BAB 2 TUHAN MENDEKATI MANUSIA MELALUII AGAMANYA

2. 1 Fungsi Agama Fungsi agama adalah sebagai jati diri seseorang. Agama memberikan tempat dan pengakuan di masyarakat. Agama juga dapat di hubungkan dengan tradisi atau adat. Biasanya dalam pelayanan keagamaan nya dapat di masukkan unsure-unsur tradisi atau budaya,antara lain dengan menggunakan bahasa daerah dan alat music tradisional. Seperti yang digunakan di HKBP (Huria Kristen Batak Protestan), GKJ (Gereja Kristen Jawa), GMIT (Gereja Masehi Injili Timor). Dengan di maksudkannya unsure-unsur tradisi diharapkan umat dapat dengan baik menangkap isi pesan yang disampaikan oleh Pemuka Agama tersebut.

2.2 Filsafat Agama Filsafat agama beruasaha menemukan dasar dan kemampuan manusia untuk beragama, SEBAGAI suatu kegiatan Khsusus yang di arahkan kepada Nan Suci dan Illahi, yang biasanya dihubungkan dengan pribadi Allah. Agama sebagai suatu fenomena social merupakan titik pangkal untuk suatu refleksi yang lebih mendalam. Filsafat agama mempunyai kekasan yang secara kritis merefleksikan kegiatan Religius sebagai tindakan Sang Kas Manusiawi. Dan filsafat agama mengakui bahwa di dalam agama terdapat unsure-unsur yang tidak terjangkau oleh pikiran manusia.

2.3 Paham Allah Konsep Allah dapat diartikan sebagai suatu Rangkuman pengalaman. Yang mempunyai arti bahwa Standar paham Allah itu sendiri tergantung dari pengalaman yang di ungkapkan. Allah mengerti bagaimana Ia menyatakan diri. Dan itu berarti bahwa Allah sebagai pencipta dan Penyelamat. Oleh sebab itu, orang yang tidak dapat percaya kepada Alllah yang tidak ada. Sehingga disini berperan Pengalaman Iman dalam perjumpaan dengan Allah melalui SabdaNya. Paham Allah itu sendiri tidak berasasl dari Refleksi Manusia atas dirinya sendiri, melainkan dari sejarah pewahyuan Allah. Oleh sebab itu,

nilai diberikan oleh Manusia berdasarkan pengalaman. Allah tidak menyukai hambdaNya yang suka .Firman allah yang di tujukan kepada Manusia hanya mmempunyai arti kalau dapat di terima dan mengerti oleh Manusia. saling menghormati. 2. Doa sendiri menjadi relasi pribadi dengan Allah jika kita memahami kalau kita memahami Allah secara pribadi. Tuhan mendekati Manusia melalui Ajaran agama dan kepeercayaan : 2. Dalam hal ini terdapat hubungan timbal balik antara doa dan Hidup. Dekat dengan Allah dapat diwujudkan melalui Doa karena inti pokok doa tidak lain dari pada menghadap Tuhan. Hal ini akan terlaksana apabila setiap anggota Masyarakat mampu menciptakan pergaulan yang baik. Meditasi atau Kontemplasi juga mengembangkan relasi dengan Tuhan. Semakin kita menyadari keagungan Tuhan maka akan muncul Puji-Syukur. Dengan berdoa dapat dikatakan bahwa kita mempunyai pengharapan.4.1 Agama Islam Allah SWT mengajarkan kepada kaum Muslim untuk bersatu dalam melaksanakan ajaran agama dan menjauhi segala sesuatu yang menimbulkan perpecahan atau permusuhan. Semakin manusia menyadari karepuhan dan kekurangan nya sendiri.4 Dekat dengan Allah Pengalaman dengan Allah dimaksudkan adalah yang berhubungan langsung dengan Nilai. Dan pengaharapan tersebut dapat berkembang menjadi keyakinan dan kesetiaan sebagai Iman yang menggerakkan hidup. transsendensi kedepan. Ia akan memohon belas kasihan Tuhan sehingga kita akan makin sering berkomunikasi dengan Tuhan. Nilai positif ini memberi keterarahan Karena memberi arti penuh pada hidup. karena persatuan adalah suatu nikmat Allah yang besar yang harus di disyukuri serta di pelihara sebaik-baik nya. Bagaimana orang menghubungi alllah di tentukan oleh pengertian nya sendiri mengenai Allah dan mengenai dari diri nya sendiri dalam relasi dengan Allah. tolongmenolong antara satu dengan yang lainnya. Berdoa dapat dilakukan bersama dengan orang lain atau sendiri. Sehingga pengalaman akan allah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pengharapan itulah memberanikan kita sebagai manusia untuk maju dan hidup selalu terarah kedepan. Nilai bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri. serta tradisi keagamaan yang mendidik dia dalam relasi itu. Isi doa tergantung dari arti Allah seseorang.

dan perwujudan keyakinan pandangan hidup kiranya merupakan segi-segi yang paling pokok didalam pelaksanaan pandangan hidup. 2. sebab seseorang dan banyak orang tersebut telah mengalami banyak kejadian dan peristiwa yang membuat hidup ini menjadi lebih bermakna dan berarti. Roma 1:19-21) b. 104:1-35 . karya pemeliharaan dan penyelenghgaraan Ilahi atas alam semesta bini (Mazmur 19:1-7 . 13:21-22 . Setiap pandangan hidup bertumpuh pada pengalaman-pengalaman dan penghayatan-penghayatan manusia. menjadi seperangkat ajaran atau doktrin. Sebab ucapan buruk itu dapat menimbulkan permusuhan dan kebeciaan. Keluaran 3:2 . dengan penuh misteri. . Tentu saja keyakinan-keyakina tersebut. yaitu peernyataan Allah yang di lakukan Allah melalui : a. Agama sebagai pandangan hidup sekaligus merupakan keyakinan.2 Agama Katolik Agama merupakan pandangan Hidup uang telah terinstitusi. Theopane yaitu penampakan Tuhan melalui tanda-tanda yang dapt ditangkap oleh indra manusia sehingga Ia menyadari bahwa dirinya sedang berhadapan dengan Tuhan (Kejadian 18:1-2 . 2. namun ajaran-ajaran tersebut selanjutnya menunculkan kekukusan –kekukusan dari keyakina-keyakina agama atau aliran-aliran kepercayaan. 29:2-11 . 32:22-32 . Allah (kekuatan yang maha tinggi). penghayatan . dengan sesama dan dengan Tuhan. Pernyataan Allah secarta tidak Langsung. Segi pengalaman. jika ingin benar.mengucapkan ucapan-ucapan huruf kepada siapa pun.4. Dan walaupun dasar nya sama yaitun menghoermati Allah dan sekaligus menghormati sesama beserta alam semesta. Selanjutnya pengalaman dan penghayatan perlu di wujudkan. misalnya mencintai Allah dengan sekaligus mencintai sesama. yang terdapat pada seseorang dan banyak orang. Seluruh ciptaan. karena makin teristitusi. Kisah Pararasul 9:3-5). Alquran adalah kalahmulah yang di wahyukan kepada rahsulNya yang terakhir(Nabi Muhammad SAW).3 Agama Kristen Secara umum Allah menyatakan diri kepada manusia dengan dua cara yaitu 1. yang dipandang beribadah bila di baca dan yang harus dijadikan pedoman hidup oleh umat manusia sampai akhir zaman. Dengan penghayatan dan pengalaman tersebut mempertemukan orang dengan dasar hidupnya.4.

tidak tergantung dengan kekuatan-kekuatan luar atau orang lain melainkan dengan kekuatan sendiri. Ini berarti padanya paham tentang diri telah padam. dengan demikian meniadakan lingkaran kelahiran kembali (samsara) untuk kemudian dapat mencapai kebahagiaan abadi (nibana). 2. sifat kerja sama yang baik. Dharma mengajarkan kita meditasi untuk mencapai pengetahuan tertinggi. serta mendapat teladan bagaimanakah seharusnya manusia menghadapi kehidupan yang benar sebagaimana yang dikehendaki oleh tuhan (Yohanes 1:114 . Dharma mengajarkan kita untuk percaya diri sendiri.di cela tidak akan mencela. mempunyai sifat pengampunan. tabah tanpa keluh resah.sehingga Alkitab yang berisi kesaksiaan tentang firman dan karya allah itu juga dapat disebut sebagai alat pernyataan allah. di sakiti Ia tidak akan menyakiti. tetapi selalu melancarkan berkat. seseorang tidak lagimelihat perbedaan antara semua Makhluk. 14:6-11 : Kolose 1:15-16 : Ibrani 1:3). sesorang Harus mengembangkan meta dan karunia sampai tak terbatas.2. Dihina tidak akan Menghina. Dengan kepercayaan kepada kekuatan diri sendiri kita akan dapat mencapai kebahagiaan dan kesempurnaan dengan tekun. dan beramah-tamah kepada setiap orang.4 Agama Budha Untuk dapat bekerja tanpa mementingkan diri sendiri. Kesaksian tentang pernyataan Allah tersebut kemudian dikumpulkan Alkitab.5 Agama Hindu . Dharma mengajarkan kita untuk membuang kepercayaan-kepercayaan kosong yang merupakan penipuan bagi kita semua. Dengan memiliki perasaan kasih saying dan belas kasihan yang tak terbatas. sehingga manusia dapat mengenal allah yang berkuasa.4. Dharma mengajarkan kita untuk mempunyai perasaan mudita (simpati). 2.4. Ia tetap sabar dan pemaaf. yaitu pernyataan Allah yang dilakukan dengan menjelma menjadi manusia sejati dalam diri Tuhan Yesus Kristus. Dharma mengajarkan bagaimana caranya kita berbuat baik dan untuk menghindari kejahatan. mengasihi dan menyelamatkan. Pernyataan Allah secara Lansung. Dharma mengajarkan kita untuk melenyapkan keinginan yang menjadi sumber penderitaan. Kemudian oleh gerja kesaksian tersebut dirumuskan menjadi pokok-pokok ajaran gereja atau dogma Gereja.

tapa artinya mematikan indranya. Karena adanya peraturan hidup dan kodrat diikuti atau dilaksanakan oleh manusia untuk dapat menjadi manusia yang baik. gemilanglah kebijaksanaannya yang selaras dengan kehendak rakyat dan selaras dengan kemanusiaan. prawjya artinya pendeta yang bijaksana (laku mengembangkan ilmu kerohanian).4. maka dharma juga bararti tingkah laku yang baik. Bhiksu artinya melaksanakan upacara diksa (penyucian pribadi). serta kepatuhan yang harus di laksanakan sebagai anggota masyarakat. hidup yang damai.6 Agama Khonghucu Di dalam kitab Sanjak tertulis “Betapa mengagungkan dan bahagiua seorang kuncu (manusia budiman).Dalam agama Hindu ditemukan ajaran tentang “Dharma adalah penolong manusia untuk mencapai kehidupan yang bahagia. Diterimanya karunia Tuhan. . Demikianlah selalu diterima dari Tuhan. tekun melakukan pekerjaan. terlindung firman yang dikaruniakan kepadanya. 2. yoga artinya melaksanakan Samadhi Dharma meliputi segala peraturan kodrat. dana artinya memberikan sedekah. yajna artinya melaksanakan upacara korban. Dharma mencakup jangkauan yang lebih luas sebagai berikut : Sila artinya melaksanakan perbuatan baik. tidak diberikan menikmati objeknya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful