P. 1
Bahaya Mencabut Bulu Hidung

Bahaya Mencabut Bulu Hidung

|Views: 36|Likes:
Published by Hasan Buchory

More info:

Published by: Hasan Buchory on Apr 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2013

pdf

text

original

Bahaya Mencabut Bulu Hidung

Bahaya Mencabut Bulu Hidung. Bagi yang hobi mencabut bulu hidung, sepertinya artikel berikut ini wajib hukumnya untuk disimak. Kenapa? Karena ternyata, kebiasaan ini dapat berpotensi menimbulkan luka di bagian akar bulu hidung, yang kemudian berkembang menjadi bisul. Repotnya lagi, bisul dalam hidung rasanya lebih parah ketimbang bisul yang eksis di bagian tubuh luar. Penderita akan merasa cekot-cekot dan nyeri yang amat sangat sehingga bisa membuatnya tak bisa tidur dengan nyenyak. Menurut Dr. Roestiniadi Djoko Soemantri SpTHT KL., dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan, dan kepala leher RSU Dr. Soetomo, Surabaya, bisul dalam hidung ini juga tak bisa sembuh dengan sendirinya. Sehingga, penderita disarankan untuk segera berobat ke dokter dan jangan coba-coba mengobati sendiri bisul tersebut. Obat yang biasanya diberikan oleh dokter adalah antibiotik. Dan ini merupakan langkah yang penting karena ternyata, di bagian hidung terdapat pembuluh darah yang langsung mengarah ke otak. Adanya luka di area tersebut dapat memungkinkan bakteri atau kuman lain masuk ke tubuh dan menyerang otak. Yang lebih parah lagi, ini dapat memicu terjadinya radang otak. Serem, ya? Untuk alasan yang sama, disarankan untuk tidak mengutak-atik jerawat yang muncul di area di atas bibir. Lalu, bagaimana bila bulu hidung dirasa panjang-panjang? Sebaiknya dibiarkan saja. Tapi jika dirasa sangat mengganggu, termasuk dari segi penampilan, boleh saja dirapikan. Syaratnya, jangan dicabut, melainkan digunting dengan menggunakan gunting khusus. Biasanya ukurannya lebih kecil dari gunting biasa. Perlu diperhatikan juga agar pada saat menggunting, jaga agar jangan sampai ada bulu hidung yang dipotong masuk ke dalam hidung. Sekedar informasi, bulu hidung sendiri sebenarnya memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Ia berfungsi sebagai filter bagi partikel-partikel kecil yang terisap. Kegunaan bulu hidung terasa bila kita berada di ruangan yang sangat berdebu. Biasanya, tubuh langsung merespons adanya partikel kecil yang terisap hidung dengan cara bersin. Bayangkan saja jika tidak ada si bulu hidung — bagaimana kotornya paru-paru kita jadinya. (http://sehatdong.com/)

Semoga Artikel Tentang Kesehatan - Bahasa Mencabut Bulu Hidung ini bermanfaat. Pertolongan Pertama pada Sesak Napas

Pertolongan Pertama pada Sesak Napas. Sesak nafas atau biasa disebut asma adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang tiba-tiba. Tetapi, penyakit sesak nafas ini biasa menyerang saat udara dingin. Sesak nafas banyak yang menganggap remeh penyakit ini padahal apabila tidak ditangani dengan cepat penyakit ini bisa menjadi parah bahkan menyebabkan kematian. Sesak nafas adalah penyakit yang berkaitan erat dengan pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh menyempitnya saluran pernapasan atau adanya peradangan. Pada saat penderita sesak napas mengalami serangan sesak napas perlu adanya pertolongan, berikut ini tips pertolongan pertama pada sesak napas.
 

  

Saat anda bertemu orang yang terkena sesak napas bawalah orang tersebut ke tempat yang tenang dan dia dapat beristirahat. Bantulah si penderita supaya dapat setengah duduk dan sandarkan pundaknya dengan bantal atau apapun. Usahakan si penderita jangan dalam keadaan tidur karena akan memperparah keadaannya Air hangat akan membantu keadaan penderita menjadi lebih baik. Karena air hangat dapat membantu menghangatkan dada dan membantu pernapasan Pijit pelan-pelan di jempol kaki penderita. Apabila anda sudah mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan pada saat teman atau saudara anda terkena sesak napas maka anda juga harus bisa lebih tenang dalam menghadapi teman atau siapapun yang anda temui. Semua sudah anda lakukan tapi si penderita tidak ada kemajuan segera bawa penderita ke dokter.

Semoga Artikel Tentang Kesehatan - Pertolongan Pertama pada Sesak Napas ini bermanfaat.

Cara Menyembuhkan Sesak Nafas

Cara Menyembuhkan Sesak Nafas. Sesak nafas adalah kesulitan dalam bernafas saat sedang beraktifitas terutama aktifitas yang memerlukan banyak tenaga. Sesak nafas bisa saja menjadi berbahaya bila tidak ditangani dengan serius bahkan bisa menyebabkan kematian. Sesak nafas dapat menjadi awal dari datangnya penyakit yang lain seperti asma dan menggumpalnya darah di paru-paru. Sesak nafas di sebut juga dengan dyspnea kemunculannya kadang tak terduga, sesak nafas biasa datang saat cuaca sedang dingin. Sesak nafas juga kadang disebabkan oleh kehamilan. Sesak nafas dapat menyerang siapa saja anak-anak, tua ataupun muda sesak nafas merupakan penyakit yang perlu waktu lama untuk penyembuhannya terutama bagi sesak nafas yang sudah akut. Sesak nafas yang sudah akut bisa mengakibatkan penderitanya menjadi tidak nafsu makan dan membuat tubuh menjadi lemas, dan tidak bisa bekerja seperti layaknya orang lain. Berikut ada resep mudah untuk menyembuhkan sesak nafas yang bisa dilakukan di rumah: Cara Menyembuhkan Sesak Nafas yang pertama adalah dengan jeruk nipis. Caranya sediakan satu buah jeruk nipis, dua bawang merah, satu telur ayam kampung, satu sendok kopi, satu potong gula batu. Caranya peras jeruk nipis ambil sarinya, parut bawang merah lalu campur dengan telur ayam kampong, kopi dan gula batu. Kemudian campur air panas kesemua bahan yang sudah dicampur kemudian aduk hingga menjadi rata dan disaring. Minum air saringan tadi sehabis sarapan setiap pagi. Cara Menyembuhkan Sesak Nafas yang kedua menggunakan serai. Caranya ambil sepuluh batang serai cuci sampai bersih kemudian rebus dengan dua gelas air. Serai yang direbus dicampur dengan gula merah secukupnya. Tunggu sampai air rebusan tadi tertinggal satu gelas kemudian diangkat. Saringlah dulu sebelum diminum.

Semoga Artikel Tentang Kesehatan ini dapat membantu dalam menyembuhkan sesak nafas anda. Penyebab Varises

Penyebab Varises. Jika anda memiliki urat yang keluar dibagian kaki bisa jadi anda mengalami varises. Banyak yang tidak tahu apa itu varises ?nah dalam artikel kali ini akan saya paparkan apa itu varises dan penyebab varises. Varises adalah urat yang kebiruan biasanya ada di bagian kaki, tapi sekarang baru diketahui bahwa varises bukan hanya ada di kaki tapi juga ada di bagian lengan. Varises bisa mengakibatkan aliran darah terhambat dan menimbulkan rasa sakit dan tentu saja tidak sedap dipandang mata. Penyebab varises bermacam-macam salah satunya adalah dari keturunan/orang tua kita yang menurunkan varises juga karena jarang olah raga. Varises biasanya diawali dengan tanda-tanda seperti: adanya rasa keram di malam hari, kaki lebih berat dari biasanya, rasa seperti gatal dan agak panas, adanya urat kebiruan di bagian kaki belakang, berubahnya kulit dan kesemutan. Setiap orang tentu menginginkan kaki yang indah dan bebas varises. Berikut penyebab varises yang terjadi di bagian kaki yaitu: 1. Penyebab Varises yang diakibatkan oleh keturunan. Jika orang tua anda ada yang mengalami varises, maka bisa saja anda pun mengalaminya karena adanya bawaan dari orang tua/genetic. 2. Penyebab Varises yang diakibatkan oleh kehamilan. Banyak yang mengalami varises saat hamil hal ini karena meningkatnya aliran darah, dan tentu saja karena bertambahnya usia kehamilan yang semakin besar. Varises yang terjadi pada saat hamil bisa terbawa sampai melahirkan dan ada juga yang tidak hilang walau sudah melahirkan. 3. Penyebab Varises karena banyak aktivitas yang mengharuskan duduk juga bisa menyebabkan varises, hal ini dikarenakan tubuh jarang bergerak dan darah menjadi terhambat. Terlalu banyak duduk juga menyebabkan adanya tekanan dibagian kaki dan akhirnya pembuluh darah bisa melebar. 4. Selain terlalu banyak duduk, penyebab varises juga disebabkan karena terlalu banyak berdiri. Jika terlalu sering / lama berdiri dapat menyebabkan tekanan darah di bagian kaki meningkat dan pembuluh bisa melebar.

5. Pada saat hamil terjadi varises yang diakibatkan oleh perubahan hormonal. Hal ini juga bisa menjadi penyebab varises pada usia lanjut atau usia masih muda. Kiat Menurangi Keinginan Merokok

Banyak sekali orang yang bisa menahan diri untuk tidak makan atau jajan. Tapi kata temen saya yang perokok dia susah sekali untuk tidak merokok. Ada yang bilang waktu buka puasa pun lebih baik ga makan nasi dari pada tidak merokok. Berbagai cara telah dilakukan seperti mengganti rokok dengan permen karet, menyantap buahbuahan, berpuasa, hingga sugesti pada diri sendiri. Namun rasanya tetap sulit untuk berhenti merokok, terutama bagi mereka yang para pecandu berat. Tapi...tunggu dulu ...dari Journal Addiction, hasil riset Adrian Taylor dari United Kingdom's University of Exeter beserta koleganya dari Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada menemukan cara untuk meredam keinginan merokok dengan berolahraga.

Dari hasil riset mereka ...secara umum, keinginan merokok para responden usai melakukan olahraga cenderung lebih berkurang. Taylor mengatakan, keinginan merokok di antara responden yang berolahraga sepertiga lebih kecil dibandingkan mereka yang menerapkan gaya hidup kurang aktif atau sedentari. Tapi , belum jelas faktor apa yang menyebabkan perbedaan itu. Taylor menduga, olahraga memberi "gangguan" terhadap kebiasaan merokok. Olahraga dapat memperbaiki mood atau suasana hati, sehingga responden tidak lagi merasakan adanya suatu keinginan kuat, yang biasanya terpenuhi dengan menghisap rokok.

Jadi tips Kiat Mengurangi Keinginan Merokok di atas bisa anda coba...terutama bagi anda yang ingin berhenti atau setidaknya mengurangi frekuensi merokok anda. Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan banyak terdapat di Indonesia terutama menyerang anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa 90 % anak Indonsia mengalami penyakit cacingan. Penyakit cacingan banyak yang menganggap remeh penyakit ini padahal bila dibiarkan penyakit cacingan ini bisa mengakibatkan penyakit lain yang lebih berbahaya. Cacingan merupakan penyakit yang tinggi terjadi di Indonesia, penyakit ini biasanya masuk kedalam tubuh manusia melalui makanan yang tidak bersih dan tidak di masak terlebih dahulu karena makanan ini sudah kotor oleh lalat. Makanan yang demikian lah yang menyebabkan cacingan pada manusia. Cacing pada umumnya menyukai hidup di daerah yang kotor dan lembab, kecuali cacing yang hidup di tubuh manusia. Tapi bukan berarti orang yang sudah hidup bersih tidak cacingan karena bisa saja cacing di bawa oleh orang lain. Cacing biasanya meningkat di saat musim penghujan karena cacing menyukai daerah yang lembab. Cacing mempunyai banyak jenis tapi cacing yang suka hidup di usus manusia ada tiga yaitu cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang. Untuk mempertahankan hidupnya maka cacing harus makan maka dari itu cacing akan makan apa saja yang terdapat di dalam perut manusia. Apabila perkembangbiakannya sudah banyak di dalam perut maka otomatis yang makan pun banyak maka itu akan menyebabkan tersumbatnya saluran pencernaan manusia. Sedangkan cacing yang hidupnya ditanah dapat berguna bagi manusia terutama bagi para petani karena cacing dapat menyuburkan tanah. Banyak juga yang menggunakan cacing sebagai umpan saat memancing.

Tubuh Langsing berkat Nanas

Nanas atau pineapple ternyata punya banyak keunggulan yang patut diacungi jempol. Salah satunya, yang bermanfaat bagi mereka yang punya masalah dengan berat badan adalah kemampuannya untuk meluruhkan timbunan lemak yang berlebih di dalam tubuh. Dengan secara rutin mengkonsumsi nanas (sesuai dengan aturan yang berlaku, baca di bagian tengah artikel), alhasil tubuh yang semula gendut perlahan-lahan bisa menjadi langsung, ramping, dan singset. Selain sebagai alternatif diet yang sehat, buah yang kulitnya dipenuhi sisik berwarna kuning emasa ini dapat membuat sistem pertahanan tubuh menjadi lebih solid. Kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, serta, dan enzim bromelain yang tersimpan dalam buah nanas merupakan peluru tangguh yang bisa mengKO serbuah penyakit-penyakit serius, seperti tumor, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), dan beri-beri. Menurut Dr. Setiawan Dalimartha dalam bukunya yang berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia, enzim bromelain dalam nanas berkhasiat sebagai antiradang dan dapat membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah (blood coagulation). Selain itu, kandungan serat nanas yang cukup tinggi cocok sebagai obat sembelit. Makan buah nanas sama efektifnya dengan mengkonsumsi obat pencahar (konstipasi). Efeknya tentu saja buang air besar menjadi lebih lancar. Tidak hanya untuk menangkal penyakit, nanas pun bermanfaat bagi orang-orang yang sakit. Dua diantaranya adalah untuk meningkatkan penyerapan obat dalam tubuh serta membersihkan jaringan kulit mati. Nah, kembali ke masalah perampingan tubuh, berikut ini resep untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan nanas

Mula-mula, sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang. Kupas, cuci bersih, lalu potong seperlunya. Selanjutnya ambil airnya, bisa dengan diparut lalu diperas dengan menggunakan potongan kain bersih atau dijus. Minum air perasannya ini sekaligus dua kali sehari.

Mencegah Stroke dengan Buah Apel dan Pir

Mencegah Stroke dengan Buah Apel dan Pir - Para peneliti dari Universitas Wageningan Belanda baru-baru ini menemukan bahwa buah apel dan pir ternyata dapat mencegah serangan stroke. Bahkan ada pepatah yang mengatakan satu apel sehari dapat menjauhkan dari sang dokter . Bagi yang senang buah-buahan ada kabar gembira bahwa buah dengan daging berwarna putih memiliki resiko terserang stroke lebih rendah dibanding yang tidak mengkonsumsi. Penelitian ini melibatkan rekor medis dari 20.069 orang. Para peneliti juga menemukan, mengkonsumsi 25 gram buah-buahan berdaging putih atau 125 gram apel per hari dapat menurunkan resiko stroke hingga 52 persen. Mengkonsumsi buah memang baik untuk kesehatan bahkan kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah setiap hari, salah satunya apel yang dapat mencegah stroke hanya dibutuhkan satu apel setiap harinya untuk mencegah stroke kata pimpinan penelitian M. Oude Griep, M.Sc . Mengkonsumsi buah dan sayuran setiap harinya dapat membantu tubuh mencegah berbagai serangan penyakit. Semoga Artikel Tentang Kesehatan - Mencegah Stroke dengan Buah Apel dan Pir ini bermanfaat.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami. Flek hitam merupakan pigmentasi atau melasma yang biasa timbul di beberapa bagian tubuh terutama pada bagian wajah Flek hitam biasanya diakibatkan oleh sinar matahari, jerawat, dan akibat pemakaian obat anti kehamilan, antibiotik,diantaranya disebabkan oleh paparan sinar matahari, bekas jerawat, akibat pemakaian obat hormonal seperti pencegah kehamilan, antibiotik, pemakaian kosmetik tidak tepat dan sebagainya. Menghilangkan flek hitam memang tidak mudah perlu kesabaran dan membutuhkan waktu untuk melakukan perawatan agar muka bisa bersih dari flek hitam. Bagi mereka yang berkantong tebal dapat melakukan perawatan di salon-salon. Tetapi jika ingin melakukan perawatan yang lebih murah dapat melakukannya sendiri di rumah. Memang banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran dengan bermacam merek dan harganya pun bervariasi, namun anda tetap harus hati-hati memilih obat penghilang flek hitam karena bisa saja produk yang anda pilih tidak cocok dengan kulit muka anda. Produk kosmetik dipasaran juga banyak mengandung bahan berbahaya bagi kulit karena mengandung mercury yang dapat menyebabkan kanker kulit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam salah satunya dengan memanfaatkan buah-buahan. Berikut ini buah yang dapat menghilangkan flek hitam:

Buah mentimun dan buah bengkoang dapat mengobati flek hitam. Caranya adalah dengan dibuat maske

 

untuk wajah, mentimun dan bengkoang di blender lalu di oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama 15 menit lalu cuci dengan air bersih. Untuk kulit yang berminyak, gunakan masker dari jeruk nipis. Caranya jeruk nipis dirisiris tipis ditempelkan secara merata pada kulit wajah diamkan selama 15 menit kemudian cuci dengan air bersih. Untuk mengganti sel kulit wajah yang sudah mati dan menghaluskan kulit gunakan madu. Caranya oleskan madu pada kulit wajah secara merata diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat kemudian cuci dengan air dingin.

Ada juga beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah anda antara lain:

Putih telor diyakini dapat membantu menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya ambil sehelai serbet kertas atau tisu yang tidak mudah sobek, kemudian tisu dicelupkan pada putih telor dan ditempelkan pada wajah yang ada flek hitamnya tunggu sampai mengering. Setelah mengering basuh wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih, lakukan 2 kali seminggu. Campurkan beras yang sudah ditumbuk dengan bubuk kayu manis, kemudian goreng semua bahan tanpa menggunakan minyak sampai berubah warnanya menjadi I kekuningan. Tunggu sampai dingin kemudian oleskan pada wajah. Lakukan 2 kali seminggu. Ambil sehelai daun nangka yang agak tua, lumatkan dengan sedikit air. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, tunggu sampai mengering kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan setiap 2 minggu sekali.

Jangan lupa tetap merawat wajah dan hindari sinar matahari langsung. Untuk menghindari paparan sinar matahari, gunakan selalu cream SPF (Sun Protection Factor) yang cukup kadarnya, biasanya SPF 15-20 saja sudah cukup, kecuali berada di daerah pantai, gunakan SPF 30. Pakailah topi, atau kaca mata atau payung untuk melindungi wajah anda dari sinar matahari agar flek hitam tidak muncul kembali. Semoga Artikel tentang Kesehatan - Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami ini bermanfaat.

Manfaat-Manfaat Beras Hitam

Manfaat-Manfaat Beras Hitam - Beragam obat yang dapat digunakan untuk mengobati secara alami dan tak perlu ke dokter salah satunya dengan kulit ari beras hitam atau bran yang dihancurkan menjadi bubuk, ternyata dapat menjadi obat untuk mengurangi peradangan. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa beras hitam dapat membantu meredakan peradangan yang diakibatkan oleh alergi, asma dan penyakit lainnya. Walaupun beras hitam kurang banyak diketahui orang manfaatnya selain untuk makanan tetapi banyak negara di dunia telah menjadikannya makanan pokok. Bahkan beras hitam juga telah menjadi makanan pokok bagi sepertiga warga dunia. Mendel Friedman dan rekan-rekannya di Pusat Penelitian Pertanian Daerah Barat Albany, California, telah melakukan penelitian ini. Penelitian ini berhasil memenangkan penghargaan podcast untuk Tantangan Global/Solusi Kimia. Hasil penelitiann beras hitam ini dibuktikan dengan percobaan terhadap beberapa ekor tikus yang diberikan bubuk tersebut. Bubuk dari bran beras hitam, ternyata menekan pelepasan histamin (sejenis zat untuk imun tubuh) berlebihan. Dengan hal ini peradangan akan terhindar. (liputan6.com) Semoga Artikel Kesehatan - Manfaat-Manfaat Beras Hitam ini bermanfaat.

manusia n, sakrum (jamak: sacrums atau sacra) adalah tulang, besar segitiga di dasar tulang belakang dan di bagian atas dan belakang rongga panggul, di mana ia dimasukkan seperti irisan antara dua tulang pinggul. Bagian atasnya menghubungkan dengan vertebra lumbalis terakhir, dan bagian bawah dengan tulang ekor (tulang ekor). Ini terdiri dari biasanya lima vertebra awalnya disatukan yang mulai sekering antara usia 16-18 dan biasanya benar-benar menyatu menjadi satu tulang pada usia 34. Hal ini melengkung pada dirinya sendiri dan ditempatkan miring (yaitu, miring ke depan). Hal ini kyphotic - yaitu, cekung menghadap ke depan. Proyek-proyek dasar maju sebagai tanjung sakral internal, dan berartikulasi dengan vertebra lumbalis terakhir untuk membentuk sudut sacrovertebral menonjol. Bagian tengah melengkung ke arah luar posterior, yang memungkinkan ruang lebih besar bagi rongga panggul. Kedua proyeksi lateral sakrum disebut ala (sayap), dan mengartikulasikan dengan ilium

di L-berbentuk sendi sacr

black and small......
20110221
tentang Penyakit Pneumothorax Neee....

PNEUMOTHORAX
Definisi Pneumothorax
Pneumothorax adalah penumpukan dari udara yang bebas dalam dada diluar paru yang menyebabkan paru untuk mengempis.

Tipe-Tipe Pneumothorax
Spontaneous pneumothorax, juga dirujuk sebagai primary pneumothorax, terjadi pada ketidakhadiran dari luka trauma pada dada atau penyakit paru yang diketahui. Secondary (juga diistilahkan yang menyulitkan) pneumothorax terjadi sebagai akibat dari kondisi yang mendasarinya.

Penyebab Pneumothorax
Spontaneous pneumothorax disebabkan oleh pecahnya kista (cyst) atau kantong kecil (bleb) pada permukaan paru. Pneumothorax mungkin juga terjadi setelah luka pada dinding dada seperti tulang rusuk yang patah, luka yang menembus apa saja (tembakan senapan atau tusukan), invasi operasi dari dada, atau yang diinduksi dengan bebas dalam rangka untuk mengempiskan paru. Pneumothorax dapat juga berkembang sebagai akibat dari penyakit-penyakit paru yang mendasarinya, termasuk cystic fibrosis, chronic obstructive pulmonary disease (COPD), kanker paru, asma, dan infeksi-infeksi dari paru-paru.

Siapa Yang Berisiko Untuk Pneumothorax ?
Spontaneous pneumothorax mempengaruhi kira-kira 9,000 orang-orang setiap tahun di Amerika yang tidak mempunyai sejarah dari penyakit paru. Tipe dari pneumothorax ini adalah paling umum pada priapria yang berumur antara 20 dan 40 tahun, terutama pada pria-pria yang tinggi dan kurus. Merokok telah ditunjukan meningkatkan risiko untuk spontaneous pneumothorax.

Definisi Tension Pneumothorax

Pada beberapa kejadian-kejadian, paru terus menerus membocorkan udara kedalam rongga dada dan berakibat pada penekanan dari struktur-struktur dada, termasuk pembuluh-pembuluh yang mengembalikan darah ke jantung. Ini dirujuk sebagai tension pneumothorax dan dapat menjadi fatal jika tidak segera dirawat.

Tanda-Tanda Dan Gejala-Gejala Pneumothorax
Gejala-gejala dari pneumothorax termasuk nyeri dada yang biasanya mempunyai suatu pencetusan yang tiba-tiba. Nyerinya tajam dan mungkin menjurus pada perasaan-perasaan sesak di dada. Napas yang pendek, denyut jantung yang cepat, napas yang cepat, batuk, dan kelelahan adalah gejala-gejala lain dari pneumothorax. Kulit mungkin mengembangkan suatu warna kebiruan (diistilahkan cyanosis) disebabkan oleh pengurangan dalam tingkat-tingkat oksigen darah.

Mendiagnosisi Pneumothorax
Pemeriksaan dada dengan sebuah stethoscope mengungkapkan suara-suara pernapasan yang berkurang atau tidak hadir diatas paru yang terpengaruh. Diagnosis dikonfirmasikan oleh x-ray dada.

Merawat Suatu Pneumothorax
Suatu pneumothorax yang kecil tanpa penyakit paru yang mendasarinya mungkin hilang degan sendirinya dalam waktu satu sampai dua minggu. Pneumothorax yang lebih besar dan pneumothorax yang berhubungan dengan penyakit paru yang mendasarinya seringkali memerlukan aspiration (penyedotan) dari udara bebas dan atau penempatan dari suatu tabung dada untuk mengevakuasi udara. Kemungkinan komplikasi-komplikasi dari tabung dada termasuk nyeri, infeksi dari ruang antara paru dan dinding dada (ruang pleural), hemorrhage (perdarahan), penumpukan cairan di paru, dan tekanan darah rendah (hypotension). Pada beberapa kasus-kasus, kebocoran tidak menutup dengan

sendirinya. Ini disebut suatu bronchopleural fistula, dan mungkin memerlukan operasi dada untuk memperbaiki lubang di paru.

Prognosis Dari Pneumothorax
Hasil dari pneumothorax tergantung pada luasnya dan tipe dari pneumothorax. Spontaneous pneumothorax akan umumnya hilang dengan sendirinya tanpa perawatan. Secondary pneumothorax yang berhubungan dengan penyakit yang mendasarinya, bahkan ketika kecil, adalah jauh lebih serius dan membawa angka kematian sebesar 15%. Secondary pneumothorax memerlukan perawatan darurat dan segera. Mempunyai satu pneumothorax meningkatkan risiko mengembangkan kondisi ini kembali. Angka kekambuhan untuk keduanya primary dan secondary pneumothorax adalah kira-kira 40%; kebanyakan kekambuhan terjadi dalam waktu 1.5 sampai dua tahun.

Ne Da Lagi Tentang Penyakin Pneumothorax
Pneumothoraks

Pneumothoraks adalah adanya udara dalam rongga pleura yang diagnosis diyakinkan dengan pemerikasaan sinar tembus dada(1). Dimana diagnosis pneumothoraks tergantung kepada garis yang dibentuk pleura pada tepi paru-paru yang memisahkan dengan dinding dada, mediastinum atau diafragma oleh udara, dan juga tidak adanya bayangan diluar garis ini(5). Pneumothorax berhubungan dengan berbagai macam kelainan paru meliputi emfisema, trauma,

tuberculosis(5). 2.1 Definisi Pneumothoraks adalah keadaan dimana terdapat udara atau gas dalam rongga pleura. Dalam keadaan normal rongga pleura tidak berisi udara, supaya paru-paru leluasa mengembang terhadap rongga thoraks.(1)

Masuknya udara ke dalam rongga pleura dibedakan atas: (2) 1. Pneumothoraks spontan: Timbul sobekan subpleura dari bulla sehingga udara dalam rongga pleura melalui suatu lubang robekan atau katup. Keadaan ini dapat terjadi berulang kali dan sering menjadi keadaan yang kronis. Penyebab lain ialah suatu trauma tertutup terhadap dinding dan fistula bronkopleural akibat neoplasma atau inflamasi. 2. Udara lingkungan luar masuk ke dalam rongga pleura melalui luka tusuk atau pneumothoraks disengaja (artificial) dengan terapi dalam hal pengeluaran atau pengecilan kavitas proses spesifik yang sekarang tidak dilakukan lagi. Tujuan pneumothoraks sengaja lainnya ialah diagnostik untuk membedakan massa apakah berasal dari pleura atau jaringan paru. Penyebab-penyebab lain ialah akibat tindakan biopsi paru dan pengeluaran cairan rongga pleura.

3. Masuknya udara melaui mediastinum yang biasanya disebabkan trauma pada trakea atau esophagus akibat tindakan pemeriksaan dengan alat-alat (endoskopi) atau benda asing tajam yang tertelan. Keganasan dalam mediastinum dapat pula mengakibatkan udara dalam rongga pleura melalui fistula antara saluran nafas proksimal dengan rongga pleura. 4. Udara berasal dari subdiafragma dengan robekan lambung akibat suatu trauma atau abses subdiafragma dengan kuman pembentuk gas.

Pneumothoraks dapat juga dibagi atas: (4) Pneumothoraks Terbuka: Jika udara dapat keluar masuk dengan bebas rongga pleura selama proses respirasi Pneumothoraks Tertutup: Jika tidak ada pergerakan udara. Pneumothoraks Valvular: Jika udara dapat masuk kedalam paru pada proses inspirasi tetapi tidak dapat keluar paru ketika proses ekspirasi. Akibat hal ini dapat terjadi peningkatan tekanan intrapleural. Karena tekanan intrapleural meningkat maka dapat terjadi tension pneumothoraks. 2.2. Gejala Klinis Adanya keluhan-keluhan dan gejala-gejala klinis pneumothoraks amat tergantung pada besarnya lesi pneumothoraks dan ada tidaknya komplikasi penyakit paru. Beberapa pasien menunjukkan keadaan asimtomatik dan kelainan hanya dapat ditemukan pada pemeriksaaan foto dada rutin. Pada beberapa kasus, pneumothoraks terluput dari pengamatan(1). Gejala yang utama adalah berupa rasa sakit yang tiba-tiba dan bersifat unilateral serta diikuti sesak nafas. Kelainan ini ditemukan pada 80-90% kasus. Gejala-gejala ini lebih mudah ditemukan bila penderita melakukan aktivitas berat. Tetapi pada sebagian kasus, gejala-gejala masih gampang ditemukan pada aktivitas biasa atau waktu istirahat(1). Rasa sakit tidak selalu timbul. Rasa sakit ini bisa menghemat atau menetap bila terjadi perlengketan antara pleura viseralis dan pleura parietalis. Suatu waktu perlengketan ini bisa sobek pada tekanan kuat dari pneumothoraks, sehingga terjadi perdarahan intrapleura (hemato-pneumothoraks)(1). Kadang-kadang gejala klinis dapat ditemukan walaupun kelainan pneumothoraksnya sedikit, misalnya perkusi yang hipersonor, fremitus yang melemah sampai menghilang, suara nafas yang melemah sampai menghilang pada sisi yang sakit(1). Pada lesi yang lebih besar atau pada tension pneumothoraks, trakea dan mediastinum dapat terdorong

kesisi kontralateral. Diafragma tertekam ke bawah, gerakan pernafasan tertinggal pada sisi yang sakit. Fungsi respirasi menurun, terjadi hipoksemia arterial dan curah jantung menurun(1). Kebanyakan pneumothoraks terjadi pada sisi kanan (53%), sedangkan sisi kiri (45%) dan bilateral hanya 2 %. Hampir 25 % dari pneumothoraks spontan berkembang menjadi hidropneumothoraks(1). Keluhan Subyektif : (1,7) 1. Nyeri dada hebat yang tiba-tiba pada sisi paru terkena khususnya pada saat bernafas dalam atau batuk. 2. Sesak, dapat samapai berat, kadang bisa hilang dalam 24 jam, apabila sebagian paru yang kolaps sudah mengembang kemabli 3. Mudah lelah pada saat beraktifitas maupun beristirahat. 4. waran kulit yang kebiruan disebabkan karna kurangnya oksigen (cyanosis)

Diagnostik fisik : (8) Inspeksi : dapat terjadi pencembungan dan pada waktu pergerakan nafas, tertinggal pada sisi yang sakit. Palpasi : Pada sisi yang sakit ruang sela iga dapat normal atau melebar, iktus jantung terdorong kesisi thoraks yang sehat. Fremitus suara melemah atau menghilang. Perkusi : Suara ketok hipersonor sampai tympani dan tidak bergetar, batas jantung terdorong ke thoraks yang sehat, apabila tekanannya tinggi. Auskultasi : suara nafas melemah sampai menghilang, nafas dapat amforik apabila ada fistel yang cukup besar. Disamping keluhan-keluhan dan gejala-gejala klinis tersebut diatas, diagnosis lebih meyakinkan lagi dengan pemeriksaan sinar tembus dada.

2.3. Gambaran Radiologis Bayangan udara dalam rongga pleura memberikan bayangan radiolusen yang tanpa struktur jaringan paru (avascular pattern) dengan batas paru berupa garis radioopak tipis yang berasal dari pleura viseral(2). Pada foto terlihat bayangan udara dari pneumothoraks yang berbentuk cembung, yang memisahkan pleura parietalis dengan pleura viseralis. Bila penumothoraksnya tidak begitu besar, foto dengan

pernafasan dalam (inspirasi penuh) pun tidak akan menunjukkan kelainan yang jelas. Dalam hal ini dianjurkan membuat foto dada dengan inspirasi dan ekspirasi penuh. Selama ekspirasi maksimal udara dalam rongga pleura lebih didorong ke apeks, sehingga rongga intrapleura di apeks jadi lebih besar. Selain itu terdapat perbedaan densitas antara jaringan paru dan udara intrapleura sehingga memudahkan dalam melihat pneumothoraks, yakni terdapatnya kenaikan densitas jaringan paru selama ekspirasi tapi tidak menaikkan densitas pneumothoraks.(1) Suatu hasil rontgen diperoleh sehabis ekspirasi maksimum akan membantu dalam menetapkan diagnosa, sebab paru-paru kemudian secara relatif lebih tebal/padat dibanding pneumothoraks itu. Penurunan volume paru terjadi sehabis ekspirasi tetapi ruang pneumothoraks tidak berubah. Oleh karena itu secara relatif pneumothoraks lebih berhubungan dengan paru-paru sehabis ekspirasi dibanding inspirasi dan kiranya pleura viseral lebih kecil berhubungan dengan pneumothoraks. Sehingga lebih mudah untuk menggambarkannya. Foto lateral decubitus pada sisi yang sehat dapat membantu dalam membedakan pneumothorak dengan kista atau bulla. Pada pneumothorak udara bebas dalam rongga pleura lebih cenderung berkumpul pada bagian atas sisi lateral.(1) Jika pneumothoraks luas, akan menekan jaringan paru kearah hilus atau paru menjadi kuncup/kolaps di daerah hilus dan mendorong mediastinum ke arah kontralateral. Selain itu sela iga menjadi lebih lebar(2). Udara dalam ruang pleura jadi lebih radiolusen dibandingkan paru-paru yang bersebelahan dengan pneumothoraks tersebut, terutama sekali jika paru-paru berkurang volumenya, dimampatkan atau terkena penyakit yang meningkatkan kepadatan paru(3). Ketika pneumothoraks terjadi pada pasien dengan atelektase lobus, udara terkumpul dalam ruangan pleura yang dekat dengan paru-paru yang mengempis. Oleh karena itu distribusi yang udara yang tidak normal pada pasien ini menyebabkan pengempisan lobus. Pada tension pneumothoraks pergeseran dari struktur mediastinal kesan pada paru dan kesan pada difragma sudah terlihat. Ketika kehadiran cairan sebagai tambahan dari udara atau gas pada film dengan cahaya horisontal memperlihatkan tingkat atau batas udara dengan cairan. Ketika udara intrapleura terperangkap pada posisi yang tidak biasa oleh karena penggabungan kadang-kadang pneumothoraks bisa terlihat pada subpulmonary, terutama pada pasien COPD (Chronic Pulmonary Obstruktif Disease) dan penurunan dari fungsi paru dan juga diobservasi sepanjang permukaan tengah dari paru bayi yang baru lahir sering diperiksa dengan posisi terlentang. Dalam situasi ini harus dibedakan dengan pneumomediastinum. Ketika garis sambungan depan terlihat pada neonatus, yang mengindikasikan pneumothoraks bilateral, karena garis ini biasanya tidak terlihat pada pada pasien. Pada bayi neonatus pneumothorak dapat dievaluasi dengan foto anteroposterior atau lateral pada saat yang sama(3). Pada orang dewasa yang sakit kritis diuji dengan posisi setengah duduk atau terlentang, udara dalam ruang pleura mungkin nampak anteromedial sepanjang medistinum, pada suatu posisi subpulmonary, pada posisi apicolateral atau posteromedial dalam area paraspinal. Udara mungkin dapat diamati dalam celah interlobaus, terutama sekali didalam celah kecil sisi kanan pneumothoraks. Tanda cekungan yang

dalam diuraikan oleh Gordon pada foto posisi terlentang pada pasien pneumothoraks. Foto ini terdiri dari radiolusen yang relatif pada kedalaman sulcus costophrenicus samping yang menandakan udara dalam area ini(3). Hasil diagnosa mungkin tidak dapat terlihat dalam foto polos. Oleh karena itu, CT dapat digunakan jika informasi mengenai kehadiran atau ketidakhadiran pneumothoraks adalah hal yang sangat penting, karena pneumothoraks relatif lebih mudah dideteksi pada CT sesuai potongan aksis(3). Secara ringkas, hasil diagnosa pneumothorax mungkin sulit untuk dibuat dalam pemeriksaan hasil radiografi dada. Terutama sekali pada foto pasien dalam posisi terlentang, proyeksi samping mungkin bisa untuk mengkonfirmasikan kehadiran pneumothoraks manakala proyeksi dari depan samar-samar. Ketika pneumothoraks kecil foto pada saat inspirasi seringkali berharga; dan ada kalanya, ketika lokasi pneumothoraks disekeliling hadir, foto oblique dan foto lateral diperlukan untuk visualisasi yang nyata. Adakalanya lingkaran radioopak ditemukan pada hilus atau dibawah hilus pada pasien pneumothoraks yang besar atau luas(3).

2.4. Komplikasi Pneumothoraks Tension Pneumothoraks: komplikasi ini terjadi karena tekanan dalam rongga pleura meningkat sehingga paru mengempis lebih hebat, mediastinum tergeser kesisi lain dan mempengaruhi aliran darah vena ke atrium kanan. Pada foto sinar tembus dada terlihat mediastinum terdorong dan diafragma pada sakit tertekan kebawah(1). Keadaan ini dapat mengakibatkan fungsi pernafasan sangat terganggu yang harus segera ditangani kalu tidak akan berakibat fatal(2). Piopneumothoraks: Berarti terdapatnya pneumothoraks disertai empiema secara bersamaan pada satu sisi paru. Hidro-pneumothoraks/Hemo-pneumothoraks: Pada kurang lebih 25% penderita pneumothoraks ditemukan juga sedikit cairan dalam pleuranya. Cairan ini biasanya bersifat serosa, serosanguinea atau kemerahan (berdarah). Hidrothorak dapat timbul dengan cepat setelah terjadinya pneumothoraks pada kasus-kasus trauma/perdarahan intrapleura atau perforasi esofagus (cairan lambung masung kedalam rongga pleura). Pneumomediastinum dan emfisema subkutan: Pneumomediastinum dapat ditegakkan dengan pemeriksaan foto dada. Insidensinya adalah 1% dari seluruh pneumothoraks. Kelainan ini dimulai robeknya alveoli kedalam jaringan interstitium paru dan kemungkinan didikuti oleh pergerakan udara yang progresif kearah mediastinum (menimbulkan pneumomediastinum) dan kearah lapisan fasia otototot leher (menimbulkan emfisema subkutan). Pneumothoraks simultan bilateral: Pneumothoraks yang terjadi pada kedua paru secara serentak ini terdapat pada 2% dari seluruh pneumothoraks. Keadaan ini timbul sebagai lanjutan

pneumomediastinum yang secara sekunder berasal dari emfisem jaringan interstitiel paru. Sebab lain bisa juga dari emfisem mediastinum yang berasal dari perforasi esofagus. Pneumothoraks kronik: Menetap selama lebih dari 3 bulan. Terjadi bila fistula bronko-pleura tetap membuka. Insidensi pneumothoraks kronik dengan fistula bronkopleura ini adalah 5 % dari seluruh pneumothoraks. Faktor penyebab antara lain adanya perlengketan pleura yang menyebabkan robekan paru tetap terbuka, adanya fistula bronkopelura yang melalui bulla atau kista, adanya fistula bronkopleura yang melalui lesi penyakit seperti nodul reumatoid atau tuberkuloma.

Ne Lo Mau Lebih Jelas Da Di Gambar

yang ngutib whyznhu chinatsu sekitar jam 04:28 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Tidak ada komentar:

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->