P. 1
Bkk 112 Slide Model Komunikasi

Bkk 112 Slide Model Komunikasi

|Views: 0|Likes:
Published by Florensius Gogol
model komunikasi
model komunikasi

More info:

Published by: Florensius Gogol on Apr 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2014

pdf

text

original

MODEL KOMUNIKASI

KELOMPOK 6

Juliana Pardede •Christine Handayani •Yemima Dayfiventy •Dewi Sartika Panjaitan •Martia Lindawaty T •Win Rizqy

081101019 081101020 081101022 081101030 081101046 081101065

Model komunikasi dibuat untuk membantu dalam memberi pengertian tentang komunikasi dan juga untuk menspesifikasi bentukbentuk-bentuk komunikasi yang ada dalam hubungan antar manusia. .

yaitu : • MODEL SHANNON – WEAVER Pola komunikasi yang diterapkan adalah komunikasi satu arah yang berlangsung tanpa ada timbal baliksecara langsung. dapat mengganggu keefektifan dari proses komunikasi. Apabila adanya hambatan (noise) dalam berkomunikasi. .Ada beberapa model komunikasi yang perlu diketahui dalam memenuhi komunikasi antar manusia.

dll . Hardware / software.Sumber informasi Transmitter Penerima Tujuan Sumber noise Tingkat kedengaran manusia. Lingkungan. Gangguan persepsi. Mispersepsi psikososial.

Tingkat kedengaran suara merupakan sumber yang umum terjadi. kejelasan suara dan sensitifitas organ adalah faktorfaktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kedengaran suara .Kerentanan adanya noise sebagai hambatan selama berlangsungnya komunikasi sangatlah besar. Kondisi lingkungan tempat komunikasi. jarak antarkomunikator dan komunikan. nada suara.

yaitu who (komunikator) say what (pesan yang disampaikan) in which channel (saluran komunikasi) To whom (penerima pesan) With what effect (efek komunikasi yang disampaikan) .MODEL LASWELL Model ini umumnya digunakan dalam komunikasi massa di mana komunikator sangat powerfull mampu mempengaruhi komunikan dan menganggap pesan yang disampaikan mampu membawa efek dalam diri komunikan. Unsur-unsur dalam komunikasi ini menggunakan lima Unsurpertanyaan.

MODEL SMCR (MODEL BERLO) Model komunikasi ini terdiri dari empat komponen. b. Channel Media yang digunakan dapat mempengaruhi persepsi. c. Message Pesan yang dikandung dalam komunikasi juga harus diperhatikan. . Source Sumber dari proses komunikasi adalah siapa yang mempunyai informasi. yaitu : a.

keterampilan. Receiver Agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. komunikan harus mempunyai pengetahuan.d. SOURCE Keterampilan berkomunikasi Sikap Pengetahuan Sistem sosial budaya MESSAGE Elemen Struktur Isi Treatment Kode CHANNEL Penglihatan Pendengaran Sentuhan Senyuman Merasakan RECEIVER Keterampilan berkomunikasi Sikap Pengetahuan Sistem sosial budaya . sikap. sistem sosial dan budaya yang tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki komunikator.

Cth : bos dengan pembantu. Dalam model ini terdapat 2 dimensi. . antara pimpinan dan karyawan. Proses komunikasi ini hanya satu arah. 2. bila ada pihak yang menguasai. yaitu : 1. DominanceDominance -Submission Pada dimensi ini. di mana aspek relationship dan interaksi antar individu sangat mempengaruihi pelaksanaan komunikasi. maka ada pihak yang dikuasai.MODEL LEARY (1950) menurut model ini. komunikasi adalah proses transaksional dan multi dimensi. LoveLove-Hate Komunikasi tidak hanya dilakukan diantara orang yang saling mencintai. Dengan konteks yang berbeda. namun juga kepada yang dibenci.

Petunjuk yang tersedia untuk menstimulasi individu dalam melaksanakan tindakan pencegahan penyakit.MODEL KEYAKINAN KESEHATAN Model ini menekankan pada persepsi klien sebagai upaya pencegahan penyakit. Elemen utama dari model ini adalah : 1. . 3. 2. Kelebihan model ini yaitu adanya penerapan komunikasi yang luas. dapat merubah persepsi dan keyakinan klien sehingga prilaku sehat ditingkatkan. Persepsi individu terhadap manfaat dalam melaksanakan tindakan pencegahan penyakit. Persepsi individu terhadap tingkat keparahan penyakit.

Relationship 2. Transaksi 3. MODEL KOMUNIKASI KESEHATAN berfokus terhadap transaksi antara profesional kesehatankesehatanklien yang sesuai dengan masalah kesehatan klien. yaitu : 1. Model komunikasi ini mencakup 3 faktor.MODEL KOMUNIKASI KING Menekankan pada komunikasi yang terjadi antara perawat dan klien yang bertujuan untuk menentukan suatu keputusan dalam melaksanakan tindakan kesehatan. Konteks .

Schraumn menggunakan unsur : SOURCE ENCODER SIGNAL DECODER DESTINATION . bahasa dan latar belakang sosial budaya sangat menentukan apakah pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan sesuai dengan maksud komunikator. Persamaan pengalaman.MODEL SCHRAUMN Model ini menjelaskan pengalaman dalam proses komunikasi.

radar. Lawrance Kincaid dan Everett M. peluru kendali.MODEL KOMUNIKASI PARTISIPASI D. dll. . rogers mengembangkan sebuah model komunikasi berdasarkan konsep pemusatan yang dikembangkan dari teori informasi dan sibernetik. Keberhasilan komunikasi ditunjukkan dalam merakit berbagai macam teknolagi canggih seperti komputer. Teori sibernetik melihat komunikasi sebagai suatu sistem di mana semua unsur saling mengatur dalam memproduksi luaran. Model ini muncul setelah melihat berbagai kelemahan model komunikasi satu arah yang mendominasi berbagai riset sebelumnya.

Dengan demikian pelaku komunikasi dapat memberi reaksi dengan baik kepada orang lain.Dalam konteks komunikasi antarmanusia dengan konsep sibernetik. komunikasi sebagai suatu proses yang memiliki kecenderungan bergerak ke arah suatu titik temu. Dalam komunikasi yang memusat. komunikasi adalah proses di mana dua atau lebih orang saling ertukar informasi untuk mencapai suatu kebersamaan pengertian satu sama lain dalam situasi di mana mereka berkomunikasi. . Dengan kata lain. setiap pelaku berusaha menafsirkan dan memahami informasi yang diterima. Menurut Kincaid kebersamaan pengertian tidak pernah sempurna karena tidak ada manusia yang memiliki pengalaman yang sama betul.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->