P. 1
BINTANG DAN DINAMIKANYA (Soal Dan Jawaban)

BINTANG DAN DINAMIKANYA (Soal Dan Jawaban)

|Views: 148|Likes:
Kumpulan soal beserta dengan jawaban mengenai Bintang dan Dinamikanya
Kumpulan soal beserta dengan jawaban mengenai Bintang dan Dinamikanya

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Yonathan Andrianto Suroso on Apr 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2013

pdf

text

original

UNIVERSITAS NEGERI MANADO | FISIKA GEOTHERMAL

MAKALAH ILMU PLANET BUMI DAN ANTARIKSA

BAB 6 : BINTANG DAN DINAMIKANYA

BINTANG DAN DINAMIKANYA

SOAL LATIHAN DAN JAWABAN
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan paralaks, parsec, dan proper motion. 2. Suatu bintang mempunyai paralaks 0,01 detik. Tentukan jarak buntang tersebut. 3. Mengapa pemakaian paralaks hanya untuk bintang-bintang yang terdekat saja? 4. Dua buah bintang mempunyai sudut paralaks yang sama, tetapi salah satunya mempunyai proper motion dua kali bintang lainnya. Bagaimanakah perbandingan kecepatan tangensial kedua bintang tersebut? 5. Jelaskan perbedaan antara peculiar velocity dan space velocity pada bintang. 6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Local Standard of Rest. 7. Dua buah bintang mempunyai magnitudo absolut yang sama. Mengapa salah satu bintang dapat kelihatannya lebih terang daripada yang lainnya? 8. Apa perbedaan antara magnitudo absolut dan luminosity? Mengapa antara keduanya berhubungan sangat erat? 9. Jarak bumi-matahari (1 SA) = 149,6 · 106 km. Hitung waktu yang diperlukan cahaya matahari sampai ke bumi. 10. Alpha Centauri dan Proxima Centauri mempunyai paralaks 0,76 detik. Hitung jarak kedua bintang tersebut terhadap matahari. 11. Dalam waktu 50 tahun, sebuah bintang berubah arahnya sebesar 1’40’’. Tentukan gerak semunya (proper motion). 12. Sebuah bintang mempunyai proper motion 3,00”, paralaks 0,474”, dan kecepatan radialnya 40 km/s. Hitung kecepatan ruangnya. 13. Dua buah bintang mempunyai perbedaan magnitudo 5. Tentukan perbandingan kecahayaan kedua bintang tersebut. JAWABAN: 1. - Paralaks adalah perbedaan latar belakang yang tampak ketika sebuah benda yang diam dilihat dari dua tempat yang berbeda.
2

BINTANG DAN DINAMIKANYA

-

Parsec adalah jarak bintang jika sudut paralaksnya 1 detik Proper motion adalah perubahan koordinat atau posisi bintang tiap tahun dan merupakan kecepatan tangensial bintang

2. Dik : p = 0,01” Dit : d Peny :

3. Paralaks hanya bisa dipakai untuk jarak bintang yang dekat saja, karena untuk jarak bintang yang jauh, nilai paralaksnya menjadi sangat kecil (mendekati nol) sehingga tidak dapat terdefinisi. 4. Perbandingan kecepatan tangensial kedua bintang tersebut dapat dijelaskan dengan perbandingan rumus kecepatan tangensial:

Dengan kata lain, kecepatan tangensial bintang kedua dua kali lebih besar daripada kecepatan tangensial bintang pertama, karena besar kecepatan tangensial bintang sebanding dengan besar proper motionnya. 5. Peculiar velocity merujuk pada pergerakan bintang relatif terhadap standar lokal diam, sedangkan space velocity merujuk pada pergerakan bintang relatif terhadap matahari. 6. Local Standard of Rest atau Standar Diam Lokal adalah suatu titik dalam ruang dekat Matahari, di mana bintang-bintang di sekitar titik tersebut terdistribusi secara seragam, dan jumlah total kecepatannya terhadap titik tersebut adalah nol.
3

BINTANG DAN DINAMIKANYA

7. Bintang yang satu dapat terlihat lebih terang dari bintang lainnya walaupun keduanya memiliki magnitudo absolut yang sama, dapat disebabkan oleh perbedaan jarak antara bintang yang satu dengan bintang yang lainnya terhadap bumi serta ukuran dari bintang itu sendiri. Sebuah bintang bisa terlihat terang karena jaraknya dekat atau jaraknya jauh tapi berukuran besar. Sebaliknya, sebuah bintang bisa terlihat redup karena jaraknya jauh atau jaraknya dekat tapi berukuran kecil. 8. Magnitudo absolut merupakan tingkat kecemerlangan bintang yang dimiliki oleh bintang itu sendiri, sedangkan luminosity adalah daya yang dimiliki bintang untuk dapat menghasilkan atau memproduksi cahaya. Jadi, jika bintang memiliki luminosity yang besar, maka bintang tersebut mampu menghasilkan cahaya lebih terang (magnitudo absolutnya kecil). Sebaliknya, jika bintang memiliki luminosity yang kecil, maka bintang tersebut menghasilkan cahaya yang kurang terang (magnitudo absolutnya besar). 9. Dik : d = 1 SA Dit : d dalam TC Peny :

Nilai di atas merupakan waktu yang diperlukan cahaya matahari sampai ke bumi dalam waktu 1 tahun. Konversikan ke satuan waktu yang lebih detail, misalnya dalam satuan menit, maka akan menjadi:

Jadi, waktu yang diperlukan cahaya matahari sampai ke bumi adalah 8,3 menit 10. Dik : p = 0,76 Dit : d Peny :
4

BINTANG DAN DINAMIKANYA

11. Proper motion memiliki definisi yaitu perubahan posisi bintang dalam waktu satu tahun. Dalam hal ini perubahan 1’40” dalam 50 tahun. Sesuai dengan definisi, maka didapatkan hasil:

Jadi, proper motion bintang tersebut adalah 2”/tahun atau 2 detik/tahun. 12. Dik : µ = 3,00”/tahun p = 0,474” vr = 40 km/s Dit : v Peny:

⁄ √ √ √ √

13. Perbedaan sebesar 5 magnitudo menunjukkan perbandingan kecemerlangan sebesar 100 kali, sehingga perbandingannya 1 : 100

5

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->