RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi Pokok Alokasi Waktu

: SMP : Sains (Fisika) : VIII/ Ganjil : Tekanan Pada Zat Cair : 1 x 40 menit

A. Standar Kompetensi Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari. B. Kompetensi Dasar Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. C. Indikator 1. Menjelaskan konsep tenggelam, melayang dan terapung. 2. Menyebutkan syarat terjadinya konsep terapung, melayang, dan tenggelam 3. Menentukan gaya keatas terhadap pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung. 4. Mengaplikasikan konsep tenggelam, melayang dan terapung dalam kehidupan seharihari.

D. Tujuan Pembelajaran 1. Pemahaman dan Penerapan Konsep      Siswa dapat mengamati benda tenggelam, melayang dan terapung. Siswa dapat membandingkan perbedaan tenggelam, melayang dan terapung. Siswa dapat menyebutkan syarat-syarat benda tenggelam, melayang dan terapung. Siswa dapat menentukan gaya keatas yang dipengaruhi oleh massa jenis

2. Psikomotor Siswa dapat bekerjasama dalam berdiskusi dengan kelompoknya

demonstrasi.3. Media Pembelajaran PowerPoint. dan garam . Sumber Belajar Khalim. Alat dan Bahan Alat Bahan : Gelas : Air. Alat Peraga dan LKS H. Jakarta: Bumi Aksara G. dan eksperimen F. Buku Sains Fisika 2 Kelas VIII. Model dan Metode Pembelajaran Model Pembelajaran Metode Pembelajaran : Cooperative Learning Type STAD : Diskusi kelompok. Abdul. telur. Afektif   Siswa dapat menyampaikan pertanyaan ataupun pendapat dengan lisan Siswa dapat menghargai pendapat orang lain E. 2004. dkk. tanya jawab.

Abdul. Demonstrasi Penguatan  Membuka pelajaran Power Point  Bertanya 1 (Menyampaikan Tujuan) peristiwa tekanan pada zat cair  Memberikan apersepsi kepada siswa  Menampilkan tiga buah bejana berisi air. Buku Sains Fisika 2 Kelas VIII. Inti 25 menit . telur dan garam dalam keadaan tenggelam. 2004. Jakarta: Bumi Aksara Alokasi Waktu 5 menit Tahap Fase Model Metode Media Ketrampilan  Membuka Karakter  Etika  Berkomunikasi  Komitmen  Kejujuran  Kemampuan Menganalisis Pendahuluan dan menjawab Tanya Jawab pelajaran  Bertanya  Memberi Mendengarkan tujuan pembelajaran yang disampaikan Cooperative Learning Type STAD pertanyaan guru Diskusi. dkk. Tanya Jawab. dan terapung  Mendiskusikan dan mengamati posisi masing-masing telur dalam bejana. Kegiatan Pembelajaran : Jenis Kegiatan Guru  Memberi salam dan mengadakan tanya jawab tentang materi sebelumnya  Menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai   Siswa Menjawab salam guru Sumber Belajar Khalim. melayang.I.

melayang dan tenggelam  Mendengarkan informasi dari guru .Menjelaskan pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam.   penjelasan mengenai pengertian tenggelam. melayang. Jakarta: Bumi Aksara    Menjelaskan  Etika Ceramah. dkk. melayang dan terapung. terapung dan melayang. Mendengarkan informasi dari guru  Menjelaskan hasil pengamatan dan mendefinisikan peristiwa terapung. Buku Sains Fisika 2 Kelas VIII. 2004. Cooperative Learning Type STAD  Membimbing siswa untuk  Memberikan Variasi lisis Power Point Khalim. Abdul. Demonstrasi Inti 2 25 menit Menunjukkan salah satu peritiwa tenggelam. terapung dan melayang. dan terapung Memperhatikan penjelasan guru  Mengelola Kelas  Mengadakan  Berkomunikasi  Kemampuan Mengana- menjelaskan pengertian 2 (Menyajikan Informasi) tenggelam.

Diskusi. Eksperimen melayang  Mengamati percobaan yang dilakukan siswa apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Abdul. tenggelam dan melayang sesuai dengan langkah kerja Melakukan diskusi mengenai pembahasan yang diberikan guru Inti 25 menit . Alat Peraga  Membimbing Diskusi  Etika  Berkomunikasi  Kemampuan Menganalisis  Kerjasama  Komitmen  Kejujuran 4 (Membimbing Kelompok Belajar) Ceramah.  Melakukan percobaan untuk membuktikan terapung. tenggelam. dan melayang dalam kehidupan sehari-hari. Buku Sains Fisika 2 Kelas VIII.  Menyuruh siswa melakukan  diskusi dengan kelompoknya mengenai mengapung. dkk. tenggelam dan  Menjelaskan  Mengelola Kelas  Mengadakan Variasi Power Point.3 (Mengorganisasikan Kelompok Belajar)   Membimbing siswa dalam membentuk kelompok Perwakilan tiap kelompok diminta untuk mengambil alat dan bahan yang akan digunakan  Mendengarkan bimbingan dari guru Mengambil alat dan bahan yang akan digunakan  Membimbing  Etika Diskusi  Kejujuran Komitmen Khalim. 2004. Jakarta: Bumi Aksara Ceramah Alat Peraga Mengelola Kelas  Mengamati jalannya proses praktikum  Cooperative Learning Type STAD Mengamati kenapa telur mengapung.

  Cooperative Learning Type STAD kelompok peserta didik dan informasi dari guru Inti 25 menit 6 (Memberi Penghargaan) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. Buku Sains Fisika 2 Kelas VIII. Abdul.  Mengevalusi hasil diskusi dari setiap kelompok   Mempresentasikan  Menjelaskan  Etika  Beragumentasi Logis  Berkomu nikasi  Toleransi Khalim. Mendengarkan informasi yang disampaikan guru  Memberi  Etika  Komitmen  Toleransi  Menganalisis  Memberikan tugas dan menyimpulkan hasil materi  Ceramah Penguatan Mengerjakan tugas dan mencatat kesimpulan  Menutup  Etika  Menganalisis Diskusi. Diskusi hasil diskusi  Memberi Power Point Penguatan  Mengelola Kelas 5 memberikan informasi yang sebenarnya. 2004. Pemberian Tugas Penutup Power Point Pelajaran 10 menit . dkk. Jakarta: Bumi Aksara 5 ( Evaluasi) Menanggapi hasil diskusi Mendengarkan Ceramah.

Teknik Penilaian: Tes lisan Tes tertulis b.J. Instrument: (Terlampir) Medan. Penilaian a. Bentuk Instrumen: Tes Essai c. 409121031 . April 2012 Peserta MicroTeaching Fitriani NIM.

7. Alat dan bahan : Alat Bahan : Gelas : Air. dan garam : Hukum Archimedes : Menyelidiki benda yang terapung. 3. 4. melayang. 5. Kompetensi Dasar : Menyelidiki tekanan pada benda padat. 4. Amati yang terjadi pada telur. Standar Kompetensi : Memahami peranan usaha. dan energi dalam kehidupan sehari-hari. telur. .LEMBAR KERJA SISWA (LKS) 1. Prosedur Percobaan 1. dan 6. dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. gaya. Lalu pindahkan lagi telur kedalam bejana yang berisi air garam yang lebih pekat. Amati yang terjadi pada telur. 5. Judul Tujuan tenggelam di dalam air 3. Siapkan alat dan bahan. Masukkan telur ayam ke dalam bejana berisi air tersebut. Pindahkan telur ke dalam bejana yang berisi air garam. 2. 2. cair. 6. Isilah bejana dengan air sampai hampir penuh (usahakan jangan terlalu penuh sehingga apabila kamu memasukkan telur airnya tidak tumpah). 8. Amati yang terjadi pada telur.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Jelaskan untuk setiap keadaan! LEMBAR JAWABAN Kelompok: Nama: 1. Sebutkan masing-masing keadaan telur tersebut. berada dalam berapa keadaankah telur tersebut? 2.7. Keadaan telur Keterangan Jawaban: . Pertanyaan 1. No. Setelah kamu amati. 3. 4. 2. 3.

tentukanlah besarnya gaya keatas pada air tersebut.TUGAS Nama : 1. melayang dan mengapung dalam kehidupan seharihari! 5. 4. Jelaskan yang dimaksud dengan istilah terapung. Aplikasikan konsep dari tenggelam. melayang dan tengelam pada cairan 3. 2. tenggelam dan melayang. Sepotong gabus yang volumenya 20 cm3 terapung dalam air yang massa jenisnya 1 gr/cm3 . Bila 1/4 bagian dari gabus berada diatas permukaan air. Tentukan gaya keatas yang diperoleh marmer tersebut. Sepotong marmer volumenya 20 cm3 dicelupkan kedalam minyak yang massa jenisnya 800 kg/m3. Tuliskan syarat yang harus dipenuhi untuk posisi benda terapung. .

Dik: V = 20 cm3 = 2. Terapung (c > b)  Benda dipermukaan zat cair Tenggelam (b > c)  Benda di dasar zat cair Melayang (b = c)  Benda antara permukaan dan dasar zat cair 2.KUNCI JAWABAN 1.10-5 m3 Dit: FA ….? . Apabila posisi benda dalam zat cair : Terapung  Melayang  Tenggelam  gaya ke atas oleh zat cair lebih besar daripada gaya berat benda gaya ke atas oleh zat cair sama dengan gaya berat benda gaya ke atas oleh zat cair lebih kecil daripada gaya berat benda 3.

2 x10-5 .10-5 m3 V = 1.5. 10 FA = 16 x 10-2 N 4.V 4 1/4V 3/4V = 3 . Dik: ρa = 1 gr/cm3 = 1000 kg/m3 V = 20 cm3 = 2. g = 1000 .jawab: FA = . contohnya: balon udara Mengapung.? Jawab: V = 3 .. contohnya: kapal laut 5.5.10-5 m3 FA = ρa . V.V. Tenggelam.10-5. contohnya: batu yang dilempar ke dalam air Melayang.15 N .g = 800 . 1.10 = 0.10-5 m3 Dit: FA . 4 2.