METODOLOGI PENELITIAN TAFSIR DAN FILOLOGI

FILOLOGI

9

Disusun oleh Parluhutan Siregar

STUDI FILOLOGI: Naskah kuno hasil tulisan tangan (manus-krip) berusia di atas 50 tahun. OBYEK .DEFINISI & OBYEK FILOLOGI DEFINISI FILOLOGI: Penelitian hasil kebudayaan masyarakat lama yang berupa tulisan dalam naskah (manuskrip).

ASUMSI: Keyakinan yang kuat bahwa naskah-naskah yang ditulis pada masa lalu menyimpan warisan yang banyak mengandung buah pikiran. perasaan. tradisi. . adatistiadat dan budaya yang bernilai dan akan bermanfaat bila diaktualkan untuk kepentingan masa kini.

studi teks sastera atau budaya yang berkaitan dengan latar belakang kebudayaan yang didukung teks/naskah tertentu. .  FILOLOGI MODERN.DUA JENIS FILOLOGI  FILOLOGI KLASIK. dan pemaknaan kata atau konsep-konsep yang terdapat dalam naskah itu. pengujian atas keaslian suatu naskah.

TUJUAN FILOLOGI KLASIK Mencari bentuk mula. teknologi). teredit dan mudah dipahami. ekspresi teks pada setiap masa. sastra. Menjadikan naskah agar terbaca. budaya (hukum. . tersunting. bahasa.

adatistiadat dan pandangan hidup suatu bangsa. seperti kepercayaan. . Mengetahui latar belakang kebudayaan masa lampau yang tersimpan dalam peninggalan yang berupa karya tulisan.TUJUAN FILOLOGI MODERN Mengungkapkan kandungan produk budaya masa lampau.

Meluruskan isi naskah dari kesalahan-kesalahan yang terjadi (jika ada). .MAKSUD PENGUJIAN KEASLIAN NASKAH Memastikan keaslian atau ketidakaslian suatu naskah.

Teknik Penelitian Naskah Deskripsi Naskah Pengujian Kebenaran Naskah Kritik Teks Penjelasan Isi Naskah .

Penyalin.Deskripsi Naskah IdentitasNaskah. Bentuk Huruf. Author.* Keadaan Naskah Sejarah Penulisan Naskah . Tempat simpanan. Isi. Ciri-ciri fisik naskahNaskah: Tulisan. dsb. Asal naskah. Tahun Penyalinan. Bahasa. Pemilik. Title. Bahasa.

Warna tinta. Huruf. Kulit Kayu. Alat tulis (tinta/pena). Figura. Watermark. Jumlah baris per Halaman. Lay out Halaman. Penjilidan. Kondisi fisik.*Catatan: Ciri-ciri Fisik Naskah  Jenis Bahan (Kertas. Ukuran kertas dan ukuran teks. Jumlah kuras. panjang/ lebar halaman. dsb). Jenis khat. Jumlah halaman. Nomor halaman. .

Mengumpul dua atau lebih naskah yang sama title dan nama penulisnya untuk saling melengkapi.  Memastikan Kelengkapan Naskah. membandingkan isi naskah dengan karyakarya lainnya dari penulis yang sama.Pengujian Kebenaran Naskah Untuk memastikan kebenaran suatu naskah. Membandingkan isi antar naskah.  Memastikan Penulis Naskah. melakukan studi sejarah. .  Memastikan Tidak ada kesalahan dalam Penyalinan.

huruf kapital. Penambahan ini ditulis didalam kurung siku [ ] langsung setelah teks. tanda petik dan sebagainya. koma. . Seperti titik.Kritik Teks  Transliterasi. tanda tanya.  Pemberian pungtuasi (tanda baca). seperti pengaturan paragraf.  Format penulisan. dan lain-lain  Penyempurnaan: menyempurnakan kosakata atau kalimat yang dianggap kurang lengkap. yaitu pembuatan daftar huruf dan cara membacanya. membuat cetak miring.

Penjelasan tentang Isi Naskah Kandungan Naskah  Gagasan Utama dalam Naskah  Penafsiran atau Interpretasi dari peneliti.  Ringkasan Isi Naskah (Summary)  .

lampiran. kata pengantar/prolog. definisi istilah.Kandungan Naskah isi halaman sampul depan. indeks isi buku. dan lainnya. . daftar isi. isi halaman sampul belakang. daftar referensi. insert. petunjuk transliterasi. daftar singkatan. bagian isi. bagian pendahuluan. bagian penutup. curriculum vitae penulis/ penerjemah / editor/ penyadur.

apa manfaat bagi kita sekarang ini.Gagasan Utama Isi Naskah  Pokok-pokok Bahasan  Pesan penting pada setiap Pokok Bahasan Penafsiran/Interpretasi Hal terpenting dalam tahap ini adalah bagaimana peneliti dapat menggambarkan alam pikiran penulis naskah. latar belakang mengapa pemikiran demikian muncul. dll. .