PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG INDONESIA Isi dari 13 Pesan Umum Gizi Seimbang

:

1. Makanlah aneka ragam makanan, yaitu makanan sumber zat tenaga (karbohidrat), zat pembangun (protein), serta zat pengatur (vitamin dan mineral). 2. Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dari tiga sumber utama, yaitu karbohidrat, protein dan lemak. 1 gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kcal energi, 1 gram protein akan menghasilkan 4 kcal energi, sedangkan 1 gram lemak akan menghasilkan 9 kcal energi. Sumber energi dari lemak merupaka sumber terbesar dan ini yang sering tidak kita sadari .. 3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi. WHO (1990) menganjurkan agar 55 – 75% konsumsi energi total berasal dari karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, mie dsb (lihat gambar tumpeng gizi untuk lengkapnya ^^) dan paling banyak hanya 10% berasal dari gula sederhana. 4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi. Mengkonsumsi lemak hewani secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri dan penyakit jantung koroner. 5. Gunakan garam beriodium untuk mencegah timbulnya Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI).

Info lengkap tunggu artikel slanjutnya ya… 8. Dianjurkan untuk mengkonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram (1 sendok teh) per hari untuk mencegah penyakit darah tinggi dan cardiovaskular lainnya. telur dan daging. agar proses faali dalam tubuh dapat berlangsung dengan lancar dan seimbang. 6. Pemberian ASI secara eksklusif ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Ditambah lagi tidak makan pagi memberi efek “kelaparan” sehingga makan siang jadi double size. ‘tul ngga? 9. Biasakan makan pagi (sarapan) untuk memelihara ketahanan fisik dan meningkatkan produktivitas kerja. Setelah itu perlu diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI). Minumlah air bersih. karena penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak sarapan justru meningkatkan suatu hormon yang memicu pertambahan berat badan.GAKI dapat menghambat perkembangan tingkat kecerdasan anak. Why? Karena zat besi dalam lauk hewani dalam bentuk heme (diserap 5x lebih tinggi daripada nonheme). 10. hati. dan kretin (kerdil). Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur . yaitu minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 6 bulan. Makanlah makanan sumber zat besi untuk mencegah anemia. Tapi utamanya dari lauk hewani. aman dan cukup jumlahnya. 7. penyakit gondok. Sumber yang baik adalah sayuran berwarna hijau. kacang-kacangan. Jangan bilang lagi diet (ngurusin badan) buat alasan ngga sarapan.

Bacalah label pada makanan yang dikemas. Olahraga teratur ini meliputi durasi yakni lebih dari 30 menit dan frekuensi yakni minimal 3x per minggu. ingat bahwa liver (hati) Anda itu beresiko terkena kanker! 12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan. Hindari minum minuman beralkohol. yang dapat menyebabkan sakit. coba perhatikan kandungan snack yang dimakannya. . … 13. komposisi gizi. yaitu bebas dari cemaran bahan kimia dan mikroba berbahaya. 11. Bagi yang ingin tahu apa saja yang dikonsumsi oleh anak Anda. Anda paham Monosodium Glutamat alias MSG kan? Too much of it. untuk mengetahui komposisi bahan penyusun (ingridient). Anda yang suka minum minuman beralkohol. serta tanggal kadaluarsa. kecerdasan anak Anda bisa menurun.untuk mencapai berat badan normal dan mengimbangi konsumsi energi yang berlebihan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful