PROSEDUR PENGAJUAN R-BOS, BOS DAN BEASISWA SMK TAHUN 2013 DIREKTORAT PEMBINAAN SMK KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN

KEBUDAYAAN RI
BANTUAN R-BOS DAN BOS • Direktorat PSMK mengirimkan User ID, Password serta Kode Akses kepada Dinas Kabupaten/Kota serta Sekolah dalam bentuk surat tertutup dan rahasia, dimana selanjutnya akan digunakan sebagai sarana akses pengajuan bantuan dan akses informasi yang ada di lingkungan Direktorat PSMK dalam layanan online. Kode-kode tersebut harus dipegang oleh administrator sistem di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Untuk pengajuan R-BOS/BOS Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota diwajibkan mengunduh file-file yang diperlukan di website www.ditpsmk.net. File-file yang harus di unduh adalah: o File Microsoft Excel untuk isian data : Format 1B R-BOS/BOS per kabkota o File Microsoft Word berisi: 1) Format 1A Surat Pengantar R-BOS/BOS 2) Format 1C Lampiran Rekap Usulan BOS 3) MoU dan Kuitansi R-BOS dan BOS oleh masing-masing SMK

Selanjutnya pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melakukan koordinasi dengan SMK dalam pengisian data-data riil siswa-siswa yang saat ini menjadi peserta didik aktif di masing-masing SMK dan dibantu
secara teknis oleh MKKS dan SMK IT Center untuk mengisi format usulan dan mengirim kembali ke Direktorat PSMK melalui email dengan alamat :

bos.kpd@ditpsmk.net .

untuk dibawa pada saat bimtek pusat./kota serta stempel Dinas Pendidikan Kab. Khususnya dalam pengisian Kode Akses. SMK-SMK yang diusulkan Dinas Pendidikan Kab.kpd@ditpsmk./kota kemudian di-scan dan disimpan dalam bentuk pdf atau jpg file.net dan dalam bentuk hardcopy yang akan dibawa oleh Dinas Pendidikan Kab./Kota harus menandatangani MoU dan Kuitansi BOS kemudian menyerahkan ke Dinas Pendidikan Kab.kpd@ditpsmk. Usulan RBOS dan BOS yang dikirim via email bos.net dan atau dikirim dalam bentuk CD ke Direktorat PSMK Kemendikbud RI. dapat menambahkan dengan menyisipkan pada baris sebelum baris jumlah total siswa. SMK mengirimkan nomor rekening atas nama sekolah dalam bentuk scan dikirim melalui email bos.net.• Pada File Format 1B tersebut di atas telah terisi beberapa data yang diambil dari data pokok PSMK dan perlu di validasi disesuaikan dengan data riil di Sekolah. File Format 1A Surat Pengantar setelah diisi dengan lengkap dan benar termasuk Format 1C Lampiran BOS yang merupakan rekap jumlah siswa tiap tingkat pada masing-masing Sekolah. yaitu: • . Untuk pengisian data-data diwajibkan membaca dengan seksama petunjuk pengisian yang terdapat dalam file Format 1B. • • • • • • • File Microsoft Excel Format 1B per kabkota yang telah diisi dan divalidasi oleh Dinas Pendidikan Kab./Kota atau MKKS pada saat bimtek pusat. dan ditandatangani Dinas Pendidikan Kab./Kota bersama file Format 1A Surat Pengantar dan Format 1C Lampiran dalam bentuk pdf atau jpg selanjutnya di kirim via email bos. untuk meyakinkan keabsahan pengirim. selanjutnya di cetak. setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota memiliki Kode Akses masing-masing yang berbeda sesuai Kode Akses yang telah dikirimkan. Tidak diperbolehkan merubah Kolom Format 1B. Apabila ada SMK yang belum masuk dalam data pokok SMK pada Format 1B.kpd@ditpsmk./Kota atau MKKS.

• Data usulan Rintisan BOS selambat-lambatnya dapat kami terima pada tanggal 15 April 2013 dan BOS selambatlambatnya pada tanggal 30 Agustus 2013. 2) Format 1C Lampiran Rekap Usulan BOS yang telah ditandatangani dan distempel Dinas Pendidikan Kab. 3) Format 1B RBOS dan BOS dalam bentuk excel./Kota dalam bentuk pdf atau jpg. . Gedung E Lt 12 Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta Pusat 10270 • Selanjutnya bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang telah mengirim dan berhasil diterima oleh Direktorat PSMK. dapat melihat secara online pada proses berikutnya. seperti misalnya status pengiriman data. progres pencairan dan penerimaan dana R-BOS dan BOS. penetapan penerima. Alamat pengiriman dalam bentuk CD: Kepada Yth: Direktur Pembinaan SMK U.1) Format 1A Surat Pengantar yang telah ditandatangani dan distempel Dinas Pendidikan Kab.p Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik Komplek Kemdikbud./Kota dalam bentuk pdf atau jpg.

File-file yang harus di unduh adalah: o File Microsoft Excel untuk isian data : Format 2B. • • • .ditpsmk. Password serta Kode Akses kepada Sekolah dalam bentuk surat tertutup dan rahasia. o File Microsoft Word berisi: 1) Format 2A Surat Pengantar Beasiswa. Kode-kode tersebut harus dipegang oleh administrator sistem di Sekolah. dimana selanjutnya akan digunakan sebagai sarana akses pengajuan bantuan dan akses informasi yang ada di lingkungan Direktorat PSMK dalam layanan online.BEASISWA SMK • Terdapat empat jenis beasiswa Direktorat PSMK: o Bantuan Siswa Miskin (BSM) o Beasiswa Program Keahlian Pertanian dan Pelayaran o Beasiswa Program Keahlian Khusus o Beasiswa Prestasi • • Setiap SMK boleh mengajukan semua jenis beasiswa yang sesuai dengan kondisi di Sekolahnya. Direktorat PSMK mengirimkan User ID. Untuk pengajuan Beasiswa Sekolah diwajibkan mengunduh file-file yang diperlukan di website www.net. untuk mendapatkan kode-kode tersebut Dinas Pendidikan Kabupaten/kota segera meminta kode tersebut secara tertulis ke Direktorat PSMK. Apabila terdapat Sekolah yang belum terdaftar dalam data pokok PSMK maka pihak Sekolah tidak akan mendapat kode-kode tersebut. 2) Format 2C Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk Bantuan Siswa Miskin.

Beasiswa Pertanian dan Pelayaran. lakukan penanda tanganan sesuai yang diminta serta stempel. Dalam satu file Microsoft Excel yang telah di unduh terdapat tiga sheet untuk mengisi tiga jenis Beasiswa. Sehingga menghasilkan dua file pdf atau jpg. Lakukan hal yang sama untuk surat pengantar dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Sekolah menggunakan format file yang telah di unduh. file pdf/jpg berisi surat pengantar Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Jangan merubah format file kecuali menyisipkan baris untuk menambah data isian. • . serta file pdf/jpg SKTM selanjutnya dikirim via email ke alamat: beasiswa. dan Beasiswa Program Keahlian Khusus selambatlambatnya untuk Tahap I (Siswa Tahun Pelajaran 2012/2013) dapat kami terima pada tanggal 15 April 2013 dan Tahap II (Siswa Tahun Pelajaran 2013/2014) selambat-lambatnya pada tanggal 30 Agustus 2013. Data usulan Beasiswa Prestasi dapat disampaikan setiap saat sesuai dengan waktu perolehan prestasi ditahun 2013 dan usulan selambatlambatnya tanggal 1 November 2013.• • Selanjutnya pihak Sekolah melakukan pengisian data-data riil siswasiswa masih aktif yang diajukan untuk mendapatkan Beasiswa. cetaklah sheet yang telah terisi dan sesuai dengan jenis Beasiswa yang akan diajukan. petunjuk pengisian data serta informasi kode kompetensi keahlian. • • • • Data usulan bantuan Beasiswa Siswa Miskin. File Microsoft Excel yang telah terisi. Setelah selesai mengisi data pada file Microsoft Excel. kemudian simpan dalam bentuk pdf atau jpg file. pada halaman terakhir di setiap sheet terdapat tanda tangan dan stempel.net atau di burning dalam bentuk CD ke Direktorat PSMK Kemendikbud RI.kpd@ditpsmk. perhatikan isian Kode Akses untuk diisi dengan benar sesuai dengan Kode Akses yang telah diterima untuk meyakinkan keabsahan dari pengirim. Setelah ditanda tangani dan stempel lakukan scan pada halaman yang ada tanda tangan dan stempelnya. baca petunjuk pengisian dengan seksama. file-file pdf/jpg yang berisi pengesahan. Lakukan pengisian dengan lengkap dan benar.

penetapan penerima.• Alamat pengiriman dalam bentuk CD: Kepada Yth: Direktur Pembinaan SMK U. Gambar Flowchart proses R-BOS. dapat melihat secara online pada proses berikutnya. .p Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik Komplek Kemdikbud. BOS serta Beasiswa dapat dilihat pada gambar 1. seperti misalnya status pengiriman data. Gedung E Lt 12 Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta Pusat 10270 • Selanjutnya bagi Sekolah yang telah mengirim dan berhasil diterima oleh Direktorat PSMK. progres pencairan dan penerimaan dana Beasiswa.

Flowchart Proses Bantuan R-BOS. BOS dan Beasiswa .Gambar 1.