Listrik Statis

Mata Pelajaran : IPA-Fisika Kelas : IX/Semester 1 Penulis: Drs. Asep Supriatna,M.

Si

LISTRIK STATIS I. Standar Kompetensi Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. II. Kompetensi Dasar Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.

III. Uraian Materi LISTRIK STATIS Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita temukan gejala atau fenomena alam, diantaranya petir. Pernahkah kamu melihat petir? Petir adalah peristiwa alam yang sangat berbahaya dan ditakuti semua orang, karena petir menimbulkan kilatan cahaya yang diikuti dengan suara dahsyat di udara. Apabila seseorang tersambar petir, maka tubuh orang tersebut akan terbakar. Apa yang menyebabkan

terjadinya petir ? Gejala yang lain yaitu balon dapat menarik rambut seperti pada gambar 2 dibawah ini, apa yang menyebabkannya?

Sumber : Indonesia cerdas

Sumber : TIRA PUSTAKA

Gambar 1. Kilat merupakan gejala listrik statis di alam

Gambar 2. Balon bermuatan listrik dapat menarik rambut

1

Model Atom Adapun. Tetapi. Atom berasal dari kata atomos. Model Atom Netral. Tiap atom tersusun dari inti atom dan elektron. Atom dikatakan bermuatan negatif jika kelebihan elektron. elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasannya dan mendapat gaya tarik inti atom. Positif dan Negatif 2 . Sumber : Indonesiacerdas Gambar 4.Kedua fenomena di atas memperlihatkan gejala listrik statis. Inti atom (nukleus) terdiri atas proton dan neutron. yang dikatakan atom netral jika jumlah proton dan elektronnya sama. Apakah listrik statis itu? Temukan jawabannya dengan mempelajari materi di bawah ini. yang artinya tidak dapat dibagi-bagi lagi. A. dalam perkembangannya ternyata atom ini masih dapat diuraikan lagi. Gambar 3. Adapun. Model Atom Setiap benda atau zat terdiri atas partikel-partikel terkecil penyusunnya yang disebut atom. sedangkan atom dikatakan bermuatan positif. Partikel yang bermuatan positif disebut proton. jika kekurangan Sumber : BSE elektron. Partikel yang bermuatan negatif disebut elektron.

1 netron dan 1 elektron.Sama halnya pada benda. Dan sebuah benda dikatakan bermuatan listrik negatif jika benda tersebut kelebihan elektron. Karena jumlah proton dan elektronnya sama. Sebuah benda dikatakan bermuatan listrik positif jika benda tersebut kekurangan elektron. Model Atom Hidrogen dan Helium B. maka atom hidrogen dikatakan sebagai atom netral. Ada tiga cara membuat benda netral 3 . benda bermuatan negatif dan benda netral. Membuat Benda Bermuatan Listrik Benda netral akan bermuatan listrik bila mengalami penambahan atau pengurangan elektron. Atom Hidrogen Atom Helium Gambar 5. Karena jumlah proton dan jumlah elektronnya sama. Atom yang paling sederhana adalah atom hidrogen yang hanya tersusun atas 1 proton. Atom helium terdiri atas 2 proton. Serta sebuah benda dikatakan netral jika jumlah muatan positif sam dengan muatan negative. maka atom helium juga dikatakan sebagai atom netral. 2 netron dan 2 elektron. karena benda tersusun dari partikelpartikel atau atom-atom maka benda juga terdiri dari benda bermuatan positif.

2. mengapa tisu itu lepas lagi? 5. Setelah beberapa saat tisu itu menempel pada penggaris plastik. Letakkan potongan-potongan kertas tisu di atas meja. benda bermuatan listrik dengan cara Kegiatan 1 Memberi muatan listrik dengan cara menggosok Apa yang Kamu Butuhkan 1 buah penggaris plastik. Membuat menggosok Bagaimana membuat benda dengan cara menggosok ? Mengapa hal itu dapat terjadi ? . Buat sebuah uraian yang menurut kamu dapat menjelaskan kejadian-kejadian seperti yang telah kamu amati tersebut. 3. Jenis muatan apakah yang dimiliki penggaris plastik dan rambut setelah saling digosokkan? 3. 4 . Gosoklah sebuah penggaris plastik dengan rambutmu. dekatkan penggaris plastik tersebut pada kertas tisu. Pada saat penggaris plastik tersebut didekatkan pada tisu. 2 laki-laki dan 2 perempuan. Jenis muatan apakah yang dimiliki penggaris plastik dan rambut tersebut sebelum saling digosokkan? 2. Biarkan kertas tisu itu menempel pada penggaris plastik selama beberapa detik. Analisis 1. induksi dan konduksi. Tulis apa yang kamu amati setelah beberapa detik berlalu.menjadi bermuatan listrik yaitu dengan cara digosok. mengapa tisu ini tertarik oleh penggaris plastik? 4. kertas tisu. Sebelumnya. kain wol(rambut) Apa yang kamu lakukan? 1. bentuklah satu kelompok yang terdiri 4 siswa. 1. Tuliskan apa yang kamu amati. Untuk memahami lebih jauh membuat benda netral menjadi benda bermuatan listrik dengan menggosok lakukan Kegiatan 1 secara berkelompok.

Pindahnya elektron pada kain wol mengakibatkan kain wol kekurangan elektron sehingga kain wol bermuatan positif. Bagaimana hal ini terjadi? Penggaris plastik yang semula dalam keadaan netral (tidak bermuatan listrik). Gejala serupa terjadi pada saat kamu menyetrika baju dari kain nilon. Ketika penggaris plastik digosok kain wol berarti memberikan energi kepada elektron untuk berpindah.Pada kegiatan 1 di atas. Perpindahan elektron terjadi pada kain wol menuju penggaris plastik. kamu mengamati potongan-potongan kertas tisu yang mula-mula diam di atas meja kemudian meloncat dan akhirnya menempel pada penggaris plastik yang telah digosok. Bagaimana penggaris plastik dapat menarik potongan-potongan kertas kecil ? Serpihan Gambar 6. Gejala ini dapat pula kamu amati jika kamu menggosok-gosokkan sisir pada rambut kering. atau kelebihan elektron. sehingga tidak mampu menarik serpihan kertas kecil. ternyata baju-baju tersebut menjadi lengket satu dengan lain. ternyata sisir tersebut dapat menarik potonganpotongan kertas. Penggaris plastik menjadi bermuatan negatif karena mendapat sejumlah elektron dari kain wol. Penggaris plastik yang bermuatan listrik dapat menarik serpihan kertas kertas kecil dapat ditarik penggaris plastik yang telah bermuatan listrik negatif. Pada berbagai peristiwa tersebut kamu mengamati bahwa benda-benda tersebut menjadi “bermuatan listrik”. karena kertas kecil yang netral itu terinduksi oleh 5 .

Karena sekarang logam kedua tersebut kehilangan beberapa elektronnya. 6 . Sumber : depdiknas Gambar 7. terjadilah tarik-menarik antara kertas dengan penggaris. muatan positif kertas kecil akan ditarik dan berkumpul mendekati bagian ujung kertas yang dekat dengan penggaris. Elektron pada ujung kertas yang dekat dengan mistar akan ditolak dan pindah ke bagian ujung lainnya. Batang logam netral memperoleh muatan ketika disentuh dengan benda logam lain yang bermuatan Proses demikian disebut memuati dengan cara konduksi atau dengan cara kontak. Akibat perbedaan jenis muatan tersebut. maka elektronelektron bebas dalam logam yang netral akan ditarik menuju logam yang bermuatan positif tersebut sebagaimana diperlihatkan pada Gambar 7. Adapun. Membuat benda bermuatan listrik dengan cara Konduksi Bila sebuah benda logam bermuatan positif disentuhkan dengan benda logam lain yang tidak bermuatan (netral). dan kedua benda tersebut akhirnya memiliki muatan dengan tanda yang sama.muatan negatif dari mistar plastik. 2. maka logam ini akan bermuatan positif.

baik positif atau negatif. Tentu saja tidak ada muatan yang dihasilkan dalam batang. Batang logam netral memperoleh muatan ketika didekatkan dengan benda logam lain yang bermuatan Muatan tersebut dikatakan telah diinduksikan pada kedua ujung batang logam. Interaksi Benda Bermuatan Listrik Dari kegiatan 1 kamu sudah mengetahui bahwa benda bermuatan listrik. Proses demikian disebut memuati dengan cara induksi. maka elektron-elektron batang logam tidak meninggalkan batang. satu bermuatan positip dan yang lain bermuatan negatif. muatan hanya dipisahkan. Jumlah muatan positif dan negative pada batang logam masih sama. dan meninggalkan muatan positip pada ujung yang berlawanan. Membuat benda bermuatan listrik dengan cara Induksi Bila benda yang bermuatan positip didekatkan pada batang logam yang netral. jika dipotong menjadi dua bagian. seperti diperlihatkan pada Gambar 8. Bagaimanakah jika benda-benda yang bermuatan saling didekatkan? Untuk mengetahui jawabannya cobalah melakukan kegiatan 2 secara berkelompok. Gambar 8. Meskipun demikian.3. tetapi tidak disentuhkan. namun elektron-elektron tersebut bergerak dalam logam menuju benda yang bermuatan. C. 7 . dapat menarik serpihan kertas kecil. kita akan memiliki dua benda yang bermuatan.

Amati dan catatlah hasilnya pada tabel data. Sekarang. Kegiatan 2 Mengamati Interaksi dua benda bermuatan listrik Alat dan Bahan 2 buah penggaris plastik (usahakan relatif baru) 2 buah batang kaca 1 potong kain wol 1 potong kain sutera 1 buah statif Benang Prosedur a. Data Hasil Observasi Buatlah tabel data sesuai dengan hasil percobaan di atas. Analisis dan kesimpulan Buatlah kesimpulan berdasarkan data yang anda peroleh. c. Hal ini terjadi akibat gosokan dengan kain wol batang kaca bermuatan positif dan penggaris 8 .. d. Amati dan catatlah hasilnya pada tabel data. gosoklah penggaris yang lain pada salah satu ujungnya secara keras dengan kain wol. dekatkan pada ujung penggaris pertama yang telah digosok. kemudian gosoklah salah satu ujung batang kaca dengan kain sutera dan dekatkan pada ujung penggaris bermuatan tersebut. Sesaat kemudian. Dari kegiatan percobaan di atas diperoleh bahwa batang kaca yang didekati penggaris plastik akan tarik-menarik. kemudian gosoklah salah satu ujung penggaris tersebut keras-keras dengan kain wol. lakukanlah untuk batang kaca yang digosok dengan kain sutera. Gantungkan salah satu penggaris plastik pada statif melalui seutas benang. Dengan cara yang sama. gosoklah kembali salah satu ujung penggaris plastik yang telah digantungkan pada statif tersebut dengan kain wol. b.

dua muatan yang tidak sama (positif – negatif) apabila berdekatan akan tarik menarik. Hal ini disebabkan jenis muatan listrik yang dihasilkan akibat gosokan antara penggaris plastik dan penggaris plastik sama. Penggaris plastik yang didekati penggaris plastik akan tolakmenolak. yaitu kaca dengan penggaris plastik dan penggaris plastik dengan penggaris plastik. Interaksi dua benda bermuatan listrik Setelah memahami gejala listrik statis dan cara membuat benda menjadi bermuatan listrik di atas. Percobaan seperti Gambar 8. yaitu muatan negatif. Batang kaca dengan penggaris plastik akan tarik menarik (b). (a).b menunjukkan adanya gaya tarik-menarik dan gaya tolak-menolak antara muatan dari benda yang berbeda.a dan Gambar 8.plastik akan bermuatan negatif. Jadi. muatan yang sejenis jika berdekatan akan tolak-menolak. 9 . Perbedaan terjadi pada penggaris plastik dan penggaris plastik. Dengan demikian. penggaris plastik dengan penggaris plastik akan tolak menolak Gambar 8. diskusikan permasalahan pada gambar di bawah ini.

biasanya dibuat dari emas. di dalam sebuah peti kaca terdapat dua buah daun elektroskop yang dapat bergerak (kadang kadang yang dapat bergerak hanya satu daun saja). Elektroskop suatu konduktor yang terisolasi dari peti. maka pemisahan muatan terjadi melalui induksi. Elektroskop Elektroskop adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi muatan.PERHATIKAN GAMBAR BERIKUT DISKUSIKAN PERMASALAHANNYA SECARA BERKELOMPOK Dari gambar di atas ! Jelaskan bagaimana proses terjadinya petir ? Bagaimana cara mengatasi petir pada bangunan tinggi ? D. sehingga kedua daun elektroskop bermuatan 10 . Daun-daun elektroskop ini dihubungkan ke sebuah bola logam yang berada di luar peti kaca melalui Gambar 9. Apabila benda yang bermuatan positip didekatkan ke bola logam. elektron-elektron ditarik naik menuju bola. Sebagaimana diperlihatkan Gambar 9.

Proses demikian disebut memuati dengan cara induksi. E. Coulomb menyimpulkan hasilnya dalam suatu hukum yang disebut Hukum Coulomb : “Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda” Pernyataan hukum Caoulomb di atas secara matematis dapat ditulis sebagai berikut : dimana F = besar gaya tarik menarik / tolak menolak (Newton) k = konstanta = 9.m2/C2 Q1. Besar gaya ini bergantung pada besar muatan dan jarak antara muatan tersebut. maka bola logam konduktor. Gaya Coulomb Anda telah melihat bahwa muatan tak sejenis tarik-menarik dan muatan sejenis tolak-menolak. dengan kata lain ada gaya yang bekerja antara dua benda yang bermuatan. dan kedua daun elektroskop memperoleh muatan positip. Pada tahun 1785 seorang ahli fisika bangsa Perancis yang bernama Charles Coulomb (1736-1806) telah menyelidiki hubungan antara besaranbesaran tersebut di atas.positip dan saling menolak. Q2 = besar muatan listrik (Coulomb) r = jarak kedua muatan (meter) 11 . Sedangkan. jika bola dimuati dengan cara konduksi.0 x 109 N.

dan jenis muatan listrik dengan elektroskop? Coba kamu buat dulu rancangan percobaanya.10 = 3000 N  -6 -4 PENUGASAN TERSTRUKTUR A. Bagaimanakah cara melakukan percobaan untuk mengetahui benda bermuatan listrik . Jika jarak kedua muatan 6 cm. kemudian lakukan percobaan itu secara berkelompok dan laporkan hasilnya secara tertulis. 12 . berapakah gaya Coulomb yang dialami kedua muatan? -4 Penyelesaian Penyelesaian -6 -4 Diketahui : Q1 = 2 10 C Q2 = 6 10 C -2 r = 6 cm = 6 10 m Ditanya : FC Jawab:   2 10 ).(6 10 ) (6 10-2)2 -1 = 108.10 -4 36.Contoh soal Dua muatan sejenis besarnya +2 × 10-6 C dan + 6 × 10 C.10 3 = 3. Tugas Merencanakan Percobaan Elektroskop adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi atau mengetahui apakah suatu benda bermuatan listrik atau tidak.

dua muatan itu akan . menerima neutron-neutron 2. kehilangan elektron-elektron b. Apakah yang terjadi jika batang plastik berdekatan dengan batang kaca? SOAL-SOAL UJI KOMPETENSI (ULANGAN HARIAN) A. a. Kapan benda dikatakan bermuatan negatif? 4. perak b.B. a. Sebuah contoh isolator yang baik adalah… a. pengosongan ke tanah 3. menerima elektron-elektron d. menjadi isotop 4.. Apakah jenis muatan listrik penggaris plastik? b. air garam 5. Apakah jenis muatan batang kaca? d. Apabila dua muatan negatif didekatkan satu sama lain. Apakah yang terjadi apabila batang plastik dan batang kaca yang digosok dengan kain bulu saling berdekatan? 8. tolak-menolak b. kehilangan proton-proton c. Suatu benda menjadi bermuatan positif apabila benda itu . Mengapa benda yang digosok dengan benda lain akan bermuatan listrik? 5. tetap netral d. Apakah yang terjadi jika benda kelebihan muatan positif? 3. Apabila sebuah atom kehilangan sebuah elektron. Apakah setiap benda yang digosok dengan benda lain akan bermuatan listrik? 6.. Penggaris plastik bermuatan listrik menolak batang plastik yang digosok dengan kain wol dan menarik batang kaca yang digosok dengan kain sutra. tarik-menarik c. tidak tarik-menarik atau tolak menolak d. tembaga c. Tugas Mengerjakan soal-soal Latihan Penguasaan Konsep 1.. Listrik statis bergerak dari satu tempat ke tempat lain karena.. bermuatan positif b. kayu d.. Bermuatan apakah mika yang digosok dengan rambut kering? Mengapa? Coba jelaskan. maka atom itu akan. Apakah jenis muatan batang plastik? c. 1. a. 13 . Kapan atom dikatakan netral? 2. bermuatan negatif c. a. Pilihlah salah satu jawaban yang benar. 7..

induksi elektromagnetik b.. Inti atom terdiri atas . benda X menolak benda Y d. Pada hukum Coulomb besar gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan berbanding terbalik dengan. benda X dan Y akan tarik-menarik b. a..... daun elektroskop menguncup 14 . Pada elektroskop terjadi …. jarak antara dua muatan d. elektron-elektron tertarik ke muatan-muatan positip 6. ujung sisir mampu menarik serpihan kertas setelah digunakan untuk bersisir 15. kekurangan elektron 12.a... induksi listrik c. gaya gravitasi b.. kuadrat jarak antara dua muatan 13. balon menempel di dinding setelah digosokkan ke rambut b.. a. proton. Gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan yang saling berdekatan disebut .. Positron 10. a. Benda X bermuatan positif dan benda Y bermuatan negatif. benda X dan Y tidak terjadi interaksi 11. a. arus induksi 17.. a. Sebatang kaca bermuatan positif didekatkan kepala elektroskop yang bermuatan negatif.. dan elektron 9... kekurangan neutron 18... positif d.. a. proton dan neutron c. jumlah neutron sama dengan jumlah proton 14. bulu badan tertarik oleh pakaian yang baru saja diseterika c. kekurangan elektron b. Benda dikatakan netral jika . jumlah proton sama dengan jumlah elektron d. elektron-elektron tertarik ke elektron.. Gambar berikut yang menunjukkan induksi listrik yang benar … 7... neutron. neutron b... negatif c.. jumlah proton lebih banyak daripada elektron b.. proton d. dapat menarik benda lain b.. Benda yang kelebihan elektron akan bermuatan… a. Berikut ini yang bukan gejala listrik statis adalah . elektron-elektron tertarik kekutub magnetik alamiah Bumi d. a. a. Muatan yang beredar mengelilingi inti atom disebut . energi potensial tertarik ke energi kinetik c.. kekurangan proton c. jumlah elektron lebih banyak daripada proton c. elektron c. besar muatan masing-masing b. proton dan elektron b. Benda dikatakan bermuatan positif jika . neutron dan elektron d.elektron lain b. kuadrat muatan masing-masing c. GGL induksi d. netral b. Pemisahan muatan listrik positif maupun negatif pada benda netral akibat pengaruh benda bermuatan listrik di dekatnya disebut . a. kelebihan elektron d. kedua telapak tangan terasa panas setelah saling digosokkan d. Jika kedua benda saling berdekatan maka . mempunyai jumlah elektron dan proton sama d. a.. gaya Coulomb d. benda X dan Y akan tolak-menolak c. Kaca yang semula netral setelah digoso dengan kain sutra akan . gaya Lorentz c. daun elektroskop bertambah mekar b. Positron 8. gaya magnet 16. a. kelebihan elektron c..

menutup. pentanahan c. newton d. coulomb c. D bermuatan negatif.08 × 10 N 21. Gaya interaksi yang timbul 2 2 sebesar . membuka. menutup. Dua muatan masing-masing sebesar -6 6 × 10 C terpisah pada jarak 3 mm. meter c. karena kedua daun bermuatan positif. c. B.. Penggaris plastik bermuatan negatif didekatkan pada sepotong kertas. proton c. induksi c. B dan C bermuatan positif.. isolator 27. Jika elektroskop dalam keadaan netral didekati benda yang bermuatan positif. daun elektroskop akan… a. . farad d. . d. C dan D bermuatan negatif. elektroskop d. a. dan D. B bermuatan negatif. daun elektroskop akan . a.. dan C dengan D tarik menarik. Alat pendeteksi muatan listrik adalah… a. pernyataan manakah yang benar? a. pengosongan muatan 28. ampere b.. karena kedua daun bermuatan positif d. Benda A dengan B tarik menarik. a. elektroskop 29. a. membuka. bunga api terbentuk antara batang kaca dengan kepala elektroskop 19. neutron b. menutup. 36 N c... dinding elektroskop bermuatan positif d. 3. nukleon 25. Satuan sistem internasional gaya Coulomb adalah… a. . 2F b. . isolasi b. b. Kertas tersebut ditarik menuju penggaris. maka gaya tolak antara dua muatan tersebut menjadi . 1. Nm2/C2 15 . ¼ F c. konduksi b. elektron d. membuka. 26. menutup. termometer b. d. Dua buah muatan A dan B yang besar dan sejenis didekatkan pada jarak r sehingga mengalami gaya tolak F. B bermuatan positif. karena kedua daun bermuatan negatif 20. a. mikrocoulomb 24.. induksi d... konduksi d.. ½ F d. Jika benda A ternyata adalah batang kaca yang telah digosok dengan kain sutera. coulomb b. C dan D bermuatan positif. C. karena kedua daun bermuatan positif b. . Satuan sistem internasional muatan listrik adalah . B dan C bermuatan negatif. karena kedua daun bermuatan negatif 22. Terdapat 4 buah benda bermuatan listrik A. 4F 23. karena kedua daun bermuatan positif b.6 × 10 N 5 b. Jika jarak keduanya diubah menjadi setengah dari jarak semula. karena kedua daun bermuatan negatif c. Kejadian ini menunjukkan saat itu pada kertas tersebut terjadi… a. Jika elektroskop (alat untuk mengetahui jenis muatan listrik) dalam keadaan netral didekati benda yang bermuatan negatif. D bermuatan positif. membuka. Kilat merupakan perpindahan . termoskop c. (k = 9 × 109 Nm /C ) 4 a.c. karena kedua daun bermuatan negatif c. B dengan C tolak menolak. ke bumi. Penggosongan muatan listrik ke bumi disebut . 108 N d.

Agar gaya tolak menjadi 1/16 kali semula.10 C . 4. ESSAY 1. 4 r b. Jelaskan ! Bagaimana penangkal petir dapat melindungi bangunan dari ancaman tersambar petir? 2. Dua muatan jaraknya diubah menjadi setengah kali semula. Berapa kalikah besar gaya listrik statis yang baru 5.10 C dan 3.30. a. . Sebutkan tiga cara membuat benda netral 16 . Dua muatan sejenis besarnya -6 -6 4. Jelaskan proses benda tertentu dapat bermuatan listrik jika digosok. maka jarak kedua muatan harus diubah menjadi . ½ r d. Dua buah muatan yang sejenis dan besarnya sama didekatkan pada jarak r ternyata kedua muatan saling menolak dengan gaya F. berapakah gaya Coulomb yang dialami kedua muatan tersebut B. Jika jarak kedua muatan 4 cm. 2 r menjadi bermuatan listrik. 3. . ¼ r c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful