P. 1
Pewarnaan Graf

Pewarnaan Graf

|Views: 10|Likes:
Published by Dhani Aditama
Graf Matematika Diskrit
Graf Matematika Diskrit

More info:

Published by: Dhani Aditama on Apr 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2013

pdf

text

original

PEWARNAAN GRAF

Pewarnaan Simpul (Vertex Coloring) suatu Graf adalah pemberian warna terhadap simpul sedemikian sehingga dua simpul yang berdampingan mempunyai warna yang berlainan.

Kita katakan G berwarna n, bila terdapat pewarnaan dengan menggunakan n warna.

Jumlah minimum warna yang dibutuhkan disebut bilangan khromatis dari G, ditulis K(G).

Dalam memecahkan Problema Pewarnaan, kita selalu berusaha mewarnai simpul menggunakan banyak warna minimal.

ALGORITMA WELCH-POWELL Kita dapat menggunakan Algoritma Welch-Powell untuk mewarnai suatu Graf, dengan banyak warna minimal sebagi berikut : 1. Urutkan semua simpul berdasarkan derajatnya, dari derajar besar ke derajat kecil. 2. Ambil warna pertama (misalnya merah), warnai simpul pertama yang sudah kita urutkan berdasarkan derajatnya tadi. Kemudian warnai simpul berikutnya yang tidak berdampingan dengan simpul pertama tadi dengan warna yang masih sama (merah). 3. Kemudian kita lanjutkan dengan warna kedua, dan seterusnya, sampai semua simpul telah diberi warna.

ABDUS SYAKUR – Teori dan Algoritma Graph

1

A. ABDUS SYAKUR – Teori dan Algoritma Graph 2 . yaitu 5 (mempunyai 5 ruas) kemudian simpul C berderajat 4.Contoh : mewarnai simpul Graf menggunakan algoritma Welch-Powell A B C G D H • E Gambar 1 F Urutkan simpul berdasarkan derajatnya dari besar ke kecil : Simpul berderajat terbesar adalah E. misalnya Biru.B. Kemudian cari simpul yang tidak berdampingan dengan simpul C. B.D. beri warna yang sama (Biru). Jadi Urutannya adalah : E.H.F.H. beri warna yang sama (merah) A B C Kita berikan warna yang sama pada simpul A dan G G dengan warna simpul E yaitu merah karena Simpul A dan G tdk berdampingan D H • E Gambar 2 F dengan simpul E Sehingga didapat urutan simpul yang belum diberi warna sbb : C. warnai simpul C ( karena simpul C sekarang ada diurutan pertama).G masing-masing berderajat 2.H • Ambil warna kedua.F masing-masing berderajat 3 dan A.B.D. Beri warna Merah simpul E (karena E adalah simpul urutan pertama).D.C.G • Ambil warna pertama. misalnya Merah.Kemudian cari simpul yang tidak berdampingan dengan simpul E.F.

Gunakan algoritma Welch-Powell : A B C D E H F G ABDUS SYAKUR – Teori dan Algoritma Graph 3 . Jadi K(G) = 3.F • Ambil warna ketiga. Latihan : Berapa jumlah minimum warna yang dibutuhkan \ bilangan khromatis \ K(G) dari Graf berikut. misalnya Hijau. Graf merupakan Graf berwarna 3. A B C G D H • E F Pewarnaan telah selesai.A B C Kita berikan warna yang sama pada simpul D dan H G dengan warna simpul C yaitu biru karena Simpul D dan H tidak berdampingan D H E F dengan simpul C • Sehingga didapat urutan simpul yang belum diberi warna sbb : B. warnai simpul B dan F.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->