tahi lalat serta mempercepat pembersihan rahim. dan keseleo. bronkhitis. demam disertai pembesaran limfa. minyak terbang.15 – 1. e. galangol. influenza pada bayi. Pala Nama lain dari pala adalah falo (Nias). laja (Sunda). galangan. Dan juga baik untuk kulit yaitu untuk mengobati penyakit kulit.5%. metil sinamat. kaemferida. masuk angin.

bertulang daun menjari hanya pada awalnya. buah kareh (buah keras. elemisi. miristisin. Biji pala mengandung minyak atsiri. Minyak kemiri terutama mengandung asam oleostearat. dengan pangkal bentuk jantung. menghilangkan kebiasaan sulit tidur pada anak dan batuk rejan pada anak. Di Sumatera. saponin. bijinya dibakar dengan arang. Biji pala berukuran kecil dan bentuknya bulat telur. bundar telur. Daunnya berbentuk elips langsing. sakit maag. miri (Jawa). berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya. Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon. bertangkai panjang hingga 30 cm. Biji kemiri mengandung bahan beracun dengan kekuatan ringan. mual. Helai daun hampir bundar. gambiri. kembiri. pidekan. Daun tunggal. Manfaat pala untuk tubuh di antaranya mengobati disentri. kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli (selubung biji pala) yang berwarna merah. berwarna kuning. hars. berseling. Di antaranya.dan pohon betina. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna hitam kecoklatan. dèrèkan. TBC. Minangkabau. Pemanasan akan menguraikan toksin. kemiri dikenal dengan banyak nama. Biji pala mengandung minyak atsiri 7-14%. enzim lipase. Minyaknya digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut (untuk menyuburkan rambut). Karena itu sangat tidak dianjurkan mengonsumsi biji kemiri secara mentah. lalu dioleskan di sekitar pusar untuk . bundar telur lonjong atau menyegitiga. Pala lebih sering digunakan dalam bumbubumbu masakan. dan membantu untuk berhenti merokok. kulit kayunya telah digunakan untuk tumor. hijau tua. mencret. Inti biji kemiri mengandung 60–66% minyak. menghentikan muntah. Bijinya dapat digunakan sebagai pencahar. minyak lemak. lemonena dan asam olenolat. Di Jepang. Kemiri sering digunakan dalam masakan Indonesia dan masakan Malaysia. b. zat samak. berdiameter hingga 30 cm. hambiri (Bat). kemili (Gayo). bertaju 3-5 bentuk segitiga di ujungnya. pektin. Kemiri Di Indonesia. Penggunaan kemiri harus diawali dengan menyangrai (memanaskan tanpa minyak atau air) hingga biji hangat. Nias). dengan sepasang kelenjar di ujung tangkai. Bila masak. mulas dan perut kembung. mengobati suara parau (serak).

dan eugenitin). kolera. dan kampesterol). Lada / merica . juga dikatakan sebagai obat cacing alami. batangnya berkayu keras dan cabang-cabangnya cukup banyak. rhamnetin. kulit batangnya digunakan untuk mengobati diare atau disentri. Selain eugenol. serta mengandung berbagai senyawa seskuiterpen. dan vanilin. campak. Tanaman asli Indonesia ini tergolong ke dalam keluarga tanaman Myrtaceae pada ordo Myrtales. dan juga penyedap masakan. menghitamkan alis mata. beta-caryophyllene. Di Jawa. yang merupakan senyawa utama (72-90%) penyusun minyak atsiri cengkeh. menggiatkan gerakan peristaltik saluran pencernaan. Cengkeh digunakan sebagai bahan campuran rokok kretek. minyak atsiri cengkeh juga mengandung senyawa asetil eugenol. 3. meningkatkan denyut jantung.menyembuhkan diare. sebagian besar kebutuhan cengkeh dunia (80%) masih dipasok oleh Indonesia. asam krategolat. Buah a. dan mengatasi polip. Bunga a. metil salisilat (suatu zat penghilang nyeri). Cengkeh merupakan bahan utama penambah aroma rokok kretek. Tanaman cengkeh merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 10-20 meter. Cengkeh Cengkeh dikenal dengan nama latin Syzygium aromaticum atau Eugenia aromaticum. 4. memiliki sifat mampu meningkatkan produksi asam lambung. asam galotanat. Aroma cengkeh yang khas dihasilkan oleh senyawa eugenol. Eugenol memiliki sifat antiseptik dan anestetik (bius). Sampai saat ini. kaemferol. berbagai senyawa triterpenoid (yaitu asam oleanolat. beragam senyawa flavonoid (yaitu eugenin. stigmasterol. mengobati batuk. membantu melegakan perut. sehingga sering digunakan untuk menghilangkan bau nafas dan mengobati sakit gigi. Komponen minyak atsiri yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai anestetik dan antimikroba. disusul oleh Madagaskar dan Tanzania. Terdapat pula kandungan tanin.

kolera. Lada dengan nama latin. mengupasnya. Inilah rahasia penyembuhan sakit kepala. coklat. daging buah (mesocarp). dan rasanya lebih pedas. tembakau. nyeri haid. Lada mengandung minyak atsiri. Bahan Penyegar Bahan penyegar adalah semua bahan nabati yang dapat merangsang pemakainya. B. Lada sering digunakan untuk bumbu-bumbu masakan. dan ganja. air mani yang encer. asalkan panas dan pedas. Kopi Kopi memiliki nama latin Coffea sp. Mengobati kaki bengkak pada ibu hamil. Buah kopi terdiri atas 4 bagian yaitu lapisan kulit luar (exocarp). dan coklat. pinena. Hidangan sup biasanya dibubuhi bumbu lada. 1. candu. kola. Sedangkan lada putih diperoleh dengan memetik biji masak merah. kariofilena. dan impoten. Lada yang bersifat pedas mampu menghangatkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. rematik. seperti sup ayam atau sup krim jagung. mengatasi bau dan rasa makanan yang beraroma tak sedap. piperitina. Berikut akan dijelaskan mengenai kopi. Kalau sakit kepala seringseringlah makan sup. Ada dua macam lada yang menjadi komoditi perdagangan yaitu lada hitam dan lada putih. teh. zat pahit dan minyak lemak. Yang termasuk bahan penyegar antara lain kopi. kulit tanduk (parchment). kavisna. kulit dan daging buah dibuang sebelum dikeringkan di sinar matahari. Rasa pedas disebabkan oleh resin yang disebut kavisin. teh. Piper ningrum.Nama lain dari lada adalah pedes (Sunda) dan merica (Jawa). dan biji (endosperm). . piperidina. sirih. difermentasi untuk menambah rasa lada. salesma. kemudian dikeringkan di sinar matahari. L sudah dikenal sebagai penyedap makanan. Boleh sup apa saja. Pada umumnya bahan – bahan tersebut mengandung zat perangsang yang termasuk golongan alkaloid. Lada hitam diperoleh dengan memetik buah yang masih hijau. lionena. filandrena alkaloid piperina. diremas perlahan-lahan dan direndam dalam air. Kandungan piperine dalam lada dapat merangsang cairan lambung dan air ludah. serta pengawet daging.

Daging buah terdiri dari 2 bagian yaitu bagian luar yang lebih tebal dan keras serta bagian dalam yang sifatnya seperti gel atau lender.92 Senyawa terpenting yang terdapat dalam kopi adalah kafein. minyak aromatis.58 3. Pada system syaraf pusat. Biji kopi mengandung protein. dll. mempercepat daya piker dan mengurangi rasa lelah.07 32. Kopi beras yaitu kopi biji kering berwarna seperti telur asin dan biasanya dijual atau diekspor. dan asam. dan abu. gula.21 12. kafein berfungsi sebagai senyawa perangsang yang bersifat bukan alcohol. Bagian buah yang terletak antara daging buah dengan biji (endosperm) disebut kulit tanduk. Kulit tanduk berperan sebagai pelindung biji kopi dari kerusakan mekanis yang mungkin terjadi pada waktu pengolahan. selulosa. permen kopi. kafein. lemak.asam organic.55 18. menaikkan daya tangkap panca indera. Buah kopi setelah dibuang kulit. Hasil olah kopi dapat berupa minuman bubuk.87 12. kue kopi. Teh . daging buah serta kulit tanduknya menghasilkan kopi beras. rasanya pahit dan dapa digunakan untuk obat-obatan.23 1. kafein berpengaruh dalam mencegah rasa kantuk.Kulit buah kopi sangat tipis dan mengandung klorofil serta zat – zat warna lainnya. Senyawa ini dapat mempengaruhi system syaraf pusat otot dan ginjal.27 8. Berikut tabel komposisi kimia dari kopi beras : Komposisi Air Kafein Lemak Gula Selulosa Nitrogen Bahan bukan N Abu Kandungan (%) 11. Dikenal 2 jenis kopi utama yaitu coffea robusta dan coffea Arabica. Jenis robusta tahan terhadap serangan jamur karat. 2. Secara umum kopi beras mengandung air. Walaupun kandungan kafein dalam kopi hanya sedikit.

Pada umumnya mutu coklat forastero lebih rendah daripada coklat kriolo. Selain berdasarkan bentuk. pati. Coklat Coklat ( Theobroma cacao L. keeping biji. dan vitamin. pectin. dan aroma teh.biji yang tertutup oleh pulp yang berlendir. Teh dapat diolah menjadi minuman santai. minyak atsiri. . kedua jenis tersebut juga dibedakan berdasarkan pada warna. dan lembaga (embryo). protein.5 4 8 3 5. kafein. Berikut table komposisi kimia daun teh segar : Zat Selulosa dan serat kasar Protein Klorofil dan pigmen Tanin Pati Kafein Asam Amino Gula Abu Persen Bahan Kering 34 17 1. Buah coklat mengandung 30 – 4. Perbedaan kedua macam teh tersebut dipengaruhi dan disebabkan oleh cara pengolahan yang berbeda.Teh dengan nama latin Camellia sinensi dibedakan menjadi teh hitam dan dan teh hijau. Jenis Kriolo tidak berwarna dan Forastero berwarna ungu muda.) berdasarkan bentuk buahnya dibedakan atas jenis Kriolo yang bentuknya memanjang dan jenis Forastero yang bentuknya agak bulat. kulit biji. Mutu teh sangat ditentukan oleh macam daun yang dipetik. kulit air. dan juga dapat sebagai minuman untuk diet. Kuncup daun muda akan memberikan mutu teh yang lebih baik daripada daun tua.5 Zat tannin yang banyak terdapat pada pucuk teh berperan penting dalam penentuan warna. rasa. Pulp tersebut merupakan bagian dinding buah yang melekat pada epidermis kulit biji. 3.5 25 0. Daun teh yang baru dipetik mengandung air sekitar 75 – 82% dan selebihnya terdiri dari bahan organic seperti tannin. BIji coklat segar tersiri dari bagian secara berturut – turut adalah pulp.

dan lain – lain. keranjang dan lain – lain 2. Kopi  Simpan di tempat yang sejuk. . protein dan tannin. dan tidak diletakkan dekat dengan benda-benda yang berbau tajam. di samping zat-zat lain seperti mineral. Teh Disimpan di dalam kotak kayu yang dipatri atau di dalam kertas berlipat-lipat untuk mencegah bau dan beragi. Dicuci bersih.   Taruh kopi dalam wadah tertutup dan kedap udara.5 – 1 Sisanya Coklat dapat diolah dan dikonsumsi menjadi permen coklat. pigmen.Biji coklat umumnya terutama mengandung lemak. dan tertutup rapat. tidak terkena sinar matahari langsung. biscuit. coklat batang. C. dijemur. dan dapat diahaluskan atau tidak kemudian disimpan di tempta yang kering. Kandungan (%) 30 – 35 18 18 8 – 10 3–4 2–4 0. berangin. disangan. es krim. Tannin dalam coklat berperan dalam proses fermentasi yang akan merubah aroma aroma coklat yang dihasilkan. kering. karbohidrat. misalnya dalam botol atau kaleng yang diberi label b. asam. dan air. Tabel Komposisi Kimia Biji Coklat Komposisi Lemak Karbohidrat Protein Tanin Mineral Pigmen Asam – asam Air coklat. Penyimpanan Rempah – rempah dan Bahan Penyegar 1. plastik. Bahan Penyegar a. berada pada temperature suhu kamar. Disimpan pada tempat yang kering dengan menggunakan wadah botol. kue coklat. Rempah – rempah a. susu b. minuman coklat panas.

permukaan terlihat sangat berminyak dan lengket (“Fat Bloom”). Coklat  Simpan cokelat ditempat yang kering dan dingin. Menurunkan resiko kanker payudara Dikatakan dalam penelitian bahwa dengan konsumsi rutin kopi setiap hari mungkin akan dapat melindungi wanita dari ER-negative.  Kopi a. teh. 2. konsumsi kopi tergantung pada kemampuan masing-masing orang dalam ketahanan terhadap kopi.” Namun. Apabila disimpan dalam suhu terlalu tinggi juga akan menyebabkan perubahan kandungan lemak karena panas. Penelitian ini dipublikasikan online di Breast Cancer Report edisi 11 Mei 2011. sesuai yang telah dikatakan di atas. Konsumsi kurang dari 4 cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. jumlah 5 cangkir sehari mungkin merupakan jumlah yang cukup banyak bagi beberapa orang. Penyimpanan pada suhu dibawah 13’C menyebabkan terjadinya bercak putih (“Sugar Bloom”) dan berkeringat apanila ditempatkan didalam suhu ruang. Diketahui bahwa dari para wanita ini.929 wanita Swedia yang berusia 50-74 tahun. atau dengan suhu ruangan 16-18’C. Menurunkan resiko stroke . Berikut dijelaskan manfaat dari masing – masing jenis bahan makanan tersebut. dan melibatkan 5. wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38 persen.b. b. Rempah – rempah (terlampir dalam pembahasan di atas) Bahan Penyegar Bahan penyegar seperti kopi. Manfaat Rempah – rempah dan Bahan Penyegar 1. mereka yang minum 5 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko kanker payudara ER-negative 33-57% lebih kecil daripada mereka yang minum kopi kurang dari 1 cangkir kopi dalam sehari. Hal ini juga diperkuat dengan studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition yaitu yang menyatakan bahwa menjelang masa menopause. dan coklat memiliki manfaat yang penting bagi tubuh manusia. D. dan mungkin perlu disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang untuk mengkonsumsi kopi. yaitu suatu jenis kanker payudara yang bersifat agresif. Namun.

dkk. Demikian seperti dicatat Dailymail. Pasalnya. Peneliti mengatakan. menemukan bahwa minum dua cangkir kopi setiap hari. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak. yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer. Dalam sebuah riset di Finlandia yang diterbitkan dalam "Journal of Alzheimer's Disease" pada Januari 2009.. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko terhadap penyakit Alzheimer. Sementara. secara signifikan mampu mengurangi risiko penyakit stroke. Arendash. dan juga menghentikan pertumbuhan tumor. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson. Protein ini berperan besar dalam perkembangan penyakit Alzheimer. antioksidan yang ada dalam kopi melindungi pembuluh darah di otak dari kerusakan akibat lipoprotein atau yang lebih dikenal dengan kolesterol jahat. mengonsumsi kopi lebih dari yang diperlukan tidak akan meningkatkan perlindungan tubuh terhadap bahaya stroke. Baik untuk merawat kecantikan Konsumsi 2-5 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Selasa (20/9/2011). Mencegah penyakit saraf Peminum kopi berkafein cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. mereka yang ketagihan kafein dengan minum kopi lebih dari 6 gelas hanya mampu mengurangi risiko stroke 7 persen saja. Marjo Eskelinen H. dkk.Studi yang dihelat Karolinska Institute di Stokholm. mereka yang minum hingga 4 cangkir kopi per hari. ternyata dapat mengurangi bahaya stroke hingga 17 persen. Swedia. Namun ditegsakan peneliti. d. Biasanya lemak berada di bawah jaringan ikat tersebut. Selulit adalah gumpalan lemak yang menyembul dari jaringan ikat yang seharusnya menyelubunginya. c. mengungkapkan bahwa orang-orang di usia 40-an dan 50-an yang minum 3-5 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki 65 sampai 70 persen lebih kecil terhadap resiko demensia dan Alzheimer di usia 70 tahun. Ada juga yng memanfaatkan kopi untuk sebagai pembasmi selulit.D. Pada bulan Juli tahun 2009 Gary W. Ph. penyebab stroke. jaringan . mereka yang mengonsumsi dua cangkir kopi per hari berisiko 14 persen lebih sedikit terhadap penyumbatan pembuluh darah di otak.. tetapi karena suatu penyebab. menerbitkan sebuah studi dalam "Journal of Alzheimer's Disease" yang menunjukkan bahwa tikus yang diberi kafein dalam jumlah besar ditemukan memiliki penurunan 50 persen pada protein amiloid.

Pada tahun 2004 Jaakko Tuomilehto. yang merupakan pertanda adanya penyakit ini. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini. Mampu memperbaiki sirkulasi darah dan memecah lemak di tubuh yang dapat menimbulkan selulit. - - Memberi proteksi ringan terhadap sinar UVA atau UVB. di antaranya: - Dapat mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki kulit yang rusak. Dan bahan kafein yang terkandung dalam kopi dapat memberikan efek kulit menjadi lembut. Proses ini dapat secara efektif mengurangi munculnya varises. Mencegah batu empedu Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu memerangkap kristalkristal kolesterol. Melindungi gigi Kopi yang mengandung kaein memiliki kemampuan antibakteri dan antilengket. f. akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Kafein juga dapat bertindak selaku vasorestrictor yang berarti mengencangkan dan mengecilkan pembuluh darah. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA. kopi juga baik untuk merawat kulit. Mencegah Diabetes Mellitus Tipe 2 Orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen.menjadi agak longgar dan lemak menyembul. Mampu menetralkan kulit yang teriritasi sekaligus memberi nutrisi pada kulit. sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Xanthine. Berkhasiat merevitalisasi sel kulit baru dan menjaga kelembapan kulit. yang ditemukan di dalam kafein. Akibatnya ada tampilan kurang indah yang menghiasi tubuh. Bermanfaat menghilangkan bekas jerawat. Dapat menghilangkan selulit dan strechmark jika dilakukan secara teratur. Berfungsi sebagai astrigent/penyegar karena kandungan pH – nya sama dengan kulit (4. e. Bisa menghilangkan bau badan. Asam klorogenik dapat membantu mencegah resistensi insulin. g. flek dan noda hitam. . sehingga mampu mengurangi dan menghilangkan jerawat atau noda pada kulit.5). Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Selain itu.

Hasil ini tidak berubah ketika faktor-faktor lain dimasukan kedalam penelitian. Polifenol Polifenol merupakan antioksidan jenis bioflavonoid yang 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali dari vitamin E. Hasil studi tersebut menyimpulkan bahwa mereka yang mengkonsumsi minimal dua cangkir teh setiap harinya akan mengurangi resiko terhadap penyakit kanker kandung kemih (40%) dan kanker saluran pencernaan (68%) bila dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi teh. kopi juga bisa meningkatkan metabolisme disaat istirahat dan mungkin mengandung bahan kimia yang menurunkan gula dalam darah. seperti merokok atau non-merokok.MD.974 pria dan 7. Amerika Serikat terhadap 35 ribu wanita pasca-menopause. disaring atau tidak disaring kopinya. Studi di Iowa.655 wanita Finlandia yang diteliti. ECCG (epigallocatechin gallate) yang terdapat dalam teh hijau merupakan senyawa aktif yang berperan dalam mencegah terjadinya kanker. Ph. menerbitkan sebuah studi dalam Journal of American Medical Association. . berat badan yang sehat atau kelebihan berat badan. melaporkan bahwa teh memiliki khasiat melawan kanker. dan usia.  Teh Kandungan senyawa kimia dalam daun teh terdiri dari tiga kelompok besar yang masingmasing mempunyai manfaat bagi kesehatan. Studi epidemiologis di Jepang menunjukkan penduduk yang mendiami daerah produsen utama teh hijau sangat sedikit tingkat kematiannya akibat kanker. terdapat risiko penurunan terhadap diabetes tipe 2 untuk para peminum kopi. dkk. Kedua faktor ini akan mengurangi resiko diabetes. dan menemukan bahwa dari 6. Manfaatnya: Menurunkan kadar kolesterol Mencegah dan menyembuhkan gangguan pada ginjal karena mampu menetralisir radikal hidroksil yang menyebabkan gangguan metabolisme protein pada ginjal.D. Menurut Harvard Health Publications. Menurunkan resiko penyakit kanker Senyawa polifenol dalam teh mampu memberikan perlindungan terhadap zat karsinogenik.. yaitu: 1.

Vitamin E yang banyak terkandung dalam teh memberikan manfaat menghaluskan kulit. 3. memperbaiki perasaan dan memberikan efek gembira. Selain itu. pembuluh darah. menyuburkan dan menghitamkan rambut serta baik untuk jantung. Membantu kerja ginjal dan mencegah terjadinya batu empedu Memperlancar pencernaan Melarutkan lemak dan mencegah kolesterol jahat Kafein Unsur kafein dalam teh jumlahnya lebih sedikit dibandingkan kopi. 6. Daun teh mengandung sejumlah kecil unsur mikronutrein yang bermanfaat terhadap tubuh. 4. Efek penuaan dini daun teh adalah diatas 18 kali lipat vitamin E. Manfaatnya: Melarutkan lemak. Minum teh dapat menghambat sel menjadi tua. Teh bisa memberi dorongan semangat. 5. Daun teh memiliki efek mengekang tumor ganas. . Satu lagi kandungan vitamin yang terdapat dalam teh adalah vitamin A. dan dapat secara nyata menghambat pertumbuhan sel kanker. sehingga bisa memperpanjang umur. 3. memperkuat pikiran dan kemampuan mengingat. Dalam hal ini vitamin A dalam teh berbentuk betakaroten dan ini sangat baik bagi tubuh. 2. mendorong metabolisme. Teh juga mengandung vitamin lain yaitu vitamin C. usus lambung dan fungsi lainnya. Manfaatnya: Bersifat sebagai mild stimulant pada sistem saraf pusat sehingga memperlancar sirkulasi darah ke otak Dengan minum teh secara teratur akan menaikkan tingkat ingatan. banyak manfaat teh selain dari ketiga unsur di atas adalah: 1. Essential oil Teh juga mengandung protein yang dirasakan besar peranannya dalam pembentukan aroma. Memperlancar pencernaan dan peredaran darah. Teh dapat menghilangkan rasa lelah. Kandungan vitamin C pada teh menjadikan teh sebagai minuman antioksidan.- Menurunkan tekanan dan kadar gula darah sehingga juga menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler dan diabetes mellitus. 2. Dengan mengkonsumsi teh secara teratur akan memiliki kekebalan tubuh dan tidak mudah sakit. serta memiliki fungsi memelihara jantung. memperbaiki fungsi kognitif.

Efek eforia Cokelat mengandung phytokimia bernama feniletilamin (PEA). mencegah pengerasan pembuluh nadi. sehingga orang merasa segar. Minum teh dapat melidungi fungsi pembuatan darah. 2. Setelah 9 menit minum teh hangat. nonton TV sambil minum dapat mengurangi bahaya radiasi TV. 10. Para peneliti di bidang medis kini telah membuktikan bahwa kekurangan magnesium dapat mendorong timbulnya gejala-gejala datangnya menstruasi (PMS/Sindrom Pramenstruasi). Bahan ini memiliki efek stimulasi pada otak. Senyawa ini termasuk di dalam kelompok bahan kimia yang disebut endorfin. dan radang usus yang mudah terjadi pada musim panas. Cokelat juga dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan mental kita. Sebaliknya. Daun teh mengandung asam tanat yang dapat membunuh aneka macam bakteri.7. 9. bahan kimia menyerupai endorfin akan meningkatkan suasana hati. 12. dengan kisaran 0. suhu kulit menurun 1-2 derajat celcius. .  Coklat Berikut manfaat dari coklat bagi tubuh : 1. sedangkan setelah minum minuman dingin suhu kulit menurun tidak jelas. Minum teh dapat mencegah katarak ketuaan. cokelat mengandung kadar PEA yang cukup tinggi.6 mikrogram per gram cokelat. Mencegah kekeringan akibat matahari dan menurunkan suhu. Lalu terciptalah perasaan dan energi positif berupa eforia hingga rasa bahagia. 13. Cokelat dapat membantu melewati sindrom pramenstruasi Mengkonsumsi cokelat dapat berperan sebagai pembangun suasana hati dan membantu meredakan nyeri serta depresi akibat menstruasi. radang kerongkongan. Minum teh dapat merangsang pusat saraf dan memperkuat fungsi gerakan. Saat dilepaskan ke dalam aliran darah.4-0. 11. tekanan darah tinggi dan trombus otak. juga dapat mencegah dan menyembuhkan radang rongga mulut. Minum teh dapat memperlambat dan mencegah pembentukan lemak selaput dalam pembuluh darah. Mengurangi terbentuknya karang gigi. sekaligus dapat melindungi pengelihatan. disentri dsb. Telah terbukti bahwa penderita depresi berat memiliki kadar PEA teramat rendah. Dalam daun teh mengandung zat proteksi radiasi. 8.

4. Penderita diabetes umumnya mengalami defisiensi potasium. Kandungan magnesium dan kalsium yang baik dalam cokelat Cokelat merupakan sumber kaya kalsium dan magnesium. Kini tembaga diyakini menjadi salah satu mineral pencegah penyakit jantung. sebaiknya meningkatkan asupan potasium dan mengurangi asupan sodium. stimulan yang baik Cokelat mengandung senyawa kafein yang pada orang dewasa yang mengalami stres. Potasium membantu mengubah glukosa menjadi glikogen. dapat membantu melawan ketidakseimbangan yang diakibatkan konsumsi makanan olahan yang berlebihan. Sumber mineral Para peneliti dan ahli nutrisi telah membuktikan bahwa cokelat adalah sumber utama tembaga pada diet penduduk Amerika Utara. kaya potasium Kerja dari banyak fungsi sel tubuh manusia dipertahankan melalui keseimbangan antara sodium dan potasium. Kalsium dan magnesium bekerja bersama. Potasium juga terlibat dalam mengatur kadar oksigen dalam otak. Mengkonsumsi cokelat adalah cara yang menyenangkan untuk memperoleh mineral secara alami. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berhubungan tidak langsung dengan ketidakseimbangan potasium/sodium. Sementara untuk menjaga keseimbangan tubuh dengan menghindari konsumsi garam yang berlebihan. Cokelat. Dengan mengkonsumsi cokelat secara teratur yang mengandung tinggi potasium dan sodium (garam) rendah. Bila seseorang mengalami kesulitan tidur.Memperoleh magnesium ekstra dari mengkonsumsi cokelat dapat membantu kita menyimpan kadar dopamin guna menyeimbangkan serotonin yang selanjutnya mengurangi PMS. 3. 6. kafein akan meningkatkan tekanan darah. Cokelat juga mengandung stimulan lemah lainnya seperti theobromin yang merupakan stimulan jantung yang sangat ringan namun memiliki sifat relaksan otot dan sebagai vasodilator. 5. Cokelat sangat ampuh untuk melawan stres karena cokelat mengandung asam valerik yang merupakan zat penenang dan relaksan. Konsumsi garam berlebihan dapat terjadi bila kita mengkonsumsi makanan olahan terlalu banyak. lebih baik daripada mengkonsumsi suplemen mineral karena jika orang mengkonsumsi suplemen yang mengandung minerla tertentu justru dapat mengganggu keseimbangan tubuh. Magnesium mengatur jumlah kalsium yang . Cokelat berkadar sodium rendah.

7. Antioksidan yang baik Cokelat merupakan sumber senyawa antioksidan tipe polifenolik berkadar tinggi. Melalui perbobaan pada hewan. serta gangguan denyut jantung. Penelitian lain membuktikan bahwa flavonoid berkhasiat ini dapat menghambat kanker akibat bahan kimia pada hewan percobaan tikus. Untuk kesehatan tubuh. 8. 9. 10. Asam ferulik degunakan pada pelembut kulit dan tabir surya serta telah terbukti menurunkan efek samping kemoterapi pada penderita kanker. Kokoa dalam cokelat mengandung bahan kimia alami yang menghambat pelepasan asam yang merusak gigi. agen antikanker. Defisiensi magnesium dapat menyebabkan kram dan kejang otot. seperti halnya roti dan sereal. Flavonoid ini telah terbukti memiliki aktibigtas antikanker.memasuki sel-sel dan berguna mencegah osteoporosis. yaitu sejenis radiasi ionisasi yang menyebabkan kerusakan kromosom. Antioksidan alami ini melindungi lemak selama penyimapanan. yang terbentuk dalam konsentrasi besar. Cokelat. Kokoa juga mengandung agen antikanker lainnya seperti asam ferulik. disebut sebagai epicatechin. Segelas susu cokelat panas sebelum tidur setiap hari dapat melindungi jantung kita. Empat puluh gram susu cokelat mengandung kadar antioksidan polifenolik yang kira-kira sama dengan segelas anggur merah. Cokelat hanya memberikan efek ringan pada kerusakan gigi. Efek aspirin dari senyawa polifenolik pada kokoa dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu. epicatechin terbukti melindungi mereka dari radiasi gamma. Kandungan polifenol juga sangan menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat) sehingga menghambat penyumbatan arteri yaitu dengan mengurangi kemampuannya untuk merusak sel-sel penyusun dinding arteri dan mencegah pembentukan plak. Faktor lain dalam kokoa malah membuat email . antioksidan dipercaya berperan penting dalam membantu memperlambat proses penuaan dini dan mencegah kanker serta penyakit jantung karena antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas sebagai pemicu penyakit-penyakit tersebut. Epicatechin juga mencegah senyawa-senyawa tertentu dari asap tembakau berinteraksi dengan DNA. Lemak dalam cokelat juga dapat membantu melindungi dari kanker payudara. Flavonoid sederhana yang ditemukan pada kacang kokoa terfermentasi. cokelat tidak akan berbau tengik/anyir karena cokelat tidak teroksidasi. Dan juga lemak dalam cokelat berhubungan dengan minyak zaitun yang menyehatkan.

1) Syarat umum  Kesegaran jahe: segar  Rimpang bertunas: tidak ada  Kenampakan irisan melintang: cerah  Bentuk rimpang: utuh  Serangga hidup: bebas 2) Syarat Khusus a. “Kesalahpahaman ini telah menarik perhatian remaja selama bertahun-tahun. perubahan hormonal selama masa remaja lah yang menyebabkan umum munculnya jerawat. American Dietric Association pada jurnal konsumen Complete Food and Nutrition Guide edisi 1996. Rempah – Rempah  Jahe Standar mutu jahe di Indonesia tercantum dalam Standar Nasional Indonesia SNI– 01–3179–1992.” E. III. Rimpang yang terkelupas kulitnya (rimpang/jumlah rimpang): mutu I=0 % mutu II=0 % mutu III<10 % . cokelat tidak dianggap penyebab kerusakan gigi. Akan tetapi. Cokelat tidak menimbulkan jerawat. bukan cokelat. 11. Mutu Rempah – Rempah dan Bahan Penyegar a. yaitu: mutu I. maka tidak heran bila cokelat susu mengandung 30 % lebih sedikit bahan kariogen (penyebab peluruhan) dibandingkan cokelat hitam. II. Jahe diklasifikasikan menjadi 3 jenis mutu. menggambarkan bahwa anggapan cokelat sebagai penyebab jerawat hanyalah mitos. Ukuran berat:       mutu I > 250 gram/rimpang mutu II 150-249 gram/rimpang mutu III dicantumkan sesuai hasil analisa <10% b. Bila dimakan dalam jumlah yang tidak berlebihan.menjadi resisten atas serangan asam. Karena susu mengandung faktor yang menghambat kerusakan gigi.

Rimpang berkapang (rimpang/jumlah rimpang): mutu I=0% mutu II=0% mutu III <10%  Kunyit Standard mutu kunyit untuk pasaran luar negeri dicantumkan berikut ini: 1) Warna : kuning-jingga sampai coklat kuning-jingga 2) Aroma : khas wangi aromatis 3) Rasa : mirip rempah dan agak pahit 4) Kadar air maksimum : 12 % 5) Kadar abu : 3-7 % 6) Kadar pasir (kotoran) : 1 % 7) Kadar minyak atsiri (minimal) : 5 %  Temulawak Standard mutu temulawak untuk pasaran luar negeri dicantumkan berikut ini: 1) Warna : kuning-jingga sampai coklat kuning-jingga 2) Aroma : khas wangi aromatis 3) Rasa : mirip rempah dan agak pahit 4) Kadar air maksimum : 12 % 5) Kadar abu : 3-7 % 6) Kadar pasir (kotoran) : 1 % 7) Kadar minyak atsiri (minimal) : 5 %  Kencur Kencur segar untuk bahan baku obat adalah rimpang (rhizoma) dari tanaman kencur (Kaempferia galanga L) yang sudah tua/matang fisiologis. syarat penandaan dan cara pengemasan kencur segar untuk bahan baku obat. cara uji. berbentuk utuh segar dan bersih yang digunakan sebagai bahan baku obat. dengan ciri berkulit tipis putih kecoklatan.c. Standar meliputi syarat mutu. Standar digunakan bersama-sama . bagian dalamnya putih kekuningan beraroma khas kencur. Benda asing:       mutu I=0 % mutu II=0 % mutu III<3 % d. pengambilan contoh.

kadar abu dan benda asing.dengan SNI terkait pengambilan contoh padatan. cara uji cemaran logam. kandungan mintak atsiri.  Pala  Cengkeh .

 Lada Putih .

b. Bahan Penyegar  Coklat Berikut contoh hasil penelitian mutu coklat : .

 Kopi Berikut contoh hasil penelitian mutu kopi : .

.

Atin. Bandung: Yrama Widya.html http://dniell.pdf http://www.com/artikel/teknologienkapsulasiflavorrempah.blogspot. Tanaman Hias. 2010. Bogor: Alfabeta CV Septiatin. Apotek Hidup dari Rempah-Rempah. Sugiyono.com http://oketips.bmca-pusat. 2005. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.biz/obat/manfaat-kopi-untuk-kesehatan/ http://www. Muchtadi.html http://erabaru.com/2011/07/manfaat-kopi-untuk-kesehatan-kulit.squidoo.info/manfaat-kopi-untuk-kecantikan http://xamthoneplus.scribd.DAFTAR PUSTAKA Tien R. dan Fitriyono Ayustaningwarno.com/tag/penyimpanan-coklat http://ebookpangan. 2008.com/doc/cara-penyimpanan-bumbu-dan-rempah2 . http://tipsperawatantubuh.net/kesehatan/34-kesehatan/3219-apa-saja-manfaat-minum-teh-terhadap-tubuh http://kopiorganic.com/component/content/article/44-artikel-bmca/76-manfaat-teh. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan.com/manfaat-kopi-untuk-hindari-stroke http://tipsku.com/tips-cara-menyimpan-teh http://4rmita. Siapa Bilang Coklat Bikin Gemuk. dan Tanaman Liar.com/khasiat-manfaat-kopi http://www.wordpress. John Ashton dan Suzy Ashton.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful