METODOLOGI PENELITIAN TAFSIR DAN FILOLOGI

FILOLOGI

9

Disusun oleh Parluhutan Siregar

DEFINISI & OBYEK FILOLOGI DEFINISI FILOLOGI: Penelitian hasil kebudayaan masyarakat lama yang berupa tulisan dalam naskah (manuskrip). STUDI FILOLOGI: Naskah kuno hasil tulisan tangan (manus-krip) berusia di atas 50 tahun. OBYEK .

adatistiadat dan budaya yang bernilai dan akan bermanfaat bila diaktualkan untuk kepentingan masa kini. . tradisi.ASUMSI: Keyakinan yang kuat bahwa naskah-naskah yang ditulis pada masa lalu menyimpan warisan yang banyak mengandung buah pikiran. perasaan.

studi teks sastera atau budaya yang berkaitan dengan latar belakang kebudayaan yang didukung teks/naskah tertentu.DUA JENIS FILOLOGI  FILOLOGI KLASIK. . pengujian atas keaslian suatu naskah.  FILOLOGI MODERN. dan pemaknaan kata atau konsep-konsep yang terdapat dalam naskah itu.

teredit dan mudah dipahami. Menjadikan naskah agar terbaca. bahasa. budaya (hukum. . tersunting. teknologi). sastra. ekspresi teks pada setiap masa.TUJUAN FILOLOGI KLASIK Mencari bentuk mula.

seperti kepercayaan. adatistiadat dan pandangan hidup suatu bangsa.TUJUAN FILOLOGI MODERN Mengungkapkan kandungan produk budaya masa lampau. Mengetahui latar belakang kebudayaan masa lampau yang tersimpan dalam peninggalan yang berupa karya tulisan. .

Meluruskan isi naskah dari kesalahan-kesalahan yang terjadi (jika ada). .MAKSUD PENGUJIAN KEASLIAN NASKAH Memastikan keaslian atau ketidakaslian suatu naskah.

Teknik Penelitian Naskah Deskripsi Naskah Pengujian Kebenaran Naskah Kritik Teks Penjelasan Isi Naskah .

Author.* Keadaan Naskah Sejarah Penulisan Naskah . Pemilik. Title. Penyalin. dsb. Bahasa. Isi. Ciri-ciri fisik naskahNaskah: Tulisan. Bahasa. Bentuk Huruf. Tempat simpanan. Tahun Penyalinan. Asal naskah.Deskripsi Naskah IdentitasNaskah.

Ukuran kertas dan ukuran teks.*Catatan: Ciri-ciri Fisik Naskah  Jenis Bahan (Kertas. Nomor halaman. Watermark. Kondisi fisik. Figura. Jumlah halaman. . Huruf. Kulit Kayu. Lay out Halaman. Jenis khat. Warna tinta. Alat tulis (tinta/pena). Penjilidan. panjang/ lebar halaman. Jumlah baris per Halaman. dsb). Jumlah kuras.

melakukan studi sejarah.  Memastikan Kelengkapan Naskah. .  Memastikan Penulis Naskah.Pengujian Kebenaran Naskah Untuk memastikan kebenaran suatu naskah. Mengumpul dua atau lebih naskah yang sama title dan nama penulisnya untuk saling melengkapi. membandingkan isi naskah dengan karyakarya lainnya dari penulis yang sama. Membandingkan isi antar naskah.  Memastikan Tidak ada kesalahan dalam Penyalinan.

huruf kapital.  Format penulisan. yaitu pembuatan daftar huruf dan cara membacanya. Penambahan ini ditulis didalam kurung siku [ ] langsung setelah teks. . Seperti titik. tanda petik dan sebagainya. tanda tanya. membuat cetak miring. koma.  Pemberian pungtuasi (tanda baca).Kritik Teks  Transliterasi. dan lain-lain  Penyempurnaan: menyempurnakan kosakata atau kalimat yang dianggap kurang lengkap. seperti pengaturan paragraf.

 Ringkasan Isi Naskah (Summary)  .Penjelasan tentang Isi Naskah Kandungan Naskah  Gagasan Utama dalam Naskah  Penafsiran atau Interpretasi dari peneliti.

daftar singkatan. bagian isi. curriculum vitae penulis/ penerjemah / editor/ penyadur. kata pengantar/prolog. bagian pendahuluan. daftar referensi.Kandungan Naskah isi halaman sampul depan. lampiran. daftar isi. bagian penutup. isi halaman sampul belakang. . indeks isi buku. definisi istilah. petunjuk transliterasi. dan lainnya. insert.

apa manfaat bagi kita sekarang ini. dll. . latar belakang mengapa pemikiran demikian muncul.Gagasan Utama Isi Naskah  Pokok-pokok Bahasan  Pesan penting pada setiap Pokok Bahasan Penafsiran/Interpretasi Hal terpenting dalam tahap ini adalah bagaimana peneliti dapat menggambarkan alam pikiran penulis naskah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful